Bukit Jambul, Menikmati Pemandangan Alam Indah Nan Hijau di Karangasem

Bukit Jambul, Menikmati Pemandangan Alam Indah Nan Hijau di Karangasem
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pesaban, Kec. Rendang, Kab. Karangasem, Bali.

Bukit Jambul merupakan objek wisata alam di Karangasem yang menawarkan panorama yang sangat menakjubkan. Tempat ini menjadi surga bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan hijau dan segar. Di bukit inilah, Anda bisa melihat lanskap menawan dari perbukitan, lembah, terasering sawah, hingga gugusan pulau dari kejauhan.

Pengunjung tidak hanya dimanjakan dengan pemandangan alamnya, tetapi juga suasananya yang begitu asri dan tenang. Pepohonan rindang dan lokasinya yang berada di ketinggian menjadikan tempat ini pas untuk Anda menikmati udara segar. Wisata alam yang bebas polusi dan bebas dari kebisingan ditawarkan untuk para wisatawan di sini.

Salah satu tempat wisata di Karangasem ini juga bisa menjadi destinasi menarik untuk hunting foto. Pemandangan yang begitu harmonis sangat bagus untuk dijadikan spot foto. Jika Anda penasaran dengan Bukit Jambul, simak ulasan mengenai daya tarik dan pesona keindahannya berikut ini.

Daya Tarik Wisata Bukit Jambul

Daya Tarik di Wisata Bukit Jambul
Photo by Google Maps Stefany Nyoman

1. Wisata Alam yang Sejuk

Bukit cantik ini menawarkan tempat wisata yang masih alami di ketinggian 500mdpl. Pastinya sudah bisa digambarkan bahwa tempat ini sangat sejuk. Udaranya begitu bersih dan segar karena jauh dari polusi kendaraan dan polusi udara lainnya. Pengunjung dapat merasakan angin berhembus yang sedikit dingin terlebih jika di pagi hari.

Biasanya kabut-kabut tipis masih menyelimuti perbukitan sehingga pengunjung perlu menggunakan jaket atau baju hangat. Pepohonan rindang yang ada di puncak bukit juga semakin menambah kesejukan di tempat ini.

Jika Anda setiap hari harus berkutat dengan udara kotor jalanan saat berangkat dan pulang kerja, datang ke wisata alam ini bisa menjadi pilihan bagus karena mungkin paru-paru Anda merindukan udara bersih dan sejuk seperti yang ada di Bukit Jambul. Tempatnya pun tidak terlalu penuh dengan wisatawan sehingga udara di tempat ini sangat terjaga.

2. Panorama Perbukitan Hijau dan Segar

Daya Tarik di Wisata Bukit Jambul
Photo by Google Maps Edy Gautama

Pengunjung akan disuguhkan dengan beragam lanskap dalam satu tempat. Salah satunya adalah lanskap perbukitan dan lembah yang tampak menawan dari kejauhan. Semuanya terlihat hijau dan menyegarkan mata. Pemandangan perbukitan berlapis menjadi salah satu daya tarik dari tempat ini.

Pemandangan bukit dan lembah dapat dilihat di sisi timur saat Anda berada di puncak Bukit Jambul ini. Panorama alam dengan warna-warna yang begitu menyegarkan mata dapat dinikmati oleh semua pengunjung. Semakin teduh dengan pepohonan rindang yang menghiasi kawasan wisata ini.

3. Pemandangan Terasering Sawah

Semuanya tampak hijau jika dilihat dari puncak bukit. Pemandangan hijau yang disuguhkan tidak hanya berupa perbukitan. Pengunjung dapat mengarahkan pandangan ke sisi selatan. Ya, pemandangan sawah hijau yang berundak-undak yang menjadi salah satu pesona keindahan tempat ini.

Terasering sawah di sini memang tidak terlalu luas seperti di Tegalalang, namun pemandangannya tidak kalah cantik untuk Anda nikmati. Pemandangan hijau dari sawah berundak ini tentu saja hanya bisa dinikmati saat sudah tiba musim tanam padi. Jika Anda datang saat musim panen, maka tidak ada pemandangan terasering sawah yang hijau.

4. Gugusan Pulau

Daya tarik lainnya dari wisata ini adalah pemandangan gugusan pulau yang terlihat begitu kecil dari kejauhan. Pulau-pulau kecil yang terlihat dari bukit ini merupakan gugusan Pulau Nusa Penida. Pemandangan di ujung ini seperti menjadi penyempurna panorama yang tersaji di Bukit Jambul.

Jika Anda bisa melihat Pulau Nusa Penida dari bukit ini, maka pemandangan laut di dekat pulau tersebut juga bisa terlihat. Tampak garis biru dari laut yang ikut menghiasi lanskap yang ditawarkan di tempat wisata ini. Pemandangan ini memang terlihat begitu kecil karena memang jaraknya yang jauh.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Bukit Jambul
Photo by Google Maps Adi Arifin

Tempat wisata di Kabupaten Karangasem, Bali ini merupakan salah satu destinasi wisata yang memiliki akses sangat mudah. Berada di Desa Pasaban, Rendang yang biasanya menjadi tujuan wisata setelah Pura Besakih. Bukit ini lokasinya sekitar 15k dari pura megah dan ikonik tersebut.

Jika Anda datang dari kawasan Pura Besakih, maka bisa lanjut ke arah Klungkung dengan perjalanan kurang lebih selama 30 menit. Sedangkan untuk Anda yang datang dari Kota Denpansar akan membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mencapai bukit yang jaraknya lebih dari 50km ini.

