Gili Air salah satu pulau kecil yang kaya pesona di lepas pantai barat laut Lombok. Pulau ini menjadi destinasi favorit wisatawan karena menyuguhkan pemandangan pantai pasir putih dan keindahan bawah laut yang mampu memanjakan mata.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gili Indah, Kec. Pemenang, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan pulau Lombok. Pulau yang menyuguhkan banyak sekali tempat wisata ini menjadi salah satu primadona bagi para wisatawan asing maupun wisatawan domestik. Panorama alam yang ditawarkan tempat wisata di pulau ini sungguh sangat menakjubkan. Salah satu tempat wisata yang menjadi favorit bagi para wisatawan yaitu Gili Air Lombok.

Tempat ini sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai tempat untuk menghabiskan liburan Anda. Keindahan yang ditawarkannya memang akan mampu membuat Anda terpesona. Jika Anda kebetulan berkunjung ke pulau Lombok, maka sempatkanlah untuk datang ke Gili Air.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan di sana bersama dengan teman, kerabat ataupun pasangan Anda. Berikut akan diulas secara lengkap mengenai daya tarik, lokasi wisata, harga tiket serta penginapan yang bisa Anda jadikan tempat untuk bermalam saat mengunjungi Gili Air.

Daya Tarik yang Dimiliki Gili Air Lombok

Daya Tarik Gili Air Lombok
Image Credit: Twitter.com @barrykusuma

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwasannya Gili Air merupakan tempat wisata yang sangat exotic. Anda akan disuguhkan dengan banyak pemandangan indah di tempat tersebut. Gila air memiliki daya tarik yang membuat banyak wisatawan tergerak berkunjung ke tempat ini. Berikut adalah daya tarik yang dimiliki oleh pulau eksotis di Lombok ini.

1. Pemandangan yang Memukau

Pemandangan yang dimiliki pulau ini memang tak perlu diragukan lagi. Anda akan melihat air yang begitu tenang jernih dengan ombaknya yang tidak begitu besar. Pantai disana begitu bersih tidak ada sampah yang berserakan di tempat ini. Anda akan benar-benar disuguhkan suatu pemandangan yang luar biasa memanjakan mata Anda.

2. Panorama Indah Bawah Laut

Pemandangan yang ditawarkan tidak hanya di bagian permukaan saja, namun Anda juga dapat melihat keindahan dari Gili Air ini di bawah permukaan airnya juga. Di bawah laut terdapat lima tempat yang sangat menarik yang pastinya akan membuat Anda begitu mengagumi keindahannya.

Tempat-tempat tersebut antara lain yaitu: air slope, segaluh, air wall, malang reef serta yang terakhir yaitu frogfish pint. Tempat-tempat tersebut menawarkan keindahannya masing-masing yang cukup unik sehingga akan membuat Anda begitu terpesona.

BACA JUGA:  33 Tempat Wisata di Lombok Terbaru & Terhits Buat Liburan

Di tempat-tempat tersebut nantinya Anda akan menyaksikan hewan-hewan laut yang begitu cantik. Hewan-hewan yang biasanya nanti akan Anda temui yaitu kura-kura, kuda laut serta ikan-ikan dengan ragam corak warna yang begitu indah.

Daya Tarik Gili Air
Image Credit: Instagram.com @fachreeizzy

3. Hutan Mangrove

Daya tarik lain yang membuat Gili Air ini begitu banyak diminati oleh para wisatawan yaitu terdapat hutan mangrove di tempat wisata yang satu ini. Di hutan tersebut Anda akan melihat tumbuhan pantai ini tumbuh dengan lebat dan kokoh.

Tempat ini sangat cocok bagi Anda para pecinta mangrove. Atau mungkin bagi Anda yang tengah melakukan penelitian tentang objek mangrove, maka disarankan untuk Anda datang ke pulau menawan ini yang memang menyajikan area hutan mangrove yang cukup lebat.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Gili Air

Rute Gili Air
Image Credit: Google Maps (Even Chen)

Untuk menuju lokasi wisata Gili Air ini Anda membutuhkan waktu sekitar setengah jam lamanya dari Senggigi. Karena memang pulau ini dikelilingi oleh laut, maka cara untuk Anda sampai ke kawasan wisata pulau ini yaitu dengan menaiki fast boat atau speed boat.

