Bali Reptile Park, Destinasi Wisata Edukasi Favorit di Gianyar

Bali Reptile Park, Destinasi Wisata Edukasi Favorit di Gianyar
Harga Tiket: Rp 150.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Batubulan, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar, Bali.

Bali Reptile Park adalah sebuah taman reptil yang menjadi tempat wisata edukasi di daerah Gianyar, Bali. Taman reptil berada di kawasan wisata Bali Bird Park yang sudah sangat terkenal di kalangan traveller. Di taman reptil terdapat sekitar 200 satwa dari berbagai daerah di Indonesia dan ada juga satwa dari luar negeri.

Kura-kura, buaya, kadal, komodo, termasuk ular menjadi beberapa koleksi di taman ini. Tidak hanya melihat binatang melata itu saja, pengunjung juga akan diberikan edukasi mengenai beberapa reptile hingga cara menangani ular yang masuk rumah.

Tiket Masuk Bali Reptile Park Gianyar

Bali Reptile Park dengan berbagai jenis satwa ini dihadirkan dalam nuansa alam Bali yang asri. Setiap area di tempat ini dihubungkan dengan jalan setapak yang di kelilingi pepohonan dan taman-taman kecil. Pengunjung dapat menikmati liburan lebih menyenangkan karena fasilitas di tempat ini pun sudah lengkap.

Daya Tarik Wisata Bali Reptile Park

Daya Tarik Bali Reptile Park
Photo by Google Maps Keira Rianti

1. Nuansa Hutan Bali

Bali memang punya banyak keindahan yang menarik wisatawan. Namun yang paling menyita perhatian tentu saja pesona alamnya yang begitu asri. Alam khas bali juga disuguhkan untuk wisatawan yang mengunjungi Bali Reptile Park di kawasan Gianyar. Gapura besar dengan dikelilingi pepohonan hijau akan menyambut para pengunjung.

Masuk ke dalam taman, wisatawan dapat melihat pemandangan hijau yang tidak membosankan. Taman reptil ini menyajikan pertunjukan reptil dengan nuansa hutan yang teduh dan asri khas Bali. Suasana tropis begitu terasa di taman ini dengan udara segar di seluruh taman.

2. Koleksi Ratusan Reptil

Taman reptil yang masih satu lokasi dengan Bali Bird Park ini juga memiliki koleksi satwa yang tidak kalah lengkap. Sekitar 250 ekor reptil menjadi koleksi dari taman wisata dan edukasi ini. Menjadikannya sebagai taman reptil paling lengkap di Indonesia dengan lebih dari 80 spesies reptil.

Salah satu primadona di tempat ini adalah Phyton Reticulated, seekor ular dengan panjang 6 meter yang sudah lama dirawat di taman ini. Selain sebagai taman wisata, tempat ini juga difungsikan untuk rescue terhadap reptil-reptil yang membutuhkan tempat.

Wisatawan dapat menikmati wisata edukasi mengenal berbagai jenis reptil yang ada di sini bersama guide.

3. Tempat Nyaman

Daya Tarik Dimiliki Bali Reptile Park
Photo by Google Maps Indah Setianingsih

Berbeda dari kebanyakan kebun binatang atau taman satwa, Bali Reptile Park dibangun menjadi sebuah taman wisata yang sangat nyaman. Pemandangannya tidak hanya kandang-kandang besi yang membosankan, tetapi juga pepohonan hijau yang menyegarkan mata.

Tempatnya pun cukup sejuk karena banyak pepohonan besar yang ada di tempat ini. Walaupun datang saat siang hari, pengunjung tidak terlalu kepanasan karena tempat ini cukup teduh dan udaranya pun cukup segar.

Jalan setapak di dalam taman pun dibangun cukup nyaman dan rapi. Menghubungkan ke seluruh area taman sehingga mudah untuk wisatawan melihat berbagai kandang reptil yang ada di sini. Wisatawan bahkan bisa masuk ke beberapa kandang reptil karena memang dibuat dengan konsep terbuka dengan satwa yang dibiarkan hidup bebas tanpa dikurung.

4. Wheelchair Friendly Access

Hal menarik lainnya dari Bali Reptile Park adalah kawasan taman reptil yang dibuat dengan konsep wheelchair friendly access. Fasilitas ini sangat membantu terutama wisatawan yang menggunakan kursi roda untuk bisa mengakses semua area reptil. Bagi wisatawan yang membawa anak juga bisa membawa stroller dengan mudah di tempat ini.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat dan Cara Menuju Lokasi
Photo by Google Maps Piter

Kawasan wisata di Gianyar ini lebih mudah diakses menggunakan kendaraan pribadi. Namun terdapat transportasi umum seperti ojek dan taxi yang bisa membantu Anda mencapai lokasi Bali Reptile Park dengan tarif yang cukup mahal.

Lokasinya berada di Desa Batubulan sekitar 30 menit dari pusat Kota Denpasar. Wisatawan bisa langsung ke arah wisata Gianyar dan menggunakan rute menuju Bali Bird Park karena taman reptil berada bersebelahan dengan kawasan wisata tersebut.

Jika wisatawan dari luar daerah, maka bisa mengambil rute melalui By Pass Ida Bagus. Perjalanan dari Bandara Ngurah Rai akan membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam untuk sampai ke taman reptil.

Harga Tiket Masuk Bali Reptile Park

Harga Tiket Masuk Bali Reptile Park
Photo by Google Maps Piter

Tiket masuk Bali Reptile Park yang berlaku untuk wisatawan domestik adalah Rp 180.000,-. Harga tersebut bisa berubah-ubah, jadi sebaiknya cek langsung di website atau loket taman wisata ini. Harga tiket masuk biasanya berlaku untuk seluruh pertunjukan reptil, penjaga atau zoo guide, dan memberi makan reptil.

