Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lingkar Selatan, Tanjung Karang, Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Daerah Mataram terkenal dengan berbagai destinasi wisata yang sangat indah. Mulai dari wisata alam, wisata buatan, dan juga wisata edukasi. Saat berkunjung ke Mataram, anda akan menemukan banyak sekali wisatawan, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Sehingga jangan heran jika saat berkunjung ke ibukota NTB anda akan menemukan wisatawan dari berbagai ras dan Negara.

Berkunjung ke Mataram rasanya tidak afdol jika anda tidak mampir dulu untuk mengunjungi salah satu destinasi wisata religi dan sejarah yang ada di sana. Wisata religi dan sejarah tersebut yaitu Taman Makam Loang Baloq. Tempat religi ini ditumbuhi beberapa tanaman dan pohon beringin sebagai ciri khas taman religi ini.

Daya Tarik Wisata Makam Loang Baloq

Daya Tarik Wisata Makam Loang Baloq
Photo by Instagram The Lombok Guide

1. Tiga Makam Istimewa Dalam Kawasan Taman

Daya tarik yang membuat wisatawan berkunjung yaitu karena didalam Taman Makam Loang Baloq memiliki tiga makam. Tiga makam yang dimaksud tersebut adalah makam Ulama Maulana Syekh Gaus Abdurrazak, makam makam anak yatim, dan makam datuk laut. Ketiga makam tersebut terletak berdekatan.

Syekh Gus Abdurrazaq sendiri merupakan seorang ulama dan pendakwah Agama Islam yang berasal dari Baghdad Iraq. Beliau telah menyebarkan Agama Islam dari Palembang dan berakhir di Mataram. Makam dari Syekh Abdurrazaq ini berada tepat di lubang bawah pohon beringin besar. Dimana pada lubang tersebut peziarah dapat menaburkan bunganya.

Makam anak yatim berada di samping bagian luar makam dari Maulana Syekh Gus Abdurrazaq. Makam anak yaktim ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari pada makam maulana Syekh Gus Abdurrazaq. Disebelah makam anak yatim anda akan menemui makam datuk laut dengan bangunan permanen dan memiliki luas kurang lebih sekitar 3×4 meter.

2. Pohon Beringin yang Besar

Daya tarik selanjutnya yaitu terdapat pohon beringin besar. Pohon beringin dengan ukuran yang besar tersebut dijadikan wisatawan untuk menjalankan ritual. Saat berkunjung kesini anda dapat mengikat akar pohon beringin disertai dengan do’a setelah selesai melakukan ziarah. Pengikatan akar pohon beringin akan dilakukan bagi wisatawan yang datang mempunyai hajat.

Hajat dari wisatawan sendiri berbeda-beda, misalnya salah satu hajat yang sering terjadi yaitu hajat menikah. Berdasarkan informasi yang beredar bahwa wisatawan yang datang ke tempat wisata Taman Makam Loang Baloq dan memiliki hajat untuk melangsungkan pernikahan mereka akan mengikat akar dari pohon beringin tersebut.

Pada waktu-waktu tertentu anda juga akan menjumpai wisatawan yang berkunjung untuk mengikat akar pohon beringin. Waktu yang dimaksud pada saat musim haji ataupun satu minggu setelah perayaan hari raya Umat Islam yaitu Hari raya Idul Fitri. Pohon beringin yang besar ini tidak lepas dengan ikonik dari wisara religi ini.

Daya Tarik Makam Loang Baloq
Photo by Twitter sitiobi

3. Adat Istiadat yang Masih Dijunjung

Saat anda berkunjung di Taman Makam Loang Baloq, anda akan menjumpai beberapa adat istiadat yang masih dijunjung oleh warga sekitar maupun wisatawan. Adat yang masih dilestarikan tersebut yaitu ngurisan dan saur sesangi. Kedua adat tersebut masih sangat kental untuk dijalankan oleh masyarakat sehingga menarik perhatian wisatawan yang berkunjung.

Ngurisan sendiri merupakan tradisi memotong kuku bayi yang berada pada usia dibawah enam bulan. Sedangkan untuk saur sesangi merupakan adat tradisi mengikat akar pohon beringin bagi peziarah. Kedua adat tersebut masih terus dilestarikan hingga sekarang. Walaupun ada yang menggap bahwa ritual tersebut hanyalah mitos, namun masih banyak yang percaya.

4. Danau yang Indah

Salah satu alasan wisatawan datang ke tempat ini karena ingin menikmati keindahan panorama alam mulai dari gunung hingga pantai. Pantai yang cukup terkenal di kalangan wisatawan diantaranya yaitu pantai ampenan, pantai nipih dan juga pantai loang baloq. Selain itu, daya tarik lain wisata religi ini yaitu adanya Danau.

