Pulau Bali menyimpan sejuta pesona dari beragam objek wisata yang ada, termasuk wisata edukasi. Kebun Raya Begundul menjadi destinasi wisata untuk belajar tentang tumbuhan yang diminati banyak wisatawan.

Lokasi: Jl. Kebun Raya, Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan.
Map: Cek Lokasi

Kebun Raya Bedugul adalah kebun raya yang pertama kalinya didirikan setelah kemerdekaan Indonesia. Penggagas berdirinya kebun raya ini yaitu Prof. Ir. Kusnanto dan I Made Taman. Kebun raya ini telah diresmikan sejak tahun 1959, tepatnya pada tanggal 15 Juli. Pada awal mula peresmian, luas kebun raya ini baru mencapai 50 hektar dan digunakan untuk menanam jenis tanaman berdaun jarum.

Hingga kini, tempat ini telah mengalami pergantian pengelolaan sebanyak 11 kali, dan luas areanya sudah meningkat menjadi 157,5 hektar. Fungsinya pun mengalami peralihan, yang awalnya digunakan sebagai langkah konservasi tumbuhan berdaun jarum, kini beralih fungsi sebagai area konservasi ex-situ tanaman pegunungan tropica, khususnya tanaman khas daerah timur Indonesia.

Bahkan, sempat beberapa kali Kebun Raya Bali ini menjadi objek penelitian. Beberapa pihak juga melakukan budidaya tanaman yang ada di kebun raya tersebut. Sampai sekarang sudah ada sekitar 2.000 jenis tumbuhan yang dibudidayakan, diantaranya bambu, kaktus, anggrek, tanaman paku, dan lain-lain. Sehingga kebun raya ini juga dikenal sebagai kebun botani yang paling besar di Indonesia.

Daya Tarik yang Dimiliki Kebun Raya Bedugul

Daya Tarik yang Dimiliki Kebun Raya Bedugul
Image Credit: Natantransport.com

1. Pemandangan Alamnya Indah dan Udaranya Sejuk

Temperatur udara di kebun raya ini ada pada titik 18 sampai 20 derajat celsius, bahkan pada malam hari suhunya bisa sampai 12 derajat celsius. Hal tersebut disebabkan karena kawasan ini berada pada ketinggian yang berkisar dari 1.250 hingga 1.450 meter di atas laut. Karena termasuk dataran tinggi, maka kelembaban udaranya mencapai 70 sampai 90 persen.

Tempat ini juga biasanya berkabut, sehingga jarak pandangnya pun terbatas. Di sini Anda dapat merasakan ketenangan dalam berlibur, sebab suasananya sangat mendukung dan dilengkapi dengan suara burung yang berkicau. Apalagi bagi wisatawan yang berasal dari daerah perkotaan, tempat ini bisa menjadi pelepas penat dari kesibukan pekerjaan.

2. Danau Beratan Bedugul

Untuk sampai di Danau Beratan Bedugul, Anda hanya perlu berkendara sekitar 10 menit saja dari area Kebun Raya Bedugul. Danau ini cukup terkenal dan memiliki daya tarik tersendiri ketika wisatawan berkunjung ke Bedugul.

Pada beberapa kesempatan, tempat ini juga dipilih menjadi tempat untuk melakukan pemotretan prewedding. Sebab, tidak perlu lagi menyediakan property lagi secara khusus. Di danau ini Anda juga dapat menyewa speed boat untuk berkeliling.

4. Kebun Petik Strawberry

Di kebun ini, wisatawan yang berkunjung dapat menikmati momen memetik buah strawberry langsung dari pohonnya. Bahkan mereka juga diperkenankan untuk memakannya. Namun, jika mereka berkehendak untuk membawanya pulang, maka mereka harus membelinya.

5. Pasar Tradisional Candi Kuning

Pasar tradisional ini merupakan tempat untuk menjual beragam hasil kebun yang ditanam oleh masyarakat daerah setempat. Penduduk sekitar memang sebagian besar bermata pencaharian sebagai seorang pekebun. Sebab, lokasinya yang sangat mendukung untuk dilakukan penanaman berbagai tumbuhan.

Beberapa hasil kebun yang diperjualbelikan di pasar ini yaitu strawberry, tomat, jeruk, markisa, sirsak, salak, kol, wortel, brokoli, sawi, dan jenis tanaman yang lainnya. Di pasar ini, wisatawan juga dapat menjumpai bermacam-macam barang kerajinan seperti ukiran dan baju khas daerah setempat.

