Bukit Cemara, Menikmati Panorama Alam Eksotis dari Ketinggian di Karangasem

Bukit Cemara, Menikmati Panorama Alam Eksotis dari Ketinggian di Karangasem
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jungutan, Kec. Bebandem, Kab. Karangasem, Bali.

Pulau Bali memang selalu menyuguhkan destinasi wisata yang mempesona. Tidak hanya kecantikan pantainya, tetapi juga aneka tempat wisata lain. Salah satunya Bukit Cemara di Karangasem. Bagi Anda yang memiliki hobi berpetualang, bukit nan asri ini merupakan tempat yang cocok untuk dikunjungi. Keindahannya juga dapat merefresh otak.

Bukit yang berlokasi di salah satu desa yang ada di Kabupaten Karangasem ini memang belum begitu familiar di telinga para wisatawan. Jika dibandingkan dengan Bukit Campuhan dan Bukit Asah, nama Bukit Cemara masih sedikit terdengar asing. Hal ini disebabkan lokasinya yang masih tersembunyi sekaligus berada di sebuah pelosok desa.

Namun, Anda tidak perlu khawatir akan keindahan yang disuguhkan oleh bukit nan cantik ini. Selain dapat menikmati suasana yang masih asri, Anda juga dapat melihat keeksotisan Gunung Agung dari kejauhan. Inilah suatu ciri khas pemandangan unik yang mampu memanjakan mata wisatawan.

Daya Tarik Wisata Bukit Cemara

Daya Tarik Wisata Bukit Cemara
Photo by Google Maps IGA Wira Setiawan

1. Treking yang Menantang

Treking menuju lokasi bukit membutuhkan tenaga ekstra. Terdapat beberapa ruas jalur bebatuan yang menambah tingkat kehati-hatian. Bukit nan cantik ini juga memiliki tingkat kemiringan yang cukup curam. Itulah yang sering dijadikan alasan oleh para wisatawan untuk tidak berkunjung ke lokasi Bukit Cemara Bali.

Adapun untuk para pecinta hiking dan camping, tentu nuansa jalan yang terjal ini justru menjadi keunikan tersendiri untuk ditaklukan.

2. Pesona Keindahan dari Atas Bukit

Sesampainya di atas bukit nan menawan ini, Anda dapat melihat pemandangan yang sangat memukau. Anda akan menyaksikan keindahan hamparan perkampungan, birunya lautan luas yang membentang, serta kemewahan Puncak Gunung Agung. Siapapun yang menyaksikannya pasti akan merasa takjub.

Jika Anda datang di waktu pagi hari, Anda akan disuguhkan oleh keindahan alam sekitar gunung termasuk pesona sederet lembahnya. Rasa lelah karena perjalanan berliku yang sudah Anda tempuh, rasanya terbayar sudah karena keelokan pemandangannya.

Di waktu sore pun pemandangannya tak kalah menawan. Apabila cuaca sedang cerah, Anda akan dimanjakan oleh lukisan indah dari guratan jingga di langit. Ya, hal itu merupakan bagian keindahan saat suasana matahari terbenam.

3. Suasana yang Masih Asri

Daya Tarik di Wisata Bukit Cemara
Photo by Google Maps Никита Бочков

Bukit Cemara memiliki sejumlah pohon yang rimbun dan suasana yang sepi khususnya saat malam tiba. Nuansa seperti ini memberikan rasa keasrian yang masih terjaga.

Selain hal itu, penyebab nilai alami yang sangat terasa juga ada karena belum banyak wisatawan yang mengunjungi bukit tersembunyi ini. Sehingga keadaan alam sekitarnya tidak terlihat kotor dan udaranya masih terlindungi dari polusi.

4. Fenomena Gunung Agung

Gunung Agung merupakan salah satu gunung populer di Pulau Dewata. Di pagi hari bisanya puncak gunung masih diselimuti oleh kabut tebal sehingga menambah rasa dingin. Anda bisa memanfaatkan momen berkabut ini untuk dijadikan spot foto yang hits.

