Bukit Pergasingan salah satu dataran tinggi yang indah Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Bukit eksotis ini menawarkan berbagai pesona alam yang dapat memanjakan mata, mulai dari sabana, bukit nan hijau hingga keindahan Gunung Rinjani yang menjulang tinggi.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sembalun Lawang, Kec. Sembalun, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Ketika Anda bingung mengenai destinasi wisata apa yang akan dikunjungi saat liburan tiba, maka Bukit Pergasingan bisa menjadi jawabannya. Keindahan alam yang eksotis ditawarkan oleh destinasi wisata yang satu ini. Sehingga, sayang sekali apabila Anda belum pernah melihat pemandangan alam yang ada di sana.

Salah satu destinasi wisata yang sedang naik daun ini tidak hanya terkenal di tanah air saja, melainkan juga sampai ke manca negara. Hal itu terbukti dengan ada banyaknya wisatawan asing yang berkunjung ke bukit yang satu ini. Tentunya hal tersebut patut menjadi kebanggaan masyarakat yang ada di sekitar sana.

Meskipun telah menjadi destinasi wisata bukit yang paling terkenal di Daerah Lombok sana. Namun, ternyata masih ada saja orang yang belum mengetahui keberadaan dan detail dari destinasi wisata yang satu ini. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan berbagai hal yang berkaitan dengan destinasi wisata Bukit Pergasingan tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Pergasingan

Daya Tarik Bukit Pergasingan
Image Credit: Instagram.com @petualangindo_

1. Berada di Kawasan Gunung Rinjani

Bukit yang satu ini terdapat Gunung Rinjani yang mengelilinginya. Adanya Gunung Rinjani tersebut semakin melengkapi pemandangan indah yang ada di sana. Dari atas ketinggian bukit, Anda juga bisa menengok pemandangan dari Daerah Sembulan yang cantik. Pastinya hal tersebut akan membuat para pengunjung yang datang semakin betah berada di sana.

2. Negeri di Atas Awan

Daya tarik selanjutnya dari Bukit Pergasingan ini yaitu dijuluki dengan Negeri di Atas Awan. Hal tersebut karena lokasi dari bukit tersebut terbilang cukup tinggi, yaitu 1670 mdpl. Apabila sedang beruntung, dari puncak bukit ini Anda dapat menengok arak-arakan awan.

Hal tersebut benar-benar membuat seolah-olah sedang ada di negeri di atas awan. Oleh karena itu, sering sekali banyak wisatawan yang datang dan menyempatkan untuk menikmati sensasi dan singgah di negeri atas awan tersebut.

3. Suasana yang Menenangkan

Banyak sekali orang yang menginginkan suasana tentram dan menenangkan. Aktivitas sehari-hari yang membosankan dan melelahkan merupakan salah satu alasan umumnya. Sehingga, berwisata ke bukit yang satu ini tentu menjadi solusi yang tepat.

Hal tersebut karena bukit ini memiliki lokasi yang jauh dari hiruk pikuk ramainya perkotaan. Hamparan pemandangan alamlah yang akan menemani Anda selama berlibur ke destinasi wisata tersebut. Ketenangan yang ada di bukit ini pasti akan membuat para pengunjung semakin hanyut dibuatnya.

Daya Tarik Dimiliki Bukit Pergasingan
Image Credit: Google Maps (Adi Baok)

4. Panorama Sawah yang Indah

Selain pemandangan alam yang berasal dari pepohonan, masih ada sawah yang melengkapinya. Petak-petak sawah yang ada di bawah Bukit Pergasingan yang satu ini ialah milik para warga yang tinggal di kawasan sekitar sana. Anda juga akan semakin terpukau dengan sawah tersebut apabila melihatnya dari ketinggian. Pasalnya, bukan warna hijaunya sawah yang akan terlihat, melainkan warna-warni yang sangat menarik.

5. Udaranya Sejuk

Udara sejuk merupakan hal yang bisa Anda nikmati dengan bebas di bukit ini. Di sana udaranya cenderung bersih dan segar , dengan tidak ada polusi sama sekali. Udara sejuk yang dihasilkan di sini juga khas dengan udara pegunungan. Dengan begitu, liburan Anda di destinasi wisata yang satu ini akan terasa semakin nyaman.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Bukit Pergasingan

Alamat Bukit Pergasingan
Image Credit: Google Maps (Did Mild)

Bukit cantik ini terletak di Desa Sembalun, Lawang, Lombok Timur. Tepatnya memiliki lokasi yang sama dengan destinasi wisata alam Gunung Rinjani. Ada beberapa rute yang bisa dipilih untuk bisa sampai ke bukit yang satu ini.

Rute yang paling banyak digunakan oleh para wisatawan yaitu melalui Kecamatan Sembalun dan Desa Senaru. Kedua rute tersebut sudah memiliki akses jalan yang mudah dijangkau karena jalannya sudah diaspal semua.

Apabila memulai perjalanan dari Kota Mataram, maka untuk bisa sampai di bukit harus melewati jalur Senaru. Waktu yang akan dibutuhkan sekitar 30 menitan saja. Sedangkan, apabila Anda memulai perjalanan dari Kota Praya di Lombok Tengah, maka harus melalui Desa Sembalun Bumbung dahulu. Namun, waktu yang dibutuhkan tentu akan sedikit lebih lama.

Kebanyakan para wisatawan datang ke destinasi wisata ini dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Namun, bagi Anda yang tidak ingin membawa kendaraan pribadi, tidak perlu khawatir. Pasalnya sudah ada banyak jasa agen travel terpercaya yang akan mengantarkan Anda sampai pada tujuan.