Daya Tarik Kebun Raya Bedugul
Image Credit: Google Maps (Didier Omnes)

6. Candi Bentar

Candi bentar merupakan sebuah pura yang terletak di tengah-tengah antara Madya Mandala dan Nista Mandala, yang bermanfaat menjadi pintu masuk. Apabila diamati, bentuknya menyerupai sebuah gunung yang terbelah menjadi dua bagian. Bangunan ini menjadi simbol Gunung Kailaca yang terpecah, gunung tersebut merupakan tempat pertapaan Dewa Ciwa.

7. Patung Kumbakarna Laga

Patung Kumbakarna ini menyimpan sebuah kisah sejarah. Di dalam literatur Hindu dikisahkan adanya pertempuran antara pasukan monyet dengan pemimpin yaitu Rama melawan Kumbakarna. Sehingga Kumbakarna diabadikan menjadi sebuah patung.

8. Kebun Mawar

Di kebun ini, Anda bisa menikmati keindahan bunga mawar dengan jenis yang sangat beragam. Warnanya pun juga bervariasi, ada yang berwarna merah merona, putih, bahkan juga ada yang berwarna hijau. Anda bisa mengambil beberapa foto di sini untuk digunakan sebagai tambahan koleksi foto.

9. Usada Bali

Usada Bali merupakan sebuah pusat holistik yang menyimpan keunggulan artistik dari daerah setempat. Jika Anda datang kemari, Anda akan ditawari mempelajari bela diri, yoga, serta pengalaman yang lainnya. Bahkan, Anda juga bisa belajar sedikit menari Bali.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Wisata Kebun Raya Bali

Rute Menuju Wisata Kebun Raya Bali
Image Credit: Google Maps (De Adjuz)

Destinasi wisata Kebun Raya Bedugul termasuk dalam wilayah Kabupaten Tabanan, lebih tepatnya ada di Desa Candikuning. Untuk sampai di lokasi wisata, Anda dapat menggunakan perjalanan darat, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Untuk memandu perjalanan Anda sampai di lokasi wisata, Anda dapat memanfaatkan fasilitas google maps.

Jika Anda berangkat dari hotel di sekitar Bandara Ngurah Rai, Anda akan menempuh jarak sejauh 63 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam lebih 14 menit. Sedangkan jika ditempuh dari wilayah Singaraja akan memakan waktu sekitar 45 sampai 50 menit saja. Di samping itu, jika Anda berangkat dari Denpasar, maka akan memakan waktu perjalanan selama 1,5 jam.

Harga Tiket Masuk Kawasan Kebun Raya Bedugul

Harga Tiket Kebun Raya Bedugul
Image Credit: Google Maps (Rendy Setiadi)

Untuk harga tiket masuk setiap wisatawan yang berkunjung di tempat wisata ini dibedakan antara mereka yang merupakan warga negara Indonesia dengan mereka yang merupakan turis dari mancanegara. Bagi wisatawan domestik akan dikenakan tarif sejumlah Rp 9.000, sedangkan untuk wisatawan mancanegara akan dikenakan tarif sebanyak Rp 17.000.

Biaya tersebut belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan yang mereka bawa. Untuk kendaraan berupa sepeda motor akan dikenai biaya parkir sejumlah Rp 3.000, parkir mobil sejumlah Rp 6.000, dan parkir bus sejumlah Rp 11.000. Wisatawan juga diperkenankan untuk menyewa mobil untuk masuk dalam area wisata, namun akan dikenai biaya tambahan Rp 11.000.

Biaya tersebut juga sudah meliputi biaya asuransi dari perusahaan asuransi dan pihak pemerintah daerah. Tarif yang telah ditetapkan juga bisa saja berubah kapan saja. Anda bisa berkunjung di tempat wisata ini pada hari apa saja di jam 08.00 sampai 18.00 WITA. Akan tetapi, karena alasan tertentu, untuk beberapa kawasan seperti area begonia, anggrek, dan kaktus ditutup lebih cepat.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kebun Botani Bedugul

Kegiatan Menarik di Kebun Botani Bedugul
Image Credit: Google Maps (Didier Omnes)

1. Bersantai

Wisatawan yang berkunjung bisa menikmati suasana santai dengan menggelar tikar di taman-taman yang ada di area wisata. Di sini wisatawan bisa sembari menikmati perbekalan yang dibawa sembari mengobrol santai dengan keluarga ataupun teman berlibur. Momen tersebut pasti akan memberikan pengalaman berlibur yang terkenang.

