Gili Trawangan salah satu pulau terindah di sebelah barat laut Lombok yang wajib dieskplor saat liburan. Pulau yang memiliki hamparan pasir putih ini memiliki pemandangan bak surga dan menawarkan beragam kegiatan liburan yang menarik.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gili Indah, Kec. Pemenang, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Kepulauan Gili merupakan daerah yang ada di bagian barat pulau Lombok. Salah satu pulau yang ada di daerah tersebut yaitu Gili Trawangan. Tempat tersebut merupakan pulau pariwisata terbesar yang ada di kawasan tersebut. Setidaknya ada dua pulau lain yang masuk ke dalam gugusan pulau ”gili” di Nusa Tenggara Barat.

Pulau yang menyimpan berbagai pesona alam tersebut menjadi salah satu destinasi unggulan daerah. Bahkan, tidak jarang turis mancanegara juga ikut penasaran dengan keberadaannya. Sehingga seringkali dijumpai masyarakat yang berasal dari luar negeri datang untuk menyambangi Gili Trawangan.

Berbagai hal menjadi alasan mengapa wisatawan tertarik dengan tempat tersebut sehingga rela untuk jauh-jauh dari tempat asal mereka pergi ke sana. Banyak fasilitas juga bisa didapatkan oleh siapapun yang datang ke sana, sehingga tidak perlu khawatir apabila ingin membeli kebutuhan ataupun mendapatkan akses dan beragam bentuk kenyamanan lain yang bisa dijajal.

Daya Tarik yang Dimiliki Gili Trawangan

Daya Tarik Gili Trawangan
Image Credit: Google Maps (Natalia Gigena)

1. Kondisi Pulau yang Masih Alami

Mengunjungi pulau yang ada di bagian timur Bali tersebut, maka pengunjung akan dapat menikmati suasana yang begitu alami dan juga menyegarkan mata serta anggota tubuh lainnya. Pasalnya, Gili Trawangan memang masih terbilang natural dan belum banyak pencemaran terjadi di setiap inci wilayahnya.

Belum ada banyak kendaraan bermotor yang menghasilkan gas-gas yang dapat mengganggu sirkulasi udara yang segar. Pulau ini juga belum memiliki banyak gedung-gedung tinggi menjulang sehingga tidak banyak polusi terjadi. Oleh sebab itu, tempat berlibur yang satu ini begitu memanjakan wisatawan yang hadir dengan beragam pesona yang ada di dalamnya.

Kondisi tersebut membuatnya sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari sebuah destinasi yang cocok untuk menyendiri dari padatnya aktivitas manusia serta tempat yang dapat membuat suasana hati serta pikiran menjadi jernih kembali. Inilah salah satu daya tarik yang banyak dicari tatkala wisatawan memutuskan untuk mendatanginya.

2. Eksotisme Pantai yang Luar Biasa

Ini merupakan tempat yang sangat dicari ketika berkunjung ke sana. Gugusan pulau bernama Gili memang sangat terkenal akan pantainya yang begitu mempesona. Pasir yang menghampar pada permukaan tanah di sana berwarna putih seolah sangat cocok berpadu dengan jernihnya air laut yang dihiasi dengan ombak yang menerjang.

Keunikan lainnya yakni pantai yang ada di sana tidak hanya berada di satu sisi pulau saja. Akan tetapi, garis pantainya hampir mengitari secara utuh pulau tersebut. Oleh sebab itulah, pantai di sana ada yang berada di sisi timur serta barat. Hal tersebut membuat pengunjung dapat melihat sebuah fenomena yang sangat ditunggu-tunggu, yakni terbit serta terbenamnya sang surya.

Keadaan alam di pantai yang ada di sana juga terbilang masih cukup alami. Tidak ada pencemaran yang mengganggu pemandangan tempat tersebut. Destinasi bahari yang satu ini juga menyatu apik dengan pepohonan yang tumbuh di sekitarnya. Vegetasi yang ada di sana membuat penampilan pantai menjadi semakin apik.

Hal itulah yang membuat semakin ramai masyarakat berdatangan karena penasaran dengan sensasi yang akan didapatkan. Berbagai aktivitas menarik juga bisa dilakukan oleh para pengunjung di sana. Tempat tersebut memang sangat cocok untuk melakukan beragam hal sehingga liburan menjadi semakin menyenangkan.

