Bali Orchid Garden menyuguhkan pesona estetika bunga anggrek yang cantik dan menawan di Pulau Dewata. Memiliki koleksi ratusan jenis tanaman anggrek yang indah.

Lokasi: Jl. Bypass Tohpati, Kesiman Kertalangu, Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar.
Map: Cek Lokasi

Bali Orchid Garden merupakan satu-satunya taman anggrek terlengkap di Pulau Bali. Taman ini adalah surga wisata bagi para pecinta bunga anggrek. Meskipun lokasinya berada di pusat kota Denpasar, taman anggrek ini menciptakan suasana yang santai dengan udaranya yang sejuk. Area taman ini sangat dijaga kebersihannya sehingga tidak terlihat satupun sampah yang tercecer.

Supaya mencegah terjadinya kepunahan spesies bunga anggrek, Orchid Garden telah bekerja sama dengan Kebun Raya Bogor dalam hal perlindungan dan pengembangan budi daya bunga anggrek. Lokasi ini merupakan salah satu tempat konservasi spesies bunga anggrek asli yang ada di Indonesia. Sebagian dana dari hasil penjualan anggrek digunakan untuk operasional konservasi.

Taman anggrek ini memiliki 820 jenis tanaman bunga anggrek khas Indonesia, Arab Saudi, Jepang, maupun mancanegara. Pemandu wisata di Bali Orchid Garden memberi informasi bahwa di taman anggrek ini terdapat sekitar 500 jenis tanaman anggrek, 200 jenis tanaman hias mahal seperti heliconia dan ginger, serta 120 jenis bromeliad yang berasal dari luar negeri.

Daya Tarik yang Dimiliki Bali Orchid Garden

Daya Tarik Bali Orchid Garden
Image Credit: Google Maps (Duta Orchid Garden)

Pada tahun 1998, Bali Orchid Garden mulai dikembangkan sebagai destinasi wisata alam di Bali. Resmi dibuka oleh PT. Anggrek Anyar pada tahun 1999 silam. Walaupun masih tergolong baru, tempat wisata ini memiliki prestasi membanggakan karena pada tahun 2007 menduduki peringkat ke-10 sebagai destinasi wisata terbaik di Indonesia versi internet.

1. Memiliki Koleksi Bunga Anggrek yang Variatif

Taman Anggrek ini memiliki berbagai macam spesies tanaman bunga anggrek yang mampu menarik perhatian para wisatawan yang berkunjung. Tidak heran jika banyak wisatawan yang hadir kesini.

Para wisatawan mancanegara terutama wisatawan asal Amerika Serikat dan Eropa banyak yang tertarik untuk mengunjungi taman ini karena koleksi bunga anggreknya yang variatif. Sehingga para wisatawan mancanegara tidak keberatan membayar tiket masuk Rp. 100.000.

Daya Tarik yang Dimiliki Bali Orchid Garden
Image Credit: Google Maps (Lutz Schneider)

2. Nuansa Khas Bali

Bali Orchid Garden tetap mengedepankan nuansa khas Bali yang mana para pengunjung tidak akan kehilangan atmosfer Bali ketika berada di taman ini. Tidak heran jika berwisata disini sangat berkesan.

Para pengunjung akan terpukau dengan hiasan patung Dewa Wisnu dan Brahma di bagian gerbang ketika pertama kali masuk di halaman parkir lokasi wisata. Para guide yang menemani para pengunjung berkeliling di taman ini semuanya berpakaian adat Bali.

