Diamond Beach salah satu pantai yang unik dan memesona di bagian timur Nusa Penida, Bali. Memiliki alam sekitar pantai yang indah dan bukit karang yang bentuknya menyerupai berlian.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pejukutan, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung, Bali.

Di Bali terdapat pulau kecil di bagian tenggara bernama Nusa Penida. Pulau ini adalah pulau yang dipenuhi dengan keunikan yang selalu memikat wisatawan. Tempat ini menjadi destinasi terpopuler bagi wisatawan. Sehingga infrastruktur di sekitar pulau ini kini semakin dikembangkan dan diperbaiki dengan semenarik mungkin.

Di Nusa Penida ini terdapat pantai yang merupakan wisata bahari menjadi tujuan utama bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke Bali. Wisata yang penuh daya tarik ini adalah Pantai Diamond. Pantai yang baru-baru kini trending ini menjadi pusat wisata yang terfavorit.

Pantai ini berada sebelah timur pulau kecil Nusa Penida. Diamond Beach Nusa Penida ini diberikan nama Diamond karena pada pantai ini memiliki tebing berbentuk permata yang sangat indah. Tempat ini menjadi tujuan utama bagi pengunjung yang datang.

Daya Tarik yang Dimiliki Diamond Beach

Daya Tarik Diamond Beach
Image Credit: Instagram.com @baliislandvillas

1. Pantai yang Indah dengan Pasir Putih

Di Pantai dengan airnya yang biru dan pasir putih lembut ini sangat menawan hati bagi wisatawan yang datang. Ombak pantai yang tenang membuat aman untuk mandi dan berendam di pinggir pantai.

Keindahan pantai ini menjadi daya tarik tersendiri untuk pantai ini. Karena kejernihan air lautnya dan keindahan pantainya membuat pengunjung selalu betah di pantai Diamond Beach ini.

2. Surga Tersembunyi

Pantai Diamond ini berada di balik bukit yang tinggi. Itulah kenapa para wisatawan yang pernah singgah menyebutnya dengan nama surga yang tersembunyi.

Keberadaan pantai Diamond di balik bukit ini menjadi ciri khas. Dimana hal ini membuat wisatawan tertarik untuk berkunjung. Pantai ini selalu diramaikan oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

3. Bermain Ayunan

Di tepi pantai terdapat ayunan yang dapat Anda mainkan dan bisa menjadi spot foto yang unik. Inilah salah satu daya tarik di pantai ini. Anda bisa bermain ayunan di tepi pantai sambil menikmati keindahan alam pantai.

BACA JUGA:  Banah Cliff Point, Pesona Tebing Berlubang di Nusa Penida Bali
Daya Tarik Diamond Beach Bali
Image Credit: Instagram.com @_ro_man_

4. Banyak Spot Foto

Dengan menjelajahi sekitar bukit dan turun ke pantai Anda akan menemukan banyak spot foto yang khas Diamond Beach. Anda akan menemukan banyak tempat yang sangat bagus untuk dijadikan spot foto di media sosial Anda.

5. Panorama Sunset

Salah satu dari sekian alasan para wisatawan datang mengunjungi pantai yang dapat dinikmati dari ketinggian ini adalah untuk menikmati sunset terindah. Menikmati sunset terindah dari ketinggian ini selalu menjadi daya tarik yang tidak pernah membosankan.

6. Keindahan Pantai dari Atas Bukit

Pantai eksotis ini dapat Anda nikmati keindahannya dari atas tebing tinggi. Tidak hanya pantai dengan laut biru yang jernih, dari atas bukit ini Anda dapat menikmati batu karang yang menjulang tinggi di tengah dan pinggir pantai.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Diamond Beach

Alamat Diamond Beach
Image Credit: Instagram.com @_ro_man_

Diamond Beach Nusa Penida ini berada di pulau kecil di Nusa Penida, Kelungkung, Bali. Tepatnya di banjar Pelilit. Jika Anda berangkat dari dermaga Sanur atau dermaga Kusamba Bali. Anda bisa menggunakan Fastboat untuk menyebrangi laut dan sampai ke Nusa Penida. Tepatnya Anda akan sampai di pelabuhan Nusa Penida.

