Gala-Gala Underground House salah satu objek wisata unik berupa rumah bawah tanah di Nusa Lembongan, Bali. Rumah hasil karya Mangku Byasa yang terinspirasi dari cerita Pandawa dalam Epos Mahabarata.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lembongan Island, Jungutbatu, Kec. Nusapenida, Kab. Klungkung, Bali.

Destinasi wisata yang sarat akan unsur magis tersebut berada di daerah pesisir sekitar Pulau Bali. Seperti yang sudah banyak orang ketahui, bahwa terdapat gugusan pulau yang ada di bagian tenggara Pulau Dewata. Keindahan pulau-pulau tersebut tidak kalah dengan pulau utama provinsi tersebut.

Kepulauan Penida sudah cukup terkenal sebagai tempat berlibur bagi mereka yang tergolong kalangan menengah ke atas. Hal tersebut dikarenakan banyak dari objek wisata dan segala sarananya yang sangat lengkap dan mewah. Tak ayal jika tempat tersebut juga banyak didominasi oleh turis yang berasal dari mancanegara.

Namun, hal ini cukup berbeda dengan salah satu gugusan pulau tersebut. Pada bagian utara, terdapat Pulau Lembongan yang menawarkan panorama yang terbilang masih alami. Di sana juga terdapat sebuah goa buatan yang penuh dengan kisah dibaliknya. Goa Gala-Gala juga menyediakan beragam hal menarik yang bisa dirasakan oleh siapapun yang singgah ke sana.

Daya Tarik yang Dimiliki Gala-Gala Underground House

Daya Tarik Gala-Gala Underground House
Image Credit: Google Maps (Kristie Sandquist)

1. Pahatan Unik Batuan Kapur

Ini merupakan sesuatu yang begitu mencolok terlihat di segala sisi objek wisata tersebut. Batuan yang membentuk tempat itu merupakan unsur kapur yang ada di sekitar pulau yang memiliki luas kurang lebih 8 kilometer persegi itu. Alasan mengapa memilih jenis batuan tersebut dikarenakan kapur cukup mudah dibentuk dan juga memiliki tampilan yang cukup indah.

Namun, perlu diperhatikan bahwa bebatuan kapur yang membentuk tempat tersebut bukanlah unsur kapur biasa yang seringkali dilihat, namun bebatuan kapur keras. Hal ini membuatnya tidak akan menghasilkan debu atau kotoran apapun yang bisa saja menyebar ke seluruh ruangan yang terbentuk.

Batuan tersebut membuat sebuah dinding yang solid dan terpahat dengan ukiran yang cukup indah. Setidaknya terdapat lorong, ruangan, dan berbagai jenis bilik yang menghiasi area tersebut. Dinding-dinding tersebut terbentuk dengan apik menjadi ruang-ruangan tersebut.

2. Kisah Dibaliknya

Sang pemahat yang membuat tempat ini, yakni Made Byasa, mengaku bahwa ia mendirikan tempat tersebut karena mendapatkan ilham dari cerita Mahabarata. Made memang dikenal sebagai orang yang sangat gemar untuk bertapa. Suatu hari seusai bertama ia pun mendapatkan penglihatan mengenai certia tersebut.

Dalam epos yang sangat terkenal dari Negeri India itu diceritakan bahwa Pandawa lari dari buruan para Kurawa. Mereka pun akhirnya bersembunyi dalam sebuah goa yang memang sengaja dipahat dan dibentuk sedemikian. Akhirnya tempat yang dijadikan untuk menyelamatkan diri dari kejaran para Kurawa itu diberikan nama Gala-Gala.

Dari sumber masyarakat yang tinggal di dekat objek wisata unik tersebut memaparkan bahwa dalam membuat mahakarya tersebut, sang pencipta hanya menggunakan alat-alat yang sangat sederhana. Ia tidak memakai benda-benda modern yang memudahkan pekerjaannya.

