Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan, Bali.

Berlibur di Pulau Bali adalah pilihan wisata yang paling tepat untuk berbagai kegiatan yang menyenangkan. Bahkan wisatawan mancanegara banyak yang tertarik untuk singgah meskipun harus merogoh kocek yang dalam untuk melakukan perjalanan. Bagi orang yang masih belum terlalu mengenal Bali, spot andalannya hanyalah pantai kuta, tanah lot, dan pantai sanur.

Namun bagi wisatawan yang lebih expert, Candi Kuning di Bedugul selalu menjadi perhentian pertamanya. Sebenarnya Candi Kuning adalah nama dari sebuah desa yang terletak di sekitar Tabanan. Alasan itulah yang membuatnya terkenal, karena menjadi spot Pura Ulun Danu di Danau Bratan. Untuk sampai ke sana cukup mudah, karena aksesnya yang ada di sekitar jalan besar.

Daya Tarik Wisata Candi Kuning

Daya Tarik Wisata Candi Kuning
Photo by Google Maps György Takács

1. Panorama Desa yang Asri

Kebanyakan desa yang ada di Bali menawarkan panorama yang indah dan asri. Meskipun banyak turis, namun jalanan di Bali terbilang cukup rapi dibandingkan dengan kota wisata lain. Begitu sampai di Candi Kuning, anda dapat langsung merasakan segarnya udara dan asrinya lingkungan, sehingga membuat diri merasa nyaman.

Bagi anda yang hendak bersantai di kawasan ini tidak pelru khawitir, karena banyak selai hotel dan penginaan. Harga yang ditawarkan juga sangat beragam, sehingga anda dapat menyesuaikan mana yang paling cocok dengan budget. Berbelanja di sana juga termasuk pilihan yang tepat, karena banyak sekali daya tarik lain yang dapat diungkap lebih dalam.

2. Destinasi Wisata Pura Ulun Danu

Daya tarik kedua yang membuat anda harus singgah di Candi Kuning Bedugul adalah keberadaan Pura Ulun Danu. Spot tersebut bukan hanya dikenal sebagai spot indah, namun juga termasuk dalam destinasi wisata yang hits. Pura tersebut terletak ditengah danau beratan, sehingga memiliki panorama yang sangat memukau.

Banyak wisatawan yang menunggu momen matahari tenggelam untuk mendapatkan hasil foto terbaik di kawasan ini. Panoramanya akan terkesan romantis dan instagramable. Alasan ini pulam, yang membuat Pura Ulun Danu sering dipakai sebagai spot prewedding agio pasangan kekasih yang hendak menikah. Pesona mereka tidak perlu anda ragukan lagi.

3. Kebun Raya Bali

Selain pantai, danau, dan pura, Bali juga terkenal atas keindahan kebun rayanya. Sesuai dengan nama spot tersebut, anda akan menemukan banyak koleksi tanaman tropis yang hidup dengan subur. Kebun raya ini menjadi penyuplai oksigen di kawasan Candi Kuning. Berkaitan dengan hal tersebut anda akan dibuat betah berlama lama disana karena udara yang sangat segar.

Selai tanaman, kebun raya Bali memiliki banyak spot foto yang menarik. anda bisa mengambil gambar dengan latar belakang candi bentar, kumbakarna laga statue, ramayana boulevard, usada café, dan roses garden lake bratan vier. Aktivita paling enak yang bisa dilakukan adalah petualangan Bali treetop. Namun untuk melakukannya, anda perlu dana tambahan.

Lanta berapa biaya yang dibutuhkan untuk masuk kebun raya bedugul? Jawabanya adalah skeutar 11 ribu per orang. Dana tersebut sangat murah jika dibandingkan dengan objek wisata lain yang ada di pulau Bali. Namun untuk informasi terkait dengan harga tiket dapat berubah sewaktu waktu, tergantung dengan aturan dari pemerintah maupun pihak pengelolanya.

Daya Tarik Dimiliki Wisata Candi Kuning
Photo by Google Maps 徐镇

4. Keindahan Danau Bratan

Saat berbicara tentang Pura Ulun Danu, rasanya tidak lengkap jika tidak ikut membahas keindahan Danau Bratan. Danau tersebut memiliki air yang bersih sehingga membuat pengunjung merasa nyaman. banyak pula aktivitas sia rynga dapat dilakukan oleh wisatawan, misalnya memancing dan menyewa perahu untuk berkeliling.

Anda tidak perlu khawatir, karena banyak pemandu wisata yang siap membantu anda yang kebingungan untuk mencari aktivitas di Danau Bratan. Akses untuk sampai k e danau juga mudah, bahkan dapat dilalui oleh kendaraan besar seperti bus. Terkait dengan masalah tempat parkir, anda tidak perlu khawatir karena lahannya cukup luas.