Ada dua pelabuhan di Nusa Penida untuk menuju ke lokasi. Jika Anda turun di pelabuhan Banjar Nyuh, Anda bisa menyewa mobil atau sepeda motor di sekitar area pelabuhan. Anda juga bisa memesan gojek atau menyewa mobil beserta drivernya. Dari pelabuhan Banjar Nyuh ini Anda akan sampai ke lokasi pantai selama 45 menit.

Pemberhentian fasboat yang lain yaitu di pelabuhan Toyapakeh. Anda juga bisa menyewa mobil atau sepeda motor di pelabuhan ini. Untuk sampai ke lokasi wisata ini Anda akan menghabiskan waktu sekitar 60 menit ke menuju Diamond Beach. Jarak tempuh ini bisa saja kurang atau lebih tergantung dari kondisi lalu lintas saat berkunjung.

Sesampainya di Pulau kecil yang indah ini Anda dapat melakukan penyewaan motor untuk berkeliling. Di sini disediakan motor maupun mobil bagi wisatawan.

Harga Tiket Masuk Diamond Beach Nusa Penida

Harga Tiket Diamond Beach
Image Credit: Instagram.com @sandy_sanleya

Harga tiket untuk menyebrang laut dari Bali ke Nusa Penida, Anda akan membayar Rp 100.000 sampai Rp 120.000 untuk berangkat saja. Harga tiket ini bisa berbeda-beda. Kemudian untuk sampai ke lokasi Anda dapat menyewa sepeda motor dengan harga Rp 70.000 sampai dengan Rp 200.000 bagi Anda yang ingin menyewa motor trail.

Di Diamond Beach ini selain biaya parkir, Anda akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp 5.000 bagi wisatawan lokal. Bagi wisatawan asing akan diberikan tarif sebesar Rp 10.000.

BACA JUGA:  6 Wisata Pantai di Nusa Penida Bali yang Paling Hits

Dengan tiket murah tersebut Anda akan dapat menikmati keindahan Diamon Beach ini dari atas bukit atau bisa langsung turun menuju ke bibir pantai. Pantai memukau ini dapat kamu nikmati sampai seharian full. Karena pantai ini buka selama 24 jam setiap harinya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Diamond Beach

Kegiatan di Diamond Beach
Image Credit: Instagram.com @rkusgiyata

1. Spot Foto di Tangga Tebing

Berfoto di tengah-tengah tangga dengan background laut biru di Pantai Diamond ini selalu menjadi rebutan. Tangga yang dibuat menuruni tebing menuju pantai ini sangat unik dan menarik.

Tangga kecil dengan rangkaian kayu untuk berpegangan di pinggirnya ini terlihat unik dan bagus dijadikan tempat berfoto. Sehingga banyak para wisatawan yang menuruni tangga dan hanya berfoto saja.

2. Spot Foto di Atas Tebing

Menikmati pesona pantai di atas tebing ini tidak kalah indahnya. Anda juga bisa mengambil foto sepuasnya di beberapa tempat di atas bukit ini. Namun, tempat terfavorit adalah di pinggir tebing dengan backround batu di tengah air laut yang jernih.

Dari atas tebing ini juga Anda bisa menikmati keindahan pantai. Bagi Anda yang tidak ingin turun ke bibir pantai, Anda bisa menikmati semilir angin dengan pesona alam yang indah dari atas.

3. Diving dan Snorkeling

Di Diamond Beach yang merupakan pantai yang masih alami dan asri ini, Anda bisa menikmati keindahan alam bawah laut. Kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan terfavorit bagi setiap wisatawan yang datang.

Anda akan dipandu oleh seorang operator berpengalaman untuk terjun menikmati pesona alam laut di pantai ini. Jadi Anda bisa diarahkan jika Anda adalah orang baru di daerah ini.

4. Wisata Outbond

Selain menikmati keindahan pantai mempesona ini, Anda juga bisa melakukan beberapa aktivitas yang asik bersama teman-teman dan kelompok Anda. Anda bisa memainkan beberapa games di pinggir pantai dengan pasir putihnya yang lembut.

Beberapa games yang dapat dimainkan di sini yaitu Dragon race, How dare you are, Instinct memory, moving bom, Star Heium, Raise me up dan games seru lainnya. Pada setiap games ini Anda akan dipandu oleh seorang master professional untuk games.

