Pulau Dewata dikenal dengan surga wisata unik di Indonesia. Bali Underwater Scooter salah satu objek wisata yang menantang dan keren dengan sensasi naik skuter di bawah laut.

Harga Tiket: Rp 650.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tukad Punggawa, Serangan, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali.

Bali memang pantas disebut sebagai surga wisata. Beragam destinasi wisata yang menarik bisa ditemukan di pulau ini. Tak hanya itu saja, wahana permainan yang memberikan sensasi berbeda saat berada juga ada disana. Salah satu wilayah pariwisata yang berada di Bali bisa menjadi destinasi untuk merefresh pikiran. Pulau tersebut bernama Pulau Serangan.

Di Pulau Serangan, ada wahana permainan air yang pastinya seru dan lain daripada yang lain. Dengan wahana tersebut, Anda akan menikmati sensasi berkendara yang mungkin belum pernah Anda coba sebelumnya. Wahana permainan air bernama Underwater Scooter memberikan sensasi jalan-jalan di bawah laut dengan berkendara menggunakan skuter.

Anda bisa mengajak pasangan maupun keluarga untuk menikmati pengalaman seru yang tidak akan didapatkan di tempat lain saat mencoba wahana permainan Underwater Scooter. Wahana permainan ini dapat menjadi alternatif lain selain permainan seawalker, Odyssey Submarine atau wisata kapal selam, maupun seawalker.

Daya Tarik yang Dimiliki Bali Underwater Scooter

Daya Tarik Bali Underwater Scooter
Image Credit: Google Maps (Underwater Scooter Bali)

Para wisatawan sangat senang jika pergi ke tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan berbeda dengan tempat wisata lainnya. Tempat wisata satu ini adalah salah satunya. Di lokasi wisata ini Anda akan menemukan sensasi yang berbeda dengan tempat wisata lainnya. Beberapa daya tarik tempat wisata tersebut mampu menghipnotis siapapun yang datang berkunjung.

1. Sensasi Menyelam yang Unik

Jika di tempat wisata lain Anda bisa menyelam dengan bantuan peralatan selam dan tenaga para wisatawan sendiri, maka menyelam di tempat wisata ini menggunakan bantuan kendaraan khusus berupa skuter yang unik. Sama-sama menjelajah bawah laut namun peralatan yang digunakan di tempat wisata tersebut berbeda dengan lainnya. Yakni menggunakan underwater scooter.

BACA JUGA:  Bali Orchid Garden, Taman Bunga Anggrek Terindah di Pulau Dewata

2. Wahana Air yang Menantang

Wahana permainan berupa underwater scooter tidak diperkenankan untuk anak-anak di bawah umur 12 tahun, wanita hamil, serta wisatawan yang mempunyai masalah pada telinga dan pernapasan. Wahana air unik ini hanya berkapasitas 1-2 orang saja. Tinggi maksimum wisatawan yang bisa menaiki wahana ini adalah 190 cm.

Selain itu, berat maksimum wisatawan maksimal 120 kg. Di waktu yang bersamaan, wahana skuter yang boleh beroperasi hanya maksimum 2 saja. Wisatawan anak-anak wajib didampingi orang dewasa supaya lebih aman saat menyelam. Sama seperti skuter biasanya, skuter air ini memiliki kemudi. Bedanya, terdapat tabung oksigen dan helm khusus.

3. Spot Underwater yang Menakjubkan

Tempat wisata ini mempunyai spot bawah laut yang begitu menakjubkan. Apalagi, menyelamnya dengan berkendara menggunakan wahana underwater scooter. Alam bawah lautnya menyuguhkan pemandangan yang memanjakan mata seperti ikan-ikan yang beraneka ragam, terumbu karang, dan lain-lain.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Bali Underwater Scooter

Alamat Bali Underwater Scooter
Image Credit: Google Maps (Underwater Scooter Bali)

Destinasi wisata unik tersebut berlokasi di Kota Denpasar, Bali. Berada di Pulau Serangan, tempat wisata yang menyajikan nuansa berupa wahana permainan skuter air akan memanjakan para wisatawan dengan segala hal yang ada disana. Lokasinya terletak di Pantai Melasti, dapat ditempuh selama kurang lebih 25 menit perjalanan jika berangkat dari Bandara Ngurah Rai Bali.

