Danau Tamblingan yang terletak di lereng utara Gunung Lesung Bali menawarkan panorama alam yang begitu menakjubkan. Danau yang masih asri dan berhawa sejuk mampu menarik perhatian wisatawan.

Lokasi: Munduk, Kec. Banjar, Kab. Buleleng.
Map: Cek Lokasi

Danau Tamblingan menjadi salah satu destinasi wisata alam yang ada di daerah Buleleng, Bali. Danau ini masih berada di satu kawasan dengan Danau Buyan dan tidak jauh dari Danau Beratan, Bedugul. Menjadi danau yang paling kecil dari danau lain yang ada di Bali.

Tempat wisata ini menawarkan suasana yang masih sangat asri dan begitu tenang. Tidak ada kendaraan bermotor maupun perahu mesin di sekitar danau ini. Tempat wisata ini tidak memiliki banyak fasilitas untuk menjaga keasrian alam danau dan sekelilingnya.

Pengunjung atau wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas menarik di danau ini. Bagi Anda yang sekedar ingin bersantai dan menikmati pemandangan alamnya, danau ini menyimpan beragam pesona dan daya tarik keindahan sebagai berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Danau Tamblingan

Daya Tarik Danau Tamblingan
Image Credit: Instagram.com @7vensuns

Tempat wisata di daerah Buleleng ini menawarkan pesona dan daya tarik keindahan alamnya. Suasananya pun asri dengan beberapa daya tarik sebagai berikut.

1. Hutan

Sebelum memasuki kawasan danau, Anda akan melewati area hutan. Dari tempat parkir, wisatawan harus berjalan kaki menyusuri hutan yang banyak ditumbuhi pepohonan besar dan rindang. Area parkir pengunjung memang sedikit jauh untuk menjaga keasrian kawasan wisata ini dari polusi asap kendaraan.

Walaupun tidak terlalu besar, perjalanan di hutan ini akan memanjakan wisatawan dengan suasana dan hawa sejuknya yang menenangkan. Anda bisa menikmati perjalanan dengan bercengkerama bersama teman atau rombongan yang Anda bawa.

2. Panorama Danau dan Pegunungan

Setelah memasuki gerbang atau loket masuk Danau Tamblingan, wisatawan akan langsung disuguhkan dengan pemandangan begitu indah dan mempesona. Hamparan danau dengan permukaan airnya yang tampak sangat tenang. Di tepian danaunya, Anda bisa melihat sebuah sampan yang bersandar dan siap untuk disewa wisatawan.

Danau ini dikelilingi oleh perbukitan hijau dengan udara yang segar. Pemandangan perbukitan yang menjulang tinggi ini semakin indah dengan pantulannya di permukaan air danau. Pepohonan hijau dan rindang pun membuat suasana di tempat ini menjadi lebih indah dan tentunya menyegarkan mata.

Tempat wisata ini terkenal dengan sebutannya sebagai danau kembar. Hal tersebut karena lokasi danau yang bersebelahan dengan Danau Buyan. Namun untuk danau ini lebih kecil dari yang dipisahkan oleh daratan yang tidak begitu luas. Wisatawan dapat menikmati pemandangan danau dari tepian atau dengan naik sampan ke tengah danau.

Jika ingin melihat danau di sebelahnya, wisatawan bisa mengaksesnya dengan sangat mudah. Ketenaran danau kembar ini membuat daya tarik tersendiri untuk tempat wisata di Buleleng ini. Banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara yang mengunjunginya.

Daya Tarik Danau Tamblingan Bali
Image Credit: Instagram.com @made31__

3. Suasana yang Asri

Keindahan dan pesona alam di Bali memang tidak ada habisnya menarik perhatian wisatawan. Di danau ini juga banyak wisatawan yang datang hanya untuk menikmati keindahan alam berupa danau dan pegunungannya yang masih sangat asri. Suasananya yang jauh dari perkotaan membuat kawasan ini memiliki suasana yang begitu tenang.

Peraturan untuk tidak menggunakan kendaraan, juga membuat udara di sekitar kawasan ini sangat asri. Wisatawan yang datang ke danau ini dapat menikmati suasana asri tanpa gangguan knalpot motor, deru mesin, atau kebisingan lainnya. Suara alam dengan sayup angin dan suara-suara burung menjadi teman Anda di danau ini.

4. Pura

Salah satu daya tarik dari wisata alam Danau Tamblingan adalah adanya bangunan pura. Wisatawan dapat melihat dari dekat bangunan suci ini untuk menikmati keindahannya. Jumlah pura yang ada di kawasan ini sekitar 11 bangunan yang seringkali dimanfaatkan wisatawan untuk background foto.

Bangunan pura dengan desain khas Bali menjadi daya tarik dari wisata danau kembar ini. Wisatawan juga disarankan untuk menjaga kesopanan dan perkataan selama berada di kawasan ini atau kawasan suci lainnya yang ada di Bali.

5. Keramba Apung

Danau yang masih digunakan untuk warga sekitar menangkap ikan ini kondisinya masih sangat bagus dan alami. Airnya bersih dengan keanekaragaman hayati yang memberikan banyak manfaat untuk masyarakat di sekitar danau.

Wisatawan pun dapat menikmati suasana ini dan melihat aktivitas masyarakat sekitar yang menangkap ikan. Ada keramba apung kecil yang biasa digunakan oleh masyarakat. Selain itu, jembatan kayu di pinggir danau dengan ujungnya berupa atap jerami juga memberikan daya tarik lain dari tempat wisata ini.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Danau Tamblingan

Lokasi Danau Tamblingan
Image Credit: Instagram.com @anett_pol

Terletak di lereng Gunung Lesung dekat Danau Buyan. Jika Anda berada di Kota Kuta, lokasi danau ini ada di sisi utara. Ambil rute menuju ke arah Jalan Bedugul – Singaraja. Anda akan melewati beberapa tempat wisata seperti Danau Beratan, Bedugul.

