Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket – Bali Safari & Marine Park dikenal menjadi tempat liburan keluarga seru di Pulau Dewata. Anda bisa menemukan berbagai satwa langka saat berkunjung ke kebun binatang tersebesar di Pulau Bali.

Lokasi: Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra No.km 19,8, Serongga, Kec. Gianyar, Kab. Gianyar.
Map: Cek Lokasi

Pulau Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Terkenal akan indahnya alam, banyaknya pantai dan sejumlah wisata hiburan membuat semua orang ingin datang kesana. Eits, di Bali tidak hanya pantai saja loh yang dikunjungi. Ada beberapa destinasi wisata selain pantai yang harus Anda ketahui.

Bali Safari & Marine Park merupakan wisata keluarga dengan nuansa dan wawasan lingkungan. Wisata yang cukup terkenal di Pulau Bali ini memberikan tempat wisata menarik bagi anak-anak mau pun dewasa. Tempat ini bisa menjadi opsi liburan dan tujuan tour Anda di waktu hari libur. Sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin berlibur sekeluarga.

Anda dapat merasakan fasilitas yang diberikan oleh pengelola Bali Safari & Marine Park. Mulai dari hiburan hingga edukasi tentang satwa liar dapat Anda nikmati di sini. Wisata ini memiliki konsep belajar sambil bermain, cocok bagi Anda yang ingin mengajak putra-putri berlibur.

Daya Tarik yang Dimiliki Bali Safari & Marine Park

Daya Tarik Bali Safari & Marine
Image Credit: Google Maps (Chandan Ghosal)

Wisata Bali Safari & Marine Park ini sering juga disebut sebagai Taman Safari Bali yang merupakan satu-satunya destinasi wisata bertemakan alam dan satwa liar. Wisata ini menjadi rujukan utama selain pantai dari para pengunjung yang datang ke Pulau Bali. Banyak pengunjung baik lokal atau pun luar daerah yang datang ke wisata ini setiap harinya.

1. Tempat Wisata Pulau Bali yang Populer

Bali tak hanya dikenal dengan keindahan alam dan pantai. Wisata edukasi keluarga yang dikelola oleh Taman Safari Indonesia yang sudah berpengalaman 20 tahun lamanya ini ahli dalam bidang konservasi binatang dan penyelenggaraan eksbisi serta pertunjukan satwa.

Hal itu membuat wisata ini menjadi populer dan menjadi salah satu taman safari terbaik di Indonesia. Tak jarang masyarakat luar memilih wisata ini menjadi salah satu rujukannya ketika sedang berlibur di Bali.

2. Menyediakan Satwa Liar Dengan Habitat Asli

Seperti halnya taman safari yang lainnya, Bali Safari & Marine Park ini juga menyediakan fasilitas berupa pengunjung yang dapat menyaksikan satwa liar di habitat aslinya. Tempat yang diatur sedemikian rupa seperti habitat asli satwa yang datang dari berbagai penjuru dunia dan dibagi menjadi tiga zona wilayah yaitu zona Amerika, Asia, dan Afrika.

Satwa-satwa tersebut didatangkan langsung dari habitat aslinya. Mereka dirawat oleh juru dan pawang yang sudah ahli dan terlatih. Anda tidak hanya bisa berkeliling dan melihat satwa, tetapi juga akan disuguhkan beberapa pertunjukkan yang dilakukan oleh satwa seperti gajah, harimau, dan orang utan.

Di taman ini terdapat sekitar 80 koleksi dan 40 spesimen dari tiga wilayah tersebut. mereka tinggal di wilayah terbuka sehingga kita bisa leluasa mengambil gambar sebanyak yang Anda inginkan. Pastinya dengan dipandu oleh tour guide agar perjalanan aman dan menyenangkan.

Saat berkunjung, Anda dapat menyaksikan pengetahuan satwa di panggung Hanuman. Ada atraksi mandi gajah di taman Ganesha yang memiliki tinggi patung setinggi 9 meter yang merupakan pintu masuk menuju Bali Theater.

Daya Tarik Bali Safari & Marine Park
Image Credit: Instagram.com @balisafari

3. Desain Tempat Berpadu Dengan Kebudayaan dan Masyarakat Bali

Tak hanya tentang satwa liar dan pertunjukannya, wisata ini juga didesain sedemikian rupa bertema adat dan budaya Bali. Di wisata ini juga terdapat pemandian air suci yang diberi nama Tirta Sulasih.

