Surga yang tercipta dari ledakan Gunung Lesung. Danau Beratan Bedugul, sebuah kaldera besar dengan pesona Pura Ulun Danu dan menjadi salah satu wisata alam terkenal di Bali.

Lokasi: Desa Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan.
Map: Cek Lokasi

Nama Danau Bedugul lebih familiar dan dikenal oleh wisatawan daripada nama aslinya yang merupakan Danau Beratan. Sebuah Danau yang berada di Kabupaten Tabanan ini memiliki keindahan tersendiri yang membuatnya istimewa dibanding danau lain yang ada di Bali.

Danau yang tercipta dari letusan Gunung Lesung pada zaman dahulu ini memiliki kedalaman 23 meter. Anda dapat menikmati pemandangan danau dari atas perahu. Danau ini adalah salah satu destinasi terkenal yang wajib ada dalam daftar kunjungan Anda jika datang berlibur ke Bali. Suasana sejuk yang Anda dapatkan di sini dapat merileks-kan sejenak tubuh Anda.

Pemandangan di Danau Beratan ini juga tidak kalah bagus. Terdapat Pura Ulun Danu yang menjadi salah satu dari sembilan pura Kahyangan Jagat, pura yang mengelilingi Pulau Dewata. Ketika Anda mengunjungi tempat ini, Anda akan disuguhkan keindahan pura yang seperti mengambang di atas danau.

Daya Tarik Wisata yang Dimiliki Danau Beratan

Danau Bedugul
Image Credit: Wisataku.id

Danau cantik yang terletak di Bedugul, Bali adalah satu dari tiga kaldera yang tercipta dari ledakan Gunung Lesung. Dua danau lainnya adalah Danau Buyan dan Danau Tamblingan yang sering disebut Danau Kembar.

1. Terdapat Pura di Tengah Danau

Pura Ulun Danu adalah sebuah tempat ibadah bagi umat beragama Hindu yang ada di Bedugul, Bali. Pura ini berada di tengah Danau Beratan dan pengunjungnya sangat ramai. Pura dan danau ini sendiri merupakan salah satu destinasi terkenal di Bali, sehingga saat masa sepi sekalipun, wisatawan yang datang ke sini tetap banyak.

Saat air danau naik, Pura Ulun Danu seolah terlihat mengambang di atas permukaan air. Keindahan tempat ini tidak perlu diragukan, banyak pengunjung yang ingin mengabadikan keindahan ini dan menyebarluaskan ke khalayak ramai.

Anda dapat menikmati pemandangan pura dari dekat dengan menaiki perahu sampan atau speed boat yang tersedia di sana. Ada juga perahu bebek bagi pengunjung yang membawa anak-anak, sehingga mereka tertarik mengelilingi danau.

2. Udara di Sekitar Danau yang Sejuk

Danau Beratan dikelilingi perbukitan yang tinggi dan berada pada ketinggian sekitar 1.239 meter di atas permukaan laut. Sembari berlibur, Anda dapat menikmati suasana asri seolah berada di pedesaan yang tenteram. Selain itu, curah hujan di daerah Bedugul juga sangat tinggi sehingga udara di sekitar sana sangat sejuk.

Jika beruntung, ketika Anda berkunjung kemari Anda akan menemui fenomena kabut tipis yang menyelimuti pura dan lingkungan sekitar danau dikarenakan dinginnya cuaca. Pemandangan ini akan semakin memperindah dan memanjakan mata Anda.

3. Tersedia Fasilitas untuk Menikmati Keindahan

Selain keindahan danaunya yang membuat Anda betah, terdapat pula beberapa fasilitas yang membuat Anda semakin nyaman ketika berkunjung ke sana. Beberapa diantaranya adalah speed boat dan perahu kecil yang akan membawa anda mengelilingi danau serta menunjukkan pada Anda pemandangan Pura Ulun Danu dari berbagai sudut pandang.

