Lahangan Sweet, Objek Wisata Alam Hits & Kekinian di Karangasem

Lahangan Sweet, Objek Wisata Alam Hits & Kekinian di Karangasem
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Banjar Dinas Gulinten, Bunutan, Kec. Abang, Kab. Karangasem, Bali.

Bali menjadi pulau yang sering dijadikan tempat berlibur karena menyuguhkan tempat hits. Salah satunya Lahangan Sweet Karangasem yang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Bahkan tempat ini selalu menakjubkan karena wisatawan dapat melihat kecantikan alam dari atas. Terdapat papan kayu untuk tempat bersantai di atas ketinggian.

Banyak pohon yang berdiri kokoh melengkapi kecantikan alam. Selain itu pengunjung bisa memanjakan mata dengan menikmati gunung, danau, serta bukit yang terlihat indah dari sana. Ketika pagi maupun sore banyak pelancong yang duduk di sekitar untuk melihat pergantian langit. Hal itulah yang membuat Lahangan cukup populer dan tidak pernah sepi.

Jika Anda ingin berlibur maka harus membawa peralatan dan memastikan tenaga kuat ketika menuju destinasi Lahangan Sweet. Traveller perlu melewati pedesaan yang cukup jauh dari pusat kota. Tetapi tidak perlu takut karena saat hari libur banyak wisatawan yang berdatangan menuju Lahangan. Maka dari itu, cobalah sensasi seru dengan mampir ke wisata alam yang tinggi.

Daya Tarik Wisata Lahangan Sweet

Daya Tarik Wisata Lahangan Sweet
Photo by Google Maps Travellovers

1. Pemandangan Cantik

Lahangan Sweet menyuguhkan pemandangan yang berasal langsung dari alam. Area destinasi masih natural dengan dikelilingi rumput hijau dan tanah tandus. Apalagi wisata masih berada di tengah desa yang membuat Lahangan jauh dari bangunan kota. Hal tersebut membuat lahan masih berupa tanaman dan pohon yang terlihat cukup banyak.

Beragam panorama membuat udara terasa sejuk meskipun siang. Pengelola selalu menjaga alam sekitar dengan membuat peraturan bahwa wisatawan tidak boleh merusak tanaman. Selain itu Anda perlu menjaga kebersihan area Lahangan. Jika hal tersebut dilakukan maka pemandangan sekitar akan tampak cantik sepanjang masa.

2. Spot Foto

Tempat bernuansa alam memang selalu menjadi perhatian tersendiri bagi wisatawan. Banyak spot instragamable yang membuat gambar foto semakin cantik. Anda bisa mencoba berfoto di dekat pohon dengan membelakangi gunung dan bukit. Background yang indah di Lahangan Sweet akan membuat foto terlihat seperti lukisan 3 dimensi yang berbeda dengan wisata lain.

Para pelancong yang berpiknik atau kemah juga dapat mengabadikan momen selama disana. Biasanya beberapa orang sering menjadikan Lahangan sebagai tempat prewedding karena sangat unik dan langka. Anda tentu tidak boleh melewatkan hal seru untuk mencari tempat berfoto. Maka dari itu, mampir ke Lahangan untuk mendapat spot foto bagus.

3. Ketinggian Tempat

Pengunjung yang berlibur sering menghabiskan waktu di tempat duduk dekat pohon. Spot ini sering disebut sebagai rumah pohon karena terletak di atas ketinggian tertentu. Tampak tangga kayu yang berwarna coklat melengkapi spot di Lahangan Sweet ini.

Selama berada di atas Anda tidak boleh banyak bergurau karena tidak ada tali khusus untuk berpegangan. Traveller perlu memperhatikan keselamatan selama duduk santai di atas supaya tidak jatuh. Biasanya orang yang menuju ke atas sering berfoto dan menikmati alam.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Lahangan Sweet
Photo by Google Maps Roman Gutikov

Lahangan Sweet berlokasi di Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Karangasem, Bali. Destinasi yang cukup jauh dari kota membuat pengunjung harus membawa kendaraan. Lahangan diketahui terletak sekitar 4 km dari arah Lempuyang. Anda yang masih belum mengetahui lokasi wisata harus berkunjung bersama kerabat dan perhatikan arah papan petunjuk jalan.

Pelancong yang datang dari Jalan Pura Telaga Mas Lempuyang membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk bisa sampai. Anda bisa meneruskan rute ke arah Gulinten dengan melewati beberapa perkampungan. Jika pengunjung membawa kendaraan roda empat maka tidak bisa masuk ke wisata karena Lahangan mempunyai akses yang cukup sulit dijangkau.

Wisatawan yang dari arah kota Denpasar sebaiknya menggunakan google maps. Apalagi destinasi ini belum lama dibuka sehingga masih baru populer di kalangan masyarakat. Anda juga dapat mencari rute terbaik dengan bertanya kepada warga disana. Pastikan datang mulai pagi supaya tidak terkena macet karena Lahangan cukup ramai dipadati para tamu.

Harga Tiket Masuk Lahangan Sweet

Harga Tiket Masuk Lahangan Sweet
Photo by Google Maps Parie Perdana

Destinasi alam ini tidak dikenai tarif karena wisatawan bisa membayar sukarela. Tempat wisata ini memang masih baru dan membutuhkan perkembangan lebih lanjut. Anda dapat mengajak kerabat untuk melihat keindahan dari atas pohon yang begitu indah. Apalagi tidak dikenai tarif masuk jadi pengunjung akan senang saat menikmati waktu disana.

