Gili Kedis salah satu pulau berukuran kecil yang begitu menawan di Lombok Barat, NTB. Pulau ini memiliki hamparan pasir putih yang dikelilingi terumbu karang yang indah untuk berbagai kegiatan liburan seru, mulai dari snorkling, berenang hingga menikmati sunset.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sekotong Barat, Kec. Sekotong Tengah, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Gili Kedis merupakan salah satu dari sekian pulau-pulau yang ada di daerah Lombok. Pantai ini menawarkan beragam pemandangan yang menakjubkan, dan orang yang mendatangi pulau ini pun dijamin akan mendapatkan berbagai pengalaman wisata yang sulit untuk dilupakan.

Meskipun memiliki ukuran yang sangat kecil apabila dibandingkan dengan pulau lain, namun hal tersebut tidak membuat pulau ini menjadi kalah pamor. Bahkan, bisa dibilang, pulau ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang memilih pulau alternatif selain pulau lain yang lebih terkenal.

Karena bentuknya yang mungil, Anda pun akan merasa seperti menjadi pemilik dari pulau Gili Kedis ini. Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi tersebut, maka mengunjungi tempat ini merupakan pilihan sempurna sebab tidak hanya indah, pulau ini pun menyajikan berbagai kelebihan yang sangat menarik.

Daya Tarik Wisata Gili Kedis Lombok

Daya Tarik Gili Kedis
Image Credit: Google Maps (Coral Rocks Zanzibar)

Gili Kedis adalah pulau yang ramai dikunjungi oleh pengunjung meskipun masih belum sepopuler pulau-pulau lain yang ada di Lombok. Akan tetapi, ada berbagai daya tarik yang dimiliki oleh pulau ini yang membuat siapapun pasti akan merasa tertarik untuk mengunjungi tempat ini.

1. Air Laut yang Jernih

Daya tarik utama yang dimiliki adalah air lautnya yang sangat bening dan jernih. Ketika tiba di tempat ini, pemandangan air laut yang berwarna biru cerah tanpa ada sampah di sekelilingnya tentu akan sangat memanjakan mata siapapun yang melihat.

Apabila dilihat dari atas, maka air laut yang mengelilingi pulau ini pun juga akan tampak sangat indah. Sebab air laut tersebut akan tampak seperti terdiri atas beberapa lapisan. Air yang dekat dengan pasir akan berwarna putih, sementara itu ketika sudah menjauhi garis pantai maka air pun akan berubah menjadi biru pekat.

2. Pulau Tak Berpenghuni

Hal menarik lain yang membuat pulau Gili Kedis tampak unik adalah tidak adanya penduduk yang mendiami pulau ini. Hanya pengunjung sajalah orang yang bisa ditemukan di tempat ini, bersamaan dengan beberapa nelayan yang datang lalu lalang mencari ikan.

Hal tersebut pun wajar terjadi sebab tempat ini memang begitu mungil, sehingga tidak memungkinkan apabila digunakan sebagai pemukiman orang-orang. Kurangnya area untuk memperoleh makanan dan air yang cocok untuk digunakan sebagai minuman membuat tempat ini akhirnya dibiarkan begitu saja dengan tidak memiliki penghuni, meskipun pemandangan yang ada memang sangat indah.

3. Dihiasi Pepohonan Hijau

Ketika matahari sedang begitu terik, Anda tidak perlu merasa khawatir sebab di sekitar pulau yang mungil ini sudah ada beberapa pepohonan yang melindungi Anda dari hal tersebut. Apabila tidak ada pepohonan yang mengelilinginya, maka tempat ini pasti akan terasa sangat panas dan tidak bisa digunakan sebagai tempat refreshing.

Daya Tarik Gili Kedis Lombok
Image Credit: Titter.com @Ontayu

4. Suasana Pantai yang Sangat Tenang

Karena tidak memiliki penghuni lain, hal tersebut pun membuat suasana pantai menjadi sangat tenang dan sunyi. Anda tidak akan bisa mendengarkan suara bising kendaraan yang biasanya lalu lalang di sekitar kota, sebab lokasi pulau ini memang cukup jauh dari kota.

