Bali Chocolate Factory, Objek Wisata Edukasi Favorit di Karangasem

Bali Chocolate Factory, Objek Wisata Edukasi Favorit di Karangasem
Harga Tiket: 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Subagan, Kec. Karangasem, Kab. Karangasem, Bali.

Bali Chocolate Factory merupakan tempat wisata yang pernah dibangun oleh Charly pria asal Amerika. Namun tempat ini tidak menyediakan pabrik khusus pembuatan cokelat. Pengunjung hanya bisa menikmati beberapa olahan khas cokelat yang ada di restaurant dekat wisata. Rasa cokelat yang masih original dijamin enak dan menjadi daya tarik tamu.

Bangunan Bali Chocolate sangat unik karena diberi corak full cokelat. Bahkan bentuk bangunan menjulang ke atas dan memiliki jendela bulat dari kaca. Area luar pun diberi tanaman pohon kelapa yang menjulang tinggi serta terlihat sangat banyak. Bangunan yang ada memang dikelilingi panorama alam yang membuat destinasi cantik Karangasem.

Traveller yang datang dapat menikmati Pantai dari arah atas karena Bali Chocolate menghadap langsung ke laut. Bahkan ketika disana Anda bisa beredukasi dengan bertanya mengenai jenis cokelat yang dijadikan kuliner. Hal ini membuat wisatawan lokal maupun turis selalu datang. Jadi ketika di Bali jangan sampai melewatkan untuk berkunjung kesana.

Daya Tarik Wisata Bali Chocolate Factory

Daya Tarik Wisata Bali Chocolate Factory
Photo by Instagram Ivan Kleshnin

1. Bangunan Unik

Bali Chocolate diketahui menyediakan bangunan unik yang dari zaman dahulu selalu dijaga dengan baik. Sampai sekarang bangunan yang ada disana menjadi spot menarik yang memanjakan mata. Bahkan beberapa tempat memakai atap bambu yang ramah lingkungan. Selain itu terdapat beberapa jerami dan ubin kayu yang membuat bangunan estetik.

Dapur pembuatan kuliner cokelat didominasi dengan bangunan yang memiliki atap runcing. Jika diamati hampir semua bangunan di tempat rekreasi ini bernuansa cokelat. Anda yang berkunjung akan merasa seperti di negeri dongeng karena kecantikan bangunan. Maka dari itu jangan lupa berfoto karena banyak spot menarik yang menanti Anda.

2. Pemandangan Sekitar

Selama berada di Bali Chocolate semua pelancong akan disuguhi pemandangan di sekitar yang cukup indah. Anda dapat duduk di tempat dengan melihat laut yang berwarna biru. Selain itu cobalah minuman cokelat yang cukup populer untuk menemani Anda selama menikmati pemandangan. Pohon yang rimbun akan membuat udara tidak terasa panas.

Bangunan cokelat terlihat berdiri di antara hamparan rumput hijau. Hal tersebut membuat suasana semakin alami, apalagi wisata ini berada di luar ruangan. Tempat yang cukup luas bisa dijelajahi pengunjung untuk memotret kecantikan alam. Sehingga berlibur ke Bali Chocolate tidak akan rugi.

3. Wisata Edukasi

Pengunjung tidak hanya bisa berlibur saja di Bali Chocolate, tetapi juga dapat beredukasi. Anda bisa belajar mengenai jenis cokelat dan bagaimana cara merawat tanaman itu. Beberapa traveller juga sering melihat pembuatan kuliner khas cokelat. Jadi selama di area wisata Anda dapat memperluas wawasan dengan edukasi yang diberikan oleh petugas.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Cara Menuju Lokasi Bali Chocolate Factory
Photo by Google Maps Arleen Esposito

Bali Chocolate Factory tepat berada di daerah Subagan, Karangasem, Bali. Rumah Cokelat ini tidak jauh dari arah pusat kota sehingga mudah ditemukan siapapun. Bahkan Anda yang baru pertama datang langsung bisa menemukan lokasi melalui papan petunjuk. Sepanjang area juga didominasi warna cokelat dan bertulis selamat datang yang ada di depan pintu.

Pengunjung dapat melewati beberapa rute untuk menuju Bali Chocolate. Anda yang dari bandara Ngurah Rai bisa melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan dengan melewati tol. Biasanya jalan yang sering dilalui wisatawan tol Mandara atau by pass Ida Bagus. Tetapi pelancong juga dapat melewati jalur bawah yang tidak begitu macet dengan mengikuti arah.

Jika sampai di Candidasa traveller bisa mengarah ke pertigaan Desa Jasri yang berjarak sekitar 2 kilo. Anda dapat mengarahkan kendaraan belok ke kanan untuk menuju Desa Subagan. Dalam perjalanan menuju Desa tampak batu-batuan yang harus dilalui. Jarak beberapa meter Anda akan menemukan letak wisata Chocolate yang terpampang indah.

Harga Tiket Masuk Bali Chocolate Factory

Harga Tiket Masuk Bali Chocolate Factory
Photo by Google Maps Михаил Розин

Bali Chocolate Factory dikenal mempunyai tiket masuk yang sangat murah di bagian loket. Anda bisa membayar tarif Rp 10.000 saja selama menikmati Rumah Cokelat tersebut. Apalagi harga ini bisa ditukarkan dengan sabun kelapa yang sangat wangi. Jam kunjung mulai pagi hingga sore hari, jadi semua tamu bisa merasa puas ketika bermain di wisata ini.

