Banyak tersebar beberapa pilihan café dan tempat ngopi di Pulau Bali yang menawarkan suasana nyaman dan bikin betah nongkrong. Inilah rekomendasi coffee shop hits di Bali yang menarik Anda kunjungi bersama teman atau pun keluarga.

Kawasan Pulau Bali memang memiliki daya tariknya tersendiri. Dimana salah satunya terdapat banyak coffee shop atau cafe yang berjajar di setiap jalannya. Bahkan dapat dibilang bahwa jarak antar cafe ini tidak terlalu jauh, sebagian besar memiliki jarak antara 2 hingga 3 km saja.

Beragam coffee shop menawarkan varian kopi asli dari Nusantara, ini karena kualitas dari kopi tersebut cukup baik. Aroma dari kopi yang telah diseduh menyeruak hingga luar cafe, para pengunjung pun dibuat betah karena hal ini.

Dengan banyaknya tawaran tempat ngopi di Pulau Dewata, Anda tidak perlu khawatir untuk memilih tempat mana yang sesuai dengan keinginan. Berikut daftar coffee shop favorit di Bali, bagi Anda yang ingin mencari sarapan atau menikmati sunset dengan secangkir kopi.

1. Seniman Coffee Studio

Seniman Coffee Studio
Image Credit: Google Maps (Stephany)

Lokasi tepatnya berada di Ubud, Gianyar dengan bangunan yang didominasi warna hitam di sebagian ruangan. Ciri khas dari coffee shop ini adalah terdapat barang bekas yang digunakan sebagai pajangan dinding. Bukan barang bekas biasa, namun barang yang sudah didaur ulang sedemikian rupa.

Seluruh cafe ini layaknya wadah dari hasil kreativitas sang pemilik. Tidak hanya ornamen uniknya saja yang memikat mata, sajian jajanan tradisional juga menjadi komponen utamanya. Maka tidak lah heran jika cafe ini masuk dalam café di Bali yang wajib Anda kunjungi.

Lokasi: Jl. Sri Wedari No.5, Banjar Taman Kelod, Kec. Ubud, Kab. Gianyar, Bali.

2. Revolver Espresso

Revolver Espresso
Image Credit: Google Maps (Vicky Anggara)

Café dengan nuansa random ini berada di salah satu gang yang ada di Seminyak, Bali. Dikatakan random karena beragam konsep mulai dari bar hingga klasik dari negri Jepang menghiasi setiap sudut dari coffee shop ini.

Saat Anda ingin mendatangi cafe ini, berjalan kaki atau menggunakan sepeda motor menjadi pilihan yang tepat. Karena lahan parkir yang disediakan tidak cukup luas untuk kendaraan roda empat.

Lokasi: Jl. Kayu Aya No.Gang 51, Seminyak, Kec. Kuta Utara, Kab. Badung, Bali.

3. Milestone Coffee

Milestone Coffee
Image Credit: Google Maps (Dan Bet33)

Tempat selanjutnya yang wajib Anda kunjungi adalah Milestone Coffee. Anda dapat dengan mudah menemukan cafe ini, letaknya yang berada di pinggir jalan raya akan memudahkan pembeli yang mencari lokasinya.

Jika Anda sudah masuk kedalam coffee shop ini, ruangan bergaya American akan terlihat dari kursi dan meja yang dipilihnya. Sentuhan warna biru jeans yang mendominasi, dapat menambah kesan klasik khas NYC. Jika Anda tertarik mengunjunginya, lokasi tempat nongkrong ini berada di Sanur, Denpasar.

Lokasi: Jl. By Pass Ngurah Rai No.274, Sanur, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali.

4. Parachute Café

Parachute Café
Image Credit: Google Maps (Ecco)

Pemandangan sawah dengan padi yang sudah mulai kekuningan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang berdatangan. Selian itu, sebuah parasut besar menjadi atap utama dari coffee shop yang bernama Parachute Cafe ini.

Konsep outdoor yang banyak dihiasi oleh bambu dan bunga, semakin menambah suasana asri dari tempat keren yang berada di Badung, Bali ini.

Lokasi: Jl. Subak Sari 13 No.8-4, Canggu, Kec. Kuta Utara, Kab. Badung, Bali.

