Gunung Pohen, Tempat Mendaki Populer Ramah Pemula di Bali

Gunung Pohen, Tempat Mendaki Populer Ramah Pemula di Bali
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan, Bali.

Bagi anda yang memiliki hobi mendaki atau hiking Gunung Pohen merupakan salah satu lokasi yang harus anda coba. Hal tersebut dikarenakan gunung yang berlokasi di Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali ini memiliki keindahan alam yang luar biasa indah.

Namun karena rute yang akan dilewati cukup terjal dan berbahaya maka sebaiknya sebelum melakukan pendakian anda harus menyiapkan diri sebaik mungkin. Persiapan yang dilakukan bisa berupa peralatan yang memadai, namun jangan terlalu membawa banyak beban karena bisa saja itu akan menghambat perjalanan anda nantinya.

Selain itu, kesehatan anda juga harus diperhatikan, untuk lebih aman sebaiknya anda meminta pemandu untuk menemani anda dalam melakukan pendakian. Pada kesempatan kali ini kita akan sedikit membahas mengenai gunung cantik asal Denpasar Bali yang masih sangat alami satu ini, tanpa banyak basa-basi lagi berikut adalah review singkatnya.

Daya Tarik Wisata Gunung Pohen

Daya Tarik Wisata Gunung Pohen
Photo by Instagram info_pohen

1. Rute Pendakian

Daya tarik pertama yang dimiliki oleh Gunung Pohen adalah rute pendakiannya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa rute perjalanan untuk sampai ke puncak terbilang cukup extrim, hal ini dikarenakan jalanan yang masih kecil sehingga para pendaki yang melewatinya harus sudah ahlinya atau minimal didampingi oleh pemandu yang handal.

Untuk panjangnya rute pendakian di gunung cantik ini sekitar 1,2 km dari tempat parkir sampai di puncak gunung. Rute yang extrim dan panjang tersebut kemudian menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang memiliki hobi hiking atau pendakian dengan rute yang menantang.

2. Pemandangan Alam Cantik dari Puncak Gunung Pohen

Namanya gunung pasti memiliki pemandangan alam cantik, begitu juga dengan gunung yang berlokasi di Pulau Bali ini. Setelah melewati rute perjalanan yang sangat menantang para pendaki akan dibuat terpesona dengan pemandangan alam yang sangat cantik ketika berada di puncak gunung dengan ketinggian 2063 meter diatas permukaan laut ini.

3. Panorama Sunrise dan Sunset

Kebanyakan orang akan mendaki sebuah gunung untuk menyaksikan keindahan sunrise (matahari terbit) atau sunset (matahari terbenam). Sama halnya dengan para pendaki yang mendaki gunung dengan alam yang masih sangat asri ini, disini para pendaki juga bisa menyaksikan momen menakjubkan yang dikenal dengan sunrise atau sunset dengan bebas.

Dikarenakan rute perjalanan yang cukup extrim maka disarankan untuk mendaki 2 atau 3 jam sebelum momen sunrise atau sunset. Hal ini untuk bisa membuat anda tetap bisa menikmati momen sunrise maupun sunset meskipun terjadi sesuatu yang bisa membuat waktu pendakian anda memakan waktu lebih lama daripada biasanya.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Gunung Pohen
Photo by Instagram info_pohen

Gunung Pohen berada di Kabupaten Tabanan, Bali yang berjarak sekitar 54 km dari Kota Denpasar. Untuk rute perjalanan menuju gunung cantik ini bisa anda tempuh dengan kendaraan bermotor dari Bandar Udara Internasional Ngurah Rai menuju Jl, Bypass Ngurah Rai kemudian lurus terus sampai menemukan perempatan Jl. Imam Bonjol lalu belok kanan.

Dari Jl. Imam Bonjol terus lurus sampai menemukan perempatan Jl. Gn Soputan kemudian belok kiri lalu belok kanan di Jl. Mahendradatta Selatan. Tetap lurus sampai anda memasuki Jl. Buluh Indah lalu belok kanan dan masuk ke Jl. Raya Sempidi ke arah Rumah Sakit Daerah Mangusada Badung.

Setelah melewati Rumah Sakit Daerah Mangusada Badung tersebut terus lurus sampai anda melewati Polres Badung dan masuk ke Jl. Raya Denpasar lalu masuk lagi ke Jl. Baturiti Bedugul dan belok kiri di pertigaan Jl. Raya Bedugul. Terus ikuti Jl. Raya Bedugul sampai anda memasuki area Agro Puncak Bedugul.

Setelah itu, anda akan menemukan Patung Ganesha yang menandakan bahwa anda sudah sampai, karena tidak jauh dari patung tersebut anda akan menemukan tempat parkir kendaraan untuk para wisatawan Gunung Pohen. Anda bisa memarkirkan kendaraan anda disini dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sampai ke puncak gunung.

Untuk lama perjalanan diperkirakan sekitar 2 jam menggunakan kendaraan bermotor dan untuk lama pendakian sekitar 1 sampai 2 jam. Oleh karena itu pastikan anda benar-benar fit sebelum melakukan pendakian.