Taman wisata edukasi reptil ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 WITA hingga pukul 17.00 WITA. Pada musim liburan, kawasan ini lebih ramai oleh wisatawan terutama wisatawan asing. Reptil memang jarang ditemui di daerah barat seperti Eropa sehingga taman reptil ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Tiket Masuk Bali Reptile Park Gianyar

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Bali Reptil Park
Photo by Instagram balireptilepark

1. Jalan-jalan Melihat Taman

Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati liburan dengan santai bersama anak dan keluarga. Wisatawan bisa menghabiskan waktu dengan jalan-jalan menyusuri taman sambil menghirup udara segar.

Walaupun cukup luas, namun wisatawan bisa berkeliling dengan mudah dan nyaman dengan jalanan setapak yang bagus. Di beberapa titik bahkan dibuat unik dengan batu-batu kecil yang membentuk motif cantik.

2. Memberi Makan Reptil Jinak

Ada si kura-kura yang sudah cukup tua menjadi penghuni Bali Reptile Park. Tidak sedikit wisatawan yang tertarik untuk memberi makan kura-kura tersebut. Anda tenang saja karena ada zoo guide dan juga perawat reptil yang akan membantu setiap wisatawan yang ingin mendekat dan memberi makan.

Selain kura-kura, iguana juga menjadi satwa favorit wisatawan. Pengunjung termasuk anak-anak diperbolehkan memberi makan buah untuk reptile berpenampilan garang tersebut. Jika Anda berani, Anda bisa meminta bantuan guide untuk mengangkat dan menggendong iguana dengan cantik yang pasti akan menjadi kenangan tersendiri untuk Anda.

3. Melihat Kandang Buaya

Reptil pemakan daging ini juga bisa dilihat di Bali Reptile Park. Tidak perlu khawatir karena semua zoo guide yang ada di sini akan membantu dan menjaga wisatawan saat melihat-lihat taman reptil maupun berinteraksi dengan satwa.

Beberapa buaya dengan mulut menganga mungkin akan Anda jumpai di tempat ini. Apabila datang pas waktu makan, Anda bisa melihat beberapa perawat yang membawa daging ayam untuk dilemparkan ke buaya-buaya tersebut. Pemandangan yang mungkin sedikit ngeri untuk beberapa orang.

4. Berfoto dengan Reptil

Aktivitas Menarik Dilakukan di Bali Reptil Park
Photo by Google Maps Bali Reptile Park

Anda pecinta reptil tentunya tidak boleh melewatkan aktivitas yang satu ini. Ya, berfoto-foto dengan reptil cantik seperti ular piton, iguana, kura-kura, dan lain sebagainya. Wisatawan dapat melihat ular piton sepanjang 10 meter yang berasal dari hutan Asia Tenggara dengan warna kulitnya yang begitu indah.

Pengunjung juga bisa mencoba menggendong ular berwarna kuning cantik di punggung untuk teman selfie. Bagi wisatawan yang geli dengan reptil melata ini, mungkin bisa berfoto dengan iguana jinak sambil menggendongnya. Ada beberapa iguana yang ukurannya besar dan ada juga yang lebih kecil.

5. Melihat Komodo

Selain ular, koleksi reptil di Bali Reptile Park juga termasuk kadal. Anda akan dengan mudah melihat biawak yang berjejer dan berjemur dengan kawanannya di taman ini. Mereka cukup lincah saat berlari dengan ekornya yang kecil tetapi lumayan panjang.

Kadal purba pun ada di taman reptil ini untuk wisatawan yang penasaran ingin melihat lebih dekat. Komodo merupakan reptil yang hanya hidup di Indonesia dan juga menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan khususnya turis asing. Di pintu masuknya pun terdapat patung komodo yang sering dijadikan spot selfie para pengunjung.

Fasilitas Wisata di Bali Reptile Park

Fasilitas di Bali Reptile Park
Photo by Google Maps Ayu Pranita Dewi

Fasilitas zoo guide akan disediakan untuk setiap rombongan yang mengunjungi taman cantik ini. Fasilitas tersebut gratis karena sudah termasuk dalam tiket masuk. Nanti pemandu akan menjelaskan berbagai informasi mengenai reptil yang ada di tempat ini. Perawat satwa juga akan membantu wisatawan yang ingin lebih dekat atau berfoto dengan salah satu reptil.

Fasilitas untuk tempat istirahat para wisatawan yang ada di Bali Reptile Park adalah gazebo berbentuk limas. Pengunjung bisa duduk santai setelah berjalan-jalan dari satu kandang reptil ke kandang lainnya. Jika ingin makan, wisatawan dapat langsung membelinya di fasilitas cafetaria yang sudah disediakan.

Information center juga disediakan di bagian depan di loket masuk taman. Fasilitas Tempat parkir cukup luas dan nyaman. Di dalam taman pun sudah disediakan fasilitas jalan yang ramah untuk disabilitas. Jadi pengunjung yang menggunakan kursi roda dan membawa stroller bayi dapat menikmati liburan di taman ini dengan nyaman.

Menarik bukan Bali Reptile Park dengan ular piton, komodo, dan ratusan reptil lainnya? Tempat ini bisa menjadi rekomendasi liburan santai yang ramah anak. Cocok untuk semua kalangan terutama untuk Anda para pecinta reptil. Anda akan mendapatkan liburan yang tak terlupakan dan tentunya edukasi seputar reptil yang menarik.