Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Peminge, Benoa, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali.

Siapa sih saja tentu akan terkesima dengan keindahan yang ada di Pulau Bali. Berkat panorama alam yang begitu menakjubkan berpadu dengan budaya yang masih kental. Bahkan para wisatawan juga bisa menikmati liburan seru dengan keeksotisan bangunan bersejarah di Bali. Salah satunya yang menarik perhatian pelancong yaitu Gapura Candi Bentar yang berada di Badung. Anda bisa mendapatkan pengalaman seru ketika berada di tempat bersejarah ini. Seperti apa keunikan wisata ini? Cek di sini!

Sekilas Tentang Candi Bentar

Tentang Candi Bentar
Photo by Google Maps Dien

Gapura Candi Bentar merupakan sebuah bangunan tradisional yang memiliki arsitektur unik dengan keindahan struktur bangunannya. Gaya desainnya yang cukup menarik ini menjadi salah satu destinasi yang tak pernah dilewatkan bagi para wisatawan. Tak ayal jika kawasan ini mampu memikat turis baik itu lokal maupun mancanegara.

Menurut kepercayaan yang beredar di kalangan masyarakat Bali, gapura ini bukan merupakan sebuah bangunan yang ada semestinya. Pasalnya, desain dan arsitektur bangunan ini dirancang sedemikian rupa sehingga mengandung miniatur yang menyangkut alam semesta bagi tempat segala aktivitas manusia.

Menurut sejarah, pembangunannya ini memiliki aturan dan ketentuan yang harus disesuaikan menurut warga Bali. Bahkan anjuran ini telah diterangkan dalam kitab suci Weda yang telah diatur bagaimana rumah adatnya memiliki unsur dari alam. Sehingga. Gapura Candi Bentar ini memiliki semua unsur seperti yang dianjurkan dalam kitab suci.

Awalnya, gapura ini memiliki fungsi utama untuk memenuhi kebutuhan berupa Istana, Pura atau bahkan tempat suci agama Hindu. Semakin berkembangnya waktu, pembangunannya mulai diterapkan ke berbagai bangunan miliki masyarakat umum. Bahkan, anda akan menemukan banyak bangunan gapura ketika mengunjungi berbagai kawasan di Bali.

Jika ingin tahu lebih detailnya, bangunan gapura terdiri dari beberapa bagian. Anda bisa menemukan dua buah Candi Bentar yang tampak mirip di sisi kanan dan kiri pintu masuk dalam pekarangan rumah. Keunikan lainnya yang bisa ditemukan pada candi yang satu ini yaitu tidak memiliki penghubung di sisi sisinya. Sehingga, bagian atas didesain menjadi terkesan terpisah.

Candi ini sendiri menjadi sebuah candi hasil perpaduan yang cukup unik dari budaya Bali yang dipengaruhi oleh Kerajaan Majapahit. Ketika mendirikan candi ini, maka seorang undagi harus memahami arti Asta Kosala Kosali. Tujuannya, masyarakat Bali ingin menjaga keseimbangan baik itu antara manusia dengan Tuhan, bahkan lingkungan sekitarnya.

Daya Tarik Utama Gapura Candi Bentar

Daya Tarik Gapura Candi Bentar
Photo by Google Maps Dien

1. Pembagian Ruang yang Dimiliki

Sebagai salah satu ikon yang menarik yang ada di Bali, Gapura Candi Bentar memiliki keindahan yang diakui banyak kalangan. Selain memiliki arsitektur yang indah, bangunan yang satu ini memiliki ciri khas yang tidak bisa ditemukan di lokasi lainnya. Hal inilah yang membuat para pelancong untuk datang ke Bali.

Kekayaan budaya Bali terlihat dari arsitektur yang ada di kawasan ini. Tak jarang, jika banyak masyarakat yang mengadaptasi dari keindahan gapura dari candi ini. Arsitektur tradisional cukup unik apalagi dari bentuk bangunan, fungsi, struktur, dan ornamennya. Menurut kepercayaan, dalam mendirikan bangunan ini juga diatur dalam kitab suci Weda.

Bangunan ini terbagi menjadi dua bagian yaitu, Gapura Candi Bentar digunakan untuk kegiatan adat istiadat dan satunya lagi digunakan hunian biasa. Menurut kitab suci, letak bangunan, desain, konstruksi, arah, serta konstruksi dibangun sesuai aturan yang telah ditetapkan. Itulah alasan kenapa tempat sembahyang harus dibangun pada sudut urata dan timur.