Untuk menuju ke lokasi wisata yang berada di Jl. Tukad Punggawa, Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Rutenya pun sangat mudah ditempuh. Berangkat dari Jl. Bandara Ngurah Rai kemudian ambil jalan tol Mandara atau Jl. Nusa Dua. Setelah itu melewati Bandara Ngurah Rai.

Dari Bandara Ngurah Rai kemudian melanjutkan perjalanan melewati Jalan Tol Mandara dan Jalan Tol Benoa. Setelah itu ambil jalan melalui Jl. By Pass Ngurah Rai dan Jl. Raya Pelabuhan Benoa. Lalu ambil jalan ke Jl. Pulau Serangan yang berada di Kota Denpasar. Setelah itu lanjutkan perjalanan ke Jl. Pulau Serangan kemudian Jl. Tukad Punggawa yang terletak di Kota Denpasar.

Harga Tiket Masuk Wisata Bali Underwater Scooter

Harga Tiket Bali Underwater Scooter
Image Credit: Google Maps (Aqua Star Underwater Scooter Bali)

Untuk bisa menikmati wahana underwater scooter di tempat wisata yang dikelola oleh sebuah perusahaan ternama dan berpengalaman di bidangnya bernama Aqua Star tersebut, Anda perlu menyediakan budget Rp 650.000 per orang untuk wisatawan domestik atau WNI. Sementara untuk wisatawan asing atau WNA ada biaya tambahan sebesar Rp 100.000 per orang.

BACA JUGA:  Pantai Mertasari Sanur, Tempat Menikmati Panorama Sunset dan Sunrise di Bali

Pemesanan bisa dilayani jika jumlahnya minimal dua orang. Satu skuter hanya bisa dinaiki oleh dua orang dengan syarat wisatawan anak-anak harus sudah berumur minimal 12 tahun. Wisatawan anak-anak harus didampingi oleh orang dewasa. Wahana permainan skuter air berlangsung kurang lebih 20-25 menit. Hanya ada maksimal dua skuter yang beroperasi di waktu yang bersamaan.

Mengoperasikan skuter air hanya membutuhkan beberapa menit hingga Anda bisa mengendalikannya. Lain halnya dengan skuter yang berjalan di jalanan darat, skuter air ini justru akan melayang layaknya penerbangan yang berada dalam gravitasi nol. Dengan skuter air tersebut Anda bisa mengendalikan sesuai keinginan dengan cara mengontrol tombol-tombol yang tersedia.

Kendaraan skuter air tersebut mempunyai dua mesin yang mana satu mesinnya untuk berjalan ke depan dan satunya untuk bergerak ke atas. Terdapat beberapa tombol penggerak yang terletak di tempat-tempat yang mudah dijangkau para pengemudi skuter seperti di kiri roda dan sisi kanan. Skuter air tidak dapat melaju kencang karena hanya bisa melaju sekitar 5 km/jam saja.

Untuk kedalaman maksimum kendaraan skuter air tersebut hanya 4 meter saja di bawah laut. Hal tersebut bertujuan supaya tidak terjadi insiden karang bawah laut ditabrak oleh skuter air. Ada juga dermaga terapung khusus yang terletak di tengah laut untuk tempat pemberhentian skuter. Supaya aman dan nyaman, setiap penyelaman akan ditemani oleh seorang penyelam atau pemandu.

Bermain skuter air bisa membuat Anda merasakan bagaimana hidup berdampingan bersama dengan para ikan serta hewan laut lainnya selama kurang lebih 20-25 menit. Meskipun bermain skuter dibatasi oleh waktu, namun segala kepenatan seolah akan sirna ketika melihat pemandangan eksotisme bawah laut yang memukau seperti yang ada di tempat wisata ini.

