Menikmati alam pedesaan di Pulau Bali terasa menyenangkan dan menenangkan. Bukit Campuhan menjadi salah satu yang tempat yang menawarkan keindahan alam pedesaan dan area trekking terbaik di Ubud.

Lokasi: Jl. Bangkiang Sidem, Kelusa, Kec. Payangan, Kab. Gianyar.
Map: Cek Lokasi

Bukit Campuhan merupakan salah satu tempat wisata di Ubud, Bali yang mulai hits di kalangan wisatawan. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan dan suasana yang berbeda dari tempat wisata di Bali lainnya. Landscape desa Ubud menjadi sajian utama dari tempat wisata ini.

Jika Bali identik dengan pemandangan biru dan eksotis pantainya, bukit ini menawarkan pemandangan hijau yang menyegarkan mata. Tempat wisata yang berada di daerah cukup sejuk ini bisa menjadi alternatif liburan Anda di Bali, terutama untuk wisatawan yang datang dengan pasangan atau sahabat.

Menikmati pemandangan hijau di Bukit Campuhan akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Apalagi tempat wisata ini tidak dilalui kendaraan, udaranya pun benar-benar segar dan bebas polusi. Wisatawan dapat berjalan kaki dengan santai dan leluasa untuk menikmati pesona keindahan alam pedesaan di Ubud.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Campuhan

Daya Tarik Bukit Campuhan
Image Credit: Google Maps (Arta Adyguna)

Pengunjung tempat wisata di Ubud selalu meningkat terutama saat musim liburan tiba. Wisatawan datang ke tempat wisata ini untuk bisa langsung menikmati pesona keindahan dan daya tarik Bukit Campuhan. Berikut adalah beberapa daya tarik yang ditawarkan.

1. Landscape Desa Ubud yang Hijau

Wisatawan yang datang ke bukit ini dapat langsung melihat pemandangan hijau yang tersaji di sekeliling tempat wisata ini. Panorama alam pedesaan yang tentu memanjakan mata siapa saja yang melihatnya. Menyuguhkan pemandangan alam Desa Ubud yang sangat khas dengan hijau-hijaunya pepohonan. Anda juga bisa melihat beberapa hotel dan penginapan dengan bangunan khas Bali di sekitar bukit ini.

Rumput ilalang yang tinggi dan hijau menjadi daya tarik utama dari wisata bukit ini. Pemandangan seperti ini akan menemani Anda selama menghabiskan waktu liburan di tempat ini.

BACA JUGA:  Mandala Wisata Wenara Wana, Pesona Cagar Alam & Kompleks Candi di Ubud

2. Suasana Pedesaan yang Tenang

Bukit Campuhan ini tidak terlalu jauh dari Kota Kuta. Namun lokasi bukit ini juga tidak terlalu dekat perkotaan maupun jalan raya. Hal tersebut menjadikan tempat wisata yang satu ini memiliki suasana yang cukup tenang.

Wisatawan dapat menikmati suasana khas pedesaan dengan suara-suara burung di sekitarnya. Anda tidak akan terganggu dengan deru suara kendaraan yang biasanya didengar saat Anda berada di kota-kota di Pulau Bali ini.

Suasana yang menenangkan di tempat ini tentu bisa dimanfaatkan untuk Anda yang ingin melepas penat dan refreshing untuk menyegarkan pikiran. Walaupun saat musim libur, tempat ini lebih ramai, wisatawan tetap bisa menikmati suasana yang cukup tenang di bukit hijau ini.

Bukit Campuhan
Image Credit: Indonesia.wpdevcloud.com

3. Udara yang Segar dan Bebas Polusi

Jika Anda sedang berada di perkotaan terutama yang ramai lalu lintas, bising dan panas menjadi hal yang biasa Anda rasakan. Bagi Anda yang ingin kabur sebentar dari keramaian dan kebisingan kota, Anda bisa mengunjungi Bukit Campuhan di Ubud, Bali.

Tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan alam yang asri ini memiliki hawa yang sejuk dan udara yang bersih. Banyak pepohonan dan perbukitan hijau yang mengelilingi tempat ini membuat bukit ini memiliki hawa yang begitu segar.

Lokasinya yang memang tidak untuk kendaraan bermotor, menjadikan tempat wisata ini bebas polusi. Wisatawan pun dapat menikmati kesejukan udara sambil berjalan-jalan menyusuri setapak.

4. Ridge Walk yang Populer

Bukit Campuhan sangat terkenal dengan ridge walk sepanjang 2km. Wisatawan bisa menyusuri jalanan setapak yang dibangun di atas bukit ini. Kondisi jalan setapak ini pun bagus dan sangat populer di kalangan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Ridge walk di bukit ini bahkan menjadi salah satu tempat wisata yang instagramble di Bali. Banyak wisatawan yang sengaja datang ke tempat ini untuk hunting foto dan mencoba spot-spot foto terbaik yang ada di bukit.

5. Pura Gunung Lebah

Salah satu daya tarik adalah Anda bisa melihat Pura Gunung Lebah. Pura tersebut berada di bukit yang dikelilingi oleh 2 aliran sungai. Pemandangannya pun semakin indah dengan rumput-rumput ilalang berwarna hijau yang menyegarkan mata.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Wisata Bukit Campuhan

Lokasi Wisata Bukit Campuhan
Image Credit: Google Maps (Herman Kesuma)

Lokasi bukit cantik ini berada di daerah Ubud, Bali. Jika Anda berada di pusat Kota Kuta, lokasi bukit ini bisa dicapai dengan perjalanan sekitar 1 jam. Arahkan kendaraan Anda ke barat menuju Ubud. Patokannya adalah Hotel Ibas yang berada di Ubud, Bali.