Gunung Pohen memiliki harga tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang, selain itu anda juga diharuskan untuk membayar biaya parkir yang seharga Rp 5.000 per kendaraan. Meskipun akan dijaga oleh para petugas keamanan namun pastikan kendaraan anda terkunci dengan baik agar lebih aman.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Ragam Aktivitas Menarik Gunung Pohen
Photo by Google Maps Indra Pramadewa

1. Hiking

Kegiatan menarik pertama yang bisa anda lakukan di gunung yang berlokasi di Kabupaten Tabanan Bali ini adalah hiking atau pendakian. Kegiatan ini sangat cocok bagi anda yang memiliki hobi mendaki gunung, selain itu bagi mereka yang menyukai olahraga extrim juga bisa mencoba mendaki di Gunung Pohen karena rute perjalanan yang memacu adrenalin.

2. Menyaksikan Keindahan Sunrise dan Sunset

Kegiatan selanjutnya yang bisa anda lakukan di puncak gunung dengan ketinggian 2063 meter diatas permukaan laut ini adalah menyaksikan keindahan sunrise dan sunset. Momen spesial tersebut bisa anda nikmati dengan sangat bebas karena puncak tertinggi di gunung cantik ini bisa melihat ke berbagai arah mata angin dengan mudah.

Hal tersebut membuat momen sunrise maupun sunset bisa dilihat dengan mudah tanpa ada halangan sedikitpun. Oleh karena itu jika anda sudah sampai di puncak gunung di Kabupaten Tabanan Bali ini maka coba luangkan waktu anda untuk menyaksikan keindahan sunrise ataupun sunset, dijamin anda tidak akan menyesal setelahnya.

3. Menikmati Keindahan Alam Sekitar

Namanya puncak gunung pasti memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa cantik. Begitu juga dengan puncak Gunung Pohen yang memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa indah, bahkan sebelum sampai di puncak gunung anda sudah mulai bisa merasakan keasrian dan keindahan alam sekitar mulai dari tempat parkir kendaraan.

Hal tersebut karena banyak sekali pohon-pohon rimbun yang akan anda temui sepanjang perjalanan, puncak dari keindahan alam akan anda rasakan ketika sudah berada di puncak gunung. Tidak hanya keindahan alam saja yang bisa anda nikmati tetapi karena banyak pohon rimbun yang ada di sekitar wilayah gunung membuat udaranya menjadi sangat segar.

4. Berfoto-Foto

Ragam Aktivitas Menarik di Gunung Pohen
Photo by Google Maps Erwin Winarno

Kegiatan selanjutnya yang wajib anda lakukan adalah berfoto sepuasnya. Ada banyak spot foto yang bisa anda gunakan untuk mengambil foto bagus seperti Patung Ganesha yang berada tidak jauh dari tempat parkir kendaraan, kemudian ada Patung Hanoman, serta beberapa spot foto dengan background alam yang indah.

Jangan lupa untuk berfoto ketika sudah berhasil mendaki sampai ke puncak gunung karena disinilah spot foto terbaik yang bisa anda dapatkan. Setelah foto-foto tersebut bisa anda upload ke sosial media anda untuk memamerkan liburan anda di gunung cantik asal Bali ini.

5. Berkemah

Meskipun terbilang cukup jarang ada wisatawan yang mau melakukan kegiatan kemah di daerah Gunung Pohen namun sebenarnya kegiatan tersebut bisa dilakukan. Tetapi perlu diketahui bahwa sebelum melakukan kemah atau bermalam di area gunung yang masih asri ini pastikan anda sudah meminta izin kepada para pengelola wisata serta warga sekitar.

Hal ini bertujuan untuk memberikan keamanan lebih kepada anda serta mudah ditolong ketika anda membutuhkan bantuan. Pastikan anda membawa perlengkapan yang diperlukan karena di dalam hutan segala sesuatu bisa saja terjadi.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Gunung Pohen

Fasilitas Gunung Pohen
Photo by Google Maps Erwin Winarno

1. Tempat Parkir Kendaraan

Fasilitas pertama yang bisa anda temui di lokasi wisata gunung yang memiliki ketinggian 2063 meter diatas permukaan laut ini adalah tempat parkir kendaraan. Di tempat parkir kendaraan ini anda bisa memarkirkan kendaraan anda dan akan dijaga oleh para petugas, namun pastikan kendaraan anda terkunci dengan baik agar keamanannya lebih terjaga.

2. Jalur Pendakian

Gunung Pohen juga memiliki jalur pendakian, meskipun jalur pendakian ini masih sangat kecil dan hanya bisa menampung 2 sampai 3 orang saja tetapi itu sudah cukup membuat para pendaki merasa puas. Jika anda mendaki di musim hujan maka pastikan anda menggunakan sepatu yang tidak mudah licin karena medan akan sangat licin.

3. Spot Foto Keren

Fasilitas terakhir yang bisa anda temui di sekitar tempat wisata alam yang cantik ini adalah spot foto. Spot foto yang dimaksud adalah spot foto dengan background alam nan indah serta ada tulisan tentang lokasi anda saat ini. Selain itu, ada juga Patung Ganesha dan Patung Hanoman yang bisa anda gunakan sebagai spot berfoto.

Demikian review singkat tentang Gunung Pohen yang berlokasi di Kabupaten Tabanan. Gunung cantik ini memiliki keindahan alam yang sangat cantik, namun untuk menikmati keindahan tersebut anda harus berjuang melewati rute perjalanan yang ekstrim. Bagi anda yang masih baru sebaiknya saat turun gunung gunakan tongkat agar tidak tergelincir.