Gianyar Bali dikenal sebagai kota yang kaya akan kulinernya. Saar berkunjung, Anda harus mencoba deretan makanan khas Gianyar Bali yang terkenal dengan cita rasa dan keunikannya.

Bali adalah sebuah provinsi yang terkenal akan adat istiadatnya yang masih sangat kental. Provinsi yang ada di sebelah timur Pulau Jawa ini juga memiliki destinasi wisata alam yang indah. Namun tahukah Anda, bahwa Bali memiliki berbagai makanan khas yang lezat. Salah satu daerah yang tepat untuk wisata kuliner khas Bali adalah Kota Gianyar.

Kota yang satu ini terletak di ibu Kota Provinsi yaitu Denpasar. Sampai saat ini Gianyar dikenal sebagai kota pengrajin ukir. Di sinilah Anda akan banyak menemukan lokasi-lokasi kerajinan ukiran. Selain terkenal sebagai kota kerajinan, Gianyar juga memiliki makanan khas yang wajib Anda coba. Apalagi jika Anda memiliki hobi berwisata kuliner.

Berbicara mengenai kuliner memang tiada habisnya. Belum lagi makanan khas Gianyar Bali yang siap menggoyang lidah. Sebenarnya ada banyak sekali makanan khas di daerah tersebut. Namun, keenam makanan berikut bisa menjadi menu pilihan Anda. Penasaran? Berikut makanan khas Gianyar yang pastinya Anda suka.

1. Nasi Tahu

Nasi Tahu Gianyar
Image Credit: Google Maps (Wiryawan Ida Bagus)

Bali adalah provinsi yang tidak hanya kental akan adat istiadat dan budaya saja. Pasalnya di sini Anda akan menemukan banyaknya makanan tradisional namun bercita rasa menakjubkan. Di daerah Gianyar misalnya, yang mana daerah tersebut adalah salah satu kota di Bali.

Makanan khas Gianyar pertama yang bisa Anda coba adalah Nasi Tahu. Makanan yang satu ini sudah biasa ditemukan di Pasar Seni Sukawati Gianyar Bali. Bukan seperti sajian nasi pada umumnya, Nasi tepeng dilengkapi dengan lauk pauk tradisional nan sederhana.

Meski begitu cita rasa khas Bali tetaplah menjadi yang utama pada menu yang satu ini. Cara makannya pun unik, jika biasanya nasi dimakan dengan wadah piring. Maka Nasi Tahu beralaskan pincuk daun pisang. Seporsi Nasi Tahu berisi nasi, kacang panjang yang sudah dicampur dengan kelapa parut, tahu goreng, dan sambal terasi.

Nasi dengan tiga kondimen pelengkap tersebut seakan menghasilkan cita rasa sempurna. Belum lagi sambel terasi pedas yang siap menggoyang lidah Anda. Jika Anda berada di Bali, jangan lupa mampir ke kedai makanan khas Gianyar berupa Nasi Tahu.

BACA JUGA:  22 Makanan Khas Lombok yang Terkenal Lezat

2. Ayam Betutu

Ayam Betutu Giayar
Image Credit: Google Maps (ernama susanti)

Gianyar lagi-lagi menyajikan makanan khas yang tiada dua. Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan kuliner ayam betutu. Pasalnya makanan tersebut sudah banyak dijual di kedai-kedai pinggir jalan sampai restoran sekalipun. Namun, sudah pernahkah Anda mencicipi masakan Ayam Betutu khas Gianyar Bali? Pasalnya kuliner tersebut telah banyak mengambil hati para wisatawan.

Lebih dari pada itu, Gianyar adalah salah satu kota di Bali yang didapuk menjadi penghasil ayam betutu terbesar. Maka tidak heran, di daerah tersebut Anda akan banyak menemukan kuliner ayam betutu. Kepopuleran ayam betutu kini sudah merasuk ke beberapa tempat di luar Bali. Ini membuktikan bahwa masakan tersebut memang lezat dan membuat siapapun ketagihan.

Ayam betutu dikenal sebagai makanan khas bali yang kaya akan rempah. Untuk pembuatannya saja membutuhkan dua resep yang berbeda, yaitu bumbu wewangenan dan bumbu genep. Bumbu tersebutlah yang membuat bumbunya bisa meresap hingga ke tulang ayam.

Nama ayam betutu sendiri sebenarnya memiliki arti. Dari kata betutu, dalam bahasa bali adalah sebutan yang digunakan untuk rempah-rempah tertentu yang di mix. Inilah yang membuat makanan Indonesia memiliki rasa yang khas.

3. Nasi Topot

Nasi Topot Gianyar
Image Credit: Instagram.com @agungerlikaa

Jika Anda berada di Gianyar Bali, kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi nasi Topot. Nasi yang satu ini sangat unik karena menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya. Cara memasaknya pun hampir mirip dengan nasi uduk. Yaitu beras yang sudah dibersihkan kemudian dicampur dengan garam dan minyak, sehingga nasi tersebut sudah memiliki rasa gurih tersendiri.

Nasi Topot banyak dijual di kawasan Peliatan, Ubud, Gianyar, Bali. Untuk pelengkapnya sendiri, kuliner yang satu ini biasa disajikan dengan toping sayuran serta serundeng yang telah dicampur dengan sambal (saur). Sehingga berpadulah nasi bersama kondimennya di dalam mulut.

Bagi Anda yang baru mendengar makanan khas dari gianyar Bali ini, sebaiknya segera mencobanya. Dijamin pasti akan ketagihan. Nasi Topot kini sudah dijual di kedai-kedai yang menyediakan kuliner khas bali.