Tempatnya berada di jalur utama yang biasa digunakan untuk rute wisata Klungkung – Pura Besakih. Bukit Jambul dapat diakses dengan lebih mudah menggunakan kendaraan pribadi. Jalan-jalan di sekitar lokasi pun bagus sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan di jalan saat menuju bukit ini.

Harga Tiket Masuk Bukit Jambul Karangasem

Harga Tiket Masuk Bukit Jambul Karangasem
Photo by Google Maps Dwi Creative

Pengunjung dapat memasuki kawasan bukit dengan bebas tanpa perlu membayar tiket masuk, Ya, tepat wisata yang indah nan eksotis ini gratis untuk semua wisatawan yang datang. Pengunjung hanya perlu membayar parkir sekitar Rp 5.000,- jika membawa kendaraan pribadi.

Operasional tempat wisata alam ini adalah setiap hari dan selama 24 jam. Jadi untuk Anda yang sedang berencana mengunjungi Bukit Jambul namun tidak kunjung menemukan jadwal yang tepat, tidak perlu khawatir karena Anda bisa datang kapan saja.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Ragam Aktivitas Menarik Bukit Jambul
Photo by Google Maps Edy Gautama

1. Bersantai di Bukit Jambul

Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini memang kebanyakan adalah untuk sekadar bersantai dan menikmati waktu di alam bebas. Anda bisa mencari tempat yang nyaman dan teduh untuk sejenak bersantai dan melupakan segala beban yang ada di pikiran. Rasakan setiap hembusan anginnya dan suara-suara alam yang begitu menenangkan.

Anda juga bisa bersantai sambil menikmati minuman yang sudah dibawa. Walaupun berada di tempat yang sejuk, Anda tetap bisa merasa kehausan karena harus berjalan kaki yang tentu menguras tenaga. Air minum memang sangat dianjurkan untuk selalu dibawa saat berwisata, termasuk saat mampir ke bukit ini.

2. Menikmati Sajian Panorama Alam

Seringkali rasa bosan melanda saat tidak ada yang bisa dikerjakan. Namun hal tersebut akan berbeda jika Anda berada di Bukit Jambul Karangasem. Pengunjung tidak akan merasa bosan walaupun hanya duduk dan tidak melakukan apa-apa. Pemandangan indah dari berbagai lanskap yang tersaji akan membuat pengunjung lebih betah di tempat ini.

Bagaimana tidak? Satu tempat untuk menikmati berbagai keindahan, perbukitan, lembah, sawah, pulau, hingga laut. Mungkin waktu akan terasa lebih cepat saat berwisata ke tempat ini. Apalagi jika Anda membawa teman atau mungkin kerabat, peluangnya besar untuk Anda tidak bosan untuk menghabiskan waktu di tempat ini.

3. Berburu Foto

Bagi Anda yang hobi hunting foto dan mencari spot-spot yang bagus di sekitar Karangasem, bukit indah ini patut direkomendasikan. Tempatnya yang masih alami menyimpan beragam keindahan panorama alam yang bagus untuk diabadikan dalam kamera. Jadi jangan lupa untuk membawa kamera ponsel atau peralatan kamera lain saat mengunjungi tempat ini.

Bukit yang memiliki panorama menawan ini bisa menjadi lokasi yang bagus untuk Anda yang sedang berburu spot foto untuk prewedding atau keperluan lainnya. Jika ingin mendapatkan gambar yang lebih dramatis, disarankan untuk datang pagi hari sehingga Anda bisa foto dengan pemandangan putih-putih dari kabut tipis sebagai tambahan untuk estetika foto.

4. Wisata Kuliner

Bukit cantik yang berada di Pesaban, Rendang ini memang menawarkan wisata alam yang santai. Namun tidak hanya untuk jalan-jalan menikmati pemandangan, pengunjung juga bisa mencoba aktivitas lain seperti berburu kuliner. Aktivitas berburu makanan ini bisa Anda lakukan setelah puas menikmati panorama alam di Bukit Jambul.

Beberapa restoran dapat ditemukan di sekitar tempat ini. Anda bisa mencicipi masakan lezat dengan rempah-rempah khas Bali atau menu lainnya yang menggugah selera. Walaupun makanannya enak-enak, namun yang menjadi daya tariknya adalah tempat makan dan pemandangannya yang bagus. Jadi pengunjung dapat merasa lebih nyaman.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Bukit Jambul

Fasilitas Bukit Jambul
Photo by Google Maps Adi Arifin

Bali sangat terkenal dengan wisata kelas dunia dan berbagai fasilitasnya yang lengkap. Namun, tidak semua tempat wisata di Pulau Dewata ini memiliki fasilitas yang memadai. Beberapa tempat wisata yang masih alami memiliki fasilitas yang minim. Salah satunya adalah di Bukit Jambul ini.

Fasilitas yang sudah ada adalah tempat parkir yang ada di dekat gerbang masuk. Namun Anda tidak akan menemukan toilet, kamar mandi, musala, apalagi wahana permainan. Tempat ini memang masih sangat alami sehingga yang akan Anda temukan adalah bukit dan pemandangan indah di sekitarnya.

Jika ingin menggunakan toilet, pengunjung bisa mencari tempat makan terdekat yang ada di kawasan ini. Restoran atau tempat makan di sini menjadi salah satu fasilitas untuk pengunjung. Menu makanan tradisional nusantara dan beberapa menu makanan dari mancanegara bisa dipesan di tempat ini.

Itulah sekilas informasi yang perlu Anda ketahui tentang Bukit Jambul di Karangasem yang menawarkan daya tarik tersendiri. Bukit dengan pemandangan menakjubkan ini bisa masuk rekomendasi untuk destinasi liburan di Bali, khususnya di Karangasem.