Belayu Florist adalah destinasi wisata kekinian di Tabanan, Bali yang dihiasi dengan indahnya warna-warni taman bunga. Agrowisata ini memiliki berbagai spot foto yang instagenic.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Batannyuh, Kec. Marga, Kab. Tabanan, Bali.

Jika Anda mengira kawasan Pulau Dewata hanya memiliki destinasi yang itu-itu saja seperti pantai, atau pun Monumen Garuda Wisnu Kencana maka Anda salah. Belayu Florist merupakan salah satu destinasi yang menarik dan berbeda dari yang biasanya ada di Bali.

Destinasi ini merupakan sebuah hamparan kebun yang ditumbuhi dengan beragam jenis bunga yang memiliki warna cantik. Kawasan ini banyak menarik perhatian pengunjung karena indahnya hamparan bunga yang berada di kebun ini.

Destinasi Belayu Florist didirikan pada tahun 2018 awalnya tempat ini merupakan sebuah lahan produksi bunga yang akan dikirim untuk beberapa kawasan di Bali. Kemudian datang beberapa pengunjung yang berfoto dan menguploadnya di sebuah akun media sosial. Dari sinilah banyak pengunjung yang datang dan tempat wisata ini semakin banyak dikenal oleh pengunjung.

Daya Tarik Wisata Belayu Florist

Daya Tarik Belayu Florist
Image Credit: Google Maps (Belayu Florist Agroturisem)

1. Hamparan Taman Bunga

Terdapat hamparan taman bunga yang memiliki berbagai jenis bunga dengan warna-warni yang menjadi sebuah daya tarik tersendiri. Beberapa jenis bunga yang ada di Belayu Florist adalah bunga matahari, bunga celosia atau biasa dikenal dengan bunga cengger ayam dan banyak jenis bunga lainnya. Destinasi ini menawarkan sebuah hal yang unik dan berbeda dari tempat destinasi lainnya yang berada di Bali.

Karena berada di area outdoor maka sebaiknya Anda berkunjung kesini saat cuaca sedang cerah atau tidak dalam kondisi yang panas terik. Jika saat Anda berkunjung kondisi cuaca panas terik dan tidak membawa topi atau payung untuk menutupi dari sengatan sinar matahari. Anda dapat menyewa topi dan payung di destinasi agrowisata ini. Sebaiknya saat berkunjung kesini Anda juga membawa sunblock.

2. Spot Foto Instagramable

Terdapat banyak spot foto yang instagramable yang dibuat untuk membuat para pengunjung semakin betah. Apalagi untuk Anda yang memang menyukai berselfie pasti akan betah saat berada di sini. Salah satu spot fotonya adalah gapura saat masuk ke area ini, gapura yang terbuat dari bambu memang dibuat secantik mungkin untuk menjadi spot foto.

Pada awalnya area ini merupakan kebun yang menjadi pemasok bunga untuk kawasan Denpasar dan Nusa Dua. Namun ketika ada pengunjung yang datang karena tertarik dengan indahnya warna bunga di sini, mereka mengambil gambar dan menguploadnya di akun media sosial. Setelah hal ini kemudian banyak pengunjung yang datang kesini.

Pihak pemilik tidak melakukan kegiatan promosi namun tempat ini menjadi viral karena hal itu dan semakin dikenal banyak orang. Karena semakin banyak pengunjung yang datang ke sini pihak pemilik dan pengelola menambahkan fasilitas spot foto instagramable dan menarik. Agar terdapat banyak hal yang dapat dieksplore oleh pengunjung.

Beberapa spot foto yang ada di area ini seperti spot foto yang memiliki kesan romantis yaitu tulisan I Love U. Lalu ada sepeda ontel tua yang disebut sebagai ontel cinta dan terdapat taman terdapat pula taman bunga celosia. Taman bunga celosia ini menjadi tempat favorit pengunjung untuk mengabadikan momen, para pengunjung terpuku dengan warna kuning dan merah yang cantik dari bunga ini.

Daya Tarik Belayu
Image Credit: Google Maps (Ryn)

3. Kebun Bunga Matahari

Memiliki ladang bunga matahari yang tinggi menjulang dan tertata rapi, apalagi saat Anda berkunjung waktu bunga matahari bermekaran. Ini merupakan pemandangan cantik yang jarang Anda temui dan sebuah momen langka. Para pengunjung yang datang biasanya memang mengincar momen ini karena merupakan pemandangan yang langka.

Tempat seperti ini merupakan daya tarik lain yang dimiliki oleh pulau Bali selain dari keindahan pantainya. Jika saja tempat ini lebih perhatikan pastinya akan mendatangkan lebih banyak pengunjung yang datang.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Belayu Florist

Alamat Belayu Florist
Image Credit: Google Maps (Agas Maha Astra)

Tempat wisata yang cantik ini berlokasi di Kabupaten Tabanan, Kecamatan Marga, Banjar Batanyuh Jl. Wisnu Marga. Destinasi Belayu Florist memiliki jarak yang tak jauh dari beberapa tempat wisata lain seperti Sangeh Monkey Forest, Alas Kedaton, The Kranjang Bali dan lain sebagainya.

Berjarak kurang lebih sekitar 7 km dari Denpasar, akan memakan waktu sekitar 45 menit sampai 1 jam dengan mengendarai kendaraan roda empat dan roda dua. Jika Anda merupakan pengunjung yang berasal dari daerah Luar Bali terdapat beberapa tempat penyedia sewa kendaraan.