Anda tidak perlu bingung untuk kendaraan yang nantinya Anda gunakan ke sana, karena sudah terdapat penyediaan rute untuk menuju ke lokasi pulau ini. Wahana Gili ocean merupakan salah satu penyedia untuk perjalanan Anda menuju ke tempat wisata tersebut. Sebaiknya Anda memilih jadwal berangkat yaitu pada pagi hari.

Hal itu dikarenakan pada saat tersebut air laut cenderung tenang jika dibandingkan di saat-saat lain seperti halnya sore hari. Jadi usahakan Anda datang ke tempat ini sepagi mungkin. Karena perusahaan penyedia rute menuju ke gili air umumnya tidak melakukan perjalanan saat sore hari dimana air tidak tenang.

Jika Anda berkunjung ke pulau cantik ini pada bulan Juli serta Agustus, maka saat itu laut akan cenderung memiliki gelombang yang tinggi. Hal itu dikarenakan pada bulan-bulan tersebut termasuk dalam periode angin Selatan.

Jadi jika Anda terpaksa datang pada bulan-bulan tersebut, maka pastikan Anda menjaga barang-barang elektronik yang Anda bawa agar tidak terkena oleh cipratan air saat Anda menaiki fast boat. Jangan lupa juga untuk Anda mengenakan sandal karena nantinya ketika Anda turun dari fast boat Anda akan kontak langsung dengan air laut.

Jadi sebaiknya jika Anda yang mengenakan sepatu maka letakkan terlebih dahulu sepatu Anda di dalam tas dan kenakan sandal. Selama Anda menaiki fast boat dalam perjalanan, Anda sudah akan disuguhkan pemandangan-pemandangan yang indah dari Gili Air, Lombok. Hal itu tentunya tidak akan membuat Anda merasa kecewa jika datang ke tempat ini.

Menariknya saat Anda datang ke pulau ini Anda tidak akan dipungut biaya sepeser pun seperti hanya di tempat-tempat lain yang memberikan tarif untuk masuk lokasi wisata. Biaya yang perlu Anda keluarkan yaitu ongkos untuk menyeberang.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Lombok Timur Terbaru & Terhits Buat Liburan

Biaya tersebut juga terbilang cukup terjangkau yaitu berada di kisaran harga Rp 8.000 hingga Rp 25.000 saja. Tentunya harga tersebut terbilang sangat terjangkau jika dibandingkan dengan pengalaman seru yang nantinya akan Anda dapatkan selama berada di Gili Air Lombok ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Gili Air

Kegiatan di Gili Air
Image Credit: Instagram.com @yahiabarakah

Bagi Anda yang berniat untuk berkunjung ke tempat wisata Gili Air ini, maka banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di tempat tersebut. Aktivitas-aktivitas itu antara lain yaitu:

1. Snorkeling

Bagi Anda para pecinta snorkeling maka tempat ini sangatlah pas untuk Anda kunjungi. Karena memang di tempat ini Anda dapat melakukan kegiatan snorkeling. Seperti yang telah disebut di atas bahwa keindahan bawah laut dari pulau ini sangatlah menakjubkan.

Anda bisa menelusuri 5 tempat menarik yang terdapat di Gili Air ini. Dan tentunya Anda bisa menyaksikan hewan-hewan eksotic seperti yang telah disebut di atas.

2. Bersantai

Anda juga bisa datang ke tempat ini sekedar untuk bersantai. Karena memang tak seperti tempat wisata lain yang begitu berisik dengan suara-suara mesin, di tempat wisata ini Anda akan menemukan situasi yang begitu tenang dan sunyi. Sangat cocok untuk Anda jadikan tempat menjernihkan pikiran Anda dari aktivitas-aktivitas kerja yang begitu padat.

Terlebih jika Anda melakukan saat malam hari, maka Anda akan benar-benar mendapati suasana yang begitu tenang dan indah. Tempat ini juga tampak sangat indah ketika malam hari oleh karena itu Anda jangan melewatkan momen saat malam tiba.

3. Berselancar

Tak heran jika tempat wisata Gili Air Lombok ini banyak didominasi oleh wisatawan asing. Karena di tempat ini selain Anda bisa melakukan snorkling Anda juga bisa berselancar. Ombak yang di pantai cukup besar sehingga sangat mendukung aktivitas berselancar Anda di pulau ini.

Kegiatan di Gili Air Lombok
Image Credit: Twitter.com @wdrlombok

4. Beragam Aktivitas Darat

Gili Air memang populer dengan wisata yang terdapat di bawah laut. Namun bukan berarti di tempat ini Anda tidak bisa melakukan aktivitas selain berhubungan dengan laut. Anda juga bisa melakukan aktivitas-aktivitas di darat. Beberapa contoh aktivitas di darat yang bisa Anda lakukan seperti contohnya jogging.