Anda juga bisa mengakses rutenya pada peta yang ada di smartphone masing-masing. Hal itu dimaksudkan agar Anda tidak tersesat di tengah jalan saat sedang menuju ke destinasi bukit yang satu ini.

Harga Tiket Masuk Bukit Pergasingan Lombok

Harga Tiket Bukit Pergasingan
Image Credit: Google Maps (Redha Andika Ahdi)

Saat akan berlibur ke Bukit Pergasingan ini, para pengunjung harus menyiapkan sejumlah uang untuk membayar berbagai biaya yang wajib dikeluarkan. Salah satunya yaitu membayar tiket masuk ke destinasi wisata bukit yang satu ini. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena harga yang dipatok masih aman dengan kantong.

Untuk satu orang wisatawan, maka harus membayar sebesar 10 ribu rupiah saja untuk memasuki kawasan bukit. Destinasi wisata yang satu ini bisa Anda masuki setiap hari selama 24 jam penuh. Sehingga, para wisatawan dijamin bisa menikmati destinasi wisata ini dengan puas.

Selain tiket masuk, para wisatawan yang membawa kendaraan pribadi juga wajib membayar tarif yang sudah ditentukan. Untuk satu buah sepeda motor, tarif parkir yang harus dibayarkan yaitu sebesar 10 ribu rupiah. Sedangkan, untuk satu buah mobil, tarif parkir yang akan dikenakan yakni sebesar 25 ribu rupiah. Tarif tersebut masih tergolong umum dengan tarif parkir di tempat lain.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bukit Pergasingan

Kegiatan di Bukit Pergasingan
Image Credit: Google Maps (Sukran Mf)

1. Mendaki

Mendaki bukit merupakan salah satu kegiatan paling favorit dan menarik yang banyak dilakukan di sini. Terutama, dilakukan oleh kalangan anak muda bersama dengan teman maupun sahabat. Kegiatan yang satu ini tidak hanya menyenangkan, namun baik juga untuk melatih daya tahan tubuh. Apalagi, setelah sampai di puncak maka akan melihat pemandangan yang membuat lelah seketika sirna.

2. Camping

Jika camping biasanya dilakukan di hutan, pantai, atau dataran rendah lainnya, di sini Anda dapat merasakan sensasi camping di atas ketinggian. Hal ini tentu bisa menjadi salah satu pengalaman berharga yang tidak akan terlupakan seumur hidup. Jadi, saat berkesempatan mengunjungi tempat ini, jangan lewatkan untuk mencoba kegiatan yang satu ini.

3. Paralayang

Anda bisa mencoba kegiatan paralayang yang ada di Bukit Pergasingan ini. Anda akan terjun dengan bebas di hamparan sawah menggunakan paralayang. Tak ketinggalan pula dilengkapi dengan pemandangan dari Gunung Rinjani. Namun, jika Anda takut akan ketinggian, jangan cemas karena sudah disediakan pendamping professional yang akan siap untuk menemani kegiatan paralayang.

Kegiatan Menarik di Bukit Pergasingan
Image Credit: Google Maps (Chanel Berkah)

4. Menikmati Sunset

Pemandangan matahari terbenam yang ada di sini juga menjadi andalan para wisatawan yang datang. Warna sunset yang cantik berpadu dengan keindahan alam membuat siapapun akan terbuai. Lebih nikmat lagi apabila ditemani dengan beberapa cemilan yang sudah disiapkan sebelumnya.

5. Berfoto

Banyak sekali objek foto yang disajikan oleh destinasi wisata yang satu ini. Terutama pada objek alamnya yang sangat beragam. Anda dapat menghasilkan foto yang sangat estetik dan bagus. Banyak juga fotografer yang berburu foto di bukit yang satu ini.

Fasilitas yang Tersedia di Bukit Pergasingan Lombok Timur

Fasilitas di Bukit Pergasingan
Image Credit: Google Maps (Ancik Cik)

Sebagai salah satu wisata alam yang ada di Lombok, fasilitas yang disediakan untuk para wisatawan Bukit Pergasingan ini sudah cukup memadai. Hal ini dimaksudkan untuk menjamin segala keamanan dan kenyamanan para wisatawan yang berkunjung. Dengan begitu, para wisatawan tidak akan merasa kapok untuk datang lagi dan ingin selalu berlama-lama menghabiskan waktu di sana.

Fasilitas yang ada disini sangat beragam misalnya saja seperti transportasi, siaga bencana, area parkir yang luas, tempat makan dengan beragam menu dan harga, spot camping, serta dekat dengan pertamini. Semua fasilitas yang telah disebutkan tersebut juga tidak dibiarkan begitu saja, melainkan dikelola serta dirawat dengan sebaik mungkin.

Selain itu, ada juga penginapan yang dekat dengan lokasi destinasi wisata yang satu ini. Di Desa Sembalun ada beragam penginapan yang juga menawarkan pemandangan alam yang asri. Salah satu nama penginapannya yaitu Basecamp 1000 km. Penginapan tersebut memiliki kamar yang dapat digunakan oleh 4 orang dengan harga sekitar 200 ribu rupiah untuk satu malamnya.

Basecamp 1000 km ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti lahan parkir, aliran listrik, sumber air, dan matras. Penginapan ini cocok untuk para wisatawan yang ingin berlibur di bukit itu selama berhari-hari.

Nah, itulah tadi berbagai informasi yang berkaitan dengan Bukit Pergasingan yang ada di Lombok Timur. Jangan lupa untuk memasukkan destinasi wisata yang satu ini dalam daftar referensi tempat liburan yang nantinya akan Anda datangi.