5. Whale & Co

Whale & Co
Image Credit: Google Maps (Whale And Co)

Tempat unik di Bali ini memiliki jam buka paling pagi dari cafe lainnya. Mulai buka dari jam 7 pagi, coffee shop ini menjadi incaran para pelancong yang sedang mencari sarapan. Keramah-tamahan dari para penjaga cafe, akan membuat pagi Anda lebih berwarna.

Terdapat juga pilihan hidangan dari berbagai negara yang disajikan. Anda bisa memesan secangkir kopi untuk teman pagi sekaligus memesan seporsi sarapan. Untuk harganya sendiri dibandrol harga mulai dari Rp 29.000.

Lokasi: Jl. Kresna Ruko Sri Kresna, Seminyak, Kec. Kuta, Kab. Badung, Bali

6. Hungry Bird Coffee Roaster

Hungry Bird Coffee Roaster
Image Credit: Google Maps (Anastasiia  Oleksiun)

Coffee shop satu ini layak disebut sebagai cafe legendaris dari Bali. Berada di wilayah Badung, setiap harinya tempat ini tak pernah sepi dari para pengunjung. Bahkan sudah sejak lama cafe ini menjadi favorit pengunjung lokal maupun mancanegara.

Menu yang sering dipesan adalah sebuah taco dengan telur yang memiliki ukuran jumbo. Ya, porsi makanan yang diberikan terbilang cukup luar biasa. Dan hal inilah yang menjadi alasan mengapa café ini tetap eksis.

Lokasi: Jl. Segara Perancak No.86, Tibubeneng, Kec. Kuta Utara, Kab. Badung, Bali

7. Anomali Coffee

Anomali Coffee
Image Credit: Google Maps (Astrin Febria)

Berlokasi di Ubud, Seminyak, coffee shop ini menawarkan beragam jenis kopi dari berbagai daerah di Nusantara hingga luar negara. Fasilitas parkir kendaraan yang luas, menjadikan tempat nongkrong keluarga satu ini pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama.

Karena namanya yang kian terkenal, maka pantas saja jika setiap harinya ramai dengan pembeli. Terlebih lagi menu yang ditawarkan cukup ramah di kantong pengunjung.

Lokasi: Jl. Raya Ubud No.88, Petulu, Kec. Ubud, Kab. Gianyar, Bali

8. Luthu’s Coffee Shop

Luthu’s Coffee Shop
Image Credit: Google Maps (Reza Nanda Iswara Ida Bagus)

Berdiri sejak tahun 2008, tempat ini yang berdekatan dengan pinggir pantai ini menjadi salah satu tempat menarik di Bali yang wajib dikunjungi. Pantai dengan pasir putih dan deburan ombak yang tenang, menjadi pemandangan utama ketika Anda sedang menikmati secangkir kopinya.

Sajian yang dapat Anda pesan juga menggunakan bahan fresh yang didapatkan dari pasar tradisional setempat. Oleh karena itu, coffee shop ini wajib Anda coba terutama saat hari menjelang sore. Keindahan sunset akan terlihat jelas di depan mata setiap pembelinya.

Lokasi: Jl. Pantai Sindhu, Sanur, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali.

9. Hanaka Coffee

Hanaka Coffee
Image Credit: Google Maps (Reza Nanda Iswara Ida Bagus)

Nongkrong di coffee shop dengan variana harga menu yang murah, dapat Anda temukan di Hanaka Coffee. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan keindahan desain minimalis yang bisa digunakan sebagai spot foto menarik.

Tempatnya yang bersih dan nyaman, membuat siapa saja yang berada di tempat ini akan menjadi lebih betah. Ditambah dengan menu kopi dan beberapa camilan ringan yang bisa Anda pesan. Berada di Denpasar, Anda bisa dengan mudah menemukan lokasi dari coffee shop satu ini.

Lokasi: Jl. Pulau Komodo No.24, Dauh Puri Klod, Kec. Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali.

10. The Bistrot

The Bistrot
Image Credit: Google Maps (Mandy B)

Coffee shop yang mengangkat gaya Paris klasik ini, menjadi salah satu tempat yang wajib masuk dalam daftar kunjungan Anda di Bali. Keindahan detail dari setiap sudut bangunan, membuat pengunjung yang berdatangan seolah sedang berada di negri cinta tersebut.

Desain vintage yang khas, terasa begitu melekat saat Anda mulai memasuki cafe ini. Lampu kuning yang digantung dan ditata secara acak, akan menambah suasana klasik semakin terasa. Lantainya pun bukan terbuat dari keramik atau marmer mahal, melainkan dari batuan basal yang berwarna hitam.