Danau disini menjadi salah satu daya tarik dari Taman Makam Loang Baloq. Danau yang indah tersebut terletak tidak jauh dari beberapa makam seperti makam maulana Syekh Gus Abdurrazaq, makam anak yati, dan makam datuk laut. Di sekitar danau anda padat melihat pepohonan yang hijau dan rindang dan pemandangan yang eksotis.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat Taman Makam Loang Baloq
Photo by Instagram Masnun Ali

Taman Makam Loang Baloq terletak di Daerah Kota Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Jika anda pernah jalan-jalan ke daerah Mataram, maka tidak asing lagi dengan berbagai pantai yang indah di sana. Salah satu pantai yang menjadi tujuan destinasi wisata wisata tersebut adalah Pantai tanjung karang. Tepat di seberang pantai itulah lokasi dari taman wisata religi ini.

Anda dapat dengan mudah menuju ke lokasi wisata religi ini dengan menggunakan kendaraan pribadi baik motor maupun mobil. Selain itu anda juga dapat menggunakan kendaraan umum seperti bus. Lokasinya juga strategis hanya butuh kurang lebih 15 menit untuk sampai ke pusat kota

Jam Operasional dan Harga Tiket

Harga Tiket Makam Loang Baloq
Photo by Google Maps Did Mild

Setiap tempat wisata yang ada di Indonesia maupun luar negeri pasti memiliki jam operasional yang berbeda-beda. Ada yang memiliki jam operasional pagi, siang sore hingga malam di hari yang berbeda. Tidak terkecuali operasional Taman Makam Loang Baloq memiliki jam operasional yang bebas. Dikatakan demikian karenakan tempat wisata religi ini memiliki jam operasional 24 jam.

Selain memiliki jam operasional yang bebas, pengelola tempat wisata ini juga tidak menetapkan harga tiket masuk melainkan hanya menyediakan kota amal yang dapat diisi seikhlasnya oleh pengunjung.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Dilakukan
Photo by Facebook Arif Saja

1. Ziarah Makam

Terdapat kegiatan yang dapat anda lakukan jika berkunjung di Taman Makam Loang Baloq. Disana anda dapat melakukan ritual. Pada ziarah makam, biasanya para peziarah ada yang menyampaikan nazar dan berdo’a di makam, supaya apa yang harapkan bisa terkabul. Jika permintaannya dikabulkan maka anda dapat kembali untuk membuka ikatan atau disebut dengan tradisi saur sesangi.

2. Ritual Adat

Selain untuk melakukan ritual keagamaan, anda juga dapat melakukan ritual adat. Ritual tersebut seperti ritual memotong rambut anak yang masih balita, atau dalam bahasa sasak dapat disebut dengan istilah ngurisan. Dalam menjalankan ritual dilaksanakan dengan hikmat dan dengan menjalankan tata cara yang sudah di tetapkan secara tertib.

Aktivitas Dilakukan di Makam Loang Baloq
Photo by Twitter Info Pulau Lombok

3. Bermain Wahana

Selain aktivitas ritual anda juga dapat beristirahat di tempat yang sudah disediakan. Anda juga dapat membasuh muka dengan air yang jernih untuk membuat anda lebih segar kembali. Sambil istirahat, anak-anak dapat bermain dengan temannya di fasilitas wahana permainan yang bervariasi yang sudah disediakan.

4. Menikmati Pemandangan dan Pesona Laut

Tidak hanya itu, setelah menjalankan aktifitas dan mengelilingi Taman Makam Loang Baloq, anda dapat berkunjung ke tepi pantai tanjung karang berada tepat di seberang taman. Ada bisa mengajak keluarga, saudara, terlebih anak untuk bermain di pantai dengan ombak yang cukup tenang. Sehingga anda tidak perlu terlalu khawatir jika berkunjung membawa anak.

Fasilitas di Makam Loang Baloq

FasilitasMakam Loang Baloq
Photo by Google Maps Rasta Young

Selain kegiatan di atas, pengelola juga menyediakan fasilitas yang lengkap. Seperti tempat parkir yang luas, untuk tempat parkir ini di desain luas karena untuk menghindari macet dan kurangnya lahan apabila jumlah wisatawan yang datang dengan jumlah banyak. Banyaknya jumlah wisatawan tertinggi yaitu pada saat hari raya idul fitri hingga tujuh hari setelah hari raya

Fasilitas lain yang ditawarkan adalah tempat bersantai dan istirahat yang nyaman seperti saung-saung. Kemudian anda juga disediakan tempat ibadah, hingga wahana permainan anak yang aman dan nyaman. Pada Taman Makam Loang Baloq, anda juga dapat menikmati jalanan berbatu untuk aktifitas refleksi pada kaki.

Melihat banyaknya pengunjung yang datang, maka pemerintah juga membangun fasilitas baru yaitu berupa balai kecil sebagai tempat strategis untuk melihat keindahan alam dan perahu bebek. Di taman ini, anda juga akan di sediakan berbagai lapak kuliner khas Lombok seperti plecing kangkung, ikan bakar, sate Lombok bulayak dan masih banyak menu lainnya.

Jika anda bingung untuk menentukan destinasi wisata religi dan sejarah maka anda dapat menghabiskan waktu liburan anda dengan keluarga di Taman Makam Loang Baloq. Selain mendapatkan pemandangan yang cantik, edukasi sejarah, dan fasilitas lengkap, tempat ini juga akan membuat anda meningkatkan sisi keagamaan kepada Tuhan.