2. Keunikan Dua Bangunan Candi Bentar

Gapura candi ini dicirikan dengan dua candi yang berdiri sejajar dengan arsitektur yang khas sesuai kaidah yang dianjurkan. Dua candi tersebut akan digunakan sebagai pintu masuk utama. Kemudian, gapura masih saling terhubung meski bangunan terpisah satu sama lain dengan pagar besi dan anak tangga di bagian bawah.

Daya Tarik Utama Gapura Candi Bentar
Photo by Twitter Ninik Setiawan

3. Filosofi Makna Bangunan Candi

Bangunan candi ini mengandung beragam unsur filosofis yang menggambarkan kearifan lokal budaya dari masyarakat yang ada di sekitar Bali. Seperti bentuk gapura yang harus dibuat dengan serangkaian proses yang tidak sebentar. Hal ini dilakukan untuk memenuhi ajaran yang telah berlaku di agama Hindu.

4. Konsep Ruang Terbuka Hijau

Ruang luar di sekitar tempat Gapura Candi Bentar mempunyai fungsi yang cukup beragam. Salah satu di antaranya yaitu ruang terbuka hijau yang memiliki makna untuk menjaga keseimbangan kawasan antara bangunan dan lingkungan sekitar. Dengan begitu, udara segar yang sangat dibutuhkan akan selalu tersedia secara maksimal.

Ketersediaan ruang terbuka ini memberikan kesan yang cukup berkarakter pada gapura candi ini. Sebab, tak hanya ada bangunan saja, tetapi juga ada ruang terbuka yang cukup segar. Vegetasi yang tersebar tak hanya menyehatkan pandangan mata saja, tetapi juga berguna sebagai penambah nilai estetika secara keseluruhan.

Perpaduan antara tanaman mulai dari rumput yang rata tanah, sampai dengan pepohonan yang berjajar menyatu dengan indah. Selain itu, ruang luar di sekitar candi juga berguna sebagai mobilitas pengunjung yang membawa moda transportasi. Hal ini tentunya tak akan mengurangi kesempatan orang untuk tetap mengagumi kemegahan Candi Bentar.

Tentu saja yang paling leluasa menikmatinya ketika pengunjung yang datang dengan berjalan kaki. Di kawasan ini sudah tersedia trotoar yang lebar dengan dikelilingi oleh patung patung serta tanaman pohon bunga. Menariknya, kawasan ini juga semakin menawan dengan lampu lampu penerangan yang berjajar.

Berbagai Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Berbagai Menarik di Gapura Candi Bentar
Photo by Google Maps Can Vu Dinh

1. Melihat Keunikan Bangunan

Gapura Candi Bentar yang ada di kawasan wisata Nusa Dua, memungkinkan para pelancong untuk dapat melihat keunikan dari bangunan candi dengan view yang menawan. Anda akan disuguhi oleh arsitektur yang cukup kompleks dan begitu mempesona dengan kearifan lokal ala budaya Bali yang berpadu dengan adat istiadatnya.

2. Berburu Foto yang Menawan

Mengunjungi suatu destinasi, kurang lengkap rasanya jika tidak mengabadikan momen terbaik. Ketika berada di Gapura Candi Bentar, jangan lupa untuk menangkap momen bahagia dengan menggunakan kamera atau hp yang anda miliki. Dengan struktur bangunan dari candi yang begitu unik, maka bisa dijadikan sebagai latar belakang yang menawan.

Arsitektur bangunan yang terlihat unik ini tentu membuat para pengunjung agar bisa mendapatkan berbagai foto menarik ketika berkunjung ke lokasi yang satu ini. Sehingga anda tidak boleh ketinggalan berburu foto ketika berkesempatan mengunjungi destinasi ini. Terlebih, tempat ini juga memiliki pemandangan sekitar yang cukup eksotis.

Beberapa diantaranya yaitu bagian pura yang biasa dijadikan tempat ritual oleh warga setempat. Selain itu, ada juga area luar ruangan yang terbuka hijau yang sejuk. Namun yang menjadi salah satu favorit para wisatawan adalah candi ini yang memiliki karakteristik arsitektur bangunan yang sangat menawan.