5. Pusat Oleh-Oleh Pasar Candi Kuning

Setelah berkeliling di destinasi wisata, wajib hukumnya untuk menutup perjalanan dengan mampir ke pusat oleh-oleh Candi Kuning. Banyak sekali pilihan makanan, minuman, hingga cenderamata yang bisa anda bawa pulang. Kisaran harganya beragam dan bisa ditawar untuk mendapat harga yang cocok. anda tidak perlu ragu dan sungkan terikat dengan hal tersebut.

Para penjual yang ada di pasar sangat ramah kepada turis. Mereka sudah terbiasa melayani karakter orang yang berbeda beda, sehingga mampu membuat calon pembeli merasa nyaman. Namun saat belanja, pastikan anda berusaha mendapatkan harga yang terbaik. Anda juga tidak perlu terlalu buru buru membeli oleh oleh, karena terdapat banyak gerai yang bisa dikunjungi.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Wisata Candi Kuning
Photo by Google Maps Wawan Mashuri 

1. Berfoto di Destinasi Wisata

Aktivitas pertama yang juga menjadi hobi para wisatawan adalah mengambil banyak selfie di setiap sudut destinasi wisata. Hal semacam itu dapat anda lakukan di kawasan desa Candi Kuning karena banyak lokasi rekreasi yang bisa dikunjungi. Oleh karena itu, anda jangan sampai lupa untuk mengecas ponsel atau membawa kamera.

2. Memancing di Danau Bratan

Sebelumnya sempat disinggung bahwa Danau Bratan salah spot wisata yang tidak pernah sepi di kawasan Candi Kuning. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan di sebuah danau adalah memancing. Anda bisa menjajal aktivitas tersebut dengan menyewa alat pancing. Harga sewanya oun termasuk murah sehingga tidak akan membuat dompet anda tipis seketika.

3. Mengitari Danau Dengan Perahu

Penduduk sekitar Danau Bratan dapat mengais rezeki dengan membuka persewaan perahu agar wisatawan dapat mengelilingi danau tersebut dengan lebih leluasa. Fasilitas itu bisa anda gunakan untuk mengisi waktu luang selam singgah di sana. Sama halnya dengan menyewa alat pancing, sewa perahu di kawasan tersebut bisa dibilang terjangkau.

Aktivitas Seru Wisata Candi Kuning
Photo by Google Maps TM_Rendy Zacky Fernanda

4. Menelisik Keindahan Kebun Raya Bali

Ketika berkunjung ke kebun raya Bali, wajib hukumnya bagi anda untuk berkeliling dari satu sudut kebun ke sudut yang lain. Meskipun sederhana, namun aktivitas ini dapat membantu anda melepas stress dan penat. Hijaunya tanaman dan indahnya panorama dapat mengurangi sedikit beban yang ada di pikiran. Apalagi harga masuk ke kawasan kebun juga tidak terlalu mahal.

5. Berbelanja Souvenir

Setelah menjajal seluruh spot wisata, sempatkan waktu untuk mampir ke pasar. Di sana, anda bisa membeli berbagai jenis oleh oleh dan souvenir untuk sahabat atau saudara yang ada di rumah. Pilihan barangnya sangat beraga, sehingga anda tidak akan kehabisan pilihan. Anda sebagai pembeli juga bisa tawar menawar dengan penjual, agar mendapat harga yang pas.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Candi Kuning

Fasilitas Wisata Candi Kuning
Photo by Google Maps Reyza Ameng

Melihat desanya yang masuk dalam kawasan wisata, anda tidak perlu pusing terkait dengan fasilitas yang terdapat di sana. Mulai dari restoran, tempat ibadah, pusat perbelanjaan, dan restoran sudah tersedia. Anda tidak akan dibuat pusing untuk mencari fasilitas penunjang wisata yang menyenangkan di sana.

Satu tips yang bisa anda terapkan untuk mendapat penghinaan murah adalah dengan melakukan bokingan online jauh jauh hari sebelum hari H. Fasilitas penginapan yang ada di Candi kuning banyak yang sudah terintegrasi dengan aplikasi online. Melalui platform tersebut, anda bisa mendapat diskon besar, apalagi jika anda booking di hari hari spesial.

Demikianlah informasi menarik seputar dengan desa wisata Candi Kuning Bedugul. Jika singgah ke Bali, pastikan anda mengunjungi berbagai spot wisata yang ada di sana. tidak lengkap rasanya, Jika anda berkunjung ke Bali hanya untuk melihat pantai kuta dan tanah lot. Cobalah untuk singgah ke wilayah pegunungan yang menawarkan udara sejuk.