Jika dilihat sekilas, banyak yang menyamakan Nasi Topot dengan kuliner entil pupuan. Padahal kedua menu tersebut berbeda. Perbedaannya bisa dilihat dari daun yang membungkus nasinya. Jika nasi Topot menggunakan daun pisang, maka entil pupuan menggunakan daun kunyit untuk membungkus nasinya.

BACA JUGA:  5 Air Terjun Terindah di Ubud, Bali yang Populer

Agar lebih terlihat tradisional, nasi Topot biasa disajikan di atas piring yang terbuat dari anyaman bambu. Ada juga yang beralaskan langsung dengan daun pisang. Menikmati nasi topot dengan pemandangan lalu lalang dari penduduk asli memang tiada duanya.

4. Bebek Bengil

Bebek Bengil Gianyar
Image Credit: Google Maps (Joseph Tan)

Nama bengil sendiri dalam bahasa Bali berarti kotor. Sehingga jika dua kata ini disatukan, bebek bengil artinya bebek kotor (dirty duck). Mungkin sesaat Anda heran bagaimana bisa bebek kotor menjadi makanan khas. Terlepas dari istilah tersebut, Bebek Bengil adalah salah satu menu andalah Kota Gianyar.

Apalagi menu kuliner yang satu ini memang banyak disukai wisatawan. Selain itu, bebek bengil juga dikenal memiliki cita rasa khas rempah. Di mana bumbu masakan Indonesia yang begitu terasa, berpadu dengan daging bebek yang lembut. Keduanya seakan menjadi perpaduan yang sempurna.

Cara masaknya pun menggunakan teknik khusus, di mana akan menghasilkan daging bebek yang krispi di luar namun empuk di dalam. Biasanya bebek akan digoreng kering atau krispi. Disantap bersama dengan sambal dan lalapan yang segar.

Berbagai kondimen yang ada seakan siap meluncur ke perut Anda. Selain digoreng, Bebek Bengil juga bisa dimasak dengan cara dibakar. Selanjutnya diolesi dengan bumbu kecap yang sudah diberi bumbu. Sajian bebek, sambal, lalapan, juga nasi hangat seakan membuat lidah bergoyang. Kuliner yang satu ini bisa Anda temukan di beberapa tempat, salah satunya adalah daerah Gianyar Bali.

Dijamin setelah mencoba, Anda akan ketagihan. Di mana lagi menyantap bebek bengil kalau bukan di Gianyar, Bali.

5. Nasi Tepeng Khas Gianyar

Nasi Tepeng Khas Gianyar
Image Credit: Masbrooo.com

Kuliner Gianyar Bali yang siap menjadi menu sarapan Anda adalah Nasi tepeng. Pagi-pagi di Gianyar Bali seakan tidak sempurna jika menu sarapannya bukan Nasi Tepeng. Mungkin nama Nasi Tepeng belum begitu familiar di benak Anda. Namun, nyatanya menu yang satu ini adalah khasnya daerah Gianyar Bali.

Warga biasanya menyantap Nasi Tepeng sebagai menu sarapan. Oleh karena itu, di pagi hari menu ini sudah banyak terjual. Menu tersebut memiliki karakteristik nasi yang seperti bubur, sehingga aman untuk pencernaan. Meski termasuk menu sarapan, nasi tepeng bercita rasa pedas juga kaya akan rempah.

BACA JUGA:  Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali - Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket

Seperti masakan Indonesia pada umumnya yang terkenal akan bumbunya yang meresap dalam menu. Begitulah Nasi Tepeng berhasil merenggut hati wisatawan agar mau mencicipinya. Nasi tepeng biasa disajikan di atas daun pisang. Isinya berupa nasi yang diguyur dengan kacang panjang, telur, terong, daun kelor, nangka muda, juga ayam goreng yang menambah nikmat.

Yang paling tidak boleh ketinggalan dalam menu khas Gianyar ini adalah kelapa parut. Tidak lupa pula guyuran bumbu rahasia khas Bali. Selain untuk menu sarapan, nyatanya nasi tepeng juga dapat menjadi menu makan siang maupun menemani malam Anda.

6. Nasi Campur

Nasi Campur Gianyar
Image Credit: Tripadvisor.com

Nasi campur, seperti namanya, kuliner yang satu ini adalah kuliner khas Gianyar yang terdiri atas berbagai bahan. Jika dilihat sekilas, menu yang satu ini akan terlihat biasa saja. Padahal yang paling khas adalah rempah Bali yang tercampur di dalamnya. Bagi masyarakat Gianyar, nasi campur adalah menu andalan.

Oleh sebab itu, kuliner yang satu ini akan banyak Anda temukan di kedai-kedai pinggir jalan maupun restoran. Berbagai kondimen yang ada pada nasi campur antara lain suwiran ayam, bebek, sate, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa memilih Nasi Campur sebagai menu sarapan pagi. Tentunya selain enak, juga mengenyangkan. Di Bali sendiri bisanya pengunjung akan diberi pilihan, yaitu nasi campur daging babi atau tidak. Artinya setiap pengunjung bisa memilih campuran menu yang satu ini.

Sehingga untuk Anda yang beragama Islam tidak perlu takut, sebab nasi campur juga merupakan menu halal. Terbuat dari beras yang dicampur dengan kelapa urap, daun jeruk, bawang putih dan serai yang kemudian dimasak menjadi satu. Apalagi Indonesia dikenal memiliki cita rasa masakan yang sangat dominan akan rempahnya.

Gianyar Bali memang menjadi tempat yang tepat untuk berburu kuliner. Apalagi jika Anda adalah penyuka masakan Indonesia. Rempah yang berpadu dengan bahan-bahan terbaik siap menggoyang lidah Anda. Lagi pula, masakan Indonesia tidak pernah mengecewakan. Beberapa makanan khas Gianyar Bali di atas bisa menjadi referensi jelajah kuliner Anda.