Denpasar Bali tidak hanya dapat dikenal dengan beragam objek wisata yang populer. Namun kota Denpasar juga menyuguhkan beragam makanan khas yang terkenal lezat dan paling diburu wisatawan.

Wisata kuliner terkadang menjadi sesuatu yang dicari-cari oleh banyak orang. Apa yang menjadi santapan khas daerah tersebut dapat lebih menarik perhatian masyarakat, sama halnya dengan pemandangan, bentangan alam, dan berbagai hal yang terdapat di sana. Di Bali sendiri terdapat banyak makanan khas yang dapat memanjakan perut Anda.

Bali tidak hanya terkenal oleh sajian ayam betutunya yang lezat. Jika ditelusuri lebih dalam lagi, ternyata pulau tersebut mempunyai beragam kuliner daerah yang tidak kalah enaknya. Mulai dari sajian lautnya karena banyak sekali wisata bahari di sana, sampai dengan masakan berbahan sayur ataupun aneka daging.

Ibukota provinsi tersebut pun juga memiliki hidangan daerahnya sendiri yang layak untuk dicoba. Berbagai varian makanan bisa dinikmati oleh siapa saja yang singgah di sana. Berikut uraian mengenai beberapa makanan khas untuk memberikan nutrisi pada tubuh tatkala mengunjungi kota Denpasar, Bali.

1. Tipat Cantok

Tipat Cantok
Image Credit: Kumparan.com

Jika dilihat dengan sekilas saja, olahan makanan yang satu ini nampak seperti ketropak yang merupakan hidangan khas betawi. Makanan ini memang terdiri dari berbagai kombinasi bahan. Diantaranya yakni sayur mayur seperti kacang panjang dan ada pula taoge, serta tambahan tahu dan bermacam bahan yang lain.

Ditambah dengan sambal yang dibuat dari tumbukan kacang tanah yang diolah dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah khas daerah Bali. Hal inilah yang membuat banyak orang yang sering menyamakannya dengan makanan serupa yang banyak beredar di Pulau Jawa, yaitu gado-gado.

Olahan tersebut dinamakan demikian berdasarkan bahan utama serta cara pembuatannya. Sumber karbohidrat makanan tersebut berasal dari beras yang dibuat menjadi ketupat. Oleh karenanya disebut dengan tibat. Sedangkan kata cantok berasal dari proses pembuatan sambal yang dipakai, yakni dengan cara ditumbuk.

Jika ingin menikmati makanan tersebut ketika berada di Kota Denpasar, maka pengunjung tidak akan kesulitan. Pasalnya, sajian tersebut dijajakan di banyak sekali warung-warung yang ada di pinggir jalan. Salah satu tempat untuk menikmatinya yaitu Tipat Cantok Bu Eka. Lokasinya di daerah selatan kota ini, tepatnya di Sesetan.

2. Ikan Bakar Jimbaran

Ikan Bakar Jimbaran
Image Credit: Detik.com

Kota wisata yang satu ini mempunyai satu daerah khusus yang memang populer dengan wisata bahari serta kuliner laut pada saat yang bersamaan tatkala mengunjunginya. Kawasan tersebut tentu saja daerah Jimbaran. Area tersebut memang terkenal dengan wisata makanannya yang menyajikan berbagai hal.

Pengunjung akan diberikan sebuah pengalaman menyantap makanan langsung di sebuah pantai pada pinggir laut. Dari sekian banyak olahan hewan laut yang tersedia di sana, salah satu menu unggulan pada restoran tersebut yaitu ikan bakar. Makanan tersebut diolah menggunakan bumbu istimewa daerah setempat.

Jenis ikan yang digunakan pun juga beragam tergantung dari pilihan pelanggan. Berbagai jenis ikan yang disajikan merupakan hasil tangkapan langsung dari para nelayan setempat. Hal ini juga membuat keistimewaan tertentu karena ikan tersebut masih segar dan langsung diolah menjadi santapan yang lezat.

3. Rumput Laut Serangan

Rumput Laut Serangan
Image Credit: Denpasarkota.go.id

Kota Denpasar mempunyai berbagai pantai di sekitarnya. Salah satu diantara destinasi yang indah tersebut yaitu Pantai Serangan. Siapapun yang singgah ke sana tidak hanya akan disuguhkan bentangan pasir yang berpadu dengan air laut saja. Namun, terdapat hidangan yang terkenal sehingga akan sangat rugi jika tidak merasakannya.

Hidangan yang dimaksud yaitu olahan rumput laut. Para tamu yang hadir tidak hanya akan menikmati olahan tersebut sebagai makanan ringan ataupun sekadar makanan sekunder yang melengkapi makanan yang lain. Tetapi, hasil kekayaan laut tersebut dapat menjadi salah satu makanan utama di sana.

Hasil alam itu dapat disantap dengan beberapa olahan hewan lain. Rumput laut tersebut seolah seperti sayuran pengganti nasi ataupun makanan pokok yang lain. Namun meski demikian, terdapat pula olahan lain dari tanaman yang dapat ditemukan pada dasar laut tersebut.

4. Krupuk Klejat

Krupuk Klejat
Image Credit: Facebook.com @nghty.id

Satu lagi makanan khusus yang banyak ditemukan di daerah Serangan Bali. Makanan tersebut tidak lain adalah krupuk klejat. Makanan ringan ini berbeda dengan snack serupa yang mungkin sudah diketahui oleh banyak orang dan tersebar di berbagai tempat. Bahan yang mendasari proses pembuatannya yaitu kerang serta siput laut yang ada di sana.

