Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wongaya Gede, Kec. Penebel, Kab. Tabanan, Bali.

Siapa yang tak mengenal dengan keindahan Pulau Dewata? Bahkan pesonanya sudah tersohor sampai ke seluruh penjuru dunia. Selain terkenal dengan pantainya yang begitu menawan, Bali juga dipenuhi dengan puncak puncak yang cantik untuk didaki. Pemandangan mempesona bisa Anda saksikan dari ketinggian, salah satunya Gunung Batukaru.

Meskipun memiliki ketinggian 2.275 meter di atas permukaan laut (mdpl), gunung ini bisa dijadikan referensi bagi para pecinta alam yang ingin pengalaman tak terlupakan. Tak heran jika wisata alam memukau tersebut bisa Anda coba untuk aktivitas pendakian. Seperti apa pesona dari gunung yang satu ini? Yuk intip ulasan lengkapnya seperti berikut!

Daya Tarik Wisata Gunung Batukaru

Daya TarikGunung Batukaru
Image Credit: Google Maps (Man Polih)

1. Keindahan Alamnya yang Begitu Memukau

Salah satu daya tarik utama yang paling dicari oleh wisatawan ketika berkunjung ke Gunung Batukaru Bali yaitu keindahan panorama gunung yang bisa Anda saksikan dari ketinggian. Apabila datang ke wisata ketika hari sedang cerah, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan yang begitu memukau dari gunung tersebut.

2. Jalur Pendakian yang Memukau

Selain keindahan alam yang begitu menawan, ada hal lain yang bisa Anda temukan ketika mengunjungi gunung ini. Hal ini bisa dilihat dari jalur pendakian yang terbilang cukup mudah. Bagi para pemula, tentu gunung ini menjadi referensi terbaik yang bisa Anda pilih. Sembari menikmati keindahan alam, Anda juga bisa lebih menyatu dengan keindahan yang diciptakan Tuhan.

Pendakian di gunung satu ini memang terbilang cukup populer bagi para travelers. Pasalnya, daya tarik dari pendakian gunung satu ini memang sudah dilengkapi dengan infrastruktur yang cukup rapi. Dimana pengunjung bisa lebih dimudahkan dengan jalanan yang telah dikelola dengan baik sampai menuju puncak.

3. Off Road

Dengan adanya jalur pendakian yang mulus tersebut, wisatawan yang datang pun bisa dengan mudah mendaki Gunung Batukaru dengan menggunakan kendaraan pribadi. Umumnya, banyak wisatawan yang hadir dengan menggunakan kendaraan bermotor ketika berada di sini. Bahkan tak hanya kendaraan offroad saja yang memenuhi gunung ini, ada berbagai macam jenis motor datang ke sini.

Meskipun begitu, namun para wisatawan yang datang tetap harus tetap berhati hati ketika melewati jalur yang ada disini. Tak hanya itu saja, wisatawan juga harus mempersiapkan berbagai macam hal agar perjalanan tidak terganggu sampai menuju puncak. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan pengalaman seru ketika berkunjung ke lokasi yang satu ini.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Image Credit: Google Maps (Firmansyah Firmansyah)

Bagi Anda yang ingin mendaki ke Gunung Batukaru ini, maka bisa memulainya dari salah satu titik pendakian yang telah disediakan. Anda bisa dengan mudah mengaksesnya antara desa berada di Kecamatan Penebel, yaitu Desa Jatiluwih dan Desa Wongaya Gede. Masing masing desa memiliki ketinggian yang tak jauh berbeda yaitu setinggi 840 mdpl dan 835 mdpl.

Tak hanya itu saja, ada juga pos pendakian di Desa Pujungan, yang sudah berada di ketinggian 1.090 mdpl. Jika ditempuh dari pusat kota atau Denpasar, ketiganya jalur tersebut dapat dicapai dengan berkendara selama satu setengah jam sampai dengan dua jam perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Yang membedakan dari jalur jalur tersebut tentunya adalah durasi pendakian untuk menuju puncak. Jika dari Desa Jatiluwih serta Desa Wongaya Gede, maka wisatawan harus menempuh perjalanan ke puncak membutuhkan sekitar 5 hingga 7 jam. Sementara jika dari Desa Pujungan bisa lebih cepat, yaitu sekitar 4 sampai dengan 5 jam.

Ragam Aktivitas Seru yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Seru Dilakukan
Image Credit: Google Maps (Komangarya Sudiatmika)

1. Menikmati Pemandangan Sunrise yang Menawan

Pilihan yang paling disukai wisatawan ketika berada di Gunung Batukaru yaitu melihat pemandangan dari ketinggian. Waktu terbaik untuk dapat melihat pemandangan indah yaitu pada waktu pagi hari sekitar pukul 09.00 sampai 12.00. Biasanya setelah pukul 12.00 siang, kabut mulai terlihat turun dan perlahan akan menutupi pemandangan Gunung tersebut.

2. Mengelilingi Lereng Gunung

Wisatawan yang ingin mendekatkan diri dengan gunung ini, maka bisa menuruni daerah desa di bawahnya dengan menggunakan mobil. Kemudian, pengunjung bisa dengan mudah menelusuri jalan berliku yang berada di sekitar area lereng gunung tersebut. Hal inilah yang menjadi sensasi tersendiri ketika sedang mengunjungi gunung ini.

3. Mendaki Gunung Batukaru

Gunung ini terbilang sangat terkenal sebagai salah satu lokasi untuk mendaki. Bagi para pecinta alam, tentu hal ini menjadi salah satu daya tarik yang membuat wisatawan rela mendaki ketinggian gunung di pagi hari. Pasalnya, Anda akan disuguhi dengan karena keindahan pemandangan matahari terbit dari puncak gunung ini yang begitu memukau.