Dia menggunakan alat memahat biasa serta sebuah palu saja. Itulah mengapa ia akhirnya berhasil menyelesaikan sebuah karya indah di bawah tanah itu dalam jangka waktu kurang lebih 15 tahun lamanya.

Ia memulai projek besar itu sekitar tahun 1961 dan akhirnya sampai ke tahap finalisasi pada 1976. Tempat ini berada di kedalaman kurang lebih 7 meter. Namun, tinggi bangunan di dalamnya hanya berkisar 1 hingga 2 meter saja.

Daya Tarik Dimiliki Gala-Gala Underground House
Image Credit: Google Maps (Michael Araventa Ginting)

3. Suasana Magis Goa Gala-Gala

Tidak perlu khawatir jika hendak singgah ke sana, karena unsur magis yang menjadi salah satu pemikat orang-orang untuk datang ke sana bukanlah karena cerita-cerita seram yang dibumbui oleh kisah misterius. Di sana, tidak ada cerita yang akan membuat bulu kuduk para turis di sana berdiri.

Alasan mengapa destinasi itu memiliki suasana yang sarat akan hal-hal ghaib yakni karena tempat itu sebenarnya adalah area untuk melakukan pertapaan. Pembuat rumah bawah tanah Gala-Gala memang sengaja untuk masuk ke dalam permukaan tanah dan mengukir segala sesuatu yang bisa dilihat di dinding-dindingnya tersebut karena ingin memiliki tempat istimewa untuk bersemedi.

Namun meskipun begitu, dahulu tempat tersebut juga digunakan oleh sang pemahat sebagai tempat tinggal. Itulah sebabnya para wisatawan dapat melihat berbagai hal di dalamnya yang sama dan hampir bisa ditemukan di rumah-rumah pada umumnya. Ada ruang untuk menerima tamu, kamar untuk tidur, dapur, area untuk makan, dan pastinya lokasi untuk melakukan persemedian.

4. Area yang Cukup Luas

Berekreasi di sana tidak akan membuat para wisatawan berdesak-desakan. Tempat ini memiliki luas kurang lebih 500 meter persegi dan bisa membuat pengunjung leluasa jika hendak berputar menyelidiki setiap inci keunikannya.

Gala-Gala Underground House mempunyai lebih dari 3 pintu yang bisa digunakan untuk masuk ataupun keluar. Dengan begitu, orang-orang yang hadir tidak akan bertumpuk dan akhirnya terpaksa untuk antre cukup panjang dalam satu pintu. Pun demikian jika memang jumlah turis yang hadir membludak, maka tempat itu juga pasti menyesakkan.

Namun, pihak pengelola mengatur hal tersebut. Jumlah pengunjung yang diperbolehkan ada di dalamnya dibatasi. Hal ini juga dikarenakan tempat ini berada di bawah tanah sehingga sirkulasi udara harus menjadi perhatian khusus. Mengingat hanya ada 3 ventilasi di dalamnya, maka itu membuat pasokan udara dalam goa menjadi cukup terbatas.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Wisata Underground House

Alamat Underground House
Image Credit: Google Maps (Wayan Suartini)

Tempat ini ada di Nusa Lembongan pada Provinsi Bali. Pulau itu ada di bawah barat laut dari Nusa Penida yang cukup tersohor tersebut. Sedangkang objek wisata eksotik di bawah tanah itu berada di dekat salah satu destinasi indah di Pulau Lembongan, yaitu Pantai Impian atau Dream Beach. Selain itu, keberadaannya tidak jauh dari dermaga jamur di sana atau biasa disebut Mushroom Bay.

Untuk menjangkaunya, turis yang berencana ke sana hanya perlu melakukan perjalanan air menuju ke pulau itu. Titik awal yang disarankan adalah daerah dekat destinasi wisata Pantai Sanur yang ada di Pulau Bali. Dari Pualu Seribu Pura tersebut, pengunjung bisa menyewa perahu cepat atau speedboat.

