Danau Segara Anak merupakan danau air panas yang eksotis berada di kawah Gunung Rinjani, Pulau Lombok. Wisata alam yang menyuguhkan pemandangan danau dan pegunungan yang cocok dimasukkan dalam list liburan Anda selanjutnya.

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Sembalun Lawang, Kec. Sembalun, Kab. Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Danau Segara Anak merupakan salah satu tempat wisata alam yang menyimpan sejuta keindahan. Oleh sebab itu, tempat wisata tersebut akan sayang apabila belum pernah Anda kunjungi. Berlibur di sana juga tidak akan membosankan karena banyak hal yang bisa dilakukan.

Pengunjung yang datang ke sini kebanyakan berasal dari kalangan anak muda. Hal ini karena memang tempat wisata alam yang satu ini menyajikan berbagai keunikan yang sesuai dengan selera anak muda. Namun, ada juga pengunjung yang berasal dari kalangan orang dewasa.

Ketika berkunjung ke tempat wisata ini, dijamin para pengunjung akan merasakan pengalaman yang tidak akan bisa dilupakan. Meski begitu, ternyata masih ada banyak orang yang belum mengenal tempat wisata ini. Oleh karena itu, berikut ini disajikan berbagai informasi menarik yang membahas tentang tentang tempat wisata ini secara lebih dalam.

Daya Tarik yang Dimiliki Danau Segara Anak

Daya Tarik Dimiliki Danau Segara Anak
Image Credit: Facebook.com @funk.gsu

1. Salah Satu Danau Tertinggi di Indonesia

Tak heran apabila danau yang satu ini merupakan tempat wisata yang sangat diperhatikan dengan baik. Padahal juga ada tempat wisata Gunung Rinjani yang sangat terkenal terletak di dekat danau tersebut. Alasannya tidak hanya karena mempunyai panorama alam yang memukau saja, tetapi juga karena menjadi salah satu gunung tertinggi di Indonesia.

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa Danau Hebana adalah yang paling tinggi di Indonesia, kemudian disusul oleh Danau Kumbolo, Danau Gunung Tujuh, serta Danau Segara Anak. Hal itulah membuat danau tersebut sebagai wisata alam yang cukup direkomendasikan.

2. Sebuah Gunung di Tengah Danau

Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh tempat wisata danau ini yaitu adanya sebuah gunung yang letaknya berada di tengah-tengah danau. Gunung yang dimaksud tersebut dinamakan sebagai Gunung Baru Jari. Pemandangan yang ditawarkan dari gunung tersebut semakin mempercantik visual dari danau ini.

3. Sumber Air Panas

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki oleh tempat wisata yang satu ini yaitu adanya sumber air panas. Di sekitaran danau, para wisatawan juga akan menjumpai beberapa sumber air panas yang mempunyai tingkat berbeda-beda.

Air panas tersebut bisa digunakan karena tidak memiliki efek yang berbahaya. Berdasarkan kepercayaan yang dianut oleh Suku Sasak, sumber air panas tersebut mampu mengobati segala penyakit.

Daya Tarik Danau Segara Anak
Image Credit: Twitter.com @De0nes

4. Pohon Tua Keramat

Kawasan Danau Segara Anak juga terdapat pohon tua yang tumbuh subur di sana. Pohon tua tersebut telah dikeramatkan oleh para warga setempat. Melalui perantara pohon ini, warga percaya bahwa keinginan mereka bisa menjadi kenyataan. Kepercayaan ini sudah melekat pada diri warga secara turun-temurun dari nenek moyang terdahulu.

5. Banyak Ikan

Di dalam air danau, terdapat banyak ikan yang hidup dan berkembangbiak di bawah sana. ikan-ikan tersebut sering berlalu-lalang secara bergerombol. Warnanya juga cantik, sehingga mampu menarik mata pengunjung untuk melihatnya. Adanya ikan-ikan ini semakin menambah keindahan air danau tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Danau Segara Anak

Alamat Danau Segara Anak
Image Credit: Google Maps (Budi Muryanto)

Lokasi dari Danau Segara Anak ini ada di daerah Lombok Timur, tepatnya di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun. Lokasinya berada dekat persis dengan Gunung Rinjani, di bagian lembah sisi Barat gunung tersebut.

Rute yang harus dilalui oleh para pengunjung apabila dimulai dari Kota Lombok, maka bisa langsung menaiki angkot menuju ke tempat wisata. Rute yang akan ditempuh juga tidak banyak kendala dan terbilang cukup baik. Setelah sampai di lokasi tempat wisata danau, maka Anda akan disuguhkan dengan bentangan alam yang sangat eksotis.

Jika Anda tersesat saat ada di tengah-tengah perjalanan, ada banyak warga sekitar yang bisa membantu atau ditanyai. Sebagian besar warga di sekitaran sana pasti sudah paham dengan rute untuk menuju ke tempat wisata tersebut. Selain itu, Anda dapat memanfaatkan aplikasi peta yang ada di smartphone.

Saat akan berkunjung ke suatu tempat wisata, pasti harus mempertimbangkan berbagai macam biaya yang nantinya harus dikeluarkan. Tak terkecuali juga dengan tempat wisata Danau Segara Anak ini. Di danau ini, para pengunjung wajib membayar sejumlah uang untuk bisa memasuki kawasan tempat wisata.