Perjalanan yang cukup panjang akan terbayarkan dengan panorama yang disajikan dari atas puncak. Pengunjung bisa dengan mudah mengamati matahari terbit dari punggung gunung pada pagi hari. Dari ketinggian tersebut, Anda bisa dengan mudah menikmati pemandangan yang begitu memukau dan juga masih asri.

Image Credit: Google Maps (Yudi Widiantara)

4. Mengabadikan Momen Terbaik

Siapa bilang wisata alam tidak up-to-date dan kuran gaul? Padahal, Anda bisa mendapatkan pengalaman yang mengesankan ketika berkunjung ke gunung satu ini. Dengan keindahan view yang ditawarkan, maka gunung yang satu ini benar benar terlihat makin memukau. Apalagi jika ditangkap dengan jepretan kamera, tentu hal ini bisa sangat mengesankan dan tak terlupakan.

Salah satu keindahannya tentu tidak lain dan tidak bukan adalah panorama yang begitu menawan dari ketinggian. Gunung yang menjulang ketinggian sekitar 2.275 meter mdpl tersebut kerap kali dijadikan sebagai latar belakang foto, dan membuat foto terlihat makin keren. Anda bisa dengan mudah mendapatkan view terbaik melalui tangkapan kamera.

Apalagi jika Anda bergeser pada bagian bawah gunung atau bahkan sekitar kaki gunung. Maka pengunjung akan melihat terdapat beberapa spot foto yang cukup ciamik untuk dijadikan spot foto terbaik ketika berada di Gunung. Dengan begitu, Anda bisa membuat hasil potret makin instagramable dan tetap kekinian.

5. Berburu Foto

Selain mengabadikan momen terbaik, Anda juga bisa memenuhi kamera dengan foto indah dari Gunung Batukaru. Mengingat suasana di kawasan gunung ini masih asri, maka pemandangan sekitar benar benar mengesankan. Bagi pecinta fotografi, view alam yang memukau bisa menjadi referensi terbaik ketika berada di lokasi yang satu ini.

6. Piknik Sambil Menikmati Keindahan Alam

Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman terbaik saat berada di puncak gunung, maka Anda bisa mencoba piknik sambil menikmati alam sekitar. Hidangan yang semula biasa, akan menjadi lebih lezat jika disantap di atas ketinggian gunung yang memukau ini. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan pengalaman tak terlupakan karena lebih dekat dengan alam.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Kawasan Gunung

Fasilitas di Kawasan Gunung
Image Credit: Google Maps (GUNUNG BALI ADVENTURE)

Fasilitas penunjang pariwisata yang ada di gunung ini memang tak begitu lengkap. Pasalnya, lokasi gunung ini berada cukup jauh dari pusat kota. Namun tak perlu khawatir, sebab di sekitarnya masih tersedia banyak penginapan, coffee shop, restoran maupun warung makanan dengan harga yang bervariasi.

Tips dan Trik Agar Selamat Sampai di Gunung Batukaru

Tips dan Trik Selamat di Gunung Batukaru
Image Credit: Google Maps (GUNUNG BALI ADVENTURE)

Sebelum mendaki ke Gunung Batukaru, ada baiknya jika Anda mempersiapkan dengan baik untuk peralatan mana yang diperlukan. Pasalnya, ketinggian dari gunung ini bisa dibilang cukup menantang. Setidaknya Anda harus mempersiapkan alat alat yang dapat menunjang perjalanan lebih baik dan selamat sampai tujuan.

Sebagai saran, ada baiknya jika datang ke puncak gunung ketika musim sedang bersahabat, seperti musim panas. Pasalnya, di musim hujan, jalanan akan cenderung licin dan lebih menantang. Bisa dikatakan, trek pendakian lebih terjal dan memiliki potensi bahaya yang tidak bisa diperkirakan ketika melakukan trekking.

Meskipun Anda datang di musim panas, tak ada salahnya jika membawa jas hujan karena di area pegunungan, cuacanya tidak bisa diprediksi. Jangan lupa juga untuk menyiapkan juga air minum yang lebih dari cukup karena perjalanan tidaklah dekat. Selain memperhatikan alat alat pribadi dan juga cuaca, ada hal lain yang perlu Anda perhatikan.

Akan lebih baik jika Anda menghindari membawa makanan yang bercita rasa sapi. Pasalnya pegunungan di pulau Bali sangat menghormati sapi dan menyucikan hewan tersebut. Satu lagi yang tidak boleh terlupa ketika berkunjung ke Gunung ini yaitu membawa sabuk. Pasalnya, sabuk ini akan sangat berguna ketika Anda menginjakkan kaki sampai ke pura Batukaru.

Pura tersebut dijadikan tempat yang dihormati oleh kepercayaan warga sekitar yang berada di desa Wongaya. Dengan bentuk unik, Pura yang satu ini hanya boleh dimasuki jika pengunjung yang datang menggunakan sabuk khas Bali. Hal inilah yang membuat perjalanan Anda bisa lebih nyaman, aman, dan tidak merugikan pihak manapun.

Perjalanan menuju ke puncak Gunung Batukaru memang membutuhkan perjuangan yang cukup menantang. Mengingat lokasi gunung ini cukup tinggi dan jalurnya yang harus melewati hutan. Untuk itu, kondisi tubuh yang fit menjadi bekal utama agar pendakian ini akan berjalan dengan baik. Tetapi perjalanan melelahkan akan terbayarkan dengan pemandangan memukau.