Gili Gede termasuk pulau terbesar dan paling terkenal diantara gili lainnya di Sekotong, Lombok Barat. Pulau ini menyuguhkan pantai berpasir putih, ombak yang tenang untuk berenang dan pesona bawah laut yang menakjubkan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Gili Gede, Kec. Sekotong Tengah, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Siapa yang tidak tahu Gili Gede Lombok? Wisata yang telah lama sukses menarik minat wisatawan ini, nyatanya menyimpan banyak sekali keanggunan. Daya tarik dari tempat wisata ini sudah menjadi ikon menarik tersendiri. Pulau ini juga pernah dinobatkan sebagai pulau terbesar. Tentunya untuk pulau di wilayah Sekotong. Hal tersebut berpengaruh terhadap keindahan dan keunikan pulau ini.

Menikmati keindahan alam nusantara yang masih murni merupakan tujuan banyak wisatawan. Bahkan banyak rela terbang jauh, menghabiskan banyak waktu untuk mengunjunginya. Destinasi ini adalah solusi bagi Wisatawan yang ingin menikmati keindahan eksistensi alam. Pemandangan super lengkap pulau ini sangat sukses menarik minat Wisatawan baik lokal atau pun asing.

Keindahan yang dimiliki Gili Gede ini tidak hanya sekedar keindahan laut saja. Wilayah darat juga memiliki keindahannya tersendiri. Banyaknya minat wisatawan terhadap pulau ini, menjadikan banyak pembangunan penginapan. Apabila musim liburan atau musim wisata tiba, pulau ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Setiap pengunjung akan datang dan menikmati keindahan pulau ini hingga berhari-hari.

Daya Tarik Wisata Gili Gede Lombok

Daya Tarik Gili Gede Lombok
Image Credit: Google Maps (Did Mild)

Setiap wisatawan yang tertarik mengunjungi pulau ini dikarenakan adanya sumber daya keindahan yang memikat. Tidak hanya itu, pulau ini juga telah sukses menghipnotis Wisatawan. Panorama alam yang tersajikan seakan telah tersetting keindahannya. Gili Gede menyediakan pemandangan yang sangat epik dan belum ditemui di pulau manapun.

1. Memiliki Daratan yang Memukau

Siapa yang tidak terpesona dengan pulau yang satu ini. Memiliki penampilan yang memukau pada daratannya, menjadikan banyak wisatawan tidak bisa melepaskan pandangannya. Di sepanjang pulau ini, langit akan terlihat sangat cerah dan indah. Langit dengan bentangan warna birunya menjadikan pulau ini semakin menarik. Setiap pemandangan sukses memikat mata dan hati Wisatawan.

Garis batas laut membentang sejauh mata memandang. Wisatawan yang menginjakkan kaki di pulau ini akan dibuat terpukau. Hal tersebut semakin diperindah dengan adanya pepohonan yang rindang di sekelilingnya. Pulau ini memang masih dalam keadaan asri. Belum pernah terubah atau pun dirubah. Sehingga pemandangan yang ada semakin terlihat menakjubkan.

2. Terumbu Karang yang Cantik

Terumbu karang menjadi kekayaan laut yang tidak ternilai harganya. Karena keindahan dan keunikan rupanya. Terumbu karang di pulau ini sukses menjadi bahan pengamatan Wisatawan. Mampu menghadirkan momen yang instagramable, dengan berbagai spot unik. Terumbu karang pada bagian tepi memang bisa dilihat secara jelas. Tentu saja hal tersebut dikarenakan keadaan perairan yang jernih.

3. Kondisi Perairan Jernih

Perairan yang jernih memang kerap memikat hati para penikmatnya. Setiap mata bisa memandang apa yang ada dalam perairan tersebut. Ada dua jenis arus yang ditampilkan di pulau ini. Arus sedang biasanya ada di pagi hari. Sedangkan menjelang sore dan malam hari, arusnya akan sedikit lebih deras. Banyak wisatawan yang mengeksplorasi dan menjelajahi perairan pulau ini dengan kapal kecil.