Lokasi: Jl. Kayu Aya No.117, Seminyak, Kec. Kuta, Kab. Badung, Bali.

11. Titik Temu Coffee

Titik Temu Coffee
Image Credit: Google Maps (Armand W)

Coffee shop selanjutnya adalah tempat dengan tambahan live musik, yang akan menemani para pengunjung yang berdatangan. Dengan tema outdoor yang diambil, tanaman hijau dijadikan sebagai dinding luar dari Titik Temu Coffee.

Tak heran jika cafe ini sering dijadikan tempat sebagai spot foto dari para anak muda. Kesan asri yang didapatkan, dapat menghiasi latar belakang foto Anda untuk kebutuhan sosial media. Jadi siapkan kamera terbaik Anda saat mengunjungi coffee unik satu ini.

Lokasi: Jl. Kayu Cendana No.1, Seminyak, Kec. Kuta, Kab. Badung, Bali

12. F.R.E.A.K Coffee

F.R.E.A.K Coffee
Image Credit: Google Maps (Annekcen Bonbwakob)

Selanjutnya ada F.R.E.A.K coffee dengan varian kopi lokalnya yang menjadi menu utama. Berada di pinggiran jalan Ubud, Gianyar, membuat setiap pengunjung yang mendatangi tempat ini akan disuguhkan dengan keramaian kota.

Furniture yang digunakan pun memiliki keunikannya tersendiri, meja-meja dari kayu digunakan tanpa mengubah bentuk asli dari kayu tersebut. Sehingga jika dilihat dari dekat, setiap sisi dari meja tersebut tidaklah simetris.

Lokasi: Jl. Hanoman No.19, Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar, Bali.

13. Sea Circus

Sea Circus
Image Credit: Google Maps (Sea Circus Restaurant & Bar)

Cafe unik yang mengusung tema colorful ini berada di daerah Seminyak. Setiap sudut dinding dari coffee shop tersebut, dilukiskan sebuah pop art yang penuh warna. Tentu saja keunikan satu ini pantas dijadikan sebagai spot foto bagi pengunjung yang berdatangan.

Setelah puas mengabadikan beberapa gambar dengan latar belakang yang menarik, Anda dapat menikmati kopi lezat dengan racikannya yang pas. Selain menu kopi yang bisa Anda pesan, tidak ada salahnya untuk mencicipi salah satu menu makanan lainnya.

Lokasi: Jl. Kayu Aya No.22, Seminyak, Kec. Kuta, Kab. Badung, Bali.

14. Mannaka Bali

Milestone Coffee
Image Credit: Google Maps (Mannaka Bali)

Jika coffee shop lain biasanya memiliki ruangan yang cukup luas, tempat satu ini sedikit berbeda. Lebarnya hanya sekitar 3 meter saja di bagian depan, sehingga pengunjung pun dapat melihat pegawainya saat menyiapkan sebuah pesanan.

Konsep dari negri sakura sangat terlihat saat Anda mengunjungi Mannaka Bali. Desain bangunan yang minimalis, dipadukan dengan warna putih yang tampak semakin bersih. Untuk minuman kopinya sendiri, varian dari kopi lokal menjadi andalannya.

Lokasi: Jl. Petitenget No.19C, Kerobokan Kelod, Kec. Kuta Utara, Kab. Badung, Bali.

15. Gowes Coffee

Gowes Coffee
Image Credit: Google Maps (Gowes Coffee)

Di daftar terakhir ada coffee shop yang memiliki desain berbeda dari cafe pada umumnya. Pada bagian pintu masuk, pengunjung akan disambut dengan sebuah sepeda model lama yang digunakan untuk pajangan.

Di bagian dindingnya, tertulis beberapa quotes yang dapat memotivasi diri Anda. Menu dengan jenis paket dapat Anda pesan untuk lebih menghemat biaya nongkrong di coffee shop tersebut.

Lokasi: Jl. Raya Semat No.1, Tibubeneng, Kec. Kuta Utara, Kab. Badung, Bali.

Itulah daftar coffee shop hits di Bali yang dapat Anda jadikan sebagai referensi saat berada di pulau dewata tersebut. Terdapat berbagai konsep tema café dan tempat nongkrong yang bisa Anda pilih sesuai selera Anda.