Bedugul Botanical Garden, kebun raya terluas di Indonesia yang menarik dikunjungi untuk rekreasi, pendidikan dan pelestarian tumbuhan. Keindahan kebun botani Eka Karya wajib Anda jelajahi saat berada di Bali.

Lokasi: Jl. Kebun Raya, Batunya, Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan.
Map: Cek Lokasi

Bedugul Botanical Garden atau lebih sering disebut Kebun Raya Bedugul adalah sebuah tempat yang memegang posisi pertama kebun raya terluas di Indonesia. Taman Botani yang terletak di Kecamatan Baturiti, Tabanan ini adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika Anda datang ke Bali.

Taman botani ini memiliki pemandangan yang sangat indah dimana terdapat bunga bermacam warna serta rerumputan hijau yang memanjakan mata. Terletak di dataran tinggi membuat tempat ini mempunyai udara yang sejuk tetapi lebih cenderung ke dingin. Disarankan Anda memakai jaket saat berada di sini.

Diresmikan pada tahun 1959, taman botani bernama asli Kebun Raya Eka Karya Bali ini biasanya akan sangat ramai jika musim liburan tiba. Mereka yang ingin merasakan kesejukan dan keasrian di sini akan datang pada jam buka taman, yaitu jam 8 pagi hingga 6 sore WITA. Pada perayaan Hari Raya Nyepi, demi menghormati kegiatan keagamaan di Bali, tempat ini akan diliburkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Kebun Raya Bali

Daya Tarik Kebun Raya Bali
Image Credit: Google Maps (Roozbeh Rahiminejat)

1. Pemandangan Danau Beratan dan Pura Ulun Danu

Danau Beratan sendiri adalah tempat yang berdekatan dengan taman botani ini. Sebuah danau yang dikelilingi bukit yang tinggi dan indah. Di tengah danau ini terdapat sebuah pura yang terlihat seolah mengambang di atas air. Pura ini disebut Pura Ulun Danu.

Sama-sama berada di dataran tinggi membuat kedua tempat ini sering terlihat adanya kabut. Juga suasananya yang dingin, diharapkan kepada para pengunjungnya untuk memakai jaket atau pakaian tebal lain.

2. Perkebunan dan Taman yang Indah

Terdapat banyak taman yang masing-masing menanam berbagai macam bunga. Beberapa diantaranya adalah taman Kaktus, taman Anggrek, kebun Mawar, taman Kaktus, tumbuhan Paku, Begonia dan lain lain. Dengan pemandangan yang eksotis, taman-taman ini memiliki sisi keindahannya masing-masing.

BACA JUGA:  Pemandian Air Panas Penatahan, Wisata Air Panas Alami di Tabanan Bali

Bedugul Botanical Garden sendiri berada pada dataran tinggi. Dengan luas tanah 157.5 hektar dan terletak pada ketinggian 1.240 meter di atas permukaan laut membuat tempat ini terkenal sejuk dan dingin. Taman botani ini juga disebut sebagai paru-paru udara di Bali.

3. Ramayana Boulevard

Ramayana Boulevard sendiri adalah sebuah jalan dari gerbang utama dan mengarahkan Anda menuju Kantor Administrasi Kebun Raya Bali. Di sepanjang jalan ini terdapat pemandangan eksotis yang mampu menyihir mata Anda.

Sederet patung yang membentuk wajah dari para tokoh cerita epos Ramayana yang terkenal di Indonesia, yakni patung Sri Rama dan Dewi Shinta serta beberapa tokoh lain. Patung-patung itu seolah menceritakan kisah Ramayana dari saat Rama berburu kijang, Shinta diculik, hingga akhirnya Rahwana gugur.

Daya Tarik yang Dimiliki Kebun Raya Bali
Image Credit: Google Maps (Bob N3)

4. Candi Bentar

Candi Bentar adalah gerbang masuk yang akan Anda temukan ketika memasuki Bedugul Botanical Garden ini. Bentuknya seperti sebuah candi yang terbelah (Bentar) sesuai namanya, seperti bangunan pura kebanyakan di Bali.

