Gunung Rinjani termasuk gunung berapi yang memiliki keindahan alam menawan di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung eksotis yang memiliki kawah di puncak dan menjadi tempat mendaki favorit para pecinta alam.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sembalun Lawang, Kec. Sembalun, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Bicara tentang keindahan alam sungguh tiada habisnya. Lombok menjadi rumah bagi Gunung berapi tertinggi ke dua di Indonesia “Gunung Rinjani”. Memiliki ketinggian 3726 mdpl, gunung ini menjadi salah satu gunung berapi dengan aktivitas vulkanik yang cukup tinggi. Terhitung sejak tahun 1846-2009 sudah sepuluh kali letusan yang terjadi.

Letusan yang terjadi berulang-ulang mengakibatkan terbentuknya kaldera yang sangat luas, terisi air dan membentuk danau yang akhirnya diberi nama Danau Segara Anak. Lava dapat keluar dan menerobos gunung akibat dari aktivitas vulkanik yang terus menerus. Hingga aliran laharnya melewati beberapa spot pendakian. Akibat dari letusan tersebut tanah di sekitar gunung ini menjadi subur.

Gunung yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani ini begitu indah dan dihiasi landscape alam yang menakjubkan. Memiliki sumber mata air berupa pemandian air panas dengan suhu setiap kolam yang berbeda-beda. Berada di antara garis batas Wallace sehingga flora dan fauna kawasan ini dipengaruhi tipe Asia dan Australia.

Daya Tarik Wisata Gunung Rinjani Lombok

Daya Tarik Gunung Rinjani
Image Credit: Twitter.com @pesonaid_travel

1. Keindahan Danau Segara Anak

Agar dapat sampai menuju danau ini, para pendaki memerlukan waktu sekitar sembilan jam dari titik awal perjalanan. Danau ini berbentuk menyerupai bulan sabit dengan luas sekitar seribu seratus hektar. Dengan ketinggian kurang lebih 2010 mdpl dan kedalaman dua ratus tiga puluh meter. Penamaan segara anak ini memiliki arti kata anak laut.

Penampakan sekitar danau begitu luar biasa, Anda dapat melihat Gunung Baru Jari di tengah danaunya. Terdapat banyak sumber air panas di sekitar danau. Saking indahnya. Pemandangan Danau Segara Anak dijadikan gambar pada mata uang sepuluh ribuan tahun 1998.

2. Gunung Baru Jari

Aktivitas tektonik vulkanik di tengah Danau memunculkan anak Gunung Rinjani yang berada di dalam Danau Segara anak. Kemunculan anak gunung ini diberi nama Gunung Baru Jari. Gunung ini juga nampak selalu mengeluarkan sulfur dan asap dari kawahnya. Namun dari kejauhan, pemandangan Gunung Baru Jari sangat memukau.

3. Goa Susu dan Goa Payung Mas

Perjalanan menuju Goa ini tidaklah mudah karena letak nya yang tersembunyi. Saat memasuki Goa, Anda akan berjalan menuju lorong yang cukup lembab. Suasana di sekitar Goa juga pengap dan panas karena ukuran Goa yang cukup sempit, namun Anda dapat melihat stalaktit Goa Susu dan Goa Payung Mas dari jarak dekat.

Daya tarik lain yang dapat kita temui saat berada di sekitar Goa adalah kolam air panas yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit karena kandungan mineralnya.

Daya Tarik Rinjani
Image Credit: Twitter.com @infosavana

4. Padang Savana Sembalun Lawang

Hamparan rumput kering berwarna cokelat keemasan nampak seperti beludru dari kejauhan. Padang savana ini biasa dinamai dengan Sembalun Lawang. Rumput-rumput kering sepanjang mata memandang ini merupakan titik mula pendakian ke puncak Gunung Rinjani Lombok. Dari savana ini terlihat bekas jalur aliran lahar dingin. Selama tracking para pendaki akan melewati “bukit penyesalan”dengan tujuh tanjakan bukit.

Filosofi dari bukit ini adalah saat kita sudah menaiki bukit kita harus terus melangkah. Kadang kala saat melewati bukit pendaki akan merasakan frustasi karena banyaknya tanjakan yang dilalui. Selain itu terik matahari sangat terasa karena pepohonan sekitar meranggas di musim kemarau. Saat langit mendung pun kabut akan terasa semakin dekat dan angin kencang dapat langsung terasa.