5. Jalan-Jalan di Sekitar Pantai

Pantai indah dengan ombak yang tenang dan suasana yang alami ini membuat para wisatawan yang datang lebih memilih untuk berjalan-jalan di sekitar pantai. Jalan-jalan dan menikmati pesona dan tenangnya pantai ini menjadi kegiatan favorit bagi beberapa pengunjung.

Selain menikmati deburan ombak, berjalan-jalan di pinggir pantai ini juga dapat menenangkan pikiran kacau Anda. Menghilangkan stress dari masalah kerja atau kuliah.

Penginapan Murah Terdekat Dari Diamon Beach

Penginapan Diamon Beach
Image Credit: Booking.com

1. Diamond Beach Bungalow

Penginapan ini hanya berjarak sekitar 200 meter menuju ke Pantai Diamond dan sangat dekat dari tempat wisata lainnya. fasilitas yang diberikan di bungalow ini adalah berupa tempat parkir pribadi, ada restoran dengan bar dan taman di sekitar bungalow.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Nusa Penida Terbaru & Terhits Buat Liburan

Selain itu, disediakan TV, ada WiFi, AC di dalam kamar. Ada tempat tidur dan kamar mandi pribadi. Yang membuat tempat ini unik adalah ada balkon yang memberikan pemandangan laut dan pegunungan dari bungalow. Anda juga bisa menikmati makan Anda di luar gedung.

2. Sunset Hill Cottage

Dari penginapan hanya butuh 16.85 km menuju ke Diamond Beach. Anda hanya akan membayar sekitar kurang lebih Rp 200.000 untuk semalam.

Fasilitas yang disediakan di penginapan ini adalah ruangan ber-AC, ada Wifi, TV, kamar mandi dengan hot tube dan shower. Anda dapat menikmati sarapan prasmanan ala Asia di tempat ini.

Anda juga dapat menyewa alat transportasi berupa sepeda, sepeda motor atau mobil. Jika Anda tidak ingin mengendarai kendaraan sendiri, Anda bisa menggunakan jasa antar jemput dari hotel.

3. Cemara Homestay

Di penginapan ini Anda akan mendapatkan fasilitas berupa kolam renang outdoor, parkir yang aman, taman dan lapangan golf. Di kamar Anda akan mendapatkan AC, TV, Wifi, tempat menjemur dan ada teras. Fasilitas umum lainnya yaitu ada bar di tepi kolam hotel.

Anda bisa meminta jasa penjemputan dan pengantaran ke tempat tujuan dengan kendaraan dari hotel. Tentunya Anda akan diminta untuk memberikan biaya tambahan diluar harga penginapan Anda.

4. La Roja Bungalow

Di bungalow ini Anda akan mendapatkan pelayanan dan fasilitas yang lengkap dan memuaskan. Tersedia fasilitas tempat parkir aman dan gratis, ada WiFi, AC, kolam renang, bar dan restoran. Setiap paginya Anda akan mendapatkan sarapan enak dan lezat.

Di kamar juga Anda akan disediakan teko dan kopi instan gratis. Di sekitar tempat ini ada area untuk bermain ski dan di bungalow ini tersedia penyewaan peralatan untuk bermain ski.

Fasilitas yang Tersedia di Diamond Beach Nusa Penida

Fasilitas di Diamond Beach
Image Credit: Instagram.com @dhylaasira

1. Akses Jalan menuju ke Bibir Pantai

Sebelum pantai ini terkenal seperti saat ini, pantai ini hanya dapat dinikmati dari kejauhan tebing bukit. Namun pada tahun 2018, seiring dengan ramainya pengunjung ke pantai ini mulailah dibuat akses jalan yang memudahkan wisatawan untuk turun dari tebing tinggi menuju bibir pantai.

2. Tempat Parkir yang Luas

Di atas bukit sebelum menuruni tangga, Diamond Beach menyediakan fasilitas tempat parkir yang luas dan aman untuk wisatawan. Bagi pengendara sepeda motor, Anda akan membayar uang parkir sebesar Rp 5.000 sedangkan bagi pengendara mobil, Anda akan dikenakan tarif sebesar Rp 10.000

Meskipun baru-baru dibuka Pantai Diamond selalu ramai dikunjungi. Dengan fasilitas seadanya, namun tidak membuat para pengunjung untuk membatalkan niatnya untuk datang menikmati keindahan pesona pantai ini.