BACA JUGA:  Mason Elephant Park Bali, Nikmati Pengalaman Wisata Seru Naik Gajah

Selanjutnya belok kiri sebelum jembatan Ampuhan. Anda bisa parkir kendaraan di dekat sekolah SMK atau di tempat parkir yang sudah sediakan. Biasanya akan ada pemuda-pemuda Bali yang membantu wisatawan mencapai lokasi Bukit Campuhan.

Perjalanan dari tempat parkir ke lokasi bukit sekitar 9 menit dengan berjalan kaki. Selanjutnya Anda sampai di tempat wisata yang indah ini dan bisa menikmati alamnya dengan berjalan kaki atau naik sepeda.

Wisatawan dapat menikmati keindahan bukit ini tanpa membayar tiket masuk. Tempat wisata ini dapat dikunjungi kapan saja dan gratis. Bukit Campuhan buka selama 24 jam dan bisa menjadi pilihan destinasi menarik untuk menikmati wisata Bali.

Wisatawan hanya perlu membayar sewa sepeda, apabila ingin menyusuri tempat ini dengan naik sepeda. Jika hanya ingin jalan-jalan, maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bukit Campuhan

Kegiatan di Bukit Campuhan
Image Credit: Google Maps (Kerisnarendra)

1. Jalan-jalan

Liburan tidak harus melelahkan dengan aktivitas-aktivitas berat. Anda bisa menikmati liburan dengan cara santai seperti berjalan-jalan di Bukit Campuhan. Bukit ini memiliki jalan setapak yang tertata rapi dan cantik. Anda bisa menyusuri jalanan setapak di atas bukit tersebut sambil menikmati pemandangan indah di sekelilingnya.

Jalan-jalan santai juga bisa menjadi pilihan liburan yang romantis untuk Anda dan pasangan. Cocok untuk dijadikan alternatif destinasi liburan honeymoon. Selain romantis, tempat wisata ini juga gratis yang semakin menarik banyak wisatawan untuk datang.

2. Jogging

Ridge walk yang dibangun di bukit ini dapat dimanfaatkan untuk wisatawan yang ingin jogging. Bagi Anda yang datang pagi hari, kegiatan jogging di tempat ini tentu akan menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan. Jalur trek yang ada sangat indah dan kondisinya pun sangat baik.

Bagi Anda yang biasa jogging di kompleks perumahan dan merasa bosan, Anda bisa mencoba jogging di Bukit Campuhan ini. Selain menyehatkan, aktivitas jogging di tempat yang indah seperti ini tentu dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Ditambah lagi dengan kesejukan suasana dan udara yang ada di bukit ini.

3. Naik Sepeda

Liburan ke Bali selalu identik dengan jalan-jalan ke pantai. Cara berbeda untuk menikmati liburan di Pulau Dewata ini dapat dilakukan dengan mengunjungi bukit cantik di Ubud ini. Bukit ini mudah diakses oleh wisatawan yang datang dari Kuta atau daerah-daerah lain di Bali.

BACA JUGA:  Hidden Canyon Beji Guwang, Wisata Seru dan Menantang di Bali

Salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi tempat wisata ini adalah naik sepeda. Setelah memarkir kendaraan di tempat parkir, Anda bisa menyewa sepeda untuk mencapai lokasi bukit. Wisatawan dapat menyewa sepeda dengan tarif yang sangat terjangkau.

Ajak teman atau rombongan Anda untuk bersepeda menyusuri jalanan-jalanan di Bukit Campuhan. Sebaiknya jangan terlalu cepat mengayuh sepedanya, agar bisa menikmati suasana di bukit ini dengan lebih maksimal.

4. Foto-foto

Tempat-tempat wisata di Bali memang selalu menawarkan daya tariknya masing-masing. Bukit ini dengan daya tariknya berupa landscape perbukitan hijau dan rumput ilalangnya adalah salah satu yang ditawarkan wisata Bali.

Saat mengunjungi tempat secantik ini akan rugi jika tidak berfoto-foto. Ada banyak tempat menarik yang bisa digunakan untuk spot foto Anda. Mulai dari ridge walk, pemandangan bukit yang hijau, pura, hotel, dan masih banyak lagi.

5. Berburu Sunset

Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan saat mengunjungi Bukit Campuhan adalah berburu sunset. Anda bisa menunggu matahari terbenam untuk menikmati suasana yang berbeda dari tempat wisata ini. Pemandangan yang hijau dan segar secara perlahan terlihat lebih hangat dengan warna-warna senja.

Wisatawan dapat melihat matahari yang mulai tenggelam di balik perbukitan di sekitar tempat ini. Menyisakan siluet-siluet perbukitan yang memberikan pemandangan unik dari bukit ini.

Fasilitas yang Tersedia di Bukit Campuhan Ubud

Fasilitas di Bukit Campuhan Ubud
Image Credit: Google Maps (Christian Indrajaya)

Tempat wisata yang buka selama 24 jam ini menyediakan beberapa fasilitas seperti penyewaan sepeda. Wisatawan bisa menyewa sepeda untuk digunakan menyusuri jalanan setapak di Bukit Campuhan. Sewa sepeda di tempat ini sangat terjangkau hanya sekitar Rp 15.000,- saja.

Fasilitas tempat parkir disediakan di bawah untuk parkir kendaraan wisatawan. Bukit ini memiliki beberapa anak tangga sehingga tidak bisa dilewati oleh kendaraan. Wisatawan yang membawa kendaraan bisa parkir di tempat yang sudah disediakan dan lanjut dengan berjalan kaki atau naik sepeda.

Itulah beberapa informasi menarik mengenai tempat wisata Bukit Campuhan yang berada di Ubud, Bali. Tempat wisata ini tentunya bisa menjadi alternatif lain untuk Anda menikmati pesona keindahan Pulau Dewata.