Danau Buyan merupakan danau terluas di Buleleng Bali yang menawarkan pesona alam yang menakjubkan dan menjadi tempat camping favorit untuk beragam kegiatan seru.

Lokasi: Pancasari, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng.
Map: Cek Lokasi

Danau Buyan merupakan danau terbesar ketiga yang ada di Pulau Bali. Danau ini menyuguhkan suasana alam yang tenang dan sepi karena letaknya yang jauh dari polusi dan kebisingan kota. Udara pegunungan yang segar, air danau yang jernih, dan deretan hutan tropis yang teduh adalah ciri khas danau cantik ini.

Danau ini memiliki luas hampir 3,9 km persegi, memiliki kedalaman 87 meter dan berada di ketinggian 1.350 meter di atas permukaan laut. Wilayah konservasi Danau Buyan ini sangat luas yaitu 15.000 hektar, sudah termasuk luas hutan dan luas danau. Lumayan melelahkan jika para pengunjung berjalan kaki untuk mengeksplor hutan di area tempat wisata.

Wisata alam Danau Buyan masih sangat alami karena tidak ada aktivitas wahana semacam watersports. Danau ini tidak terjamah oleh tangan-tangan investor sehingga danau ini benar-benar masih asli. Masyarakat Bali sendiri menganggap danau ini sakral sehingga tetap selalu dijaga kebersihan dan kelestariannya.

Daya Tarik yang Dimiliki Danau Buyan

Daya Tarik Danau Buyan
Image Credit: Twitter.com @milzamfahri

Danau ini adalah wisata alam favorit di daerah Buleleng, Bali yang paling besar. Pemandangan yang terlukis di danau ini masih sangat asri. Terkadang para pengunjung akan menemui kera-kera yang bergelantungan di pepohonan di area hutan sekitar danau. Danau ini dapat menjadi pilihan destinasi wisata bagi pengunjung yang menginginkan nuansa alam yang masih perawan.

1. Pesona Alam yang Masih Sangat Alami

Aktivitas di danau ini mengedepankan kearifan lokal. Perahu-perahu yang digunakan oleh para nelayan masih tradisional. Tidak ada aktivitas modern seperti wahana watersports di danau ini. Air danaunya bersih, jernih dan tidak ada sampah-sampah berserakan. Pengunjung akan merasa nyaman dengan kealamian yang dimiliki danau ini.

BACA JUGA:  Air Terjun Munduk, Air Terjun Terindah di Buleleng Bali

2. Danau Kembar yang Terkenal di Bali

Mungkin belum banyak wisatawan yang tahu bahwa danau ini memiliki kembaran yakni Danau Tamblingan. Dulunya, Danau Buyan dan Danau Tamblingan adalah satu danau besar. Namun kedua danau tersebut terpisah akibat longsor tahun 1818.

Akibatnya, terjadi pendangkalan pada danau dan akhirnya terbentuk hutan dengan vegetasi yang baru. Kini, sebuah kanal kecil memisahkan kedua danau tersebut.

3. Dianggap Sakral oleh Masyarakat Bali

Sumber mata air di danau ini dianggap sebagai sumber kehidupan masyarakat Bali. Mereka mengambil air dari danau ini untuk kebutuhan irigasi perkebunan dan persawahan mereka.

Karena dianggap sakral, maka di area danau ini dibuat sebuah tempat suci untuk masyarakat Bali bersembahyang. Tempat sembahyang tersebut adalah Pura Ulun Dalu yang letaknya agak tinggi, di sebelah sisi utara danau.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Danau Buyan

Lokasi Danau Buyan
Image Credit: Instagram.com @dirganfasa

Danau eksotis ini merupakan salah satu tempat wisata unggulan di Buleleng, Bali. Tepatnya di daerah Pancasari. Untuk menuju ke danau ini membutuhkan waktu berkendara sekitar 1,5 jam dari pusat kota Denpasar. Jarak antara pusat kota Denpasar dengan lokasi danau ini sekitar 30 km.

