Lotus Lagoon Candidasa salah satu taman bunga yang tersembunyi di Kabupaten Karangsem, Bali Timur. Kolam indah penuh bunga Teratai warna-warni menjadikan taman ini sebagai spot foto instagramable.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Candidasa, Sengkidu, Kec. Karangasem, Kab. Karangasem, Bali.

Pualu Bali memang sangat terkenal akan wisatanya yang beragam dan menawan. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara, menjadikan pulau ini sebagai tujuan wisata mereka. Apalagi di Karangsem, banyak sekali wisata menarik, baik buatan maupun alam. Salah satunya adalah Lotus Lagoon Candidasa dengan pesona teratainya.

Lotus Lagoon merupakan spot yang sangat populer yang ada di pulau Bali bagian timur. Letaknya yang strategis juga menjadi salah satu incaran para wisatawan asing dan lokal. Selain itu pesona alamnya yang cantik juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Terutama untuk mengambil gambar yang cantik.

Didukung dengan berbagai teknologi canggih yang bermunculan, serta media sosial sebagai media untuk berbagi ekspresi, menjadikan wisatawan sekarang sangat suka berfoto untuk menghiasi sosial medianya. Spot foto instagramable pun menjadi santapan wajibnya. Sehingga tempat ini pun terpilih menjadi spot foto bagi para wisatawan.

Daya Tarik yang Dimiliki Lotus Lagoon Candidasa

Daya Tarik Lotus Lagoon Candidasa
Image Credit: Google Maps (Taman Bunga Teratai)

1. Teratai yang Jumlahnya Banyak

Kolam atau danau bak danau di istana kerjaan ini memiliki banyak sekali tumbuhan teratai. Bahkan jumlahnya bisa mencapai ribuan, sebab kolamnya juga sangat luas. Daunnya yang berwarna hijau dan mengapung di permukaan kolam membuatnya nampak menawan. Sehingga tumbuhan ini menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Bukan itu saja, bunga teratai yang tumbuh pun juga memiliki warna yang cukup beragam. Diantaranya adalah warna merah, kekuning-kuningan, dan juga putih. Sangat cantik sekali bukan? Apalagi saat bunga-bunga ini bermekaran tentu akan menambah keindahannya.

Biasanya bunga teratai ini akan mekar di pagi hari. Sehingga saat pagi tersebut menjadi waktu yang cocok untuk datang ke wisata ini. Soal buka atau tutupnya Anda tidak perlu khawatir. Sebab tempat ini buka selama 24 jam. Andapun bisa puas saat berlibur di wisata taman teratai ini.

Bukan hanya itu, tempat ini juga memiliki sebuah danau yang cukup luas, dimana danau tersebut ditumbuhi banyak sekali bunga teratai berwarna merah jambu. Danau tersebut juga dihiasi patung-patung di tengah-tengahnya. Hal ini sangat khas dengan pulau Bali.

2. Situs Bersejarah

Destinasi taman bunga ini juga memiliki situs bersejarah, yang mana ada sebuah pura yang sudah ada mulai dari abad ke-11. tempat untuk ke pura ini juga tak jauh dari kolam teratai, yakni ada di seberang dari wisata Lotus Lagoon ini.

Selain itu, pura tersebut juga memiliki pahatan kuno yang indah. Sehingga suasana jaman dahulunya sangat terasa sekali. Tempat ini pun cocok sebagai spot foto serta mencari tahu lebih dalam tentang situs bersejarah tersebut. Dengan demikian taman Teratai ini akan menjadi pengalaman mengesankan serta tempat mendapat pengetahuan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Lotus Lagoon

Alamat Lotus Lagoon
Image Credit: Google Maps (Zsuzsanna Nagy)

Taman Teratai ini terletak di daerah Kabupaten Karangsem yang ada di Provinsi Bali Bagian Timur. Tepatnya di desa Candidasa Kecamatan Karangsem. Aksesnya pun mudah sebab terletak di pinggir jalan raya.

Agar tidak tersesat andapun bisa mengecek lokasi tersebut di Google Maps. Sehingga Anda bisa mendapatkan rute ke wisata ini. Tenang saja, Google Maps bisa dipercaya keakuratannya.

Tempat ini lumayan jauh dari pusat kota ataupun bandara Ngurah Rai. Sehingga Anda harus bersabar untuk bisa menikmati tempat wisata ini. Dari bandara tersebut Anda harus menempuh perjalanan sekitar 65 km. Hal tersebut juga menyebabkan waktu tempuhnya cukup lama yakni 103 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Nah, hal ini tentu akan membuat Anda berlama-lama di perjalanan. Namun Anda tak perlu khawatir, sebab lelah Anda pasti terbayarkan dengan sampainya Anda ke destinasi wisata satu ini.

Selain itu, ada banyak penginapan serta tempat wisata searah Lotus Lagoon yang bisa dibuat mampir. Harga tiketnya juga relatif terjangkau, bahkan ada yang gratis. Ibarat pepatah sekali dayung dua tiga pulau terlampaui.

Untuk harga tiket masuknya sendiri, taman bunga ini tidak menarik tiket masuk sama sekali. Sehingga bisa dibilang harga tiketnya gratis. Andapun hanya perlu membayar untuk perjalanannya atau mungkin biaya penginapan jika menginap di hotel atau homestay.

Oleh sebab itu, rugi sekali jika berlibur ke pulau Bali tapi tidak ke tempat ini. Apalagi tempat ini sangat cocok untuk kaum milenial yang hobi foto. Namun tak menutup kemungkinan jika tempat ini untuk berlibur dengan keluarga. Sebab foto keluarga dengan background kolam teratai juga sangat menarik.