Untuk itu, pulau ini menjadi tempat yang sangat sempurna untuk melakukan relaksasi. Sejenak melupakan kepenatan dunia dan pekerjaan yang seringkali mengganggu bahkan menambah beban pikiran dengan melihat pemandangan laut yang indah tentu saja sudah menjadi dambaan bagi setiap orang tanpa terkecuali.

5. Kehidupan Bawah Laut yang Indah

Terakhir, pulau ini juga memiliki kehidupan bawah laut yang sangat indah. Kehidupan manusia yang jarang ditemukan membuat mikroorganisme di dalam air bisa hidup dan berkembang dengan jauh lebih tenang tanpa merasa takut akan adanya gangguan seperti peledak dan lain-lain.

Tidak hanya itu, airnya yang sangat bening pun dapat membantu Anda untuk melihat fenomena kehidupan bawah laut yang menakjubkan. Hanya dengan melihat dari permukaan ketika sedang berada di atas kapal pun sudah bisa membuat Anda melihat pergerakan ikan-ikan yang sedang berenang dengan santai.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Gili Kedis

Alamat Gili Kedis
Image Credit: Google Maps (Bayu Agung)

Pulau mungil ini memiliki lokasi yang berdekatan dengan Gili Sudak, pulau kecil lain yang berada di daerah Sekotong Tengah, Lombok Barat. Jarak dari lokasi wisata ini dengan Kota Mataram adalah 41 kilometer apabila menggunakan kapal, sehingga memakan waktu yang cukup lama.

Rute menuju lokasi ini harus ditempuh dengan menuju ke pelabuhan terlebih dahulu, seperti Pelabuhan Lember. Setelah sampai di pelabuhan itu, maka Anda pun tinggal menaiki kapal atau perahu yang sudah disewa terlebih dahulu untuk kemudian berangkat menuju ke lokasi.

Apabila Anda ingin memasuki Gili Kedis, Anda tidak perlu terlalu khawatir sebab untuk mengunjungi pulau mungil ini Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. Akan tetapi, Anda mau tidak mau harus tetap mengeluarkan dompet untuk membayar biaya perjalanan.

Untuk menuju lokasi pulau ini, Anda harus membayar atau menyewa perahu yang sudah tersedia di pelabuhan terdekat. Pada umumnya, harga sewa untuk menaiki perahu tersebut bisa mencapai harga sekitar 300 ribu rupiah.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Gili Kedis

Aktivitas di Gili Kedis
Image Credit: Facebook.com @sopian.hadinata.750

1. Snorkeling

Ketika mengunjungi Gili Kedis, akan terasa kurang apabila tidak melakukan aktivitas di airnya seperti dengan melakukan snorkeling. Karena lautnya tidak terlalu dalam dan ombaknya yang cukup menyenangkan, hal tersebut membuat tempat ini menjadi surga kecil bagi para pecinta snorkeling dan mereka yang ingin berselancar.

2. Fotografi

Tempat ini memang menyajikan pemandangan sekitar pantai yang sangat menakjubkan, sehingga pemandangan tersebut pun harus diabadikan melalui kamera. Selain itu, tempat ini pun juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai latar belakang pemotretan seperti ketika ingin pre wedding, sebab pemandangan di sekelilingnya memang sangat mempesona.

3. Duduk Santai

Karena dikelilingi oleh pohon, Anda pun bisa duduk dengan santai di area sekitar pantai. Menggelar tikar di atas pasir putih yang lembut sambil menikmati pemandangan laut tentu akan membuat Anda merasa sangat nyaman dan rileks. Ditambah dengan hembusan angin yang lembut dan suara debur ombak yang nikmat, hal tersebut mampu membuat Anda merasa semakin betah di tempat ini.