3. Shade House di Area Taman

Shade House mempunyai daya tarik tersendiri di area taman anggrek ini. Shade House yaitu bangunan unik yang berbentuk kubah khusus dengan arsitektur khas Bali. Bangunan unik ini memiliki fungsi sebagai tempat untuk meletakkan tanaman yang tidak tahan panas matahari dan tidak terlalu banyak membutuhkan sinar matahari supaya terlindung dari terik matahari secara langsung.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Taman Bunga Anggrek

Lokasi Taman Bunga Anggrek
Image Credit: Google Maps (Peter Cunningham)

Bali Orchid Garden adalah sebuah destinasi wisata berupa taman anggrek yang lokasinya berada di pusat kota metropolitan Denpasar, Bali. Lokasi tepatnya dari arah Sanur menuju ke utara kawasan desa Ubud, di jalan raya Bypass Ngurah Rai.

Untuk menuju ke lokasi, para pengunjung dapat menggunakan kendaraan sepeda motor, mobil, ojek, maupun taksi meter. Supaya lebih mudah untuk sampai ke lokasi, para pengunjung yang berkendara sendiri tanpa memakai jasa sewa sopir dapat mengikuti arah yang ditampilkan melalui aplikasi waze maupun google maps.

Di area Denpasar banyak sekali jasa persewaan mobil maupun motor. Lebih disarankan untuk menyewa mobil sekaligus dengan sopirnya supaya lebih cepat sampai ke tujuan karena sopir tersebut pasti sudah khatam dengan rute menuju ke lokasi Orchid Garden.

Namun, jika ingin menggunakan jasa ojek atau taksi meter, para pengunjung lebih baik membawa budget yang lebih banyak karena tarif jasanya lebih sedikit mahal.

Harga Tiket Masuk Bali Orchid Garden

Harga Tiket Masuk Bali Orchid Garden
Image Credit: Google Maps (Janis Pilengis)

Waktu operasional destinasi wisata ini yaitu setiap hari Senin-Minggu mulai pukul 08.30 hingga pukul 18.00 WITA. Taman Anggrek Bali sangat tepat bagi para pengunjung yang ingin bersantai meluangkan waktu untuk relaksasi pikiran sembari menikmati panorama berupa hamparan bunga anggrek yang menawan dari berbagai jenis.

Harga tiket masuk di kawasan taman ini adalah Rp 100.000 per orang untuk wisatawan mancanegara. Dengan harga tiket masuk Rp 100.000 tersebut setiap pengunjung akan mendapatkan welcome drink gratis berupa minuman herbal yang segar dan dingin.

Orchid Garden juga terbuka untuk para wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin mengadakan kegiatan gathering atau acara penting di taman ini. Para pengunjung sebelumnya dapat menghubungi nomor telepon (0361) 466010 untuk mendapatkan informasi tentang bagaimana alurnya untuk mengadakan kegiatan gathering atau acara penting di lokasi ini maupun informasi penting lainnya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Anggrek

Kegiatan Menarik di Taman Anggrek
Image Credit: Google Maps (Yoan Roffidal)

1. Berkeliling Taman dan Belajar Mengenal Jenis Bunga Anggrek

Ketika para pengunjung telah masuk ke area taman, akan ada pemandu wisata dengan pakaian adat lengkap khas Bali yang setia menemani berkeliling taman. Tidak hanya sekedar berkeliling taman saja, pemandu wisata akan aktif menjelaskan tentang nama, asal usul, maupun kegunaan dari beragam jenis tanaman bunga anggrek yang ada di Bali Orchid Garden.

2. Memasuki Area Shade House

Ada satu bangunan unik dengan arsitektur khas Bali berbentuk kubah khusus di taman ini. Di area ini para pengunjung akan menemui berbagai jenis tanaman yang sensitif dan tidak kuat terpapar sinar matahari secara langsung. Tanaman yang dimaksud antara lain : spesies Anggrek Tanah, Anggrek Hitam, Ascocendra, Oncidium, Phalaenopsis, dan lain sebagainya.

3. Berfoto di Taman Anggrek

Para pengunjung tidak dilarang untuk mengambil foto di area taman anggrek ini. Pemandu wisata akan dengan sigap membantu para pengunjung yang ingin berfoto, bahkan pemandu wisata tersebut biasanya malah mencarikan latar belakang foto dengan angle yang bagus supaya hasil fotonya maksimal. Maka, sangat disarankan bagi para pengunjung untuk membawa kamera dari rumah.