Bagi Anda yang ingin membawa pulang oleh-oleh, disini juga ada banyak aksesoris khas Bali yang dijual di toko-toko aksesoris. Pertokoan ini dikenal dengan nama Peken Bali. Uniknya lagi, setiap hari juga diadakan kelas menari Bali dan memainkan gamelan Bali di Bale Banjar.

4. Wisata Unggulan The Jungle Hopper

The Jungle Hopper merupakan program wisata unggulan yang disediakan Bali Safari & Marine Park. Tempat ini menawarkan sensasi berpetualang yang memacu adrenalin, dan melihat beberapa satwa yang hampir punah.

Jika Anda memilih paket ini, Anda akan diperlihatkan Kawasan yang kental dengan kebudayaan Bali. Melihat akuarium, berbagai atraksi yang dilakukan oleh satwa-satwa lucu. Anda juga akan menikmati waterpark serta secangkir teh di Afternoon Tea at Uma Restaurant. Dan untuk menikmati paket ini, Anda dikenakan biaya seharga Rp 720.000,- per orang.

Alamat & Rute Menuju Kawasan Bali Safari & Marine Park

Alamat Bali Safari & Marine Park
Image Credit: Google Maps (Rounak Rajoria)

Bali Safari & Marine Park merupakan salah satu wisata yang terletak di Kabupaten Gianyar Bali. Lokasinya Sekitar 17 Km dari bandara Ngurai Rai. Jika Anda menggunakan motor akan menempuh perjalanan sekitar 36 menit dari Kota Denpasar.

Serta akan menempuh 45 menit jika dari Pantai Kuta. Tak lupa untuk menggunakan maps agar memudahkan perjalanan Anda. Jangan risau jika Anda tidak memiliki kendaraan, karena di sini tersedia penyewaan kendaraan motor dan mobil yang dapat Anda gunakan.

Bagi And ayang menggunakan kendaraan umum, maka Anda bisa menggunakan bus menuju terminal Gianyar. Setelah itu, Anda dapat menyewa taksi ataupun kendaraan umum lain untuk bisa melanjutkan perjalanan menuju lokasi. Terlebih saat ini sudah tersedia layanan taksi online, tentu mempermudah perjalanan Anda.

Harga Tiket Masuk Bali Safari & Marine Park

Harga Tiket Bali Safari & Marine Park
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Untuk mengunjungi dan menikmati semua fasilitas di wisata Bali Safari & Marine Park, Anda akan dikenakan biaya tiket masuk. Tiket tersebut berbeda sesuai usia yaitu dewasa dan anak-anak. Jika Anda adalah wisatawan domestik (WNI) jenis harga paket terbaru 2020 Safari Explorer akan tercantum sebagai berikut.

Kategori dewasa yang berusia diatas 12 tahun dikenakan harga Rp 175.000,- per orang. Untuk kategori anak-anak yang berusia 3-12 tahun dikenakan harga Rp 145.000,- per orang. Jangan khawatir jika Anda membawa bayi dengan usia dibawah 3 tahun, karena tidak dikenakan biaya sama sekali.

Dengan membayar tiket tersebut, anda akan mendapatkan satu kali Safari Journey, menonton Animal Show, Tiger Show, dan Elephant Show. Perlu untuk dicatat bahwa wisata ini tidak menyediakan penjualan tiket selain di loket resmi sebelum masuk ke wisata. Harga tiket masuk pun juga dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Bali Safari & Marine Park

Kegiatan Menarik di Bali Safari & Marine Park
Image Credit: Instagram.com @suci_tan

1. Menjadi Saksi Kehidupan Satwa Liar

Jika Anda mengunjungi wisata ini, tak perlu naik mobil pribadi seperti di taman safari lainnya. Sudah disediakan tram, semacam bus yang didesain sedemikian rupa agar suasana rimbanya terasa. Bersama dengan pemandu wisata yang menemani Anda menjelajahi satwa sepanjang perjalanan. Anda akan mengunjungi 3 zona wilayah antara lain zona Amerika, Asia, dan Afrika.

2. Melihat Pertunjukan Satwa

Selain melihat satwa, Anda juga akan melihat pertunjukan satwa. Anda akan disuguhkan berbagai atraksi satwa yang edukatif dan menghibur. Beberapa pertunjukan satwa gajah, harimau dan orang utan akan Anda nikmati ketika berwisata kemari.