Akan tetapi, bisa saja harga tiket masuk wisata Lotus Lagoon ini berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola setempat. Sebab biaya untuk pembangunan berbagai fasilitas yang mungkin akan dibangun serta perawatan wisata juga bisa menjadi tolak ukur ditentukannya harga tiket masuk.

Kegiatan yang Menarik yang Dilakukan di Lotus Lagoon

Kegiatan Dilakukan di Lotus Lagoon
Image Credit: Google Maps (Diego Marin)

1. Berburu Foto Keren

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tempat ini sangat identik dengan spot fotonya yang instagramable, hits, kekinian, dan milenial. Apalagi spot fotonya juga beragam. Seperti duduk di pinggiran kolam dengan latar belakang bunga teratai, foto dengan perahu di tengah-tengah kolam, ataupun foto di pura bersejarah.

Langit cerah berpadu dengan bunga teratai yang warna-warni akan membuat foto Anda semakin menarik. Hal tersebut juga akan mempercantik feed sosial media Anda. Dengan begitu, andapun juga turut serta memperkenalkan wisata ini ke penjuru dunia. Sehingga Anda juga turut serta dalam mengembangkan potensi wisata Indonesia khususnya Bali.

2. Menikmati Keindahan Istana Teratai

Selain teratai warna-warni yang indah dan bermekaran di pagi hari, Lotus Lagoon candidasa ini juga memiliki keindahan panorama lain yang memukau. Sebab pepohonan hijau juga bisa ditemukan dengan muda di wisata ini. Mata yang memandangnya pun terasa cerah dan segar.

Di sebelah utara Anda bisa melihat panorama bukit-bukit hijau dengan pura candidasa yang sangat melegenda itu. Tak lupa panorama di sebelah selatan juga tak kalah indahnya, yakni pohon kelapa yang daunnya melambai-lambai serta hamparan laut biru yang tampak indah. Apalagi angin sepoi-sepoi dari pantai juga sampai ke tempat ini.

3. Menenangkan Pikiran

Lotus Lagoon Candidasa ini masih belum terjamah oleh tangan-tangan jahil manusia. Sehingga kealamiannya masih terjaga. Hal ini disebabkan tempat ini belum terlalu dikenal oleh masyarakat, tapi kini sudah mulai populer sebab spot fotonya. Selain itu tempat ini juga belum dikelola secara komersil, sehingga masih gratis.

Meskipun demikian, tempat ini sangat cocok bagi Anda yang suka menyendiri menenangkan pikiran serta melepaskan beban untuk sesaat. Sebab pemandangannya yang indah diiringi udara segar dan angin sepoi-sepoi, membuat tempat ini terasa tenang. Sehingga Anda bisa lebih rileks saat berada di taman teratai ini.

4. Jogging

Pemandangan di tempat ini memang indah, namun tak puas jika tak berkeliling. Sehingga banyak wisatawan yang berkeliling di wisata ini. Biasanya mereka akan melakukan aktivitas seperti Jogging. Di samping berolahraga, mereka juga berjoging untuk melihat pemandangan sekitar.

Aktivitas ini biasa dilakukan oleh pengunjung saat pagi hari ataupun sore hari. Sehingga saat-saat tersebut pengunjung sedang ramai-ramainya. Namun, saat sore biasanya lebih ramai daripada saat pagi hari. Nah, saat pagi itulah cocok untuk Anda yang tidak suka ramai. Sehingga wisata ini terasa eksklusif untuk Anda pribadi.

Akan tetapi jika Anda lebih suka untuk berjogging di sore hari juga bagus. Apalagi jika Anda adalah orang yang sangat suka berinteraksi dan menambah relasi.

Fasilitas yang Tersedia di Lotus Lagoon Bali

Fasilitas di Lotus Lagoon Bali
Image Credit: Google Maps (Taman Bunga Teratai)

Tempat wisata Lotus Lagoon ini berada di pinggir jalan sehingga biasa dibuat pengunjung untuk mampir beristirahat. Fasilitasnya juga tersambung dengan area sekitarnya. Misalnya untuk parkir, Anda bisa parkir di pinggir jalan yang sekirannya sepi. Namun harus tetap berhati-hati sebab tempatnya ada di tikungan.

Andapun bisa menyewa perahu di tempat ini untuk bisa mendapatkan spot foto bagus dengan berpose diatas perahu. Selain itu destinasi wisata ini juga memiliki banyak sekali rumah makan ataupun restourant dengan menu yang bervariasi, seperti lobster dan kerapu steam.

Saat menyantap makanan di rumah makan tersebut, andapun bisa sambil menikmati pemandangan Lotus Lagoon ini. Suasana yang tercipta pun akan terasa berbeda dengan saat makan di tempat lainnya. Sebab nampak bunga teratai warna-warni dari balik jendela restaurant.

Meskipun tempat wisata ini belum terolah dengan maksimal, dan fasilitasnya juga seadanya, tempat ini juga menyediakan tempat sampah loh untuk membuang sampah. Oleh sebab itu, jadilah pengunjung yang bijak dengan cara tidak membuang sampah sembarangan. Sebab banyak sekali sampah plastik yang mengambang diatas kolam.

Demikianlah informasi mengenai destinasi wisata Lotus Lagoon Candidasa, Karangasem. Dimana banyak pengunjung yang menghampirinya. Tempat yang strategis serta pesona alamnya yang memukau juga menjadi daya tarik bagi para pengunjung tersebut. Bukan hanya pengunjung domestik saja, melainkan juga pengunjung dari luar negeri.