5. Cocok untuk Berkemah

Bukit Cemara nan elok ini memang terkenal sebagai lokasi tercantik untuk melakukan aktivitas camping. Hal ini disebabkan lokasinya yang masih sangat natural menyatu dengan alam. Jauh dari keramaian kota, polusi, kepenatan dan sebagainya sehingga cocok digunakan untuk berkemah.

Wisata Anda akan lebih mengasyikkan jika mengajak rombongan seperti keluarga, teman kerja dan sebagainya. Di malam hari Anda beserta rombongan bisa membuat acara sederhana seperti bernyanyi bersama untuk menambah rasa keakraban.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Bukit Cemara
Photo by Google Maps made sukman

Bukit cantik ini terletak di Desa Yeh Kori, Kecamatan Bandem, Kabupaten Karangasem, Bali. Rute menuju lokasi Bukit Cemara, jika dari Kota Denpasar bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1,5 jam perjalanan. Akan lebih cepat jika Anda menggunakan kendaraan pribadi khususnya sepeda motor.

Sesampainya di KUD Selat, Anda dapat memanfaatkan aplikasi google maps untuk lebih jelas menemukan lokasi bukit ini. Selain itu, Anda juga bisa bertanya dengan penduduk sekitar untuk sampai ke lokasi. Apabila Anda sudah menemukan papan yang bertuliskan Bukit Cemara itulah tanda berakhirnya perjalanan Anda. Anda sudah sampai di lokasi.

Harga Tiket Masuk Wisata Bukit Cemara

Harga Tiket Masuk Wisata Bukit Cemara
Photo by Google Maps Satyaprasavita Amerta

Wisata perbukitan di Bali ini tak pernah ada kata libur. Setiap hari beroperasi selama 24 jam. Apalagi jika di hari weekend atau libur panjang, wisatawan yang berkunjung lebih banyak daripada hari biasanya.

Bagi yang sudah pernah menapakkan kakinya ke bukit nan cantik ini, pasti tak pernah bosan dengan pemandangannya yang menakjubkan. Dari obrolan-obrolan tentang indahnya Bukit Cemara inilah banyak wisatawan yang merasa tertantang untuk membuktikan secara langsung.

Berapa harga tiket masuknya? Ya,untuk dapat menikmati pemandangan di bukit nan menawan ini, Anda tidak dikenakan biaya masuk atau gratis. Lokasinya yang berada di pelosok desa membuat perbukitan ini belum begitu terkenal sehingga siapapun yang berkunjung dapat menikmati keindahannya secara gratis.

Namun, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan serta keasrian lingkungan ya. Gratis bukan berarti Anda bisa bertindak semaunya. Jagalah keutuhan alamnya agar suatu saat bukit nan indah ini menjadi lebih populer di kalangan wisatawan.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Ragam Aktivitas Menarik di Bukit Cemara
Photo by Google Maps Bli Ermil

1. Menikmati Perjalanan Menggunakan Motor Trail

Perjalanan menuju lokasi Bukit Cemara memang menantang adrenalin. Medannya terjal bebatuan dan licin. Apalagi jika Anda datang saat musim penghujan. Anda harus ekstra waspada dan hati-hati.

Kondisi jalan yang masih berupa jalan setapak sehingga tidak memungkinkan Anda untuk membawa mobil. Anda harus menyusuri perjalanan dengan cara jalan kaki. Adapun jika memang ingin menantang adrenalin menggunakan kendaraan, yakni bisa menggunakan motor tril. Kegiatan seperti inilah yang banyak diminati oleh para wisatawan.

Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan pemandangan yang memukau. Kiri kanan terlihat pepohonan yang rimbun. Kicauan burung terdengar dengan merdu. Seolah rasa lelah Anda hilang begitu saja.