Daya Tarik Gili Gede
Image Credit: Google Maps (Loetfi Ono)

4. Pepohonan nan Hijau di Sekitar Pulau

Berkunjung ke pulau Gili Gede memang menjadi tujuan wisata terbaik. Di sekeliling dan di tepi pulau, wisatawan bisa melihat berbagai jenis pohon besar yang rindang dan sejuk. Bahkan pepohonan tersebut kerap menjadi spot atau tempat instagramable. Pepohonan berjajar dari tepi ke tepi secara rapi. Dilengkapi dengan langit biru yang cerah, menjadikan pemandangan yang sangat menarik.

5. Rumah Lokal dengan Karya Kuno

Tidak hanya berkaitan dengan perairan saja, setiap wisatawan yang berkunjung juga bisa menikmati indahnya fasilitas yang bernuansa kuno. Bahkan terdapat banyak rumah penduduk lokal di area pulau yang bisa dijelajahi. Setiap rumah penduduk lokal, memiliki fasilitas kuno dan juga karya-karya kuno. Mengunjungi tempat ini seakan menikmati pemandangan indah di masa lalu.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Gili Gede

Image Credit: Google Maps (Say Love Official)

Gili terbesar ini berlokasi dii Nusa Tenggara Barat tepatnya di daerah Sekotong. Akses untuk menuju lokasi ini juga bisa dibilang mudah. Hal tersebut menjadikan Wisatawan lebih tertarik lagi untuk mengunjunginya. Bahkan setiap wisatawan selalu menyempatkan mengunjungi pulau ini ketika musim liburan telah tiba.

Apabila hendak menuju lokasi pulau ini, maka bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Di sekitar penyeberangan terdapat lahan parkir yang bisa digunakan untuk mengamankan kendaraan yang dibawa Wisatawan. Karena untuk menuju pulau ini, setiap wisatawan harus menaiki kapal boat.

Apabila rute dari Mataram, maka bisa menuju Pelabuhan Lembar. Tetapi tidak sampai pelabuhan, maka akan terdapat arah menuju Gili Gede. Wisatawan bisa mengikuti arah tersebut. naik perahu bisa dimulai saat wisatawan sampai di perbatasan kawasan Pelangan. Perahu bisa disewa secara langsung.

Sebenarnya jarak antara penyeberangan dengan pulau lumayan dekat. Karena untuk menjangkaunya, hanya memerlukan waktu berkisar maksimal 15 menit saja. Tentu saja hal tersebut bergantung pada kecepatan yang digunakan perahu atau boat saat menyeberang.

Perkiraan Biaya Wisata ke Gili Gede Lombok

Perkiraan Biaya ke Gili Gede
Image Credit: Google Maps (Say Love Official)

Bagi Wisatawan yang memiliki lokasi jauh dari Mataram, maka harus mempersiapkan kantong yang lumayan tebal. Karena biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit untuk mencapai pulau ini. Mulai dari penginapan hingga penyewaan akomodasi dan sebagainya. Di area Gili Gede Lombok, terdapat banyak tempat penyewaan kendaraan. Harga sewa untuk mobil mencapai 600 ribu.

Penyewaan untuk kapal yang digunakan menyeberang berkisar 300 ribu hingga 400 ribu. Belum lagi, jika menginap di sekitar lokasi pulau. Tentu biayanya akan sedikit lebih besar. Meskipun demikian, banyak wisatawan yang tetap mengunjungi pulau ini. Hal tersebut dikarenakan telah terhipnotis oleh keindahan dan keeksotisan yang tersaji di pulau ini.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Gili Gede

Aktivitas di Gili Gede
Image Credit: Facebook.com @juzzylicioussimple

Apabila berkunjung ke pulau ini, rasanya tidak lengkap jika tidak melakukan berbagai kegiatan menarik. Karena sangat disayangkan jika tidak terdapat pengalaman yang menyenangkan saat berkunjung ke pulau yang sangat indah ini.