Namun, tenang saja karena harga tiket masuk ke tempat tersebut tidak dibandrol dengan harga yang cukup fantastis. Pengunjung cukup merelakan uangnya sejumlah 35 ribu rupiah saja untuk membayar tiket masuknya. Harga ini juga berlaku sama dengan semua hari atau tidak ada perubahan harga walaupun hari libur sekalipun.

Dengan membayar sejumlah uang yang telah disebutkan tadi, para pengunjung sudah bisa menghabiskan waktu di tempat wisata ini sampai sepuasnya. Pasalnya, tempat wisata ini setiap harinya buka selama 24 jam penuh. Dengan tidak adanya batasan jam buka tersebut, maka liburan Anda akan semakin terasa menyenangkan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Danau Segara Anak

Kegiatan Menarik di Danau Segara Anak
Image Credit: Twitter.com @Zenzaine

1. Camping

Karena tidak tersedia penginapan atau hotel yang terletak dekat dengan Danau Segara Anak, maka bagi pengunjung yang ingin bermalam bisa camping di tempat ini. Area yang cocok untuk mendirikan tenda yaitu tepat di pinggiran danau. Saat malam tiba, Anda dapat menyalakan api unggun sembari menyantap beberapa kudapan yang sudah disiapkan sebelumnya.

Sensasi menghabiskan malam di tempat wisata ini pasti akan sangat mengasikkan. Apalagi ditemani dengan banyak teman atau sahabat. Hembusan angin malam, cahaya bulan, kelap-kelip bintang, serta suara hewan-hewan malam akan menemani keseruan Anda saat camping di sini.

2. Memancing

Kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan saat berlibur ke danau yang satu ini yaitu memancing ikan. Di tempat wisata ini para pengunjung dapat bebas melakukan aktivitas memancing ikan. Namun, karena tidak adanya penjual dan penyewaan alat pancing, maka Anda harus membawa dan mempersiapkannya sendiri.

Banyaknya ikan yang hidup di air danau membuat aktivitas memancing tidak akan terasa membosankan. Hal itu karena pasti ikan-ikan akan banyak yang memakan umpan dari pancing. Anda dapat membawa pulang atau membakar dan menikmati ikan hasil tangkapan sendiri.

3. Mendaki Gunung

Saat berlibur di danau ini, Anda dapat sekalian melakukan aktivitas mendaki gunung yang ada di sana, seperti Gunung Rinjani. Lokasi sekitar danau yang satu sangat pas untuk dijadikan para pendaki sebagai titik start. Para pendaki dapat beristirahat sebentar di kawasan sekitar danau sebelum melakukan kegiatan mendaki gunung.

Akan tetapi, apabila Anda datang ke sini dengan tujuan ingin mendaki gunung, sebaiknya jangan melakukannya seorang diri. Pasalnya, ada banyak kabar mengenai pendaki yang tersesat dan hilang karena melakukan pendakian seorang diri saja. Pastikan pula perbekalan makanan dan perlengkapan keamanan sudah Anda sediakan dengan baik.

Kegiatan di Danau Segara Anak
Image Credit: Facebook.com @wego.indonesia

4. Berendam Air Panas

Sumber air panas yang ada di Danau Segara Anak ini bisa menjadi tempat berendam diri oleh para pengunjung. Selain berendam diri, Anda juga bisa hanya sekedar mencelupkan bagian kaki ke dalam sumber air panas. Sebenarnya, airnya bukan panas apalagi sampai mendidih, melainkan hangat. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir tubuh akan kepanasan.

Dengan mencelupkan bagian tubuh di sumber air panas di sana, maka segala lelah yang dirasakan akan seketika menghilang. Tubuh juga akan semakin terasa hangat dan tenang. Oleh karena itu, kegiatan yang satu ini akan sayang apabila dilewatkan.

5. Melakukan Ritual

Masyarakat setempat sering melakukan kegiatan berupa berbagai ritual yang di tempat wisata ini. Hal itu karena danau ini dipercaya merupakan tempat yang sakral dan mempunyai nilai religi cukup tinggi. Dahulu, ada mitos yang mengatakan bahwa area di sekitar danau ini digunakan sebagai tempat tinggal dan bermukimnya banyak jin. Selain danau, Gunung Rinjani juga disebut banyak dihuni oleh jin.

Fasilitas yang Tersedia di Danau Segara Anak

Fasilitas di Danau Segara Anak
Image Credit: Google Maps (Budi Muryanto)

Dari data yang diperoleh, fasilitas yang banyak diharapkan oleh para pengunjung seperti tempat ibadah, kamar mandi, penginapan, tempat makan, dan lain sebagainya sayang sekali belum tersedia di tempat wisata Danau Segara Anak ini. Alasannya mungkin karena berusaha untuk terus menjaga dan melestarikan nuansa alam yang ada di sana.

Walaupun begitu, para pengunjung masih dapat bolak-balik ke fasilitas atau penginapan yang bukan di sekitaran tempat wisata karena aksesnya yang mudah. Sehingga, para pengunjung tidak terlalu mengeluh tentang kurangnya fasilitas yang ada di sana. jadi, untuk Anda yang akan berkunjung ke sini, sebaiknya bawa perbekalan berupa makanan dan minuman dari rumah dengan jumlah yang agak banyak.

Itu tadi berbagai macam informasi menarik yang membahas mengenai seluk beluk dari tempat wisata Danau Segara Anak. Berbagai potensi yang dimiliki oleh tempat wisata tersebut memang wajib untuk dirawat dan dikelola dengan baik. Pasalnya, danau yang satu mampu menjadi senjata dalam menarik para pengunjung terutama orang asing untuk berkunjung di tanah air.