Rasa lelah sepanjang perjalanan akan sirna ketika telah sampai di lokasi karena suasana tenang di Danau Buyan. Para pengunjung dapat menyewa sepeda motor maupun mobil beserta sopir yang sudah berpengalaman untuk menuju ke danau yang indah ini.

Jika menggunakan sepeda motor, pengunjung akan satu jam lebih cepat sampai ke lokasi dibandingkan menggunakan mobil. Supaya lebih mudah, sepanjang perjalanan para pengunjung dapat menggunakan bantuan google maps dengan kata kunci ‘Danau Buyan Bali’.

Jasa rental mobil untuk menuju ke lokasi danau memakan biaya sekitar Rp 200.000 belum termasuk sopir. Selama perjalanan menuju lokasi, para pengunjung akan dimanjakan dengan deretan hutan tropis dengan fauna-faunanya dan hamparan kebun-kebun strawberry. Rute menuju ke danau melintasi pedesaan dengan panoramanya yang indah.

Harga Tiket Masuk Danau Buyan Bali

Harga Tiket Masuk Danau Buyan
Image Credit: Instagram.com @tepibuyancampfire

Bagi pengunjung yang ingin melepas penat sejenak ke Danau Buyan, danau ini dibuka setiap hari Senin – Minggu mulai pukul 08.00 hingga pukul 19.00 WITA. Harga tiket masuk tempat wisata per 2020 adalah Rp 10.000 per orang saat weekday maupun weekend. Pengunjung dapat menghubungi call center 0813-3854-6174 untuk informasi lengkap mengenai tempat wisata ini.

BACA JUGA:  Air Terjun Banyumala, Indahnya Air Terjun Tersembunyi di Buleleng Bali

Biaya parkir sepeda motor di lokasi ini adalah Rp 3000, sedangkan parkir mobil dikenakan biaya Rp 5000. Harga tiket masuk dan parkir di atas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan keputusan pengelola lokasi wisata maupun Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng.

Para pengunjung juga dapat menyewa tenda untuk camping di area danau dengan merogoh kocek Rp 125.000 untuk harga 1 tenda dengan kapasitas maksimal 4 orang. Pengunjung juga dapat membeli kayu bakar 1 ikat dengan harga Rp 10.000, 1 botol minyak tanah dengan harga Rp 10.000 dan canang Rp 2000 untuk kebutuhan camping.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Danau Buyan

Kegiatan Menarik Danau Buyan
Image Credit: Instagram.com @leon_ersyach

1. Memancing di Tepi Danau

Para pengunjung dapat menikmati semilir angin dan pemandangan Danau Buyan sembari duduk bersantai di tepi danau. Selain itu, bagi pengunjung yang hobi memancing, danau ini sangat direkomendasikan karena memiliki aliran air yang tenang. Pengunjung dapat membawa peralatan memancing sendiri maupun menyewa di area wisata.

2. Keliling Danau Dengan Menyewa Perahu Tradisional

Kegiatan menarik lainnya yang dapat dilakukan di area danau adalah menyewa perahu tradisional untuk mengelilingi danau. Selama berkeliling danau, para pengunjung juga dapat sembari memancing dari atas perahu. Pemandangan danau yang luas, suasana alam yang syahdu, dan hamparan pepohonan yang rindang akan setia menemani para pengunjung selama berkeliling danau.

3. Hunting Foto di Area Danau

Setiap sudut danau mempunyai estetika tersendiri. Para pemburu fotografi akan sangat bahagia berada di danau ini karena setiap sudut danau yang instagramable. Tak lengkap rasanya jika pulang ke rumah tidak membawa oleh-oleh berupa kenangan manis yang diabadikan melalui bidikan kamera. Terlebih lagi jika sebelumnya belum pernah mengunjungi danau ini.