4. Menikmati Kuliner di Cafe Taman

Café Taman siap menanti kehadiran para pengunjung yang ingin mengisi kekosongan perut maupun melepas dahaga setelah puas berkeliling di Bali Orchid Garden. Beragam menu makanan dan hidangan di Café Taman ini beraneka ragam.

Dfisini Anda akan menemui makanan mulai dari indonesian food, western food, sate, seafood, dan lain sebagainya. Para pengunjung dapat menyesuaikan budget masing-masing dalam memilih menu makanan di café ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Anggrek
Image Credit: Google Maps (Patrick Kroeze)

5. Berbelanja di Kios Souvenir

Di toko souvenir ini para pengunjung dapat membeli cinderamata khas Orchid Garden. Cinderamata khas tersebut berupa bros yang merupakan kelopak bunga anggrek yang diawetkan dan minyak wangi yang merupakan hasil penyulingan dari bunga anggrek jenis tertentu yang mengeluarkan aroma wangi.

Souvenir lainnya seperti sabun dan minyak pijat wangi yang biasa digunakan di Bali Orchid Spa juga tersedia. Perhiasan emas maupun perak dengan berbagai model bahkan perhiasan emas seperti anting, cincin, bros, liontin dengan motif anggrek juga lengkap. Tersedia pula beragam kerajinan lilin anggrek, kaos tangan yang dilukis dengan anggrek, labu tanaman anggrek, dan lain sebagainya.

6. Membeli Bibit Bunga Anggrek

Taman bunga ini juga menyediakan kios yang menjual berbagai macam bibit bunga anggrek. Bibit bunga anggrek dikemas dalam bentuk botol steril yang dapat diekspor ke negara lain. Para pengunjung dapat membeli bibit bunga anggrek jenis apapun untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga tercinta di rumah.

7. Membeli Biji Kopi Luwak

Para pengunjung yang ingin mencoba kopi luwak, di Bali Orchid Garden ini terdapat kios yang menjual biji kopi luwak. Biji kopi luwak yang dijual disini memiliki rasa yang enak dan terbaik.

Kopi luwak yang terbuat dari biji robusta tersebut berasal dari Jawa, Sumatera, maupun Sulawesi. Harga kopi luwak disini cukup mahal karena biasanya diekspor ke mancanegara dengan harga mulai dari USD 1.000/ kg.

8. Memesan Paket Event dari Orchid Garden

Taman Anggrek menyediakan beberapa paket untuk kegiatan gathering maupun acara penting lainnya. Dengan tema taman anggrek yang cantik, pihak pengelola menyiapkan beberapa paket wisata seperti paket honeymoon, paket conference, paket dekorasi kamar hotel, paket pernikahan, dan paket dekorasi wedding floral. Pengunjung dapat memesan melalui info@baliorchidgarden.com.

Fasilitas yang Tersedia di Bali Orchid Garden

Fasilitas di Bali Orchid Garden
Image Credit: Google Maps (Yoan Roffidal)

Fasilitas yang dimiliki destinasi wisata ini tergolong lengkap. Fasilitas yang dimaksud adalah taman anggrek, café taman, toilet, lahan parkir, toko souvenir, kios bibit anggrek, dan kios biji kopi luwak.

Bahkan tersedia juga paket-paket kegiatan atau event yang dapat dipesan oleh para pengunjung untuk mengadakan acara penting di lokasi taman bunga ini.

Demikian rangkuman informasi mengenai Bali Orchid Garden mulai dari daya tarik yang dimiliki, alamat dan rute menuju ke lokasi, tiket masuk, kegiatan menarik yang dapat dilakukan, hingga fasilitas yang tersedia. Jika berkunjung ke Bali, tidak salah jika Anda mampir ke destinasi wisata ini.