3. Melakukan Foto Pre Wedding

Jika anda ingin mendapatkan acara yang romantis dengan pasangan, maka bisa memiliki kawasan ini menjadi spot untuk pre wedding. Mengingat arsitektur bangunan dari Candi Bentar cukup unik, pengunjung bisa memanfaatkannya sebagai lokasi mengambil foto terbaik. Sehingga momen indah pastinya akan anda dapatkan ketika berada di kawasan ini.

Aktivitas di Gapura Candi Bentar
Photo by Twitter dea

4. Menyantap Makanan Lezat

Kegiatan menarik lainnya adalah menyantap makanan lezat. Setelah asyik menghabiskan waktu di kawasan ini, maka anda bisa memanjakan lidah dengan santapan lezat khas Bali. Jadi tidak heran jika banyak orang yang menghabiskan waktu seharian di lokasi yang satu ini.

Santapan lezat ini bisa anda nikmati dengan mengunjungi warung warung yang ada di sekitar candi yang menawan ini. Ada banyak hidangan yang disajikan, mulai dari masakan khas Bali, hidangan nusantara, sampai dengan menu internasional. Semua menu bisa disantap sesuai selera ketika anda mengunjungi lokasi ini. Sebab, wisatawan yang datang tak hanya domestik saja, tetapi juga mancanegara.

5. Mengunjungi Pantai

Selain mengunjungi Candi Bentar, ternyata ada spot menarik yang bisa anda nikmati ketika berada di kawasan ini yaitu mengunjungi pantai. Pasalnya, kawasan ini berada tak jauh dari pantai Nusa Dua. Bahkan pantainya bisa ditempuh hanya dengan berjalan beberapa langkah ke depan tanpa harus menggunakan kendaraan bermotor.

Di sini, anda bisa menikmati berbagai keindahan, baik dari pantai maupun lingkungan sekitarnya. Dengan pasir putih yang menawan, pengunjung bisa leluasa melepas penat dengan bersantai di sekitar pantai. Bahkan, anda juga bisa bermain air di kawasan pantai ini mengingat ombaknya yang bersahabat.

Atau bagi anda yang hanya ingin beristirahat dan bersantai setelah melihat Candi Bentar lebih dekat, maka bisa duduk duduk di gazebo yang sudah disediakan pihak pengelola. Tak hanya pengalaman melihat bangunan yang menawan, ternyata anda juga bisa merefresh pikiran dengan berkunjung ke lokasi lainnya yang ada di sekitar lokasi candi.

Rute Lokasi dan Fasilitas di Kawasan Wisata

Alamat Gapura Candi Batu Bentar
Photo by Google Maps Pri Hinkap

Jika ingin mengunjungi kawasan candi, maka bisa langsung datang ke Jalan Pantai Peminge, Benoa, Kabupaten Badung, Bali. Seperti nama jalannya, lokasinya berada tepat di Pantai Peminge Nusa Dua. Lokasi candi ini cukup strategis jika ditempuh menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi.

Seperti yang sudah diketahui, Gapura Candi Bentar merupakan salah satu destinasi yang cocok dikunjungi untuk menghabiskan waktu seru di Bali. Sehingga, anda bisa melengkapinya dengan mencari akomodasi agar menginap tidak jauh dari kawasan yang satu ini. Tidak perlu jauh jauh, anda bisa menginap di sekitaran kawasan yang satu ini agar hari semakin berkesan.

Di sekitar juga banyak sekali penginapan yang dapat anda pilih. Mulai dari hotel berbintang lima, resort, villa sampai guesthouse dapat anda jadikan referensi penginapan. Mengingat bahwa destinasi ini berada di kawasan wisata Nusa Dua yang terkenal, maka tidak sulit untuk menemukan akomodasi di sekitarnya.

Menariknya, anda juga bisa menemukan berbagai fasilitas yang cukup lengkap ketiak berada di kawasan bangunan bersejarah ini. Misalnya saja tempat makan, Bistro, Atm, Spa, dan juga fasilitas umum lainnya. Tak heran jika kawasan di sini cukup ramai dikunjungi bagi pelancong, baik itu mancanegara dan wisatawan lokal.

Selain berbagai keunikan dari bangunan Gapura Candi Bentar itu sendiri, destinasi ini juga memiliki daya tarik yang eksotis. Dimana, pengunjung bisa menemukan banyak lokasi wisata lainnya yang berada tidak jauh dari lokasi candi. Sehingga, mengunjungi kawasan candi ini membuat anda bisa merasakan destinasi yang cukup unik dalam satu kali perjalanan.