Bali Zoo salah satu destinasi kebun binatang favorit di Gianyar, Bali yang memiliki 500 koleksi satwa, termasuk satwa langka Asia, Afrika, India dan asli Indonesia. Kebun binatang ini juga menawarkan aktivitas seru lebih dekat hewan dan menikmati wanaha permainan.

Harga Tiket: Rp 95.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Singapadu, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar, Bali.

Bali, pulau sejuta pesona milik Indonesia dengan berbagai keindahan alam yang akan membuat siapapun terpana. Mulai dari perbukitan, pantai, taman, hingga tempat mengenal berbagai satwa. Pasalnya, tidak hanya terkenal dengan Pantai Kuta, Bali juga memiliki Bali Zoo sebagai destinasi liburan keluarga.

Bali Zoo terletak di Gianyar Bali. Di mana tempat ini berdiri di area yang cukup luas dengan spot yang beragam. Selain itu, tempatnya juga cocok untuk liburan bersama keluarga. Terutama anak-anak yang pasti senang dapat melihat berbagai macam binatang juga tempat hidupnya. Berbagai daya tarik yang dimiliki pun berhasil menarik minat wisatawan untuk bertandang kesana.

Berbagai aktivitas menarik pun dapat dilakukan di kebun binatang ini. Menjadi salah satu tempat wisata di Gianyar, destinasi ini juga bisa dijadikan sarana edukasi untuk masyarakat. Apalagi lokasinya yang mudah dijangkau, membuat pengunjung tidak terlalu sulit untuk menemukannya.

Daya Tarik yang Dimiliki Bali Zoo

Daya Tarik Bali Zoo
Image Credit: Google Maps (CBetnaha M.)

1. Tata Letak Terorganisir

Sebenarnya, ada banyak sekali daya tarik yang dimiliki oleh Bali Zoo. Namun yang paling mencolok adalah proses penataan area yang begitu rapi. Bahkan untuk sekedar taman, objek wisata ini menatanya dengan begitu epik.

Sehingga membuat pengunjung pun nyaman saat bertandang kesana. Selain itu suasananya juga sejuk, berbanding terbalik dengan suasana perkotaan yang cenderung terik.

Dengan luas lahan yang mencapai 12 hektar, tempat wisata ini memiliki spot yang beragam. Tidak heran, di tempat ini dihuni oleh berbagai satwa yang mungkin jarang ditemui di kebun binatang lainnya.

2. Memiliki Berbagai Koleksi Satwa

Tidak seperti kebun binatang lokal lainnya, Bali Zoo dipenuhi dengan yang mungkin jarang Anda temui. Berbagai hewan tersebut bahkan ada yang diizinkan untuk diberi makan. Jadi, bertandang kesini akan menjadi pengalaman paling mengesankan bagi keluarga.

Berwisata sambil belajar mengenai dunia satwa akan menambah wawasan anak-anak. Banyak dari pengunjung yang bahkan membeli buah-buahan untuk diberikan kepada satwa yang ada. Hewan seperti buaya, harimau Sumatra, ular, hingga Orang Utan ada di tempat wisata ini.

3. Memiliki Area Bermain dengan Kuda Poni

Jika selama ini Anda hanya melihat kuda poni di TV, tempat ini memiliki area khusus berkuda dengan kuda poni. Kuda-kuda yang ada di sini dirawat dengan baik. Tentunya juga bisa digunakan untuk sarana edukasi. Bahkan anak-anak pasti sangat senang bisa berlagak layaknya koboi saat berada di area ini.

Daya Tarik Dimiliki Bali Zoo
Image Credit: Twitter.com @desadibali

4. Dipenuhi Satwa Langka

Perlu Anda ketahui bahwa tempat epik nan menarik yang satu ini telah ada sejak tahun 2.000. Koleksi pertama yang dimiliki kebun binatang Bali Zoo adalah berbagai macam satwa langka. Bahkan kabarnya totalnya mencapai 350 satwa langka.

Dari berbagai hewan yang dilindungi tersebut, sebagian besar dihuni oleh jenis burung atau unggas bahkan hewan seperti singa Afrika pun pernah menempati kebun binatang ini.

Di tempat ini pengunjung tidak hanya akan disuguhkan dengan berbagai satwa saja, tapi juga hutan tropis yang seolah menjadi payung alam. Terlebih lagi terdapat berbagai tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan seperti cendana, mengkudu, kayu putih, lontar dan sebagainya. Tidak ketinggalan pula rempah-rempah hasil kekayaan alam Indonesia ikut eksis di tempat ini.