Jalanan yang akan Anda tempuh berupa jalanan menanjak, sehingga pastikan dulu kendaraan yang digunakan dalam kondisi bagus. Saat melewati area perbukitan, Anda bisa melihat kawanan kera. Ambil arah kiri di persimpangan Wanagiri-Singaraja atau lihat papan penunjuk arah ke Munduk.

Selama perjalanan ini, Anda dapat melihat danaunya dari ketinggian. Melewati Bukit Kembar Gobleng yang sering dijadikan spot favorit untuk menikmati pemandangan danau dari atas bukit. Jika ingin mencapai lokasi danaunya, lanjutkan perjalanan hingga menemukan gerbang masuk danau dengan kondisi jalannya berupa turunan.

Objek wisata yang dekat Danau Buyan ini merupakan salah satu destinasi wisata yang murah meriah. Tiket masuk pengunjung hanya sekitar Rp 10.000,- per orang. Setelah membayar tiket masuk, wisatawan dapat menikmati keindahan danau ini sepuasnya. Namun untuk naik sampan, wisatawan perlu membayar lagi untuk sewa.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Danau Tamblingan

Kegiatan Menarik Danau Tamblingan
Image Credit: Instagram.com @ramayanatabikobo

1. Yoga

Suasana yang tenang di danau ini sering dimanfaatkan pengunjung untuk melatih yoga. Kegiatan seperti ini biasanya dilakukan di pagi hari di sekitar pura. Lokasi ini juga sering dijadikan tempat untuk camping atau kegiatan pramuka.

Udara yang segar dan bebas polusi dapat dinikmati di sekitar kawasan ini. Anda yang ingin mencoba yoga atau mencari ketenangan dan kedamaian batin, dapat memanfaatkan suasana yang ditawarkan danau ini.

2. Naik Perahu

Sampan kecil atau yang biasa disebut pedahu oleh masyarakat Bali biasanya akan ditemui di pinggir danau. Sampan kecil inilah yang sering digunakan oleh masyarakat sekitar untuk memancing ikan di Danau Tamblingan.

Selain untuk memancing, sampan atau perahu kecil juga disewakan untuk wisatawan. Cara bersantai di tempat wisata ini memang dapat dilakukan dengan cara naik sampan. Anda bisa menyusuri danau dan menikmati pemandangan di sekitarnya yang indah. Menenangkan diri dengan suasana danau yang jauh dari kebisingan.

3. Menikmati Sunrise

Walaupun udara di sekitar kawasan ini cukup dingin, keindahan sunrise bisa menjadi buruan menarik saat Anda mengunjungi danau ini. Warna-warna cantik dan hangat akan menghiasi langit dan permukaan air danau.

Keindahan sunrise akan terasa semakin syahdu dengan perbukitan di sekelilingnya yang tampak hijau berkabut. Kabut-kabut tipis perlahan akan menghilang dari kawasan danau ini. Pemandangan seperti inilah yang paling indah untuk dinikmati wisatawan.

Kegiatan Menarik di Danau Tamblingan
Image Credit: Instagram.com @desiliciousdesi

4. Berfoto

Pengunjung sebaiknya tidak lupa untuk membawa peralatan fotografi. Saat mengunjungi tempat wisata ini akan terasa membosankan jika Anda tidak berfoto-foto. Apalagi pemandangan yang ada akan sangat disayangkan apabila tidak diabadikan dalam foto. Danau ini sering dijadikan lokasi untuk melakukan foto-foto preweding.

Biasanya wisatawan yang ingin berfoto akan memanfaatkan pemandangan danau dan pegunungan di sekitarnya. Anda juga bisa mendekat ke arah pura, untuk mengambil gambar dengan latar yang lebih khas Bali.

Bagi Anda yang sedang hunting foto, waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah di pagi hari. Kabut tipis yang masih menyelimuti beberapa area danau bisa menjadi latar belakang foto yang cantik. Cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan foto romantis di danau ini bersama pasangan.

5. Memancing

Danau ini masih digunakan oleh beberapa masyarakat untuk menangkan ikan. Mereka menggunakan cara tradisional dengan memancing ikan sehingga tidak merusak kealamian kawasan ini.

Wisatawan dapat melihat beberapa warga yang sedang menangkan ikan di danau. Jika tertarik, Anda bisa menyewa sampan untuk ikut memancing di tengah danau. Sambil menunggu ikan datang, Anda bisa menikmati pemandangan alam di sekitar danau ini yang membuat suasananya tidak akan membosankan.

Fasilitas yang Tersedia di Danau Tamblingan

Fasilitas di Danau Tamblingan
Image Credit: Twitter.com @yotiicc

Tempat wisata ini menjaga keaslian dan keasrian alamnya sehingga fasilitas yang tersedia tidak terlalu banyak. Fasilitas tempat parkir ada di dekat danau atau bisa juga di sekitar pemukiman warga. Wisatawan tidak perlu membayar biaya parkir alias gratis.

Saat di loket masuk, wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk yang sangat terjangkau. Selanjutnya Anda bisa menikmati danau ini sepuasnya. Apabila ingin naik sampan atau pedahu, Anda bisa menyewanya ke warga setempat.

Itulah beberapa informasi menarik mengenai wisata Danau Tamblingan dengan pesona keindahan alamnya yang sangat asri. Walaupun fasilitasnya cukup terbatas, wisatawan dapat menikmati tempat wisata ini dengan banyak aktivitas yang menarik dan menyenangkan.