Inilah Deretan Danau Cantik di Pulau Dewata Bali yang Memiliki Pemandangan Memukau. Objek Wisata Alam yang Dapat Membuat Takjub Bagi Setiap Pengjung yang Datang.

Pesona Bali dengan deretan pantainya yang indah dan ribuan Pura dengan berbagai kegiatan agamanya memang sudah terkenal ke seantero dunia. Semua itu sudah menjadi hal biasa diketahui oleh orang. Tetapi bagaimana dengan wisata danau di Bali. Tidak banyak danau yang bisa dilihat di Indonesia.

Di Bali ada beberapa danau yang pantas dan layak untuk dikunjungi. 4 dari 5 danau tersebut terletak di wilayah dataran tinggi. Tidak ayal kalau saat mengunjungi danau wisatawan betah karena sejuknya udara di sekitaran danau. Ditambah dengan kegiatan masyarakat sekitar menambah nilai lebih pesona danau.

Tempat wisata lain juga banyak tersedia di area yang tidak jauh dari danau membuat banyak turis memilih berkunjung ke danau tersebut jika ingin menikmati suasana lain disamping pantai. Berikut daftar danau yang ada di Bali yang terkenal memiliki keindahan dan kecantikan alami.

1. Danau Tamblingan

Danau Tamblingan
Image Credit: Ksmtour.com

Danau pertama yang bisa jadi rekomendasi  untuk didatangi yaitu Danau Tamblingan yang terletak di lereng bagian Utara Gunung Lesong. Lebih tepatnya di di desa Munduk. Danau tersebut yang berada di bawah gunung membuat udara yang sejuk dan segar bisa dihirup oleh pengunjung yang datang.

Danau Tamblingan sendiri letaknya berdekatan Danau Buyan. Kedua danau hanya hutan belantara lebat yang berjarak kurang lebih 1 km. Kedua danau tersebut terhubung oleh kanal yang kecil. Karena alasan itulah kedua danau dinamai dengan twin lake atau danau kembar.

Untuk mencari wisata lain di dekat Danau Tamblingan, wisatawan tidak perlu bingung. Di sana terdapat wisata air terjun Banyumala, air terjun Munduk, dan puncak Wanagiri yang menjadi spot favorit untuk berfoto. Tempat wisata lain yang tidak jauh adalah lapangan Golf Bali Handara berlokasi di desa Pancasari.

Danau Tamblingan
Image Credit: Pesonatravel.com

Di samping itu, juga terdapat air terjun Gitgit yang dijangkau dan tidak jauh dari danau. Sehingga saat liburan tidak terlalu lama menghabiskan waktu di perjalanan. Maka daripada itu, saat memilih Tamblingan sebagai destinasi alam merupakan pilihan yang sangat tepat. Murah dan lokasi wisata lain tidak berjauhan.

BACA JUGA:  20 Oleh-Oleh Khas Bali yang Paling Terkenal

Untuk memasuki area danau, wisatawan harus merogoh kocek sekitar 10 ribu saja. Harga tersebut digolongkan harga yang sangat murah untuk danau kelas dunia ini. Danau juga dibuka 24 jam selama 7 hari. Jadi tidak perlu khawatir jika sampai ke danau sudah terlalu sore karena danau dipastikan masih beroperasi.

Lokasi: Desa Munduk, Kec. Banjar, Kab. Buleleng.

2. Danau Batur

Danau Batur
Image Credit: Balihellotravel.com

Kalau berbicara danau cantik di Pulau Bali maka tidak akan lengkap rasanya jika tidak membahas Danau Batur. Danau ini sudah terkenal oleh masyarakat dunia. Danau tersebut berlokasi di Kintamani. Tidak ada rugi jika Danau Batur masuk dalam daftar tempat wisata yang harus dikunjungi.

Bukan hanya panorama alam yang membuat pengunjung betah menikmati pesona danau, tetapi danau juga memiliki sisi romansa saat matahari terbit dari ufuk timur. Keindahan seperti inilah yang dicari banyak orang. Tak ayal rela sampai ke tempat tersebut di pagi buta untuk menyaksikannya.