Dengan moda transportasi tersebut, wisatawan tidak akan menunggu lama hingga sampai ke pulau dengan panjang lebih dari 40 kilometer. Perjalanan yang ditempuh kurang lebih hanya satu jam saja. Lokasi untuk melabuh disarankan untuk di Mushroom Baya. Karena, jarak goa dari dermaga itu kurang dari 2 kilometer. Pengunjung cukup berjalan kaki sekitar 7 menit saja hingga tiba di goa.

Harga Tiket Masuk Gala-Gala Underground House

Harga Tiket Gala-Gala Underground House
Image Credit: Google Maps (Zdenko Pipic)

Agar dapat dengan bebas memasuki rumah bawah tanah tersebut, turis yang hadir perlu membayar sejumlah biaya. Namun, tidak perlu khawatir karena jumlahnya tidak akan membuat kantong menjadi habis seketika. Cukup membayar tarif kurang lebih Rp 25.000 saja, maka pengunjung bisa mendapatkan akses untuk memasukinya.

Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa terdapat ketentuan khusus ketika masuk ke dalam bawah tanah. Turis yang hendak mengeksplorasi objek tersebut harus menggunakan selendang yang dibalutkan ke tubuh serta sarung khas Bali. Hal ini demi menjaga kesucian tempat ini yang memang sebenarnya dipakai untuk sembahyang dengan cara dan sesuai aturan Agama Hindu.

Selain itu, pengunjung bisa menyewa jasa pemandu wisata. Tempat ini menyediakan beberapa orang yang siap sedia melayani pengunjung yang ingin hilir mudik di dalamnya dan mengetahui setiap detail dari cerita pembangunannya. Mereka juga akan dengan senang hati menyampaikan biografi pembuatnya dan merespon setiap pertanyaan dari wisatawan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Gala-Gala Underground House

Kegiatan di Gala-Gala Underground House
Image Credit: Google Maps (Wayan Ari)

1. Menelusuri Goa

Dengan tempat yang cukup luas, maka sangat amat disayangkan jika pengunjung tidak mengeksplorasi setiap detail dari tempat yang elok tersebut. Pengunjung bisa saja menjelajahi tempat ini mulai dari ruang-ruang di dalamnya seperti kamar tidur hingga ruang untuk bersemedi. Serta wisatawan juga dapat menyusuri lorong-lorongnya.

Ukiran yang ada di dindingnya juga menambah kesan istimewa dari tempat itu. Dijamin bahwa pengunjung tidak akan merasakan bosan tatkala mereka melakukan penjelajahan di tempat itu meskipun nampak remang-remang. Walaupun disediakan penerangan berupa lampu, namun karena ada jauh di dasar tanah membuatnya cukup gelap dan akhirnya menjadi cukup remang-remang.

2. Berfoto-Foto

Walaupun tempat ini merupakan area untuk melakukan meditasi, namun pengunjung diperbolehkan untuk mengambil beberapa potret gambar. Hanya perlu diperhatikan saja bahwa setiap aktivitas yang dilakukan perlu memperhatikan etika kesopanan dan tidak melanggar norma agama.

Ketika berada di sana, memang akan rugi jika tidak mengabadikan momen bersama teman ataupun keluarga yang bersama-sama sedang berlibur. Namun, jika ingin berfoto secara sendiri-sendiri juga tidak kalah menariknya.

Fasilitas yang Tersedia di Gala-Gala Underground House

Fasilitas di Gala-Gala Underground House
Image Credit: Google Maps (BI TO)

Pengunjung bisa menikmati semua yang ada di dalam goa tersebut, mulai dari ruang tamu hingga daerah untuk sembahyang Umat Hindu. Selain ada jasa pemandu yang siap menemani pengunjung, di sekitar goa itu juga ada banyak restoran ataupun tempat-tempat umum yang menyediakan berbagai kebutuhan turis.

Segala keunikan goa Gala-Gala memang sangat menarik minat wisatawan untuk sekadar singgah menelisik lebih lanjut. Tempat itu memang menyajikan pesona lain dari wisata Provinsi Bali karena menyuguhkan keindahan alam yang diperindah lagi dengan tangan manusia.