3. Gili Trawangan di Masa Lalu

Meskipun pulau tersebut menyimpan berbagai keindahan, namun ternyata pada jaman dahulu pulau tersebut memiliki kisah yang tidak seelok panoramanya. Pada jaman dahulu, pulau ini merupakan sebuah tempat pengasingan pada jaman kerajaan untuk suku yang hidup di sana, yakni Sasak.

Diperkirakan pada masa Kerajaan Mataram, tempat itu memang dipakai untuk menghukum masyarakat suku tersebut yang memberontak kepada kerajaan. Oleh sebab itu, penduduk lokal yang tinggal di sana juga mayoritas didominasi oleh masyarakat suku tersebut.

Daya Tarik Dimiliki Gili Trawangan
Image Credit: Google Maps (A T)

4. Kawasan Konservasi Kura-Kura

Ternyata di sana para turis tidak hanya dapat menikmati keelokan bentangan alamnya saja, namun juga sebuah tempat untuk membudidayakan salah satu hewan yang sudah sangat terancam keberadaannya, yaitu kura-kura hijau. Tempat penangkaran hewan tersebut memang menjadi salah satu hal yang dicari oleh banyak pengunjung yang singgah ke sana.

Selain melihat secara langsung binatang berumur panjang tersebut, pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan di Gili Trawangan. Tidak hanya sekadar berfoto-foto saja, namun juga aktivitas lain seperti menghabiskan waktu dengan kura-kura imut nan menggemaskan di sana. Hal tersebut begitu menyerukan dan bisa membuat pengalaman yang sangat indah dan tidak akan dapat dilupakan.

5. Keindahan di Bawah Permukaan Air

Pesona yang ada di sana ternyata tidak hanya akan ditemukan pada bagian atas permukaan air lautnya saja. Namun, bagian di bawah air lautnya juga tak kalah menariknya untuk dijelajahi. Panorama yang tersaji tidak kalah eloknya dengan pemandangan di atasnya. Rangkaian terumbu karang serta fauna yang hidup membuatnya semakin cantik.

Hal tersebut menjadikan destinasi bahari unggulan nusantara tersebut spot yang sangat sempurna untuk melakukan beberapa kegiatan seperti penyelaman, berenang, dan aktivitas lain yang tak kalah serunya. Pengunjung dipastikan tidak akan bosan untuk berlama-lama di pulau yang berukurang lebih dari 300 hektar tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Gili Trawangan

Alamat Gili Trawangan
Image Credit: Likebalitourtravel.com

Keberadaan gugusan kepulau Gili ada di sebelah utara dari pulau besar yang ada di Nusa Tenggara Barat, yaitu Pulau Lombok. Letaknya ada juga cukup dekat dengan Pulau Dewata, sehingga memang destinasi ini menjadi salah satu alternatif ketika bertamasya ke sana. Gili Trawangan sendiri merupakan pulau paling barat dari tiga rangkaian daratan kembar itu.

Untuk mencapai lokasi tersebut, sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Yang paling harus diperhatikan adalah, untuk menjangkaunya maka harus melewati jalur air. Hal tersebut karena memang tempat tersebut merupakan pulau tersendiri meskipun tidak terlalu berada jauh di daratan yang ada di sekitarnya.

Jika berasal dari arah barat, yakni Pulau Bali, maka bisa memakai perahu cepat yang tersedia banyak di beberapa titik yang ada di sana. Tempat-tempat yang menyediakan rute keberangkatan menuju ke dari sekitar Pulau Dewata adalah Tanjung Benoa dan juga pantai-pantai yang ada di pesisir timur seperti Pantai Kuta ataupun Sanur.

Tarif yang dibandrol untuk mendapatkan akses menaiki kapal cepat itu beragam. Yang pasti adalah harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Semua itu tergantung dari jenis kapal cepat mana dan juga fasilitas serta lama perjalanan yang akan ditempuh. Paling cepat, mengunjunginya bisa membutuhkan waktu dua jam saja. Namun ada jenis kapal yang membutuhkan waktu empat jam.

Akan tetapi jika penunjung berasal dari Lombok, maka harus menempuh perjalanan darat terlebih dahulu. Dari mana pun titik awal asal pengunjung yang berasal dari pulau besar di samping Gili Trawangan itu, maka harus melewati perjalanan ke Pelabuhan Bangsal. Di sana terdapat banyak armada kapal yang akan mengantarkan menuju ke pulau wisata itu.

