Danau Batur menyuguhkan pesona alam yang menakjubkan dan layak dikunjungi di Bangli, Pulau Bali. Danau cantik dalam kaldera gunung berapi aktif, Gunung Batur memiliki daya tarik tersendiri untuk diekplor.

Lokasi: Songan B, Kec. Kintamani, Kab. Bangli.
Map: Cek Lokasi

Danau Batur adalah wisata alam di Bali yang diklaim sebagai Taman Bumi atau Global Geopark Network oleh UNESCO. Dengan pemandangan eksotisme yang lengkap, klaim UNESCO tersebut membuat nama Indonesia menjadi harum. Lukisan alam tergambar jelas di danau ini. Potret danau, pantai, dan gunung akan terpampang secara nyata di mata para pengunjung.

Danau yang memiliki luas kurang lebih 16 km persegi, memiliki kedalaman kurang lebih 51 meter dan berada di ketinggian 1.050 meter di atas permukaan laut ini terletak di sekitar Gunung Batur. Nama danau tersebut diambil dari nama gunungnya. Danau Batur ini merupakan danau terbesar di Bali. Ribuan tahun lalu, Gunung Batur meletus hebat sehingga terbentuklah danau ini.

Suasana yang tenang, damai, dan sejuk akan para pengunjung dapatkan di danau ini. Rimbun pepohonan yang hijau turut serta membuat pemandangan danau ini semakin elok. Pun, warna air danau terbilang cukup unik karena dapat berubah warnanya akibat pengaruh kandungan belerang di dasar danau. Berwisata di danau ini membuat rasa lelah akan rutinitas yang padat hilang.

Daya Tarik yang Dimiliki Danau Batur

Danau Batur
Image Credit: Balihellotravel.com

Danau cantik ini merupakan destinasi wisata yang sangat terkenal di kawasan Kintamani, Bali. Tak heran jika danau ini selalu menjadi tujuan wisata air favorit siapapun yang berkunjung kesini. Keindahannya membuat para pengunjung merasa betah untuk berada di danau ini. Bahkan, para pengunjung mungkin akan sulit untuk move on dengan pesona yang disuguhkan danau ini.

BACA JUGA:  Air Terjun Tibumana, Air Terjun Kembar yang Menakjubkan di Bali

1. Ditetapkan UNESCO sebagai Taman Bumi (Global Geopark Network)

Salah satu kunci dari tempat wisata menjadi populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara adalah klaim dari pihak yang bukan main-main. Karena klaim dari UNESCO tersebut, Danau Batur ini disebut-sebut menjadi tempat wisata kelas internasional.

Para wisatawan lokal maupun mancanegara tak melewatkan danau ini untuk dimasukkan ke dalam daftar tempat liburan yang ingin mereka kunjungi. Dulunya, sebelum diklaim sebagai geopark, kawasan ini digunakan sebagai tempat galian C untuk pencarian material gunung seperti batu dan pasir.

Bahkan, dulu di kawasan ini penuh dengan truk-truk yang mengangkut material dari gunung. Namun, sekarang sudah tidak ada lagi semenjak diklaim oleh UNESCO sebagai geopark.

2. Warna Air Danau yang Sering Berubah Warna

Sangat jarang ditemui danau yang warna airnya dapat berubah warnanya. Inilah salah satu keunggulan Danau Batur yang menjadi daya tarik tersendiri. Akibat ledakan Gunung Batur ribuan tahun lalu, di dasar danau masih ada kandungan belerang aktif (kaldera) yang membuat warna air di danau ini berubah-ubah. Terkadang warnanya akan sedikit kebiruan, kehijauan, bahkan kekuningan.

Danau Batur
Image Credit: Nusabali.com

3. Nuansa Alam yang Eksotis

Hal ini juga merupakan keunggulan yang dimiliki Danau Batur. Nuansa alam di danau ini yang sungguh eksotis mampu menghipnotis para pengunjung yang datang. Danau ini seolah menjadi wujud nyata dari lukisan alam yang sesungguhnya. Para pengunjung tidak akan bosan untuk kesini.

Danau ini dianggap sebagai danau yang romantis. Para pengunjung akan terkesima dengan pesona sunrise dan sunset yang membuat kadar eksotisme danau ini semakin tinggi.

Terlebih lagi jika para pengunjung datang ke danau ini bersama dengan keluarga maupun orang terkasih. Mengabadikan momen dengan jepretan kamera adalah hal wajib yang dilakukan oleh para pengunjung.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Danau Batur

Lokasi Danau Batur
Image Credit: Instagram.com @adityapurwaka

Danau ini adalah salah satu wisata air yang terletak di Kintamani, Bali. Tepatnya di Desa Penelokan Utara. Dari kota Denpasar, para pengunjung membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Jarak antara kota Denpasar dengan lokasi danau ini sekitar 64 kilometer jika ditempuh dengan kendaraan. Meskipun terbilang agak jauh dari pusat kota, namun tempat wisata satu ini tidak akan membuat para pengunjung kecewa.

Untuk menuju lokasi Danau Batur, para pengunjung dapat menempuh perjalanan dengan menggunakan motor maupun mobil. Banyak tempat persewaan/ rental motor dan mobil dengan harga sewa yang tergolong cukup terjangkau. Para pengunjung dapat memilih berkendara sendiri maupun menyewa jasa sopir yang tentunya sudah hapal dengan rute menuju ke lokasi danau.

BACA JUGA:  Toya Devasya, Pemandian Air Panas Favorit di Kaki Gunung Batur

Jika para pengunjung ingin menyewa mobil dari jasa rental, biasanya akan memakan biaya sekitar Rp 400.000 – Rp 500.000 per hari. Sementara jika ingin menyewa sepeda motor dari jasa rental, biaya sewanya kurang lebih Rp 50.000 per hari. Para pengunjung dapat memilih kendaraan apa yang ingin disewa dengan memperhatikan budget yang dibawa.