Anda dapat berlari-lari menyusuri pantai dengan pasirnya yang putih dan indah ini. Di pulau eksotis ini memang telah disediakan rute bagi Anda yang ingin jogging. Rute tersebut telah dipagari dengan menggunakan tanaman-tanaman tropis. Hal itu tentunya akan membuat jogging Anda terasa lebih nyaman.

Anda juga bisa sekedar berjemur di tempat ini. Sebagian besar wisatawan asing akan lebih memilih untuk berjemur. Atau jika Anda berniat untuk mengelilingi pulau dengan menggunakan sepeda, apakah Anda bisa menyewa sepeda yang telah disediakan di kawasan wisata Gili Air Lombok.

BACA JUGA:  Pantai Tangsi (Pink Beach), Pantai Unik yang Kaya Pesona di Lombok

5. Fotografi

Kegiatan yang pasti akan dilakukan di setiap tempat wisata yaitu fotografi. Tentunya Anda tidak boleh melewatkan aktivitas yang satu ini. Karena dengan fotografi Anda bisa mengabadikan momen-momen Anda saat berada di pulau buruan wisatawan ini.

Pemandangan yang terdapat di tempat wisata tersebut tentunya akan sangat mendukung bagi Anda melakukan kegiatan fotografi tersebut. Anda bisa mengunggah hasil-hasil Anda di sosial media. Dan tentunya hal itu akan membuat sosial media Anda terlihat lebih menarik dengan unggahan-unggahan foto yang Anda ambil di kawasan wisata ini.

Penginapan Murah di Kawasan Gili Air

Penginapan di Gili Air
Image Credit: Pegipegi.com

Bagi Anda yang berencana untuk menginap di Gili Air, maka berikut beberapa tempat penginapan yang bisa Anda jadikan pilihan sebagai tempat bermalam bagi Anda beserta keluarga ataupun teman-teman Anda. Penginapan-penginapan tersebut antara lain yaitu:

1. Alibaba Bungalows

Untuk penginapan ini berada di area pantai Gili Air. Hal yang membuat penginapan ini tampak begitu menarik yaitu karena dikelilingi oleh rimbun tanaman tropis. Beberapa fasilitas yang pasti akan Anda dapat di tempat ini yaitu diantaranya wi-fi gratis, area parkir gratis, pantai pribadi, restoran dan lain-lain.

2. Hotel B52 Gili Air

Hotel selanjutnya yang bisa Anda jadikan pilihan sebagai tempat bermalam yaitu Hotel B52. Hotel ini juga berada dekat dengan lokasi pantai di pulau ini yaitu sekitar 300 meter.

Saat Anda memutuskan untuk menginap di hotel ini maka fasilitas yang akan Anda dapat antara lain yaitu antar jemput bandara, wi-fi gratis, makan dan minum, area parkir gratis dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. The Koho Air Hotel

Hotel ini hanya berjarak sekitar 100 meter dari lokasi wisata ini. Anda bisa menggunakan hotel ini untuk bermalam saat berada di pulau Gili Air. Terdapat banyak fasilitas yang akan Anda dapat di hotel ini.

Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain yaitu wi-fi gratis, antar jemput bandara, area parkir yang luas dan aman, makan dan minum serta masih banyak lagi fasilitas lainnya yang bisa Anda dapat di hotel ini.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Gili Air Lombok

Fasilitas di Gili Air Lombok
Image Credit: Twitter.com @insatiabletrav3

Gili Air telah memiliki fasilitas yang dirasa cukup lengkap. Saat Anda berkunjung ke tempat wisata ini maka fasilitas-fasilitas yang bisa Anda temui yaitu cafe serta bar, restoran, penginapan, kamar mandi umum, dan masih banyak lagi fasilitas yang bisa Anda temui sehingga memudahkan Anda saat berlibur ke tempat ini.

Itulah tadi ulasan mengenai tempat wisata memukau Gili Air, Lombok. Bagi Anda yang kebetulan berkunjung ke Lombok, maka tidak ada salahnya untuk singgah sebentar ke pulau cantik di Lombok ini. Karena dijamin Anda tidak akan kecewa oleh pemandangan serta pengalaman yang nantinya akan Anda dapat di tempat tersebut.