5. Hubungan Spiritual, Sosial dan Budaya Penduduk Asli Rinjani

Gunung dan kepercayaan masyarakat tidak dapat dipisahkan. Hal ini juga berlaku untuk penduduk di sekitar Rinjani. Kuatnya hubungan antara manusia dan alam sudah digariskan sejak zaman dahulu. Tradisi masyarakat sekitar juga sangat dipegang teguh. Kegiatan spiritual dan budaya sangat terasa apabila kita mengunjungi destinasi ini.

Tak jarang,hal ini yang menjadi pemikat para pengunjung untuk singgah ke desa adat. Masyarakat sekitar Rinjani hidup secara damai dalam toleransi agama dan saling menghormati. Suku Sasak yang sangat menghormati Gunung Rinjani sehingga rumah-rumah adat dibangun menghadap ke arah gunung.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Gunung Rinjani

Alamat Gunung Rinjani
Image Credit: Google Maps (Rein Sugieant)

Perjalanan yang ditempuh agar dapat sampai ke lokasi bisa menggunakan berbagai macam opsi. Bila Anda ingin menghemat budget, cara pertama adalah dari Terminal Mandalika Mataram Anda harus menaiki mobil engkel sejenis elf atau jasa angkutan umum menuju pasar Aikmel. Tarif perjalanan dari terminal menuju pasar berkisar antara Rp 30.000 per orang.

Dari pasar perjalanan dapat dilanjutkan menuju Desa Sembalun (lokasi kaki Gunung Rinjani) dengan estimasi waktu tempuh dua jam. Untuk menuju Sembalun, Anda dapat mencari tumpangan menuju desa dengan mobil bak terbuka berisi sayuran dari Pasar Eikmel. Estimasi tarifnya juga hampir sama dengan jasa mobil engkel yakni tiga puluh ribu rupiah.

Cara kedua apabila Anda anda dari Bandara udara International Lombok naiklah bus Damri menuju Terminal Damri Mataram dengan estimasii waktu sekitar satu jam. Kemudian Anda dapat pergi ke Terminal Mandalika, dan perjalanan dapat diteruskan hampir sama dengan cara pertama menggunakan engkel untuk pergi ke Desa Sembalun.

Bila budget Anda berlebih dan menginginkan transportasi yang lebih simple, Anda dapat memilih menggunakan cara terakhir. Dari Lombok International Airport perjalanan menuju Desa Sembalun dapat dilakukan dengan cara memesan mobil travel atau carter yang ada di sekitar bandara. Perjalanan dari Bandara Lombok yang berada di Praya Lombok Tengah bisa mencapai waktu tiga sampai empat jam.

Etimasi Biaya ke Gunung Rinjani Lombok

Biaya Gunung Rinjani
Image Credit: Google Maps (Bambang Priyo Cahyono)

Gunung cantik ini berlokasikan di Lombok Utara, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat., dan berada di Kawasan TNGR. Jam operasional lokasi setiap hari selama dua puluh empat jam. Tiket masuk untuk wisatawan domestic seharga lima ribu rupiah pada saat weekday. Sedangkan untuk weekend tujuh ribu lima ratus rupiah.

Tarif yang berbeda diberlakukan bagi warga negara asing (WNA) yakni Rp 150.000 pada hari biasa dan Rp 250.000 saat hari libur. Bagi Anda yang berniat untuk mendaki Rinjani, ada pilihan untuk menggunakan jasa porter yang berada di sekitar kawasan.

Tarif yang dikenakan untuk satu orang porter yaitu kisaran harga Rp 175.000 – Rp 200.000 dalam satu tim dengan jumlah anggota empat sampai lima orang. Semakin banyak anggota tim sebaiknya menambah jasa porter lokal.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Gunung Rinjani

Aktivitas di Gunung Rinjani
Image Credit: Instagram.com @rzklnaa

1. Mendaki Gunung Hingga ke Puncak

Mengunjungi Gunung Rinjani tidak lengkap rasanya apabila tidak melakukan aktifitas pendakian. Ada empat jalur pendakian yang dapat dilewati untuk dapat mencapai puncak Rinjani. Pertama ada jalur pendakian via Sembalun menuju Plawangan untuk menikmati Danau Segara Anak lalu menuju ke Puncak.

