Kolam Alami Air Sanih, Kolam Pemandian Alami Eksotis di Tepi Pantai Lovina Bali

Kolam Alami Air Sanih, Kolam Pemandian Alami Eksotis di Tepi Pantai Lovina Bali
Harga Tiket: 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Air Sanih, Bukti, Kec. Kubutambahan, Kab. Buleleng, Bali.

Pulau Bali dari sejak dulu memang dikenal sebagai salah satu tempat yang memiliki banyak sekali tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi. Tak terkecuali di daerah Buleleng. Tempat wisata tersebut yaitu wisata Kolam Alami Air Sanih. Berkunjung ke tempat ini ketika liburan merupakan hal yang tepat untuk Anda lakukan.

Untuk lokasinya memang berada cukup jauh dari Bandara Ngurah Rai. Namun meski begitu, keseruan serta pemandangan elok yang bisa Anda temukan di kolam ini tidak akan Anda dapatkan di tempat lainnya. Anda yang berkunjung ke tempat ini pada hari libur, jangan heran jika menemukan banyak wisatawan yang datang untuk menikmati kesegaran air.

Pesona keindahan yang ditawarkan memang akan membuat Anda merasa begitu takjub. Karena itu, ketika Anda berkunjung ke Pulau Bali, khususnya di sini ke Buleleng, maka sangat disarankan untuk singgah ke kolam renang ini.

Daya Tarik Wisata Kolam Alami Air Sanih

Daya Tarik Wisata Kolam Alami Air Sanih
Photo by Google Maps Kolam Alami Air Sanih

1. Sumber Mata Air Alami

Kolam Alami Air Sanih ini memiliki daya tarik yang membuat banyak sekali wisatawan berminat untuk mengunjunginya. Salah satu daya tarik tersebut yaitu di kolam renang tersebut menggunakan sumber mata air alami yang berasal dari aliran sungai yang ada di bawah tanah.

Sumber mata air tersebut bisa Anda temukan di bagian pojok tenggara dari kolam tersebut. Ketika Anda mandi dan merasakan air kolam, maka Anda akan bisa merasakan sensasi sejuk, sekalipun saat itu tengah siang hari. Yang menarik lagi, kolam renang ini tidak menggunakan kaporit serta memiliki pemandangan yang begitu elok.

Dengan memiliki sumber mata air alami tentunya Anda pun sudah bisa membayangkan betapa segarnya ketika harus mandi dan berenang di kolam tersebut. Terlebih Anda tidak akan menemukan adanya kandungan kaporit maupun klorin yang terdapat di dalam air.

Pemandian Air Sanih ini memang sangat cocok bagi Anda yang ingin berlibur bersama dengan keluarga dan juga anak-anak. Di tempat ini Anda tidak hanya akan menemukan kolam renang untuk orang dewasa saja, melainkan terdapat juga kolam renang yang dikhususkan bagi anak-anak. Selain itu, lantai kolam tidak memakai keramik tapi menggunakan bahan berupa batu.

2. Pemandangan Berupa Pantai

Daya tarik berikutnya yang ditawarkan oleh Kolam Alami Air Sanih yaitu pemandangan yang berupa pantai. Hal itu merupakan sesuatu yang unik yang dimiliki hanya oleh kolam renang ini. Anda bisa melihat pemandangan jelas Pantai Lovina. Namun Anda tidak perlu khawatir, sekalipun kolam tersebut berada dekat dengan pantai, tapi air kolam terasa tawar.

Pantai Lovina Bali memang merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal sebagai salah satu tempat wisata untuk menyaksikan lumba-lumba. Selain itu pantai ini juga dikenal sebagai areal bagi para wisatawan yang ingin melakukan snorkeling atau menyelam. Hal itu tidak terlepas dari keindahan bawah laut yang ditawarkan oleh Pantai Lovina itu sendiri.

Dengan Anda mengunjungi Kolam Alami Air Sanih, maka keindahan dari pantai Lovina tersebut bisa Anda saksikan sambil lalu menikmati kesegaran air kolam yang berasal dari mata air alami tersebut.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Kolam Alami Air Sanih
Photo by Google Maps Ari Jeje

Kolam Alami Air Sanih merupakan salah satu tempat wisata yang sangat ramai dikunjungi tidak hanya oleh masyarakat lokal saja, melainkan juga wisatawan-wisatawan luar kota dan wisatawan asing. Hal itu dikarenakan daya tarik yang telah di jelaskan di atas.

Lokasi kolam renang alami tersebut yaitu berada di Kabupaten Buleleng. Jika Anda berangkat dari kota Singaraja, maka untuk mencapai tempat wisata kolam tersebut Anda hanya perlu menempuh jarak kurang lebih 17 km saja.

Untuk memudahkan dalam menemukan area wisata kolam tersebut, maka Anda bisa menggunakan bantuan dari Google Maps. Dengan begitu nantinya Anda hanya perlu mengikuti rute yang ditunjuk oleh Google Maps agar bisa sampai ke air kolam alami tersebut.

Jika disini Anda berangkat dari Sanur yang berada di Bali Selatan, maka untuk menempuh tempat wisata ini Anda perlu menempuh jarak kurang lebih 92 km. Waktu tempuh yang dibutuhkan dengan menggunakan kendaraan yaitu selama 3 jam.

Nantinya selama perjalanan Anda akan melewati tempat wisata lain, seperti contohnya Kebun Raya Bedugul. Anda yang berangkat dari arah Bali Safari And Marine Park akan menempuh perjalanan kurang lebih selama 2 jam 15 menit. Jarak yang harus dilalui yaitu sekitar 78 km.