5. Pura Batumeringgit dan Pura Terataibang

Di belakang kompleks Pura Batumeringgit terdapat banyak patung yang disucikan, sementara di sisi kirinya ada bangunan konco (Buddhis). Sementara Pura Terataibang yang ada di tengah hutan bawah lereng adalah sumber jalan keluar dari belerang di sekitar sana. Jika terdapat perayaan hari keagamaan, terkadang diadakan upacara sembahyang di dua tempat ini.

6. Situs Patung Singa Mendekam

Situs ini merupakan sebuah patung singa yang terdiam dalam posisi mendekam. Patung ini dikeramatkan oleh penduduk maupun pengelola Kebun Raya Bedugul. Terletak di tengah hutan, 300 meter dari jalanan aspal, Anda akan menemukan situs yang diselimuti lumut hijau tersebut.

7. Taman Panca Yadnya dan Taman Usada

Taman seluas 5.53 hektar ini memiliki lebih dari 218 koleksi tumbuhan dari berbagai kabupaten di Bali. Jenis yang dikoleksi di sini adalah tanaman yang digunakan sebagai sesaji, upacara keagamaan, dan lain-lain.

Dan Taman Usada, sebuah tempat dimana tertanam lebih dari 300 tumbuhan tradisional yang berkhasiat. Dengan luas 1.600 meter persegi, tempat itu khusus untuk jenis tanaman obat.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Bedugul Botanical Garden

Lokasi Bedugul Botanical Garden
Image Credit: Google Maps (Yonnas Grey)

Terletak di Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali, Taman Botani Bedugul ini mempunyai beberapa rute perjalanan dari berbagai tempat. Sebagai contoh, ketika Anda berkendara dari Denpasar, Anda membutuhkan waktu 1 jam 14 menit perjalanan dengan jarak tempuh sejauh 63 kilometer.

BACA JUGA:  Danau Beratan, Wisata Alam Eksotis di Bedugul Bali

Ada juga rute yang berjarak 40 kilometer jika Anda memulai perjalanan dari Singaraja, Kabupaten Buleleng. Lalu jika Anda memulai dari Wisata Kintamani, Anda akan sampai di Kebun Raya Bedugul setelah melalui 57 kilometer.

Sama seperti tempat wisata lain di Pulau Dewata, Kebun Raya Bedugul juga memiliki tarif yang dibebankan kepada pengunjung. Wajib diketahui, ketika Anda memasuki Kawasan ini, Anda yang memiliki kendaraan selain mobil diharapkan memarkirkan kendaraan Anda di tempat parkir yang disediakan.

Luasnya taman botani ini membuatnya menjadi tidak mungkin jika ditelusuri hanya dengan jalan kaki, kecuali jika Anda memang ingin berjalan-jalan santai di sekitaran taman.

Untuk patokan harga parkir kendaraan, Anda akan dikenai 3000 rupiah jika Anda memakai motor. Untuk beroda empat selain mobil yang akan memasuki kawasan taman dikenai 12.000 rupiah. Sementara jika Anda ingin memarkirkan mobil Anda di tempat parkir, biaya yang akan dikeluarkan adalah 6000 rupiah.

Menurut update tiket masuk Bedugul Botanical Garden pada setiap 2 Januari di tahun 2020, harga tiket masuk per orangnya adalah 9000 untuk wisatawan domestik dan 17000 untuk wisatawan luar negeri. Harga ini berlaku bagi segala usia.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bedugul Botanical Garden

Kegiatan di Bedugul Botanical Garden
Image Credit: Google Maps (Callista Elsa)

1. Piknik Bersama Keluarga

Sudah diketahui banyak orang bahwa taman botani ini memiliki kawasan yang luas, bahkan Anda harus menggunakan mobil jika ingin mendatangi setiap sisi taman botani dengan nyaman. Tempat yang sangat luas dan sejuk ini sangat cocok digunakan untuk berpiknik dan jalan-jalan bersama keluarga.

