Bali ternyata memiliki ngarai indah dan tersembunyi yang menarik dikunjungi. Hidden Canyon Beji Guwang, wisata seru dan menantang di Bali untuk para petualang sejati.

Lokasi: Jl. Sahadewa, Banjar Wangbung, Guwang, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar.
Map: Cek Lokasi

Hidden Canyon Beji Guwang merupakan sebuah ngarai indah di Bali. Masyarakat sekitar biasanya datang ke ngarai ini untuk memancing. Kini, lokasi tersebut sudah menjelma menjadi salah satu destinasi wisata di Bali yang seru dan menantang. Ada banyak hal menarik yang akan disuguhkan saat berwisata ke Hidden Canyon ini.

Kawasan wisata ini terkenal dengan ngarai sungai yang indah dikelilingi tebing batu puluhan meter. Motif alami yang berupa cekungan-cekungan menjadi keindahan utama yang membuat banyak wisatawan penasaran dan tertarik untuk datang.

Selain pemandangannya yang memikat, tempat ini juga terkenal dengan jalur treknya yang menantang. Walaupun tidak panjang, jalur trek berupa batuan ngarai dan aliran sungai yang deras pastinya akan memberikan pengalaman petualangan yang berbeda.

Keindahan Wisata Alam Hidden Canyon Beji Guwang

Keindahan Wisata Alam Hidden Canyon Beji Guwang
Image Credit: Balitoursclub.net

Daya tarik utama dari tempat wisata ini adalah keindahan tebing batu yang memiliki motif cekungan unik. Seperti kebanyakan ngarai, Hidden Canyon terbentuk akibat proses erosi dari air sungai di sekitarnya. Keindahan tempat wisata ini dulu memang tidak banyak yang tahu sehingga dikenal sebagai Hidden Canyon.

Ngarai yang dulu jarang dikunjungi wisatawan kini menjadi salah satu destinasi wisata Bali yang cukup populer. Banyak wisatawan yang mengambil gambar dengan kamera mereka dan menyebarkannya di media sosial. Kawasan ini pun semakin terkenal dan menjadi pilihan untuk wisata Bali yang lebih seru dan menantang.

Pemandangannya begitu indah dan menakjubkan dengan dikelilingi tebing-tebing yang menjulang tinggi hingga 30 meter. Erosi air sungai menyebabkan terbentuknya cekungan-cekungan unik pada tebing tersebut. Motif alami yang terlihat pada tebing inilah yang memberikan sensasi wisata yang berbeda dari lainnya.

Keindahan Hidden Canyon ini semakin mempesona dengan aliran sungai yang ada di tengah-tengah tebing. Aliran sungai yang diapit oleh tebing batu ini cukup panjang kurang lebih 700 meter. Airnya cukup bersih dan sejuk sehingga bisa untuk relaksasi kaki setelah menempuh perjalanan menantang menuju lokasi canyon ini.

Keindahan Wisata Alam Hidden Canyon Beji Guwang
Image Credit: Google Maps (Kevin Conan)

Wisatawan juga dapat melihat bangunan pura di sekitar kawasan wisata Hidden Canyon. Masyarakat Bali biasanya datang untuk mengambil tirta atau air suci, melakukan persembahyangan, dan tempat untuk melukat. Wisatawan yang datang ke kawasan yang disucikan ini sudah sepatutnya untuk tetap menjaga sopan santun.

BACA JUGA:  Neka Art Museum Ubud, Museum Seni & Benda Pusaka Bali

Keindahan dan daya tarik lain dari Hidden Canyon adalah lokasinya yang masih asri dan menjadi tempat trekking menantang di Bali. Cocok untuk destinasi wisata para pecinta petualang yang ingin menghabiskan waktu liburan. Jalur trek di kawasan ini tidak terlalu sulit untuk pecinta petualangan yang sudah memiliki banyak pengalaman.

Bagi wisatawan yang baru mencoba trekking tentu akan memberikan tantangan dan pengalaman tersendiri. Jalurnya yang berupa batuan tidak rata mengharuskan wisatawan untuk tetap berhati-hati saat melangkah. Namun jangan khawatir saat berwisata ke Hidden Canyon, wisatawan akan ditemani oleh seorang tour guide.

Wisatawan akan dipandu untuk memilih pijakan yang pas agar tidak tergelincir. Beberapa bagian aliran sungai untuk menuju kawasan ini cukup dalam. Jadi jasa tour guide akan sangat membantu karena mereka sudah paham bagian mana yang aman untuk dilewati para wisatawan.