Para pengunjung harus berhati-hati ketika melakukan perjalanan menuju Danau Batur, apalagi jika berkendara tanpa jasa sewa sopir. Akan banyak ditemui tanjakan dan jalur yang cukup berkelok-kelok selama perjalanan ke kawasan wisata. Maka, kendaraan yang digunakan harus benar-benar aman dan kondisi tubuh juga harus dalam kondisi fit supaya tidak terjadi apa-apa.

Harga Tiket Masuk Wisata Danau Batur

Harga Tiket Danau Batur
Image Credit: Google Maps (Itulah Channel)

Para pengunjung wajib mengetahui jam operasional tempat wisata ini jika ingin berkunjung kesana. Destinasi wisata alam ini dibuka setiap hari Senin-Minggu pukul 08.00 – 18.00 WITA.

Harga tiket masuk Danau Batur adalah Rp 25.000 per orang untuk wisatawan domestik/ lokal sedangkan untuk wisatawan asing/mancanegara dikenakan tiket masuk sebesar Rp 35.000 per orang.

Biaya parkir sepeda motor di tempat wisata ini adalah Rp 5.000, sedangkan parkir mobil dikenakan biaya Rp 10.000. Kemudian parkir bus dikenakan biaya parkir Rp 20.000. Jika pengunjung ingin merasakan sensasi berendam air panas di Batur Natural Hot Spring (Sumber Air Panas Batur), harga tiket masuknya adalah Rp 60.000 per orang.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Danau Batur

Aktivitas di Danau Batur
Image Credit: Instagram.com @srih968

1. Menyewa Perahu Berkeliling Danau

Berwisata di tempat ini tidak puas rasanya jika tidak berkeliling danau. Berkunjung ke tempat wisata ini merupakan kesempatan emas untuk sejenak menghilang dari rutinitas yang membuat jenuh.

Suasana yang tenang, damai, dan tentram akan terbayar lunas oleh pemandangan yang ditawarkan Danau Batur ini. Para pengunjung hanya perlu membayar Rp 500.000 untuk 10 orang per perahu.

2. Rekreasi Memancing di Tepi Danau

Danau eksotis ini memiliki air yang sangat jernih, sehingga sangat cocok untuk para pengunjung berekreasi memancing. Danau ini adalah tempat yang sesuai untuk para pengunjung yang hobi memancing karena airnya yang tenang. Para pengunjung dapat menyewa peralatan memancing dengan harga Rp 10.000 yang dapat digunakan selama seharian penuh.

3. Berburu Foto di Sekitar Danau

Kegiatan wajib yang tak akan pernah terlupakan adalah berburu foto. Banyak spot foto di kawasan tempat wisata ini yang siap untuk jadi background foto para pecinta fotografi. Pengunjung juga dapat menanti sunrise maupun sunset karena pemandangan di danau ini tidak akan didapatkan di tempat wisata lain.

BACA JUGA:  6 Makanan Khas Bangli Bali yang Terkenal Lezat

4. Mencicipi Sajian Kuliner di Restoran Terapung

Restoran di area danau ini tidak hanya menyuguhkan pengalaman berkesan menikmati sajian kuliner di restoran terapung saja, namun pengunjung juga dapat memesan makanan khas Kintamani yang mungkin belum pernah dirasakan sebelumnya. Para pengunjung dapat mencoba memesan masakan ikan mujair yang diolah dengan resep khas Kintamani.

5. Menikmati Sensasi Berendam Air Panas

Kegiatan santai yang dapat pengunjung lakukan disini adalah berendam air panas di Batur Natural Hot Spring. Air panas di Batur Natural Hot Spring ini berasal dari Gunung Batur. Kandungan belerang yang terkandung dalam air panas ini sangat baik untuk tubuh dan dapat menenangkan hati.

6. Menguji Adrenalin Dengan Wahana Watersports

Toya Devasya Watersports merupakan satu-satunya wahana olahraga air yang terdapat di daerah Kintamani. Wahana ini menjadi sorotan para pengunjung untuk menguji adrenalin.

Olahraga watersports sangat berbeda dengan olahraga lainnya, yang mana menggunakan media air. Wahana yang ditawarkan Toya Devasya Watersports ini adalah flying fish, banana boat, jetski, donut, flying fox, dan jetovator.

7. Menyeberang ke Desa Kuno Trunyan

Desa Kuno Trunyan ini letaknya ada di seberang Danau Batur. Para pengunjung dapat menyewa perahu untuk menuju ke desa tersebut. Desa ini merupakan kawasan yang dinamakan Bali Aga (sebuah kawasan yang isinya terdapat banyak orang mati namun tidak dikuburkan). Para pengunjung yang ingin melatih mental dapat berkunjung ke desa ini.

Fasilitas yang Tersedia di Danau Batur

Fasilitas di Danau Batur
Image Credit: Google Maps (fani p.)

Fasilitas yang ada di Danau Batur ini termasuk lengkap. Fasilitas yang tersedia seperti tempat kuliner, persewaan perahu untuk berkeliling danau, persewaan alat pancing untuk rekreasi memancing, toilet, kamar mandi, tempat parkir, kios oleh-oleh dan souvenir, hotel, bahkan tempat pemandian air panas.

Itulah ulasan mengenai tempat wisata Danau Batur, danau cantik di Pulau Dewata Bali. Mulai dari daya tarik yang dimiliki, alamat dan rute menuju ke lokasi, harga tiket masuk, kegiatan menarik yang dapat dilakukan, serta fasilitas yang tersedia di tempat wisata. Semoga bisa menjadi informasi menarik untuk liburan Anda selanjutnya.