Seperti yang sudah diketahui bahwa hewan-hewan tersebut termasuk ke dalam kelompok Mollusca yang mempunyai bagian tubuh yang keras sebagai pengganti tulang dalam dirinya. Bagian tersebut tentu saja cangkang-cangkang yang menyelimuti tubuh lunak yang dimiliki oleh mereka.

Organ tubuh tersebut dapat dipakai sebagai bahan dasar pembuatan krupuk klejat. Akan tetapi, rata-rata makanan khas daerah tersebut menggunakan dagingnya yang lunak untuk membuat olahan tersebut. Pembuatannya pun sangat mudah. Siput hanya perlu dibersihkan dan kemudian dikeringkan hingga memiliki sedikit kadar air dalam tubuhnya.

Setelah itu, daging yang telah sedikit kadar air tersebut diberikan bumbu ataupun bahan penyedap instan saja. Langkah selanjutnya hanya membutuhkan minyak untuk menggorengnya.

5. Kakul Pan Putu

Kakul Pan Putu
Image Credit: Facebook.com @ketut.mahardika.39

Terdapat olahan lain berbahan dasar siput yang dapat ditemukan saat mengunjungi Kota Terbedar di Pulau Dewata itu. Kakul sendiri memiliki arti siput. Tempat makan yang satu ini memang menyediakan bermacam hidangan hasil dari olahan siput. Pengunjung akan merasakan sensasi lain saat menikmati makanan yang ada di sana.

Beberapa menu unggulan yang dapat disantap oleh para tamu yang hadir diantaranya adalah sate, sup, hingga beragam tumis sayur. Namun, semua menu tersebut terdapat isian hewan berdaging lunak tersebut. Inilah yang menjadi ciri khas dari tempat yang terdapat di area Ahmad Yani, Denpasar.

Salah satu alasan mengapa mereka menggunakan bahan tersebut dan tidak jenis daging yang lain dikarenakan siput mempunyai khasiat untuk membuat tekanan darah menjadi lebih rendah. Hewan tersebut juga ramah untuk dikonsumsi oleh orang yang memiliki kadar kolestrol yang tinggi.

6. Nasi Campur Satria

Nasi Campur Satria
Image Credit: Facebook.com @jony.wijaya

Tempat makan tersebut sudah cukup dikenal oleh berbagai kalangan tatkala memutuskan untuk melawat ke Pulau Dewata baik untuk berekreasi ataupun mengikuti berbagai kegiatan yang lain. Hal tersebut karena restoran tersebut telah memiliki setidaknya tiga gerai. Yakni berada di daerah Tohpati, kawasan Pantai Kuta, serta area Kargo Permai.

Restoran yang telah berdiri sejak lebih dari 20 tahun yang lalu ini mempunyai berbagai menu masakan. Pelanggan dapat memilih beragam menu tersebut. Berbagai sajian berbahan dasar macam-macam daging serta sayur-sayuran tersedia di tempat makan yang populer itu.

Namun, ada satu jenis masakan yang tidak boleh dilewatkan ketika singgah di sana. Yaitu menu masakan ayam bali yang begitu lezat. Bahan yang digunakan untuk membuat makanan yang menjadi unggulan tempat tersebut membuat sajian menjadi lebih sedap dengan rasa tersendiri yang tentu saja membuat ketagihan.

7. Ikan Sambal Matah

Ikan Sambal Matah
Image Credit: Cookpad.com

Pulau pariwisata yang begitu terkenal hingga berbagai penjuru dunia ini memang mempunyai beragam jenis olahan dari hasil kekayaan laut. Ikan laut tidak hanya akan disajikan dengan digoreng saja ataupun dibakar ketika Anda berkunjung ke sana. Ada satu tempat yang menawarkan olahan lain dari hewan laut tersebut, yaitu restoran be pasih.

Di warung makan yang satu ini, ikan diolah dengan cara dipanggang. Akan tetapi, sebelum proses pemanggangan harus terlebih dahulu diberikan balutan resep spesial yang membuatnya terasa sangat istimewa. Setelah proses pemasakan tersebut telah usai, maka ikan akan dihidangkan dengan menaburkan sambal matah khas bali.

Untuk menghasilkan sajian yang lezat dan tidak terasa amis, maka bahan makanan tersebut harus dicelupkan ke dalam air dari perasan jeruk bali terlebih dahulu. Selain itu, untuk memanggangnya juga harus menggunakan batok kelapa agar pengasapan yang digunakan menjadi lebih pas dan makanan yang dihasilkan pun lebih nikmat.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke tempat ini, maka dapat melawat ke daerah selatan dari Kota Denpasar. Anda dapat menemukan warung makan Be Pasih pada daerah yang bernama Renon.

8. Srombotan

Srombotan
Image Credit: Google Maps (Endro Adi)

Ini merupakan salah satu makanan tradisonal yang sangat disayangkan jika tidak mencicipinya manakala berlawat ke Pulau Seribu Pura tersebut. Makanan ini hampir seperti tipat cantok. Akan tetapi sambal yang dipakai pada olahan istimewa tersebut berbentuk encer dan terasa pedas saat mengonsumsinya.

Makanan ini dapat dilahap begitu saja ataupun ditambahi dengan nasi atau makanan yang lain. Untuk mendapatkannya cukup mudah, hanya perlu mengunjungi pasar tradisional yang ada di sana, salah satunya yaitu Pasar Sukawati yang sudah cukup dikenal. Harganya pun juga terbilang murah.

Itulah berbagai rekomendasi makanan khas istimewa asli daerah Denpasar, Bali. Tidak hanya hidangan ayam betutu saja yang menarik untuk dicoba manakala berkunjung ke kota wisata tersebut. 8 rekomendasi yang ada di atas dapat menjadi referensi saat merasakan lapar ketika berekreasi di salah satu destinasi pada pulau tersebut.