Sebaliknya ketika Anda hendak menuju ke lokasi Kolam Alami Air Sanih tersebut, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi. Karena memang transportasi umum dari wilayah Bali Selatan menuju ke Bali Utara saat ini masih belum tersedia. Untuk jenis kendaraannya sendiri Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Tidak perlu khawatir mengenai masalah transportasi, karena di tempat ini cukup mudah untuk menemukan jasa rental motor yang bisa gunakan. Penyewaan motor yang ada di Bali dan harganya pun cukup terjangkau. Selain itu Anda juga bisa menyesuaikan harga dengan lama waktu Anda menyewanya.

Anda bisa memilih untuk menyewa setengah hari atau pun satu hari penuh, tergantung kebutuhan Anda. Begitupun bagi Anda yang ingin menggunakan kendaraan roda empat, maka juga tersedia rental mobil yang bisa Anda manfaatkan jasanya.

Pastikan Ketika Anda ingin menyewa mobil ataupun motor, Anda terlebih dahulu mengeceknya. Karena tentunya di sini Anda tidak ingin memperoleh kendaraan yang bermasalah. Dan tentunya itu hanya akan membuat liburan Anda jadi terganggu.

Harga Tiket Masuk Wisata

Harga Tiket Masuk Kolam Alami Air Sanih
Photo by Google Maps Kolam Alami Air Sanih

Seperti tempat wisata umumnya, untuk mengunjungi Kolam Alami Air Sanih ini Anda perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk. Namun tidak perlu khawatir, karena memang biaya tiket masuk ke Kolam Renang Air Sanih cukup terjangkau.

Bagi Anda yang merupakan pengunjung dewasa, maka nantinya akan dikenakan tiket sebesar Rp 10.000 untuk tiap orang. Sedangkan untuk anak-anak akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp 5.000. Di tempat ini juga tersedia penyewaan loker dengan biaya sebesar Rp 10.000.

Serta bagi yang ingin menggunakan kamar mandi, maka perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 2.000. Jika dibandingkan dengan keseruan yang bisa Anda dapatkan selama berlibur ke Kolam Renang Air Sanih ini, maka biaya-biaya di atas tentu terbilang cukup terjangkau.

Pastikan Anda mengunjungi kolam renang tersebut ketika pukul 7 pagi. Kolam akan dibuka pada pukul 7 pagi dan ditutup ketika menjelang pukul 9 malam. Untuk harinya sendiri, kolam renang tersebut dibuka tiap hari.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Ragam Aktivitas Menarik Kolam Alami Air Sanih
Photo by Google Maps Muhammad Dadang Kurnia

1. Berenang dan Bermain Air

Banyak sekali aktivitas menarik yang bisa dilakukan ketika Anda sudah berada di Kolam Alami Air Sanih tersebut. Salah satu kegiatan seru yang tentunya tidak boleh dilewatkan yaitu berenang sambil bermain air. Mayoritas wisatawan datang ke tempat ini memang dengan tujuan untuk menikmati kesegaran air dari sumber alami.

Berenang di tempat ini tentunya tidak akan sama seperti ketika Anda berenang di pemandian umum. Hal itu dikarenakan sumber air Kolam Renang Air Sanih merupakan sumber alami. Selain itu, lantai yang digunakan berupa batu, sehingga Anda akan merasakan seolah tengah mandi di sebuah kolam alami di tengah hutan.

Bagi Anda yang membawa anak-anak, maka di tempat tersebut juga telah tersedia kolam renang khusus bagi anak-anak kecil. Tentunya hal tersebut akan membuat anak merasa betah ketika berada di tempat ini.

2. Menikmati Pemandangan

Seperti yang telah dijelaskan, bahwasanya dengan Anda berada di Kolam Alami Air Sanih, maka latar yang bisa Anda lihat yaitu pemandangan Pantai Lovina. Pantai tersebut memang sangat terkenal akan keindahannya. Dan dari sinilah nantinya Anda bisa menikmati keindahan pantai tersebut sambil lalu bermain air.

Oleh karena pemandangannya yang begitu indah, maka sangat disarankan bagi Anda agar tidak lupa membawa kamera. Spot foto menarik yang ada di tempat ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Anda harus mengabadikan gambar saat berada di kolam renang tersebut.

3. Bersantai

Jika Anda sudah puas bermain air dan berenang di kolam, maka Anda pun juga bisa sekedar bersantai sambil menikmati makanan ringan dan minuman yang dijual di Warung yang ada di sekitar. Suasana yang begitu menenangkan tentu akan membuat pikiran Anda rileks serta rasa penat oleh karena beban kerja sehari-hari seakan hilang.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Kolam Alami Air Sanih

Fasilitas Kolam Alami Air Sanih
Photo by Google Maps Ria Sukma Sari

Kolam alami ini juga telah menyediakan berbagai macam fasilitas untuk menunjang aktivitas dan kenyamanan dari para pengunjung. Fasilitas tersebut Seperti contohnya area parkir kendaraan yang cukup luas, penginapan bagi yang ingin bermalam, toilet serta untuk bersantai.

Berkunjung ke tempat ini juga tidak perlu khawatir ketika Anda merasa lapar. Karena memang nantinya Anda bisa membeli makanan yang tersedia di kantin ataupun warung makan yang banyak tersedia di tempat tersebut.

Itulah ulasan lengkap mengenai Kolam Alami Air Sanih yang perlu untuk Anda ketahui. Saat Anda berkunjung ke Bali, khususnya ke Buleleng, maka sempatkan waktu untuk berlibur ke tempat tersebut. Kesegaran air alami akan membuat pikiran Anda menjadi rileks. Selain itu, pemandangan yang begitu elok pasti akan membuat liburan Anda semakin indah.