3. Elephant Show

Show yang berada di kampung gajah ini menunjukkan kisah tentang hubungan antara manusia dengan gajah. Dengan tidak menebang pohon dan merusak hutan yang menjadi rumah gajah. Show ini mengedukasi pengunjung agar lebih cinta dengan gajah.

4. Bali Agung Show

Tak hanya menyajikan pertunjukan satwa, Anda dapat menonton pertunjukan Bali Agung Show yang setiap hari dilaksanakan pukul 14.30 WIB. Pertunjukan tersebut adalah sendratari khas Bali dengan unsur magis yang menyorot kehidupan khas Bali.

Anda akan menyaksikan tata panggung yang megah dan musik khas Bali. Pertunjukan yang dilakukan kurang lebih selama 1 jam ini tiketnya dapat Anda beli di Safari Legend.

5. Mara River Safari Lodge

Anda tak perlu jauh-jauh ke Afrika, karena Anda bisa menikmati pengalaman dengan nuansa sama di Bali. Di Mara River Safari Lodge ini Anda akan bertemu resort bergaya Afrika, sehingga benar-benar merasa seperti berada di Afrika.

6. Harimau Show-From Predator to Prey

Pertunjukan ini akan menunjukkan kalian bagaimana cara harimau berburu di alam liar. Pertunjukan ini juga menjadi salah satu upaya pengelola mengedukasi pengunjung agar mengenal dan mencintai sosok harimau. Show ini menjadi favorit banyak pengunjung karena melihat harimau di depan kolam kaca besar.

7. Safari Malam

Jika pada umumnya taman safari menutup kunjungan wisata pada malam hari. Tetapi tidak untuk Bali Safari & Marine Park. Anda akan merasakan sensasi menaiki mobil kerangkeng dan berkeliling pada malam hari. Tak lupa juga memberi makan singa dan harimau yang berjarak 30 CM dari balik mobil kerangkeng dengan daging segar. Waaah!

8. Waterpark dan Funzone

Setelah mengelilingi satwa, paling tepat yaitu bermain di funzone. Ada beberapa wahana menyenangkan yang dapat Anda nikmati. Setelah berpanas-panasan dan jalan-jalan, waterpark adalah wahana tepat untuk melepas lelah dengan bermain air.

9. Memberi Makan Satwa

Anda dapat berinteraksi dan memberi makan satwa di wisata ini, salah satunya gajah. Gajah dapat dijangkau oleh Anda sebagai pengunjung, dan Anda pun dapat memberi makan gajah secara langsung. Anda tidak boleh membawa makanan dari luar untuk diberikan pada satwa, melainkan ada counter khusus yang menjual wortel seharga Rp 50.000.

10. Makan Bersama Raja Rimba

Anda dapat merasakan sensasi tersendiri ketika melahap sajian dengan ditemani sang raja rimba bernama Tsavo Lion yang berada di balik kaca pelindung tembus pandang. Restoran tersebut sengaja didesain khusus untuk pengunjung yang ingin menikmati sajian menu internasional dengan ditemani satwa yang mana harga makanannya pun juga cukup fantastis.

Fasilitas yang Tersedia di Bali Safari & Marine Park

Fasilitas di Bali Safari & Marine Park
Image Credit: Google Maps (Ravi S R)

Wisata Bali Safari & Marine Park juga dilengkapi berbagai fasilitas penunjang. Fasilitas untuk menunjang keseharian kita antara lain kamar mandi/MCK, restoran, tempat istirahat, dan belanja. Ingin menginap pun juga bisa, karena pengelola menyediakan area penginapan.

Tak ketinggalan area bermain anak dan parkir yang luas. Aman untuk kendaraan Anda. Jadi, jangan khawatir jika Anda berwisata ke kebun bintang terbesar di Bali ini, karena sudah dilengkapi beberapa fasilitas untuk membuat pengunjung terasa sangat nyaman menikmati wisatanya.

Itulah beberapa daya tarik, fasilitas, dan rute menuju Bali Safari & Marine Park di Bali. Sarana dan prasarana di wisata ini sudah sangat lengkap, tentunya Anda sebagai pengunjung dapat berlibur dan menikmati semuanya dengan lebih menyenangkan. Jadi, destinasi ini bisa menjadi tujuan saat berkunjung ke pulau dewata.