2. Berkeliling

Bagi Anda yang tertarik untuk menyusuri seluruh bagian wisata kebun raya ini, Anda bisa berkeliling menggunakan kendaraan, baik menggunakan sepeda motor maupun mobil. Jalanan yang ada sudah cukup baik, sehingga akan mudah untuk dilalui.

3. Bermain

Di kebun raya ini juga terdapat area bermain baik untuk anak-anak ataupun orang dewasa. Bagi Anda yang suka dengan kegiatan yang menantang, Anda bisa mencoba beberapa permainan yang memicu adrenalin seperti flying fox. Selain itu, Anda juga bisa mencoba wahana yang lain seperti tarzan jumps, spider nets, flying swings, dan lainnya.

Fasilitas yang Tersedia di Wisata Kebun Raya Bedugul

Fasilitas di Wisata Kebun Raya Bedugul
Image Credit: Google Maps (Ni Wyn Luh Sukertiasih)

1. Perpustakaan Herbarium

Beragam jenis tanaman yang ada di kebun ini juga dibuat menjadi sebuah herbarium. Herbarium sendiri merupakan tanaman yang telah disimpan lama hingga kering, sehingga akan tahan lama dan bisa menjadi sebuah hiasan dinding. Di perpustakaan ini, Anda dapat melihat berbagai macam tanaman yang telah dikeringkan.

2. Laboratorium

Kebun Raya ini juga kerap dijadikan objek penelitian oleh beberapa pihak, itulah mengapa terdapat laboratorium di tempat ini. Sehingga para peneliti bisa dengan mudah menjalankan observasi dan penelitiannya tanpa harus mencari laboratorium di tempat lain.

3. Pemandu

Kebun Raya Bedugul menyediakan pemandu yang dapat memandu perjalanan wisata Anda. Bahkan Anda bisa memperoleh berbagai macam informasi dan wawasan tambahan terkait dengan tempat wisata tersebut. Sehingga Anda akan lebih memahami terkait dengan lingkungan alami yang ada, atraksi budaya, maupun koleksi yang ada di area kebun raya.

4. Ruang Pertemuan

Jika Anda berwisata secara rombongan, Anda juga bisa memanfaatkan gedung pertemuan ini. Misalnya ketika Anda melakukan study tour, maka di ruangan tersebut Anda dapat belajar lebih banyak terkait kebun raya melalui penjelasan dari pihak pengelola wisata kebun raya.

5. Toko Souvenir

Bagi Anda yang ingin membawa oleh-oleh sebagai kenang-kenangan wisata, Anda juga dapat berbelanja di toko souvenir. Bahkan Anda tidak perlu mendatangi pusat perbelanjaan ataupun pusat oleh-oleh yang letaknya berjauhan dengan kebun raya ini.

6. Toilet Umum

Fasilitas toilet juga disediakan di tempat ini. Sehingga jika sewaktu-waktu wisatawan yang berkunjung ingin buang air ataupun sekedar mencuci tangan, mereka tidak akan kebingungan. Apalagi dengan suhu di lokasi wisata yang dingin, bisa memicu mudahnya seseorang untuk buang air.

7. Tempat Ibadah

Untuk mengelilingi kebun raya secara keseluruhan sembari menikmati dan mempelajari tanaman yang ada, maka akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Sehingga memungkinkan akan sampai di waktu shalat tertentu bagi pemeluk agama Islam. Oleh karena itu, pihak pengelola juga menyediakan tempat ibadah, supaya wisatawan tidak bingung saat akan melaksanakan ibadah.

8. Restoran Kuliner

Di tempat wisata ini, Anda juga bisa menjumpai restoran yang menyajikan beragam menu kuliner khas daerah setempat. Ketika Anda merasa lapar, Anda bisa sejenak mampir di restoran untuk mencicipi masakan khas Bali yang rasanya begitu lezat.

9. Guest House

Terdapat beberapa guest house yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk menginap selama berwisata di Kebun Raya Bedugul. Tarif menginap dari setiap guest house per malamnya berbeda-beda. Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu fasilitas yang disediakan.

Berwisata di Kebun Raya Bedugul merupakan pilihan yang tepat jika Anda ingin melakukan wisata alam di Pulau Bali. Sebab, lingkungan yang ada di sekitar masih tampak asri, karena kebun pasti dipenuhi dengan berbagai jenis tanaman serta pepohonan, sehingga udaranya pun masih terasa sejuk dan bersih. Anda akan mendapatkan pengalaman berlibur yang berbeda dengan pemandangan tanaman yang sangatlah indah.