Sebelum memulai untuk menyelam dengan menggunakan kendaraan skuter air, Anda akan diajak untuk menikmati perjalanan dari Pelabuhan yang berada di Pulau Serangan untuk transfer kapal menuju ke Pulau Ceningan tepatnya di situs Sunken Temple. Setelah sampai di lokasi, Anda diwajibkan untuk menggunakan pakaian khusus untuk menyelam dan menggunakan diving bell helmet.

Helm tersebut dirancang khusus untuk para penyelam yang menggunakan skuter air. Helm yang sudah dilengkapi dengan tabung oksigen tanpa selang seperti seawalker akan menjadi pelengkap saat menaiki skuter air untuk menjelajah alam bawah laut.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bali Underwater Scooter

Kegiatan di Bali Underwater Scooter
Image Credit: Google Maps (Underwater Scooter Bali)

1. Naik Skuter di Bawah Laut

Tujuan wisatawan datang berkunjung ke destinasi wisata tersebut yaitu untuk mencoba wahana permainan yang unik dan tidak ditemukan di tempat wisata lainnya. Wahana permainan underwater scooter tidak membutuhkan keahlian khusus sehingga cocok untuk dijadikan salah satu pilihan untuk menikmati pemandangan bawah laut.

BACA JUGA:  Dream Island, Sport Tercantik di Kawasan Pantai Mertasari Sanur

Wahana permainan tersebut telah dilengkapi dengan tabung oksigen yang digunakan untuk pernapasan. Selain itu, dilengkapi juga dengan helm khusus yang berfungsi mencegah air supaya tidak masuk. Terdapat dermaga khusus yang terapung di tengah laut atau pontoon sebagai dermaga permainan air underwater scooter.

2. Menyelam atau Diving

Selain bermain underwater scooter, Anda juga bisa menyelam atau diving ke bawah laut dengan menggunakan peralatan menyelam yang lengkap. Jika wahana permainan skuter air menggunakan kendaraan khusus untuk menyelam, lain halnya dengan kegiatan menyelam atau diving yang menggunakan tenaga penyelam sendiri saat menyelam ke bawah laut.

3. Berfoto Saat Menyelam Bersama Ikan-Ikan

Ketika menyelam baik menggunakan skuter air maupun tidak, Anda bisa berfoto dengan leluasa bersama para ikan yang beraneka ragam jenisnya. Tentu saja hasil fotonya pasti akan membuat iri teman-teman yang melihatnya. Beragam ikan yang berenang, terumbu karang serta birunya air laut akan menjadi background foto Anda ketika berfoto.

Spot berfoto yang tiada duanya ini merupakan spot favorit para wisatawan terutama wisatawan mancanegara yang berasal dari Inggris, Australia, Amerika, China, bahkan Jepang. Sehingga tidak heran jika tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan terutama wisatawan mancanegara.

Fasilitas yang Tersedia di Bali Underwater Scooter

Fasilitas di Bali Underwater Scooter
Image Credit: Google Maps (Underwater Scooter Bali)

Biaya untuk mencoba wahana permainan skuter air sebesar Rp 650.000 per orang untuk WNI dan ditambah Rp 100.000 per orang untuk WNA sudah termasuk beberapa fasilitas yang ditawarkan. Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain semua perlengkapan untuk bermain skuter air, instruktur, antar jemput hotel, handuk, asuransi, air mineral dan masih banyak lagi yang dapat memanjakan wisatawan.

Tempat wisata satu ini cocok untuk Anda yang menginginkan liburan seru dan menambah pengalaman unik yang sebelumnya belum pernah dicoba. Berjalan-jalan di jalanan darat sudah menjadi hal biasa.

Dengan menikmati wahana permainan skuter di bawah air, Anda akan merasakan sensasi berjalan-jalan di bawah laut bersama para ikan dan hewan laut lainnya. Jangan lupa berkunjung ke Bali Underwater Scooter saat berada di Pulau Bali.