5. Kandang Bagai Habitat Asli

Dengan luas lahan yang mencapai puluhan hektar, Bali Zoo memiliki kriteria tersendiri untuk penempatan hewan. Di mana setiap kandang memiliki corak yang berbeda. Tentu saja hal ini disesuaikan dengan karakteristik satwa tersebut.

Seperti penambahan ornamen berupa tetumbuhan, batuan, juga hiasan khas Bali yang memiliki daya tarik tersendiri. Apalagi untuk lapisan pelindung, disini tidak hanya menggunakan kaca atau susunan pagar saja, tapi juga susunan bongkahan batu yang unik.

Setiap area dihuni oleh jenis hewan yang berbeda. Mulai dari reptil, aves, hingga mamalia semua ada disini. Bahkan unta besar khas Timur Tengah ikut menjadi penghuni kabun binatang ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Kebun Binatang

Alamat Kebun Binatang
Image Credit: Google Maps (Alin Herlana)

Bali Zoo memang kerap kali menjadi pilihan wisatawan untuk menghabiskan liburan. Tidak heran saat liburan tiba, tempat ini begitu ramai. Apalagi, kebun binatang ini memang memiliki konsep sebagai taman liburan keluarga.

Untuk Anda yang ingin berkunjung ke sini bisa langsung pergi ke Singapadu, Sukawati, Gianyar, Bali. Untuk sampai di tempat ini pengunjung hanya butuh menempuh jarak sekitar 6 km saja dari Kota Denpasar.

Sedangkan rute lainnya bisa dimulai dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Dari bandar udara ini pengunjung bisa mengambil jalan menuju Nusa Dua yang dapat ditempuh sekitar 5 menit saja dengan jarak 2,9 km.

Sampai di Nusa Dua bisa langsung ke arah By Pass Ngurah Rai. Dari sini bisa menuju Kota Denpasar, barulah bisa ke Bali Zoo yang berada tidak terlalu jauh dari pusat kota.

Untuk jalur lebih mudahnya Anda bisa langsung melihat ke peta ya. Di dalamnya akan ada petunjuk arah yang akurat agar bisa sampai ke lokasi yang tepat.

Untuk menuju lokasi wisata, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Biasanya di bandara sudah tersedia rental mobil untuk disewa. Oleh karenanya Anda tidak perlu khawatir soal akomodasi jika berada di Bali.

Harga Tiket dan Jam Operasional Bali Zoo

Harga Tiket Bali Zoo
Image Credit: Google Maps (Boyy Aulia)

Seperti tempat wisata buatan pada umumnya, Bali Zoo mematok harga tiket bagi pengunjung yang datang. Perlu Anda ketahui, pengelola setempat memberikan harga berbeda untuk pengunjung domestik dengan wisatawan mancanegara.

Bagi warga negara Indonesia yang ingin berkunjung kesini, siapkan uang Rp 125.000. Harga tersebut berlaku untuk WNI dewasa. Untuk warga Indonesia yang masih anak-anak cukup membayar Rp 95.000 saja.

Sedangkan, teruntuk wisatawan mancanegara, pengelola membanderol harga Rp 395.000 bagi yang sudah dewasa. WNA yang masih anak-anak akan dikenai biaya yang lebih sedikit yaitu Rp 21.0000.

Selain bisa menikmati kebun binatang secara mandiri, nyatanya tempat ini juga menyediakan paket wisata. Di mana pengunjung akan diajak berkeliling kebun binatang dan diperkenalkan mengenai seluk beluk tiap sangkar satwanya. Untuk jam operasional sendiri dibuka dari jam 09.00 hingga 17.00.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bali Zoo

Kegiatan Dilakukan di Bali Zoo
Image Credit: Google Maps (Bali Zoo)

1. Bermain Bersama Kuda Poni

Perlu Anda ketahui, bahwa selain satwa langka , disini juga memiliki penangkaran kuda poni. Sehingga area ini seringkali dikunjungi oleh anak-anak. Mereka dapat menunggang kuda dan berlagak layaknya koboi seperti di film-film.

Kuda yang ada di lokasi ini sangat terawat dengan baik. Meski begitu tidak setiap anak bisa menaikinya, sebab hanya anak dengan berat badan di bawah 30 kg saja yang bisa mengendarai kuda tersebut.

Selain itu aktivitas ini tidak setiap kali bisa dilakukan. Sebab area kuda poni hanya dibuka dari pukul 10.00 – 16.00. untuk Anda yang ingin memberikan anak pengalaman yang berharga bersama kuda poni bisa menyisihkan uang sebesar Rp 50.000.