Tidak hanya kapal penumpang saja, namun juga ada kapal feri yang siap membawa beberapa kendaraan agar sampai ke sana. Namun, sekarang ini jarang yang membawa kendaraan ke pulau itu. Selain karena hal tersebut merupakan sesuatu yang cukup rumit, namun juga karena besarnya pulau tidak akan mampu untuk menampung semua kendaraan yang menjadi tanggung jawab para turis.

Apabila pengunjung merupakan warga luar daerah tersebut, maka bisa memasuki Kota Mataram terlebih dahulu memakai pesawat terbang. Jika sudah tiba di bandara yang ada di kota tersebut, maka bisa saja menyewa kendaraan baik mobil ataupun motor untuk sampai pada dermaga terdekat dari tujuan. Namun, pengunjung juga bisa memakai jasa angkutan umum.

Estimasi Biaya Wisata ke Gili Trawangan Lombok

Biaya ke Gili Trawangan Lombok
Image Credit: Google Maps (Hendra Barat)

Agar bisa memperoleh akses yang bebas untuk menikmati berbagai hal di sana, maka para turis yang hadir harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membayar tiket masuknya. Tidak perlu risau, karena biaya yang dikeluarkan terbilang sangat murah, yakni sekitar kurang lebih Rp 2.500 saja untuk masyarakat yang berasal dari Indonesia.

Bagi masyarakat yang berasal dari luar negeri, maka tiket yang dikenakan serharga sekitar dua kali lipatnya. Biaya yang dibayarkan oleh turis lokal maupun mancanegara yang datang digunakan untuk pengembangan destinasi tersebut. Hal ini telah dikelola dengan baik oleh otoritas setempat yang dipercaya.

Jika ingin menikmati berbagai wahana yang bisa dipakai untuk menghabiskan waktu di sana dengan beragam kegiatan, maka bisa menjajal salah satu “wahana” yang disediakan oleh masyarakat sekitar ataupun otoritas yang berlaku. Untuk menyewa beberapa hal yang sangat seru untuk dipakai di sana perlu biaya yang bervariasi sesuai dengan jenisnya.

Jika hendak meminjam sepeda agar bisa menikmati tur pendek saat sekilas singgah di sana yaitu cukup membayar Rp 50.000 saja setiap harinya. Namun, untuk beragam perlengkapan menyelam ke dalam laut maka tarifnya bisa saja mencapai 7 hingga 10 atau lebih kali lipat dibandingkan dengan biaya untuk tiket ataupun hal lainnya. Khusus perlengkapan ini juga cukup menarik bagi siapapun.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Gili Trawangan

Kegiatan di Gili Trawangan
Image Credit: Facebook.com @dwi.rani.56232

1. Mengelilingi Pulau

Meskipun besarnya pulau yang cukup menarik minat pengunjung yang ada di sekitar pulau itu seringkali ditemukan penjual yang menjajakan makanan khas daerah tersebut. Pengunjung dapat memanfaatkan momen tersebut untuk mencoba sensasi berada di daerah sana.

Wisatawan dapat memakai beberapa transportasi yang bisa saja dengan mudah dipinjam di sana, yaitu kendaraan ataupun sekadar sepeda. Dengan menggunakan, maka pengunjung bisa dengan leluasa mengitari pulau tanpa perlu khawatir akan suatu hal. Media lainnya juga bisa menjadi solusi dari hal tersebut.

2. Mencoba Olahraga Air

Ada beberapa jenis olahraga air yang bisa digunakan oleh pengunjung yang singgah di sana. Ini merupakan salah satu aktivitas menyenangkan tatkala mengunjungi daerah Gili Trawangan yang ada di bagian barat laut dari Pulau Lombok. Selain karena hal ini merupakan sesuatu yang seru, namun juga karena ini merupakan hasil kerja teman-teman lainnya.

Berbagai sarana juga menjadi pendukung yang tepat untuk melakukan olahraga air. Tidak jarang ditemukan para penjual yang menawarkan peminjaman alat-alat untuk membantu wisatawan melakukan olahraga air.

3. Berjemur di Bawah Matahari

Kegiatan yang satu ini seringkali ditemukan pada saat mengunjungi berbagai pantai. Karena tempat wisata tersebut cukup banyak dekat dengan laut, maka beberapa diantaranya memang melakukan penjemuran di bawah sinar sang mentari. Hal ini juga bisa dilakukan di penginapan-penginapan yang dipakai sementara oleh turis.