Untuk pengunjung yang berasal dari Denpasar Anda dapat melewati rute dari jalan Cokroaminoto lalu mengarah ke jalan Raya Sempidi kemudian ke arah jalan Raya Lukluk. Dari jalan ini Anda menuju ke Jalan Raya Kapal lalu ke Jalan Walimik setelah itu ke Jalan I Gusti Ngurah Rai. Berikutnya ke arah Jalan Wisnu Marga Belayu dan sampailah Anda ke destinasi wisata ini.

Untuk lebih mudahnya Anda dapat melihat lokasi wisata di google maps. Destinasi ini mudah untuk Anda kunjungi selain dekat dengan destinasi lainnya dan biaya masuk ke wisata ini juga terjangkau.

Harga Tiket Masuk Belayu Florist Tabanan

Harga Tiket Belayu Florist
Image Credit: Google Maps (Tri Bayu Sanjaya)

Untuk masuk ke dalam kawasan agrowisata ini Anda perlu mengeluarkan biaya Rp.5000 per orang. Ini merupakan harga yang sangat terjangkau untuk sebuah destinasi wisata yang menyajikan sebuah pemandangan hamparan taman bunga. Tempat wisata ini memiliki jam buka mulai dari jam 08.00 sampai 19.00 WITA setiap hari. Jadi untuk Anda dapat datang ke sini setiap saat.

Meski buka muali dari pagi disarankan bagi Anda yang hendak berkunjung ke destinasi ini untuk datang waktu pagi hari untuk menghindari keramaian. Selain itu, ketika Anda berkunjung di saat cuaca dengan panas terik di sini juga terdapat penyewaan topi dan payung agar terhindar dari panas. Untuk biaya sewa dari topi Rp 5.000 dan biaya sewa dari payung Rp 10.000.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Belayu Florist

Aktivitas di Belayu Florist
Image Credit: Instagram.com @trisna_wulan18

1. Mengabadikan Momen

Karena memiliki sebuah pemandangan dari hamparan kebun bunga yang cantik menjadikan tempat ini disukai oleh para pengunjung. Bagi Anda yang memburu destinasi wisata dengan spot foto alami yang instagramable, maka tempat ini merupakan destinasi yang wajib untuk dikunjungi.

Banyak pengunjung yang datang karena tertarik dan ingin berselfie di hamparan kebun bunga. Namun, seiring dengan banyaknya pengunjung yang datang pihak pemilik dan pengelola destinasi wisata melengkapi dengan banyak spot foto instagramable. Dengan adanya spot foto ini pengunjung semakin suka dan betah berada di sini.

2. Bersantai di Kebun Bunga

Memiliki area kebun yang di tumbuhi banyak bunga dengan aneka ragam dan jenis menjadikan tempat ini cocok untuk Anda bersantai menikmati keindahannya. Bersantai untuk melepas penat dan suntuk sembari menikmati suasana yang asri dengan angin sepoi-sepoi.

Di destinasi ini sudah terdapat fasilitas pondok atau gazebo yang bernama Bale Bengong yang memang untuk tempat pengunjung bersantai. Pengunjung dapat beristirahat sembari mencicipi makanan yang dijajakan oleh pedagang di sekitar tempat ini.

3. Membeli Oleh-Oleh

Tiap daerah yang ada di Indonesia pastinya memiliki sebuah oleh-oleh khas dari suatu destinasi wisata. Anda juga akan menjumpai oleh-oleh khas yang dijual oleh pedagang di sekitar area Belayu Florist. Terdapat penjual ukiran khas Bali jenis gebyog pengunjung dapat membeli ukiran ini sebagai sebuah oleh-oleh saat berkunjung ke sini.

Dijamin buah tangan yang Anda beli di sini tak akan dijumpai pada lain destinasi. Buah tangan ini nantinya dapat Anda gunakan sebagai hiasan atau kenang-kenangan ketika pulang dari berkunjung di sini. Buah tangan ini banyak di sukai oleh pengunjung yang datang dan membelinya.

Aktivitas Belayu Florist
Image Credit: Instagram.com @da_karuniadewi

4. Berkunjung ke Objek Wisata Disekitarnya

Lokasi Belayu Florist berada tak jauh dari Denpasar sehingga memiliki akses yang dekat dengan beberapa destinasi yang berada tak jauh dari tempat ini. Beberapa destinasi yang berada disekitar kawasan ini seperti Sangeh Monkey Forest dan beberapa destinasi lainnya. Beberapa destinasi yang berada di sekitar tempat ini juga memiliki keindahan alam yang menarik untuk dikunjungi.

5. Kulineran di Agrowisata

Di sekitar area tempat ini terdapat beberapa warung dan penjual yang menjajakan makanan. Makanan yang dijajakan terdapat makanan khas daerah Bali maupun makanan lainnya. Anda dapat menikmati makanan yang sudah dipesan sembari menikmati keindahan dari hamparan bunga warna-warni.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Belayu Florist Tabanan

Fasilitas di Belayu Florist
Image Credit: Google Maps (Linny Ariena)

Sudah terdapat banyak fasilitas yang memadai untuk memenuhi kebutuhan dari pengunjung yang datang. Terdapat fasilitas yang tersedia seperti Bale Bengong untuk tempat beristirahat para pengunjung. Pihak pengelola tempat ini sudah semakin memperbaiki dan mengembangkan semua fasilitas yang ada untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.

Destinasi Belayu Florist wajib Anda kunjungi saat berkunjung ke Pulau Dewata, destinasi ini menawarkan keindahan yang berbeda dari yang biasa di jumpai di sana. Karena destinasi yang terdapat di Bali bukan hanya pantai saja melainkan banyak destinasi lainnya salah satunya kawasan ini. Sebaiknya pemerintah dapat membantu promosi wisata seperti ini agar semakin dikenal dan didatangi banyak pengunjung.