1. Snorkeling

Snorkeling telah menjadi hobi banyak orang. Snorkeling menjadi sangat istimewa bagi setiap wisatawan yang menyukai dunia bawah laut. Berbekal dengan peralatan snorkeling, para pengunjung bisa menikmati suasana bawah laut yang menarik. Di lokasi ini juga telah tersedia peralatan snorkeling yang disewakan. Tetapi jika pengunjung ingin membawa peralatan dari rumah juga bisa.

2. Menjelajah Pulau

Biasanya para pengunjung akan mengelilingi area pulau. Tujuannya adalah untuk menikmati keeksotisan pulau ini secara langsung. Tidak perlu khawatir, untuk berkeliling pulau, tidak memerlukan waktu yang lama. bergantung pada kecepatan kapal yang digunakan. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menyewa penginapan di area Gili Gede Lombok. Agar mampu menikmati keindahan pulau kapan saja.

Aktivitas Menarik di Gili Gede
Image Credit: Google Maps (Gernot Baur)

3. Hunting Foto

Berfoto menjadi aktivitas yang paling berharga jika sedang berwisata. Dengan berfoto, setiap wisatawan bisa mengabadikan momen yang berharga. Selain itu, di pulau ini juga terdapat banyak spot yang bisa digunakan untuk berfoto. Anda bisa mengambil berbagai angle di sekitar lokasi wisata.

4. Mengamati Kegiatan Penduduk Lokal

Meskipun pulau ini telah menjadi destinasi wisata yang besar. Akan tetapi, penduduk di area ini tetap bekerja sangat keras. Mereka bermata pencaharian sebagai nelayan mutiara dan ikan. Para pelancong biasanya sangat senang mengamati aktivitas yang dilakukan para penduduk.

Penginapan Murah di Sekitar Gili Gede

Penginapan Sekitar Gili Gede
Image Credit: Tripadvisor.com

Karena merupakan pulau wisata yang lumayan besar, maka tidak lengkap rasanya jika tidak menginap. Maka dari itu, di area pulau ini telah tersedia banyak penginapan. Sehingga Wisatawan bisa menyewa penginapan agar bisa lebih leluasa untuk mengunjungi pulau ini.

1. Hotel Alam Karang

Hotel ini telah memiliki rating yang lumayan bagus dikalangan Wisatawan. Lokasinya sendiri tidak terlalu jauh, hanya berjarak 3 km saja. Apabila ingin menginap di hotel ini, maka Wisatawan perlu merogoh kocek sebesar 700 ribu untuk setiap malamnya. Hotel ini memiliki fasilitas yang beragam. Bahkan hingga akomodasi juga telah tersedia.

2. Thamarind Resort Gili Gede

Penginapan yang satu ini juga selalu dipadati oleh pengunjung. Hanya memerlukan biaya berkisar 450 ribu saja, para pengunjung sudah bisa menikmati fasilitas lengkap dari penginapan ini. Selain itu, penginapan ini juga menyediakan pemandangan laut yang eksotis.

3. Ultimate Dive Gili Gede

Dengan biaya 500 ribu saja, para pengunjung sudah bisa menikmati fasilitas lengkap. Mulai dari resto, akomodasi, hingga keperluan berwisata lainnya.

Fasilitas Wisata yang Bisa Ditemukan di Gili Gede Lombok

Fasilitas di Gili Gede Lombok
Image Credit: Google Maps (Diah Praba)

Pulau yang menjadi tempat wisata populer, pihak pengelola telah menyediakan fasilitas lengkap untuk mendukung kebutuhan wisatawan. Mulai dari penginapan, warung makan, mushala, toilet, wahana permainan dan masih banyak lagi. Bahkan penyewaan perahu, alat-alat snorkeling dan diving juga telah tersedia.

Gili Gede memang menjadi tempat wisata impian banyak orang. Mulai dari daratan dan lautannya yang menakjubkan, destinasi ini selalu memberikan kepuasan pada pengunjung. Akses yang digunakan untuk menuju pulau ini sangat menarik. Pengunjung bisa menikmati sensasi menaiki kapal atau boat. Selain itu, ragam aktivitas juga bisa dilakukan di pulau ini.