Jika Anda ingin berkemah di Lahangan Sweet maka harus membayar tarif Rp 20.000 untuk penyewaan tempat dan kayu bakar. Harga ini termasuk murah apalagi para tamu bisa melihat panorama dengan lebih lama. Pada bagian dekat pintu masuk disediakan tempat untuk parkir yang dikenai harga karcis. Traveller perlu membayar Rp 3.000 untuk sepeda dan Rp 5.000 khusus mobil.

Selama berada di kawasan Lahangan tidak banyak warung atau toko yang berjualan. Wisatawan diharapkan membawa bekal supaya tidak kesulitan mencari pedagang. Terdapat tempat khusus yang sudah tersedia untuk berkumpul bersama keluarga. Jadi Anda dapat berhemat karena disana diperbolehkan membawa makanan apapun dari rumah.

Ragam Aktivitas Menarik yang Dilakukan

Ragam Aktivitas Menarik Lahangan Sweet
Photo by Google Maps Ati Liang

1. Menikmati Alam

Pemandangan yang tampak dari ketinggian Lahangan Sweet sangat menakjubkan. Mulai dari pegunungan, bukit, hingga danau terlihat jelas dari atas. Anda bisa duduk di atas papan kayu yang telah tersedia jika ingin merasakan udara segar. Wisata yang masih natural ini memang selalu membuat wisatawan tertarik untuk berdatangan kesana.

2. Melepas Penat

Tempat yang menawarkan angin sepoi-sepoi ini memang cocok untuk melepas penat saat hari libur. Bahkan traveller dapat istirahat disana sambil merasakan kesejukan alam. Lahangan masih jauh dari kepadatan kota sehingga Anda bisa menghirup udara bersih. Banyak kalangan muda hingga orang tua yang duduk santai di sekitar Lahangan tersebut.

3. Melihat Sunrise

Sunrise yang muncul dari arah timur terlihat begitu dekat jika diamati dari Lahangan. Anda tidak perlu kesulitan melihat pergantian warna langit karena sudah ada tempat duduk di atas ketinggian pohon. Tetapi pelancong harus datang mulai subuh jika tidak ingin melewatkan momen ini. Siapkan pula pakaian tebal karena saat pagi ada kabut yang dingin.

4. Camping di Lahangan Sweet

Ragam Aktivitas Menarik di Lahangan Sweet
Photo by Google Maps Fatahul Arifin

Kawasan Lahangan memang dikelilingi hamparan rumput hijau yang natural. Anda yang ingin camping bisa izin dan membayar sewa ke petugas setempat. Pengunjung akan diberi kayu bakar selama berkemah karena ketika malam angin terasa dingin. Usahakan pula membawa alas tidur yang tebal dan menyiapkan keperluan mulai dari baju hingga makanan.

5. Menikmati Makanan

Lahangan Sweet memang masih belum banyak menyuguhkan warung pedagang. Namun tidak perlu khawatir karena tamu diperbolehkan membawa makanan sendiri dari rumah. Bahkan Anda bisa menyiapkan tikar jika ingin menikmati di sekitar hamparan rumput. Bawa makanan dan minuman secukupnya agar tidak terasa berat.

6. Berfoto-Foto

Aktivitas seru lain yang dapat dilakukan jika berada di Lahangan yaitu berfoto dan merekam video. Spot alam yang terlihat cantik pasti membuat Anda tertarik untuk memotret gambar melalui kamera. Traveller bisa datang ketika langit sedang cerah agar panorama terlihat jelas saat dijadikan background. Hasil foto juga akan tampak seperti lukisan bertema alam.

7. Menjelajah

Pelancong yang berkunjung ke Lahangan Sweet akan melewati beberapa hutan dan pohon rimbun. Hal tersebut membuat sebagian orang ingin berjelajah untuk melihat tanaman yang ada di sekitar. Anda bisa pula sekedar berkeliling di sekitar karena lahan yang ada di wisata cukup luas. Banyak tempat yang akan menarik perhatian jika Anda amati secara lebih dekat.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Lahangan Sweet

Fasilitas Lahangan Sweet
Photo by Google Maps Andreas Wessel

Destinasi alam yang menjadi wisata populer memiliki sejumlah fasilitas yang disediakan pengelola. Fasilitas memang tidak terlalu lengkap dan banyak namun masih bisa menunjang kegiatan Anda selama di area. Banyak spot foto yang sangat cantik dan tentu bernuansa alam. Tempat ini memang menawarkan bukit dan gunung yang sangat tinggi.

Tempat duduk yang ada di atas pohon sering dijadikan spot melihat langit ketika sunrise maupun sunset di Lahangan Sweet. Namun perlu hati-hati karena tidak ada pagar di sekitar tempat itu. Terdapat tangga dari kayu yang akan memudahkan pengunjung naik ke atas. Disana juga sudah dilengkapi tempat khusus untuk camping bagi orang yang ingin mendirikan tenda.

Destinasi Lahangan masih jauh dari warung jadi Anda harus membawa makanan. Kawasan wisata belum tersedia mushola karena masih dekat dengan hutan. Namun disana ada kamar mandi kecil yang bisa dipakai serta tidak ada penjagaan. Pada pintu depan ada lahan yang dijadikan tempat parkir supaya pelancong tidak khawatir jika membawa kendaraan pribadi.

Nah, itulah beberapa hal menarik mengenai Lahangan Sweet yang cukup hits di Karangasem, Pulau Bali. Meskipun tempat ini masih jauh dari rumah warga, namun tidak sedikit yang berdatangan. Bahkan banyak pengunjung yang mengajak keluarga agar terasa seru. Jika ingin berlibur pastikan membawa kendaraan yang aman dan bawa peralatan.