Daya Tarik Danau Beratan
Image Credit: Google Maps (Andreas Nemec)

4. Adanya Taman Bunga Keren

Jika Anda lebih memilik berjalan kaki untuk menikmati keindahan, maka Anda dapat mengunjungi taman bunga yang ada di sekitaran danau. Banyak jenis bunga hias dengan warna yang berbeda ditanam dan tumbuh mengelilingi pinggiran danau. Anda juga memiliki pilihan lain dengan menggoes sepeda untuk menikmati pemandangan taman yang tidak kalah eksotis.

Indahnya pohon cemara yang berjejeran di sana juga dapat menyihir mata Anda, seolah menunjukkan kepada Anda bahwa tempat ini adalah spot terbaik untuk menghabiskan waktu saat liburan. Jangan lupakan rerumputan hijau dan semak yang sudah tertata rapi untuk menambah daya tarik tempat yang menjadi destinasi wisata ini.

Selain beberapa yang tertulis di atas, tidak jauh di kawasan objek wisata Pura Ulun Danu, Anda dapat melihat kijang atau rusa yang ada. Jika Anda membawa anak-anak, Anda dapat mengajak mereka mendekat pada binatang-binatang ini dan memberi mereka makan yang sudah disediakan oleh pihak tempat wisata atau Anda bisa membawa sendiri pakan binatang tersebut.

5. Ada Area Perkebunan dan Buah-Buahan

Tidak jauh dari Danau Beratan, Anda juga bisa menemukan perkebunan sayur dan buah-buahan yang tertata rapi. Dengan panduan dari penjaga kebun Anda dapat melihat-lihat serta bisa mencoba hasil bumi yang segar langsung dari kebun itu sendiri.

6. Pemandangan Danau yang Indah

Banyak orang sangat menginginkan mengabadikan foto mereka dengan pura sebagai latar belakangnya. Danau ini juga akan sangat indah pada waktu-waktu tertentu, seperti saat matahari tenggelam, semburat jingga yang terlukis di langit akan memanjakan mata Anda.

Gambaran perbukitan dan pura yang berada dalam bayangan saat waktu senja seolah membuat keindahannya bertambah dua kali lipat. Saat-saat seperti itulah yang banyak dinantikan oleh para pengunjung.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Danau Beratan

Lokasi Danau Beratan
Image Credit: Google Maps (Andreas Nemec)

Danau ini berada di pinggir jalan raya yang menghubungkan Kabupaten Tabanan dengan Kabupaten Buleleng. Alamat lengkap dari danau ini sendiri adalah Jalan Raya Candi Kuning – Bedugul, Desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

Jika Anda berkendara dari Kuta, butuh waktu sekitar 2 jam dan menempuh jarak kurang lebih 61 kilometer untuk sampai ke Danau Beratan. Jalur yang masih dua arah serta terdapat banyaknya tanjakan membuat perjalanan menuju lokasi wisata sangat lama dan jauh.

Tetapi jangan khawatir, perjalanan Anda akan ditemani keindahan pemandangan di sepanjang jalan menuju lokasi. Kelelahan Anda karena perjalanan jauh akan terobati oleh keindahan danau dan pura yang eksotis.

Selain dari Kuta, Anda bisa memulai perjalanan ke tempat ini lewat daerah lain. Tetapi, terkadang bagi wisatawan baru akan ada sedikit kesulitan saat berkunjung kemari. Karenanya, ada banyak agen wisata yang akan memandu perjalanan Anda ketika berlibur ke Bali.

Harga Tiket Masuk Danau Beratan Bedugul

Harga Tiket Danau Beratan Bedugul
Image Credit: Instagram.com @roseffendisunarso

Ketika Anda berencana berkunjung kemari, saat memasuki kawasan danau Anda akan dikenai biaya. Harga tiket masuk tiap pengunjung berbeda tergantung umur dan status pengunjungnya yang merupakan wisatawan dari luar negeri atau domestik.