Rute Menuju Menuju Hidden Canyon Beji Guwang

Rute Menuju Hidden Canyon Beji Guwang
Image Credit: Google Maps (aristo gregoria)

Kawasan wisata alam ini menawarkan hal berbeda untuk wisatawan menghabiskan waktu liburan di Bali. Menjadi salah satu tempat wisata yang menyimpan banyak keindahan dari pemandangan dan suasananya yang begitu asri. Namun, wisata ke kawasan ini bukan hanya untuk menikmati keindahan tersebut.

Wisatawan yang mengunjungi Hidden Canyon akan ditawarkan trek yang seru dan menantang. Perjalanan menuju lokasi ngarai memiliki banyak tantangan yang harus dilewati wisatawan. Pengunjung akan menyusuri beberapa jalur trek tidak biasa bersama seorang guide lokal.

Perjalanan yang akan cukup menguras tenaga adalah saat melewati deretan tangga beton menuju lokasi wisata. Jarak antara anak tangga satu dan lainnya cukup tinggi sehingga wisatawan perlu menyiapkan kondisi tubuh yang fit. Anak tangga yang lumayan curam ini akan mengarah ke pura Beji.

Pura di kawasan Hidden Canyon Beji Guwang masih digunakan oleh masyarakat Hindu Bali sekitar. Terdapat pancuran yang digunakan untuk melukat atau membersihkan diri. Setelah sampai di sekitar bangunan pura, perjalanan akan dilanjutkan lagi. Medan yang lebih seru dan menantang siap menyambut para wisatawan.

Wisatawan akan diajak menyusuri aliran sungai yang memiliki arus cukup deras. Sebelum menyusuri sungai tersebut, sandal atau alas kaki harus dilepas dan dimasukan ke dry bag. Barang-barang berharga seperti kamera juga sebaiknya dimasukan ke dalam tas yang aman saat menyusuri aliran sungai ini.

Pemandu akan memberi tahu apa saja yang perlu dilakukan dan menjadi perhatian selama menyusuri jalur trek di Hidden Canyon. Mereka juga paham mengenai karakteristik aliran sungainya. Wisatawan akan dibantu seorang pemandu untuk memilih jalur yang aman dengan arus yang tidak terlalu kencang dan tidak terlalu dalam.

BACA JUGA:  Indahnya Air Terjun Goa Rang Reng, Tempat Rekreasi Favorit di Gianyar

Trek untuk sampai ke Hidden Canyon belum berakhir, wisatawan harus memanjat tebing terlebih dahulu. Saat naik dari sungai ke batuan tebing sebaiknya berhati-hati dan berpegangan pada sesuatu yang kuat dan tidak licin. Wisatawan bisa menggunakan cekungan-cekungan pada tebing untuk pegangan saat naik.

Setelah naik ke batuan tebing, wisatawan harus memiringkan tubuh dan menempel ke tebing. Jangan lupa untuk pegangan erat-erat saat memulai perjalanan menantang ini. Pilihan lainnya hanya masuk ke air untuk melewati bagian trek yang satu ini. Namun, kebanyakan wisatawan lebih memilih berjalan merayap pada tebing batu.

Wisatawan yang sudah menyelesaikan jalur trek menantang di Hidden Canyon dapat langsung menikmati keindahan ngarai tersebut. Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan di kawasan wisata ini. Jadi wisatawan tidak akan bosan untuk menghabiskan waktu liburan di Hidden Canyon Beji Guwang.

Saat perjalanan pulang dari Hidden Canyon, jalur yang dilewati lebih indah dan mudah dari jalur trek saat berangkat. Wisatawan akan melewati perumahan-perumahan warga dan kawasan pesawahan yang indah. Jalur untuk pulang kembali ke loket sudah bagus dan rapi dengan jalanan beton.

Aktivitas Seru Dilakukan di Hidden Canyon Beji Guwang

Aktivitas Seru di Hidden Canyon Beji Guwang
Image Credit: Instagram.com @hahadudenoway

Wisatawan yang mengunjungi Hidden Canyon Beji Guwang akan ditawarkan aktivitas trekking yang sangat seru dan menantang. Selama perjalanan, wisatawan dapat bercengkerama dan saling membantu wisatawan lain saat menemui kesulitan pada jalur trek tersebut.

Kebersamaan dan kerja tim akan menjadi pengalaman tak terlupakan saat liburan ke Hidden Canyon. Setelah sampai di lokasi utama, aktivitas yang paling menyenangkan adalah relaksasi dan istirahat. Aliran air di kawasan ngarai ini cukup sejuk dan suasana di sekitarnya pun cukup tenang.