2. Melihat Panorama Keindahan Alam dari Ketinggian

Setelah Anda bekerja keras melakukan perjalanan untuk sampai ke lokasi, ada hal istimewa yang dapat ditemukan. Dari atas bukit Anda akan menyaksikan bentangan alam yang memanjakan mata.

Aneka ragam fauna dapat Anda saksikan dengan jelas seperti menemukan beragam tanaman hias yang cantik. Ada yang berbunga dan tidak berbunga.

Jika Anda ingin melihat pesona keelokan Gunung Agung dari Bukit Cemara, sebaiknya datanglah antara bulan September sampai November. Biasanya bulan-bulan ini masih musim penghujan sehingga di pagi hari Anda akan melihat tebalnya kabut yang menyelimuti seluruh puncak Gunung Agung.

3. Menikmati Udara Segar Tanpa Polusi

Wisata alam memang identik dengan udaranya yang segar. Nuansa seperti ini tentu tidak Anda dapatkan di daerah perkotaan yang ramai.

Anda dapat menikmati sejuknya suasana bukit diimbangi dengan udaranya yang terasa segar untuk dihirup. Hal ini karena adanya banyak pepohonan hijau.

4. Berburu Sunrise dan Sunset

Keberadaan sunrise dan sunset radalah hal yang selalu ditunggu-tunggu di Bukit Cemara. Keindahannya selalu memiliki makna berbeda bagi setiap yang melihatnya.

Bahkan beberapa wisatawan rela bermalam atau camping di bukit nan cantik ini demi bisa mendapatkan momen yang pas. Jika cuaca sedang cerah, tentu Anda bisa melihat mentari yang mulai menampakkan sinarnya. Sama halnya ketika sore hari ketika matahari mulai mengistirahatkan dirinya.

5. Berfoto di Spot yang Hits

Kegiatan berfoto di tempat yang hits menjadi salah satu hal yang paling banyak diminati wisatawan. Rasanya belum puas jika belum melakukan foto.

Di Bukit Cemara ini terdapat beberapa spot dengan landscape nya yang memukau yakni pepohonan yang rimbun, view Gunung Agung, bentangan alam dari atas bukit, dan masih banyak yang lainnya. Carilah view yang tepat sesuai dengan selera Anda.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Bukit Cemara

Fasilitas Bukit Cemara
Photo by Google Maps Satyaprasavita Amerta

1. Wilayah Camping

Bukit cantik ini memang identik dengan tempat campingnya. Jika Anda merasa penasaran akan dinginnya udara malam, maka Anda dapat melakukan camping di bumi perkemahan tersebut. Namun, Anda harus membawa perlengkapan sendiri karena di tempat ini belum menyediakan fasilitas lengkap untuk camping.

2. Warung

Keberadaannya yang masih belum banyak dikenal wisatawan, membuat Bukit Cemara belum memiliki fasilitas yang memadai seperti warung-warung kuliner yang berkelas. Anda hanya akan menemukan warung-warung sederhana dengan aneka jajanan ringan.

Anda dapat memesan aneka makanan atau minuman ringan, seperti gorengan, mie instan, kue, dan cemilan lainnya. Untuk minumnya ada kopi, teh, susu, wedang jahe, dan masih banyak lainnya.

Oleh karena itu, sebaiknya bawalah perlengkapan yang cukup jika Anda memiliki niat untuk melakukan camping. Bawalah perlengkapan untuk kebutuhan diri pribadi. Dan jangan lupa untuk memakai kostum yang memberikan rasa hangat, karena di malam hari udara kawasan perbukitan terasa sangat dingin.

Itulah beberapa hal menarik seputar Bukit Cemara yang hits di Karangasem, Bali. Setelah membaca keunikannya, masihkah Anda ragu untuk mengunjunginya? Ayo, segera agendakan liburan Anda ke bukit nan cantik ini. Dijamin Anda akan merasa nyaman dan betah berlama-lama ketika sudah mengetahui keindahannya. Selamat berlibur ya semoga semakin berkesan.