Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Penfui, Kec. Maulafa, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Pada jaman penjajahan Jepang, kupang juga tidak lepas dengan salah satu tempat penjajahan yang ada di Indonesia. Dimana Jepang datang ke Indonesia untuk merampas kekayaan yang ada di Indonesia. Bahkan Jepang juga sempat mengalami perang dunia II dengan Negara Belanda di daerah Kupang, yang akhirnya berdirilah Gua indah ini.

Gua Jepang dibangun oleh tentara Jepang untuk mempertahankan diri dari serangan yang diluncurkan oleh Belanda. Gua ini oleh masyarakat dijuluki Gua Kolahaka yang saat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang hadir di Kupang. Menyimpan banyak sejarah, tidak ada salahnya anda menjadikan destinasi ini sebagai tujuan.

Daya Tarik Wisata Gua Kolahaka

Daya Tarik Gua Kolahaka
Photo by Google Maps Ay Daranguru

1. Situs Peninggalan Perang Dua II

Salah satu situs peninggalan pada perang dunia II yang terdapat di Kupang yaitu situs Gua Jepang. Situs ini memiliki desain yang megah dan dijadikan sebagai tempat persembunyian oleh tentara jepang, sehingga tempat ini dijadikan sebagai salah satu situs sejarah yang dapat dijadikan tempat wisata.

2. Mata Air Dalam Gua

Gua yang unik ini didalamnya anda akan menemukan air mata yang masih jernih. Air mata yang jernih tersebut oleh warga sekitar dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup seperti untuk masak, mandi, mencuci dan kebutuhan lainnya. Biasanya masyarakat akan menyalurkan aliran mata air ke rumahnya tersebut dengan menggunakan pipa.

3. Kolam di Depan Gua

Selain terkenal dengan guanya yang megah, gua bersejarah ini juga memiliki kolam yang berada tepat di depan gua. Kolam tersebut akan mendapatkan aliran air dari dalam gua. Untuk alirannya sendiri akan disalurkan dengan menggunakan pipa-pipa yang sudah dipasang oleh warga sekitar. Sehingga wisatawan yang datang dapat memanfaatkan kolam untuk cuci muka.

Photo by Google Maps Bintang Galaxy

4. Enam Lubang Gua di Tebin

Gua Jepang Kupang memiliki 6 lubang yang terdapat pada tebing yang kuat. 6 lubang tersebut pada jaman dahulu di desain dengan berbentuk pintu, dimana 6 lubang pintu tersebut digunakan oleh tentara jepang untuk jalan akses persembunyian dari kejaran tentara Belanda pada perang dunia II.

Enam lubang gua memiliki ukurang yang sedang tersebut selain pada jaman dahulu sebagai jalan akses persebunyian tentara jepang, kini tempat tersebut dijarikan sebagai wahana wisata sejarah yang unik. Biasanya para wisatawan akan datang untuk melakukan penelitian atau ada juga yang datang hanya untuk mengabadikan momen bersejarah.

5. Terdapat Aliran Sungai

Gua yang indah ini di Daerah Kupang ini selain memberikan edukasi bagi wisata yang berkunjung, disana anda juga akan menemukan daerah aliran Sungai Liliba yang memiliki mata air yang bersih. Adanya mata air yang bersih tersebut telah menunjukkan bahwa sungai yang mengalir masih terjaga kemurnian dan ke alamiahannya.

Debit pada aliran sungan ini cukup pelan, sehingga wisatawan yang datang, dapat terjun ke aliran sungan untuk sekedar membersihkan tangan maupun kaki. Untuk melepas lelah anda juga dapat mencuci muka disana sambil menikmati bekal yang anda bawa dari rumah. Disana anda juga dapat menikmati alam yang masih terjaga ke asriannya serta udara yang sejuk.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat Gua Jepang Kupang
Photo by Google Maps Ay Daranguru

Gua bersejarah ini berada di salah satu kampung di Kupang. Kampung tersebut tepatnya berada di Kampung Nunleu, Kelurahan Lilbia dikecamatan Oebodo Kupang Nusa Tenggara Timur. Belakangan kampung ini cukup dikenal oleh banyak orang, lantaran destinasi wisata alam dan juga sejarah yang ditawarkannya.

Gua Kolahaka memiliki posisi yang cukup strategis, dikatakan demikian, karena tempat ini berada di posisi yang tidak jauh dengan keramaian Kota Kupang. Rute menuju ke lokasi, anda akan di hadapkan pada medan yang cukup menantang dan seru, sehingga medan ini sangat cocok bagi anda yang tertarik dengan dunia petualangan.

Akses menuju lokasi anda akan menemukan sedikit jalan yang berbatuan serta tanjangan yang menantang. Akses menuju ke sana juga memberikan kesan menyatu dengan alam, karena anda akan menemukan semak belukar dan juga rerumputan yang hijau. Disarankan bagi anda yang berkunjung ke tempat wisata ini untuk mengendarai roda dua baik motor maupun sepada gunung.

Jam Operasional dan Harga Tiket

Harga Tiket Gua Jepang Kupang
Photo by Facebook Indonesiaku Merdeka

Tempat wisata bersejarah ini memiliki jam operasional yang freksibel, atau dengan kata lain tempat ini memiliki jam operasional 24 jam penuh. Anda dapat datang pada waktu pagi hari, siang, sore, malam, atau bahkan dini hari sambil berpetualang dengan teman anda. Dengan jam operasional 24 jam penuh, wisatawan yang hadir akan mendapatkan kepuasan saat mengeksplor wisata gua megah ini.