Beberapa wisatawan bahkan sengaja datang ke tempat ini untuk menyendiri dan melakukan meditasi. Terdapat beberapa bagian tebing yang memiliki permukaan datar sehingga aman untuk yoga atau aktivitas lain. Suasana di kawasan ngarai yang jauh dari keramaian memberikan rasa damai dan tenang bagi wisatawan.

Hidden Canyon Beji Guwang adalah salah satu alternatif untuk wisatawan yang ingin melepas penat dan melupakan sejenak tekanan-tekanan hidup dan pekerjaan. Cukup dengan menikmati pemandangan indah dan menakjubkan dari Hidden Canyon dan merasakan suasanya yang begitu menenangkan.

Aktivitas wisata lainnya yang banyak dilakukan pengunjung adalah berfoto-foto. Spot foto yang cukup menarik adalah di permukaan tebing yang cukup tinggi. Wisatawan perlu memanjat dengan berpegang pada bagian tebing seadanya. Jika ingin mengambil foto bersama-sama, Anda bisa meminta bantuan pemandu yang ada.

Kawasan ngarai ini cukup unik dan setiap sisinya menawarkan pemandangan alami yang berbeda-beda. Wisatawan yang ingin memilih spot foto harus berjalan merambat di tebing atau dengan masuk ke aliran sungai. Jika ingin menyeberang untuk mendapatkan spot foto lain, jangan lupa sandal dan kamera dimasukan ke tas yang aman.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Gianyar Bali Terbaru & Terhits Buat Liburan

Pemandangan tebing yang menjulang puluhan meter ini akan menjadi latar belakang foto yang apik dan keren. Lebih indah lagi dengan pemandangan aliran sungai di sekitar ngarai yang berwarna kebiruan.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Hidden Canyon Beji Guwang

Fasilitas Wisata di Hidden Canyon Beji Guwang
Image Credit: Google Maps (Canazian/Azian Gypsy)

Fasilitas jalan menuju loket sudah disediakan dengan beberapa anak tangga yang lebih memudahkan wisatawan. Sebelum dibuat jalan beton, wisatawan harus melewati jalanan berupa tanah biasa yang terkadang akan licin setelah diguyur hujan. Jalur trek untuk ke lokasi ngarai memang dibuat alami sehingga tidak dibangun jalan beton.

Namun untuk jalan menuju loket, semuanya sudah lebih rapi dan mudah untuk dilalui. Tersedia tempat parkir untuk wisatawan yang mengunjungi Hidden Cannyon. Selain fasilitas parkir, wisatawan juga bisa menemukan warung makan di sekitar kawasan Hidden Canyon. Beberapa penjual atau warung berada di sekitar mata air suci.

Walaupun tidak begitu lengkap, warung di kawasan ini menyediakan makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Perlu diingat juga, perjalanan menyusuri jalur trek Hidden Canyon akan sangat menguras tenaga, sebaiknya Anda sudah mengisi perut terlebih dulu sebelum melakukan trekking.

Harga Tiket Masuk Hidden Canyon Beji Guwang

Harga Tiket Hidden Canyon Beji Guwang
Image Credit: Google Maps (Hidden Canyon Beji Guwang)

Harga tiket masuk kawasan wisata Hidden Canyon untuk wisatawan lokal dan mancanegara adalah sama. Tersedia beberapa pilihan paket yang ada di loket Hidden Cannyon. Bagi wisatawan yang datang seorang diri bisa memilih individual package sebesar Rp 125.000,-.

Wisata ke Hidden Canyon sebenarnya lebih seru, jika Anda membawa teman atau rombongan. Bagi pasangan yang mengunjungi tempat wisata ini, tersedia couple package dengan tiket masuk Rp 150.000,-.Harga tiket masuk untuk rombongan 3-4 orang besarnya adalah Rp 200.000,-.

Harga tiket masuk ke kawasan wisata ini akan lebih murah, jika datang ramai-ramai. Tersedia paket small group, middle group, dan group package. Tiket masuk untuk small group sebesar Rp 425.000,- berlaku untuk 5-9 wisatawan. Middle group untuk 10-14 orang sebesar Rp 650.000,- dan Rp 850.000,- untuk group package atau 15-19 orang.

Setelah membayar tiket masuk, wisatawan akan memperoleh fasilitas seperti air mineral, handuk mandi, ruang ganti, dan seorang pemandu. 1 pemandu biasanya akan menemani 4 orang wisatawan.

Itulah beberapa informasi menarik seputar objek wisata alam Hidden Canyon Beji Guwang. Jika Anda tertarik, sebaiknya datang saat cuaca cerah. Apabila musim hujan datang, ada kemungkinan objek wisata ini ditutup karena aliran sungainya akan banjir.