4. Camping di Area Sekitar Danau

Para wisatawan lokal maupun mancanegara yang memiliki hobi berpetualang, kegiatan camping dapat dilakukan di kawasan wisata ini. Wisata danau ini terkenal dengan bumi perkemahannya. Area perkemahan berada di sisi selatan danau.

Jika tidak membawa peralatan camping, di bumi perkemahan ini terdapat jasa sewa tenda. Liburan di Danau Buyan akan lebih berkesan jika pengunjung menghabiskan malam disini.

Berikut adalah sedikit tips untuk para pengunjung yang ingin camping di bumi perkemahan Danau Buyan: Membawa selimut tebal atau sleeping bag supaya tidak kedinginan karena suhu udara di danau sangat dingin, membawa bekal makanan yang cukup supaya tidak kelaparan saat udara dingin, dan hindari musim liburan karena di destinasi ini sangat padat saat musim liburan.

BACA JUGA:  Air Terjun Banyu Wana Amertha, Air Terjung Unik & Eksotis di Buleleng Bali
Kegiatan Menarik di Danau Buyan
Image Credit: Instagram.com @tamandenbukitcamping

5. Memetik Buah Strawberry

Di sepanjang jalan pedesaan sekitar danau terdapat hamparan ladang perkebunan khas dataran tinggi.. Buah strawberry merupakan salah satu hasil perkebunannya. Para petani perkebunan tersebut tidak hanya menjual hasil berkebun buah strawberry tersebut ke pasar, namun juga melayani para wisatawan yang ingin memetik dan membeli langsung buah strawberry di perkebunan mereka.

6. Bermain Ayunan di Puncak Danau

Ayunan di puncak sekitar danau ini merupakan salah satu spot foto yang menarik. Para pengunjung hanya perlu membayar Rp 5.000 saja jika ingin merasakan sensasi berayun di ketinggian. Meskipun sangat menegangkan dan menguji adrenalin, berfoto di spot ini mampu menghilangkan kejenuhan yang dirasakan. Pesona danau ini terlihat jelas di depan mata saat menaiki ayunan ini.

7. Mengunjungi Pura Ulun Danu Buyan dan Wantilan

Pura Ulun Danu Buyan terletak di bagian utara tepi danau. Ada juga wantilan besar yang dibangun di tepi danau. Pura tersebut digunakan sebagai tempat ibadah masyarakat Bali. Karena tempatnya lebih terbuka, maka wantilan digunakan sebagai tempat berkumpul para wisatawan lokal maupun mancanegara, bukan sebagai tempat ibadah.

8. Menjelajahi Hutan dan Perbukitan Sekitar Danau

Kegiatan menjelajah dengan tracking dan hiking di area hutan dan perbukitan di kawasan wisata Danau Buyan ini banyak diminati oleh para wisatawan. Para wisatawan dapat melakukan kegiatan tersebut dengan berjalan kaki, menggunakan sepeda maupun motor trail.

Motor selain trail tidak diperkenankan digunakan di area ini. Perbukitan yang bisa didaki dan hutan yang bisa dijelajahi terdapat di bagian belakang bumi perkemahan.

Fasilitas yang Tersedia di Danau Buyan

Fasilitas di Danau Buyan
Image Credit: Instagram.com @tepibuyancampfire

Danau ini sudah memiliki fasilitas yang lengkap untuk mendukung kebutuhan pengunjung. Fasilitas tersebut antara lain warung makanan dan minuman, persewaan perahu untuk berkeliling danau, persewaan alat pancing dan camping, kesatuan pengamanan untuk penjagaan area camping, kamar mandi, toilet, lahan parkir yang luas, tempat penginapan, bahkan spot foto yang menarik.

Demikianlah informasi mengenai fasilitas yang ada di Danau Buyan, daya tarik yang dimiliki, alamat dan rute menuju ke danau, bahkan kegiatan menarik yang dilakukan di lokasi wisata yang indah ini. Terdapat juga deskripsi mengenai harga tiket masuk dan parkir di danau yang terletak di Pulau Dewata ini.