Jalur pendakian kedua adalah via Timbanuh, dari Dusun Djati perjalanan dilanjutkan menuju selatan puncak. Ketiga, para pendaki dapat melewati jalur pendakian via Senaru menuju Plawangan kemudian ke Segara anak hingga akhirnya sampai ke puncak. Dan Jalur pendakian yang terakhir lewat jalur Aikberik, yakni dari Berik langsung menuju puncak. Selama masa pandemi, saat hendak berkunjung ke Rinjani wisawatan memerlukan surat keterangan sehat dari rumah sakit dan selain rapid test.

Saat memasuki pos satu pendakian di kaki gunung, terdengar suara serangga tonggeret mulai bersautan bak orchestra alam. Jalur pendakian juga relatif sepi. Selama pandemi berlaku pembatasan kuota untuk pendaki,yakni empat puluh lima orang per hari. Para pendaki yang memulai pendakian akan memasuki hutan yang cukup rimbun. Setelah melewati hutan, pada pendaki akan diperlihatkan padang savanna.

Banyak spot-spot menarik yang akan dilalui para pendaki saat berusaha untuk sampai ke puncak. Jangan lupakan seperangkat alat untuk melindungi diri dari matahari. Meskipun sudah memasuki musim penghujan,matahari NTB masih bersinar dengan teriknya.

2. Mengunjungi Desa Belek di Kaki Gunung Rinjani

Apabila pengunjung tidak ingin melakukan aktivitas pendakian, maka berjalan-jalan di sekitar kawasan dapat menjadi kegiatan yang menarik. Selain itu, Anda dapat melihat langsung kehidupan Suku Sasak yang tinggal di sekitar lokasi yakni Desa Belek. Masyarakat sekitar menuturkan bahwa desa di kaki gunung ini merupakan nenek moyang dari warga Desa Sembalun.

Saat menyusuri desa, Anda dapat menyaksikan rumah tradisional suku Sasak yang biasa disebut Bale Belek. Kehidupan tradisional sangat terasa, keramahan penduduk dan aktivitas khas pegunungan seperti bertani dapat kita saksikan.

Dari desa ini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan melintasi perbukitan Sembalun dari ketinggian bukit yang mencapai 1200 mdpl. Tracking dapat diteruskan menuju Bukit Dara yang bersebelahan dengan Desa Belek.

Cukup memakan waktu lima belas menit saja, Anda dapat langsung sampai di punggung bukit untuk menikmati area pedesaan, persawahan, gumpalan awan dan tentu saja Gunung Rinjani yang tinggi menjulang. Biasanya ada paket tour yang di tawarkan untuk menikmati keindahan desa beserta fasilitas penginapan sekitar Rp 250.000/orang.

Aktivitas Gunung Rinjani
Image Credit: Instagram.com @novemlawalata

3. Menikmati Panorama Sunset yang Indah

Bermalam di gunung tak lengkap rasanya bila tak menikmati indahnya senja. Untuk mendapatkan spot senja terbaik, Anda perlu sampai di Plawangan Sembalun. Dari sini Anda akan dapat menyaksikan indahnya sunset secara utuh sambil menikmati dinginnya udara gunung. Suasana romantis akan makin tercipta bila Anda menikmati view Rinjani bersama pasangan.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Gunung Rinjani Lombok

Fasilitas di Gunung Rinjani
Image Credit: Google Maps (Odith Adiameru)

Sejauh ini, belum terdapat fasilitas umum seperti kamar mandi maupun tempat ibadah yang disediakan pihak pengelola di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Hanya ada fasilitas sekitar lokasi seperti penginapan, tempat parkir dan restoran yang disediakan oleh pihak swasta. Destinasi ini tergolong masih alami dan jarang terjamah.

Sehingga para wisatawan yang hanya berniat untuk melihat-lihat atau jalan-jalan di sekitar gunung tanpa persiapan untu berkemah dapat memilih untuk menyewa penginapan sekitar gunung ini. Masalah transportasi Anda tidak perlu khawatir karena banyak sekali fasilitas umum yang dapat disediakan. Para pendaki juga biasanya menggunakan jasa transportasi ini untuk sampai ke titik pendakian.

Pesona alam Gunung Rinjani di Lombok selalu memukau setiap penikmatnya. Tak jarang destinasi ini memiliki julukan salah satu gunung dengan pemandangan terbaik dan memiliki keindahan serta pesona yang unik. Penduduk sekitar juga masih kental dan teguh dalam bertradisi, sehingga saat mengunjungi lokasi kita bukan hanya akan dibuat takjub oleh alamnya saja namun juga dengan orang-orangnya.