Danau Batur juga menjadi danau paling besar di Pulau Bali yang menyuguhkan keindahan alam yang memesona. Apalagi bagi orang yang suka fotografi maka danau dapat dijadikan  lokasi ideal. Lereng gunung penuh dengan bebatuan gunung, terlihat  menarik dan indah dan sering jadi lokasi foto pre-wedding terpopuler.

Danau Batur
Image Credit: Nusabali.com

Walaupun danau berlokasi cukup jauh dari keramaian tidak membuat redup pesonanya. Danau ini terletak sekitar 65 Km dari Denpasar. Dan butuh waktu sekitar 2 jam lebih untuk sampai ke sana jika memakai kendaraan bermotor.

Danau Batur begitu indah dan tampak serasi berpadu dengan bukit hijau dan gunung Batur. Sumber air danau berasal dari rembesan air dari pegunungan serta bukit di sekitar danau ditambah dengan air hujan air hujan.

Bagi masyarakat sekitar, danau dijadikan masyarakat sekitar untuk dijadikan keramba ikan. Disamping itu, air danau dipakai untuk irigasi tanah persawahan. Jadi saat ke sana, wisatawan bisa melihat aktivitas warga di dekat danau. Kegiatan itu juga bisa dijadikan objek foto yang menarik.

Lokasi: Desa Penelokan Utara, Kec. Kintamani, Kab. Bangli.

3. Danau Buyan

Danau Buyan
Image Credit: Pegipegi.com

Danau selanjutnya adalah Danau Buyan yang berlokasi di Buleleng. Danau ini memberikan destinasi wisata yang menarik untuk keluarga yang ingin menyaksikan keindahan alam dari jarak dekat. Tempat wisata ini sangat pas untuk orang dewasa dan anak-anak menghabiskan waktu disela rutinitas hariannya.

BACA JUGA:  15 Wisata Museum Terbaik di Bali Buat Liburan

Danau Buyan letaknya tidak jauh terlalu jauh dari danau indah lainnya yaitu Danau Tamblingan. Memang belum terlalu banyak wisatawan yang datang berkunjung ke danau ini padahal keindahan danau ini juga tidaklah kalah dengan danau lainnya. Apalagi untuk masuk juga dikatakan sangat murah.

Hutan tropis mengelilingi danau tersebut memberikan pesona danau layaknya danau yang ada di luar negeri. Di sana juga terdapat tanah lapang yang dijadikan sebagai kegiatan outbound seperti kemah.

Danau Buyan
Image Credit: Airpaz.com

Pariwisata alam tersebut dijadikan warga untuk kegiatan  wisata petualangan alam seperti berkeliling dimulai dari Tamblingan dan berakhir di wilayah Danau Buyan. Tidak salah kalau danau direkomendasikan kepada umum karena menyediakan berbagai kegiatan bukan hanya menikmati keindahan alamnya saja.

Cukup dengan membayar 10 ribu maka wisatawan bisa memasuki area danau. Dan jika ingin menikmati indahnya suasana malam danau pun juga bisa karena danau dibuka 24 jam dan juga tersedia penginapan di sekitaran danau. Wisatawan bisa memilih penginapan sesuai dengan dana yang dimiliki.

Lokasi: Desa Pancasari, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng.

4. Danau Bedugul

Danau Bedugul
Image Credit: Wisataku.id

Danau berikutnya pasti tidak asing lagi di telinga masyarakat. Danau tersebut bisa dilihat dari salah satu mata uang Indonesia. Objek danau Bedugul mempunyai keindahan yang tidak perlu ditanya lagi. Apalagi Pura yang ada di danau menambah panorama danau semakin cantik nan eksotis.

Berada di atas ketinggian 1.239 mdpl menjadikan Danau Bedugul mempunyai udara yang sejuk. Destinasi wisata ini berlokasi di desa Candikuning, Tabanan. Terdapat berbagai macam tanaman tropis yang berada di sekitar danau dan tanaman sayur juga bisa tumbuh subur di sana.