Kegiatan Menarik di Gili Trawangan
Image Credit: Google Maps (Seongho Lee)

4. Menikmati Panorama Bawah Laut

Seperti yang sudah diketahui, keindahan di tempat itu tidak hanya ada di bagian atas air saja. Bagian bawah lautnya juga layak untuk dipromosikan menjadi salah satu rekomendasi tempat bagi teman ataupun kerabat yang lainnya. Baik diving ataupun snorkeling bisa dilakukan oleh turis yang hendak melakukan hal tersebut.

Alat-alat yang ditawarkan oleh warga sekitar terbilang tidak begitu sempurna. Namun, masih tetap pada status yang pas untuk bisa membuat pengunjung menikmati momen tersebut. Harga yang harus dikeluarkan juga berkisar ratusan ribu.

5. Berburu Foto Keren

Berfoto-foto merupakan sesuatu yang wajib dilakukan pada hampir setiap tempat yang dikunjungi. Begitu juga ketika usai mengunjungi Gili Trawangan. Karena destinasi ini memang memiliki nilai jual yang tinggi, dibuktikan dengan ramainya orang-orang datang baik turis domestik hingga mancanegara, maka akan sangat rugi jika tidak diabadikan dengan jepretan foto-foto.

Hal lain yang membuat hal tersebut semakin menyenangkan adalah ketika momen terbitnya mentari di pagi hari. Fenomena tersebut membuat kondisi langit terlihat cukup eksotik untuk dilihat. Selain itu, momen tergelincirnya matahari juga menjadi momen yang ditunggu-tunggu untuk menghasilkan latar belakang foto yang sangat unik.

Penginapan Murah di Kawasan Gili Trawangan

Penginapan Murah di Gili Trawangan
Image Credit: Traveloka.com

1. Utara Villas

Penginapan kelas menengah ke atas tersebut menawarkan fasilitas yang terbilang lengkap dengan harga yang cukup tinggi. Pengunjung perlu mengeluarkan kocek lebih dari satu juta agar bisa bermalam di sana. Letaknya ada di sisi utara pulau, memberikan beragam hal yang bisa dinikmati.

2. Pearl of Trawangan

Lokasinya ada di sisi selatan dan dekat dengan laut, pengunjung perlu membayar biaya hampir satu juta agar bisa mendapatkan akses kamar seharian penuh. fasilitas yang diberikan terbilang cukup lengkap seperti jaringan internet, kolam renang, hingga restoran.

Penginapan di Kawasan Gili Trawangan
Image Credit: Booking.com

3. Hotel Villa Ombak

Berdekatan dengan tempat sebelumnya, pengunjung perlu membayar biaya sewa kamar Rp 500.000 lebih sedikit selama seharian penuh. Bermacam hal yang didapatkan sama seperti tempat-tempat sebelumnya.

4. OYO 706 My Home One Gili Trawangan

Letaknya dekat dengan konservasi kura-kura, penginapan ini menawarkan kamar untuk bermalam dengan harga hanya sekitar seratus ribuan saja. Meskipun murah, namun pengunjung bisa menikmati jaringan internet dan AC di kamar.

Fasilitas yang Tersedia di Gili Trawangan Lombok

Fasilitas di Gili Trawangan Lombok
Image Credit: Google Maps (DAN_V단브이)

Ada banyak hal yang bisa dinikmati oleh orang-orang yang sekedar singgah ataupun ingin menghabiskan beberapa hari di Gili Trawangan. Selain ada beberapa tempat menginap yang bisa menjadi pilihan bermalam pengunjung, di sana juga ada beberapa tempat makan yang istimewa.

Restoran-restoran dengan berbagai varian menunya ada tersebar di sana. Selain itu, berbagai tempat hiburan juga bisa digunakan oleh turis yang datang ke tempat wisata tersebut. Pulau ini meskipun kecil namun mempunyai tempat-tempat yang mampu membuat rekreasi para turisnya menjadi menjadi semakin menarik.

Di beberapa pantai juga ada penyedia fasilitas menyelam, berkuda atau yang lainnya. Di sana juga ada tempat ibadah yang bisa menampung beberapa orang jamaah. Hal ini membuat pengunjung tidak perlu khawatir ketika singgah ke sana.

Itulah uraian lengkap mengenai Gili Trawangan yang ada di Lombok dan bisa menjadi salah satu tujuan dari rencana perjalanan liburan yang akan dijalani. Karena panorama serta bentangan alam di sana begitu indah, ditambah dengan berbagai hal yang bisa dinikmati, maka memilih destinasi ini tidaklah langkah yang salah untuk menjernihkan pikiran dari penatnya kegiatan sehari-hari.