Bagi anda yang mengunjungi tempat wisata hits tersebut juga tidak perlu khawatir akan menguras kantong anda. Hal ini dikarenakan, harga tiket masuk ke Gua Jepang Kupang gratis alias tidak dipungut biasa sedikitpun oleh wara sekitar. Bahkan untuk parkir juga tidak dipungut biaya. Anda bisa mendapatkan hiburan sekaligus wawasan baru tanpa harus merogoh dalam kantong anda.

Aktifitas yang Menarik Dilakukan

Aktifitas Menarik Gua Jepang Kupang
Photo by Google Maps Fajar Ilahi

1. Wahana Belajar Sejarah

Anda yang mengunjungi destinasi wisata bersejarah di Kupang ini akan mendapatkan ilmu yang banyak. Hal ini dikarenakan anda dapat mengetahui secara langsung bentuk dari gua, berbagai sisi dari permukaan gua, terta bagian-bagian peninggalan secara lainnya yang terdapat di gua yang bagus ini.

Bisanya banyak wisatawan yang datang selain untuk berwisata, wisatawana juga sengaja datang untuk meneliti gua tersebut. Selain itu wisatawan yang hadir tidak hanya dari golongan dewasa, akan tetapi banyak juga remaja yang hadir untuk menggali ilmu, terutama ilmu yang berkaitan dengan sejarah.

2. Mengabadikan Momen

Saat anda datang ke lokasi wisata tidak afdol jika belum mengabadikan momen dengan latar belakang wisata yang anda kunjungi. Di tempat wisata hits ini selain menggali ilmu, anda juga dapat menemukan spot foto dengan latar belakang alam yang menarik serta mengabadikan momen dengan latar belakang Gua Jepang yang indah menggunakan ponsel maupun kamera anda.

Aktifitas Gua Jepang
Photo by Instagram Heppy Henukh

3. Membersihkan Diri dengan Air yang Segar

Tidak jauh dengan lokasi wisata ini, anda juga akan menjumpai aliran air yang segar yang terdapat di sungai maupun di kolam depan gua. Dengan air yang segar dan jernih membuat wisatawan yang datang dapat dengan mudah membersihkan diri dari perjalanan yang cukup menantang menuju lokasi tempat wisata hits ini.

4. Berkemah Dekat Gua

Saat anda berderma wisata di tempat yang memukau ini, anda juga dapat mendirikan kemah bersama keluarga maupun dengaan teman anda secara ramai-ramai. Anda dapat mendirikan area perkemahan di sekitar tepian Sungai Liliba. Untuk peralatannya sendiri anda dan teman anda dapat membawa sendiri dari rumah.

Salah satu kebutuhan berkemah yaitu air, karena air selain itu minum, juga sebagai bahan dasar dalam membuat masakan maupun mandi. Di sini, anda dapat dengan mudah mendapatkan pasokan air, karena selain dari sungai, aliran air juga bisa di dapatkan dari kolam di depan Goa Jepang.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Gua Jepang

Fasilitas di Gua Jepang
Photo by Maps Ay Daranguru

1. Kolam Air

Salah satu fasilitas yang akan anda temukan jika berkunjung ke tempat wisata unik ini yaitu kolam air. Kolam air ini pas berada di depan gua. Fasilitas kolam air dapat dimanfaatkan untuk wisatawan guna membersihkan diri ataupun mencuci muka biar segar karena efek dari perjalanan menuju lokasi gua yang menantang.

2. Spot Foto

Selain kolam air, salah satu fasilitas yang ditawarkan yaitu spot foto yang menarik. Spot foto yang akan anda temua saat berkunjung di wisata hits ini yang pasti adalah aikon utama yaitu Gua Jepang yang unik. Selain itu spot foto lainnya yang akan anda temui yaitu alam yang di tumbuhi pepohonan yang rindang. Dan tidak ketinggalan spot foto di Sungai Liliba yang memiliki air jernih.

3. Area Berkemah

Pada tempat wisata gua yang hits ini, pihak pemerintah juga menyediakan area perkemahan yang cukup luas. Tempat ini berada di area sungai yang mengalir tenang. Sehingga pada saat anda bangun tidur pemandangan pertama yang akan anda lihat yaitu sungai yang indah dengan batuan yang tersusun rapi di area sungai.

4. Tempat Parkir

Fasilitas terakhir yang akan anda dapatkan saat berkunjung adalah area parkir. Pempat parkir yang disediakan dilokasi ini juga geratis sehingga anda dapat menghemat pengeluaran anda. Namun pada saat anda parkir diharapkan kendaraan anda telah dikunci ganda untuk mengantisipasti adanya kehilangan.

Itulah beberapa hal menarik seputar Gua Jepang di Kupang. Jika anda merasa bingung untuk menentukan destinasi wisata unik di daerah ini maka tidak ada salahnya anda menghabiskan waktu liburan anda di Gua Kolahaka. Selain mendapatkan edukasi anda juga dapat menikmati pemandangannya yang sangat indah dan fasilitas yang lengkap. Semoga bermanfaat.