Karena itulah Bedugul menjadi salah satu daerah sebagai pemasok sayur  paling besar di Pulau Seribu Pura ini. Sayur tersebut dijual di pasar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan disetor ke restoran-restoran atau swalayan besar. Itu semua karena sayuran Bedugul mempunyai kualitas yang sangat bagus.

Danau Bedugul
Image Credit: Youtube.com (Incredible Sights)

Saat masuk ke wilayah utama danau, wisatawan akan bisa menyaksikan taman bunga dengan berbagai jenis bunga yang indah. Kemudian, akan disambut indahnya danau tersebut. Wisatawan  dapat menyaksikan atau mengunjungi Pura Ulun Danu yang ada di bagian tepi atau Meru yang ada di bagian tengah danau.

Untuk menuju ke tengah danau, para wisatawan bisa memanfaatkan perahu yang disewakan oleh warga sekitar. Pura tersebut tampak seperti terapung yang serasi dengan alam yang ada di kanan kiri danau. Itulah sebabnya danau ini menjadi salah satu destinasi wisata pilihan utama selain pantai-pantai yang ada di Pulau Bali.

BACA JUGA:  Bali Zoo Gianyar, Kebun Binatang yang Memiliki Koleksi Satwa Langka

Lokasi: Batunya, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan.

5. Danau Yeh Malet

Danau Yeh Malet
Image Credit: Baliexpress.jawapos.com

Danau terakhir yang bisa jadi rekomendasi saat ke Pulau Bali adalah Danau Yeh Malet. Danau yang terletak di Karangasem itu memang masih bisa dikatakan sebagai danau baru sehingga belum banyak orang mengenal keberadaannya. Danau ini berlokasi di daratan rendah menjadikan berbeda dibanding danau lain.

Danau bisa menjadi tempat pariwisata yang patut untuk diperhitungkan layaknya danau terkenal lain. Luas danau sendiri kurang lebih 9 hektar. Menariknya, air danau tidak pernah kering walaupun saat musim kemarau. Saat musim penghujan, air danau akan sangat melimpah dan tinggi.

Untuk ke danau ini sangat mudah karena danau berlokasi di dekat Goa Lawah. Danau ini masih sangat asli karena belum banyak dijamah oleh masyarakat dari luar. Meluangkan waktu ke danau tidak akan rugi, bisa jadi orang pertama yang membuat viral suatu tempat akan menjadi sesuatu yang membanggakan.

Danau Yeh Malet
Image Credit: Gotravelly.com

Hingga sekarang, danau belum ditambahi apapun. Tetapi jangan cemas karena wisatawan bisa memperoleh spot-spot foto yang tak kalah indah. Saat sore hari, wisatawan baru akan mulai berdatangan. Jika ada wisatawan yang datang pada pagi hari wisatawan tersebut berburu pantulan cahaya matahari.

Pantulan cahaya tersebutlah yang bisa memberikan efek foto siluet. Jenis foto seperti itulah yang sangat diburu dan diminati oleh banyak orang. Hanya saja saat sudah siang, tempat tersebut belum banyak menyediakan tempat untuk berteduh. Jadi jika datang pagi, jangan lupa membawa payung.

Danau tersebut belum ada pengelolanya sehingga pengunjung tidak akan ditarik biaya masuk. Jadi tidak perlu mengeluarkan biaya apapun di sana. Layaklah Danau Mah Yet untuk dikunjungi karena pesona tersembunyinya yang belum banyak dikenal oleh khalayak umum.

Lokasi: Antiga Kelod, Kec. Manggis, Kab. Karangasem.

Walaupun Bali dikenal karena keindahan pantainya, tidaklah salah meluangkan waktu untuk menikmati keindahan danau yang ada di sana. Tidak akan kecewa karena banyak sekali tempat berfoto yang menarik. Itulah deretan danau cantik yang ada di Bali yang layak dan wajib untuk dikunjungi.