Untuk orang dewasa dipasang tarif 30.000 rupiah per orang dan untuk anak-anak dikenai biaya 20.000 rupiah. Dengan biaya yang telah ditentukan tersebut, Anda dapat menikmati waktu liburan Anda sepuasnya di sekitar danau.

Jika Anda membawa kendaraan ketika memasuki kawasan danau, ada tarif parkir yang dipasang bagi tiap pengunjungnya, yaitu 2000 rupiah untuk kendaraan bermotor dan 5000 rupiah untuk mobil. Ada juga biaya parkir untuk bus, yaitu 6000 rupiah per kendaraannya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Danau Beratan

Kegiatan Menarik di Danau Beratan
Image Credit: Google Maps (A birds eye view)

Selain berkunjung untuk menikmati keindahan dan keasrian Danau Beratan, pihak pengelola juga menyediakan fasilitas yang akan melengkapi sesi wisata Anda di sana.

1. Mengelilingi Danau dengan Speed Boat atau Sampan

Menaiki perahu atau speed boat untuk berkeliling di atas air danau sangat direkomendasikan bagi Anda yang akan berkunjung ke sana. Di sana terdapat tempat yang khusus menyewakan sampai atau speed boat untuk yang mau melihat pemandangan danau dari dekat. Danau Beratan memiliki kedalaman 23 meter, diharapkan Anda berhati-hati saat berada di atas speed boat.

Terdapat pula perahu bebek yang lucu. Jika Anda membawa anak-anak, Anda dapat mengajak mereka mengelilingi danau menggunakan perahu yang bentuknya disukai oleh anak kecil tersebut.

2. Mengabadikan Momen

Aktivitas ini adalah hal yang paling disukai oleh wisatawan yang berkunjung ke Danau Beratan. Mengabadikan momen dengan pura dan langit danau sebagai latarnya adalah hal yang paling diinginkan untuk bisa didapatkan saat berkunjung ke sana, tetapi sayang, keramaian wisatawan yang berada di sana tidak memungkinkan untuk bisa berfoto sendirian.

Tenang saja, dengan berangkat lebih pagi, Anda akan mendapati danau ini dengan lebih sedikit pengunjung. Anda juga akan mendapatkan view menarik dengan pemandangan langit matahari terbit yang akan memperindah foto Anda.

3. Berkunjung ke Taman Bunga

Ketika Anda sampai di kawasan Danau Beratan, di sekitarnya terdapat taman bunga dengan berbagai warna mengelilingi pinggiran danau. Jika Anda mengajak anak-anak, Anda dapat membawa mereka mengitari taman dan berfoto di sana.

Fasilitas yang Tersedia di Danau Beratan Bedugul

Fasilitas di Danau Beratan Bedugul
Image Credit: Google Maps (Ni Wyn Luh Sukertiasih)

Sebagai tempat wisata dan juga keagamaan, fasilitas yang tersedia di kawasan danau sangatlah lengkap. Menurut kebutuhan para pengunjungnya, penyediaan tempat sewa perahu, toilet umum, lahan parkiran yang luas dan tentu keindahan danau yang menjadi sumber utama banyaknya pengunjung yang mendatangi tempat ini.

Danau Beratan dan Pura Ulun Danu sendiri sudah seperti satu paket destinasi terkenal dari Bali yang sangat direkomendasikan untuk Anda menghabiskan masa liburan. Semakin ramainya pengunjung, peningkatan fasilitas pasti akan dilakukan untuk membawa suasana nyaman dan pengalaman yang tidak terlupakan.

Demikian penjabaran tentang Danau Beratan Begudul mulai dari rute, alamat, fasilitas, hingga daya tarik dan kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan Ketika berkunjung ke Bali. Diharapkan tulisan ini dapat menjadi pertimbangan bagi Anda yang akan berlibur ke danau cantik ini.