2. Memberi Makan Hewan

Jika kebun binatang lainya banyak yang melarang memberi makan berbagai hewan yang ada di penangkaran. Maka Bali Zoo mengusung peraturan yang berbeda.

Di sini pengunjung bebas memberi makan satwa dengan beberapa bahan makanan yang dibeli secara mandiri. Tentu saja kegiatan ini akan menjadi pengalaman unik untuk setiap anak. Mereka juga bisa belajar bahwa setiap hewan memiliki jenis makanan yang berbeda.

2. Wahana Air Jungle Splash Water Play

Area yang tidak boleh ketinggalan saat Anda berada di sini adalah tempat wahana air yang seru. Taman ini dilengkapi dengan banyak wahana anak-anak yang pastinya seru dan menarik. Terdapat berbagai spot yang dapat dicoba.

Tempatnya memang didesain khusus untuk anak-anak. Untuk bisa berkunjung ke wahana ini pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan. Pasalnya tarif sudah termasuk ke dalam harga tiket yang dibayarkan di awal masuk.

3. Melihat Animal Show

Ingin berwisata dan memiliki pengalaman tidak terlupakan, Bali Zoo bisa menjadi tempat yang tepat untuk mendapatkan kesan tersebut. Pasalnya di sini terdapat tempat pelatihan hewan yang pastinya menarik untuk disaksikan.

Apalagi dengan banyaknya satwa dari berbagai jenis spesies. Pengunjung dapat menyaksikan berbagai atraksi menarik dari beberapa hewan seperti lumba-lumba, Orang Utan, gajah, dan burung.

Tentunya anak-anak pasti akan sangat senang dan merasakan pengalaman yang tidak terlupakan.

Kegiatan di Bali Zoo
Image Credit: Google Maps (Antonio Araujo)

4. Menunggang Gajah

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di destinasi wisata Bali Zoo, salah satunya adalah dengan menunggang gajah untuk sedikit berkeliling area tertentu. Tentunya pengunjung akan didampingi oleh pawang gajah yang sudah ahli dalam pengendalian. Selain itu tidak perlu biaya tambahan untuk bisa mencoba sensasi ini.

Tenang saja, gajah yang ada di penangkaran ini sudah terlatih dan jinak. Sehingga pengunjung tidak perlu takut untuk berdekatan dengan mereka. Menaiki gajah akan menjadi pengalaman tidak terlupakan yang bisa Anda coba saat berkunjung ke destinasi wisata menarik ini.

5. Hunting Foto

Selain berbagai aktivitas yang sudah disebutkan seperti di atas, berfoto adalah kegiatan yang tidak boleh dilupakan. Anda bisa eksplore segala tempat menarik dan wahana permainan yang ada di Bali Zoo.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Bali Zoo

Fasilitas Bali Zoo
Image Credit: Facebook.com @majalahdewi

Menjadi salah satu tempat recomended untuk liburan, Bali memang menyuguhkan berbagai tempat menarik nan unik. Dengan adanya Bali Zoo di bali tentunya akan semakin menambah wawasan pengunjung tentang berbagai satwa di dunia.

Pasalnya, kebun binatang ini dihuni oleh banyak spesies menarik dan langka. Meski begitu tetap tersedia kandang gang disesuaikan dengan habitat aslinya. Apalagi dengan luas lahan yang mencapai 12 hektar, tempat wiata ini memiliki berbagai spot unggulan.

Dari segi fasilitas sendiri, tempat ini sudah cukup memadai. Diantaranya cafe, gazebo, loker, toilet, ruang ganti. Bahkan terdapat pula arena outbond dengan berbagai wahana yang bisa dicoba.

Selain itu, kebun binatang ini juga dihiasi dengan taman cantik untuk hunting foto keren. Jadi, pastikan Anda mengabadikan momen dengan sempurna saat berada di tempat ini. Rasakan sensasi berlibur di kebun binatang terbesar di Bali.

Nah, itu tadi berbagai hal mengenai tempat wisata menarik Bali Zoo yang ada di Gianyar. Tentunya ini semakin membuktikan bahwa nyatanya Indonesia tidak kalah dalam hal sektor pariwisata. Mengenai berbagai jumlah harga yang disebutkan di atas bisa berubah sewaktu-waktu ya. Tentunya tarif yang dibanderol akan mengikuti peraturan dari pengelola tempat.