Aktivitas Seru di Gili Kedis
Image Credit: Twitter.com @insidelombok_

4. Berkemah

Pulau ini memang sudah lama terkenal di kalangan pecinta alam sebagai tempat yang sempurna ketika mereka ingin berkemah. Pada umumnya, wisatawan yang ingin berkemah akan ikut ditemani oleh pemilik perahu sehingga ketika ingin kembali mereka bisa segera berangkat secara langsung.

Akan tetapi, karena di tempat ini tidak ada penghuni lain maka pengunjung yang ingin berkemah pun harus meminta izin terlebih kepada beberapa penduduk yang ada di dekat pulau. Selain itu, mereka pun juga harus mempersiapkan tendanya sendiri sekaligus perlengkapan yang harus dibutuhkan.

5. Menikmati Pemandangan Matahari

Ketika berkemah, maka Anda pun dapat menyaksikan fenomena lain yang begitu menakjubkan di tempat ini. Pagi hari sebelum matahari terbit adalah waktu yang sangat sempurna untuk bangun dari tempat kemah dan melihat betapa indahnya pemandangan matahari yang sedang muncul dengan perlahan.

6. Berjalan-Jalan di Sekitar Pantai

Kegiatan terakhir yang dapat Anda lakukan di pulau ini adalah dengan berjalan-jalan di area sekitar pantai. Karena tempatnya yang sangat mungil, Anda dapat berjalan kaki mengitari seluruh daerah pantai tanpa takut harus kelelahan sebab lokasinya yang memang tidak terlalu luas.

Penginapan Murah Terdekat Lokasi Gili Kedis

Penginapan Gili Kedis
Image Credit: Pegipegi.com

Ketika ingin berkunjung ke Gili Kedis, ada beberapa penginapan dalam jarak dekat yang bisa Anda pilih sebagai tempat istirahat, seperti:

1. Nirvana Gili Sudah

Hotel pertama ini memiliki jarak sekitar kurang lebih 2 kilometer dari pulau tersebut. Diiringi oleh fasilitas yang sangat menyenangkan, hotel ini menjadi pilihan tepat untuk dijadikan tempat penginapan karena harganya yang sangat terjangkau yakni hanya 230 ribu rupiah saja.

2. Silver Fern Beach Retreat

Tempat penginapan yang satu ini memiliki tingkat kepuasan yang sangat tinggi dari pengunjung sebelumnya. Dengan jarak sekitar 3,3 kilometer dari pulau dan harga 364 ribu rupiah per malam, hal tersebut membuatnya menjadi tempat yang sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat menginap.

3. Coral Palms

Penginapan yang terakhir ini memiliki bentuk bangunan yang cukup unik karena mirip rumah tradisional. Harga untuk menginap di tempat ini sekitar 295 ribu rupiah per malam, dan sudah dilengkapi beberapa fasilitas yang sangat memuaskan.

Fasilitas yang Tersedia di Gili Kedis Lombok

Fasilitas di Gili Kedis
Image Credit: Google Maps (Kunal Menon)

Di Gili Kedis, fasilitas yang tersedia memang tidak selengkap pulau-pulau lainnya. Akan tetapi, hal tersebut tidak membuatnya menjadi tempat yang tidak layak untuk dikunjungi sebab masih ada beberapa fasilitas yang mampu membuat pengunjung merasa puas seperti rumah makan, toilet bersih, dan kafe.

Selain itu, bagi para pecinta alam pun akan disediakan sebuah lahan perkemahan yang bisa mereka gunakan. Dengan begitu mereka pun bisa berkemah dengan nyaman tanpa harus kesulitan mencari lahan lain yang kurang cocok.

Nah, begitulah informasi mengenai Gili Kedis di Lombok Barat yang bisa Anda ketahui. Meskipun berukuran mungil dan sepi, namun tempat ini memang sangat layak untuk dikunjungi karena keindahan yang ditawarkannya.