Berpiknik di Bedugul Botanical Garden dapat membuat anda merasa tersihir dengan suasana yang ada disana. Pemandangan yang sangat asri dengan pepohonan yang hijau dan asri akan membuat anda dan keluarga merasa betah dan ingin berlama-lama untuk berada disana.

Selain itu, kebun raya ini sendiri tidak memiliki fasilitas rumah makan atau warung terdekat di sana, jadi Anda harus membawa bekal sendiri ketika berkunjung ke sana agar anda dan keluarga tidak merasa kelaparan. Bagi Anda yang ingin jalan-jalan, pengelola juga menyediakan fasilitas sepeda untuk Anda mengelilingi taman dan tenda-tenda khusus piknik.

2. Bermain Treetop di Taman

Treetop Adventure Park Bedugul ini merupakan salah satu tempat wisata yang dapat digunakan anda dan keluarga untuk mencoba petualangan baru. Berpetualang di Treetop Bedugul Park akan membuat anda memiliki pengalaman baru dalam berwisata. Berpetualang di tempat terbuka ini juga sangat cocok untuk anak-anak.

BACA JUGA:  Pura Ulun Danu Bratan, Pesona Pura Terapung di Dataran Tinggi Bedugul

Treetop Adventur Park Bedugul buka dari jam 09.30 pagi sampai 18.00 petang di setiap hari, Treetop Park Bedugul adalah tempat dimana wahana permainan treetop ada. Selain itu, di sini juga terdapat batasan umur bagi yang ingin naik wahana Treetop, yaitu minimal usia 4 tahun dan maksimalnya 120 tahun.

Dengan batasan itu, hampir semua pengunjung dapat mengikuti permainan ini dengan senang. Selain umur, berat badan juga menjadi pertimbangan Anda jika ingin menaikinya. Untuk maksimum berat badan adalah 120 kilogram.

3. Berfoto Ria

Di Bedugul Botanical Garden ini banyak sekali spot foto yang bisa Anda temukan. Selain beberapa pura dan situs seperti yang tertulis sebelumnya, Anda dapat mendatangi rumah Anggrek, rumah Kaktus, dan kebun Mawar yang memiliki keindahan tidak kalah dari pemandangan di bagian luar taman.

Berfoto dengan latar belakang patung atau tanaman-tanaman yang tumbuh di sana dapat memperindah hasil jepretan Anda. Seperti jika Anda mengunjungi Rumah Mawar, di sana terdapat banyak sekali Mawar yang dikembangbiakkan dengan baik dan indah.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Botani Bedugul

Fasilita di Taman Botani Bedugul
Image Credit: Instagram.com @kebunraya_bali

Seperti yang Anda ketahui dari tulisan di atas, terdapat banyak sekali fasilitas hiburan yang akan Anda temui ketika berkunjung ke Bedugul Botanical Garden. Selain fasilitas utama yang mencakup wahana permainan, taman yang indah, kebun yang eksotis, Anda juga dapat menemukan spot foto yang akan memuaskan Anda.

Fasilitas tambahan seperti toilet umum juga ada di beberapa titik taman. Dengan lahan parkir yang luas, Anda tidak perlu khawatir berdesakan. Selain itu ada penyewaan kendaraan jika Anda ingin menyusuri taman tanpa takut kelelahan, juga tenda kecil untuk Anda sekeluarga menikmati waktu piknik.

Ramainya tempat ini tentu tidak menutup kemungkinan untuk pihak pengelola menambah berbagai fasilitas penunjang wisatawan. Diharapkan penambahan fasilitas tersebut akan membuat Taman Botani ini menjadi lebih ramai dan tentu menciptakan kenyamanan bagi para pengunjungnya.

Itulah beberapa penjabaran mengenai daya tarik, alamat dan rute, serta fasilitas yang ada di Bedugul Botanical Garden. Kebutuhan penunjang di sini sudah lengkap untuk para wisatawan baik domestic maupun mancanegara.