Disana juga menyediakan beragam pilihan menu kuliner yang dibuat dari bahan dasar cokelat. Harga yang disediakan sangat bervariasi mulai dari Rp 30.000 saja. Jika Anda ingin membawa bekal juga bisa dinikmati di area Rumah Cokelat tersebut. Ketika akhir pekan destinasi bertema Cokelat ini selalu ramai karena banyak orang yang menikmati liburan.

Traveller yang datang dengan membawa kendaraan pribadi bisa menaruh di lahan depan. Karcis parkir sangat murah hanya Rp 10.000 untuk jenis mobil dan Rp 5.000 khusus sepeda motor. Biaya yang dikeluarkan selama berkunjung ke Bali Chocolate memang tidak akan menguras kantong. Bahkan Anda dapat menjadikan Rumah itu sebagai wisata keluarga.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Ragam Aktivitas Menarik Bali Chocolate Factory
Photo by Google Maps Aris Sánchez Moral

1. Menikmati Kuliner

Bali Chocolate Factory menyediakan restaurant yang menawarkan berbagai menu dari cokelat. Anda bisa mencoba minuman hingga camilan cokelat yang disediakan dengan beragam pilihan rasa. Bahkan restaurant ini didominasi bangunan berwarna cokelat dengan jerami. Hal itu berfungsi agar wisatawan yang berlibur bisa sekaligus nongkrong di resto itu.

2. Berfoto

Spot di tempat ini yang sangat banyak menjadikan pengunjung sering berfoto. Beragam bangunan bercorak cokelat yang ada disana mampu membuat foto semakin estetik. Sepanjang tempat juga tampak pohon kelapa yang cukup banyak. Jadi traveller yang memotret foto bisa mengambil spot dari sudut manapun karena tempat sangat indah.

3. Bermain Ayunan

Wisata hits ini mempunyai spot untuk bermain ayunan yang menghadap langsung ke laut. Pengunjung bisa bermain sesuka hati agar dapat melihat kecantikan alam sembari duduk santai. Ketika bermain ayunan Anda dapat berpegangan pada tali yang ada di kanan dan kiri. Biasanya ayunan itu juga sering dipakai tempat selfie dan merekam video lewat kamera.

4. Melihat Pantai

Ragam Aktivitas Menarik di Bali Chocolate Factory
Photo by Google Maps Bernard Baliadvisor

Bali Chocolate Factory memang sangat dekat dengan kawasan Pantai, bahkan arus ombak dapat Anda nikmati dari arah wisata ini. Para tamu sering melihat kecantikan air laut dari arah atas. Apalagi warna ombak tampak biru dan putih yang indah ketika siang. Jadi Anda yang berlibur ke tempat ini dapat menikmati 2 wisata sekaligus yang membuat betah di area.

5. Bersantai

Kawasan di Bali Chocolate terasa teduh karena dikelilingi pohon kelapa yang cukup banyak. Selain itu ada rumput hijau yang sengaja ditanam di sepanjang jalan wisata tersebut. Suasana ini tentu cocok dan nyaman jika dimanfaatkan untuk bersantai. Anda bisa refreshing sejenak di sela-sela kesibukan dengan menikmati liburan di destinasi cokelat ini.

6. Menjelajah Bali Chocolate Factory

Bangunan disini memang sangat unik karena semua dicat cokelat dengan atap runcing. Jika pengunjung mencoba berkeliling maka akan menemukan bangunan yang mirip dengan kapal laut. Apalagi bangunan dilengkapi dengan pintu dan jendela yang berbentuk bulat. Tempat yang mempunyai design cantik ini menjadi perhatian setiap orang.

7. Membeli Oleh-Oleh

Bali Chocolate menyuguhkan aneka macam olahan dari cokelat yang dapat dibawa pulang. Ada cokelat organik dan campuran kokoa yang dikemas sangat rapi. Tak hanya itu, disana juga menjual kerajinan dari sabun kelapa yang memiliki bentuk beragam. Sehingga wisatawan bisa membeli buah tangan khas Bali untuk keluarga dan teman dekat.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Bali Chocolate

Fasilitas Bali Chocolate
Photo by Google Maps Garrett Morris

Selama berlibur ke Bali Chocolate Factory para pelancong akan disuguhi fasilitas yang disediakan langsung oleh pengelola. Fasilitas yang ada selalu dirawat dan dijaga dengan baik agar membuat semua tamu nyaman saat memakai. Terdapat tempat istirahat yang ditandai dengan gazebo bercorak cokelat yang nyaman digunakan selama di kawasan.

Bagi Anda yang ingin mencicipi kuliner khas cokelat dapat mampir ke tempat makan. Di dalam sana banyak camilan dan minuman yang dibuat langsung dari tanaman cokelat. Bahkan tempat ini didominasi warna cokelat di setiap sudut yang terlihat menarik. Selain itu, ada pula kamar mandi umum yang ada di tiap sudut Bali Chocolate dan terlihat bersih.

Para tamu bisa sekedar bermain selama disana karena tersedia ayunan yang menghadap langsung ke arah laut. Khusus wisatawan yang membawa kendaraan bisa menitipkan di tempat parkir Rumah Cokelat yang ada di pintu masuk. Fasilitas unik lain ada sebuah gubuk yang digunakan pegawai dalam membuat menu cokelat dan sering dijadikan spot foto.

Nah itulah beberapa hal menarik seputar Bali Chocolate Factory yang menjadi destinasi ini unik. Tempat yang berdominasi cokelat mampu menarik perhatian traveller. Anda bisa datang dengan kerabat dekat untuk menikmati aneka menu serta berfoto. Maka dari itu jangan lupa melipir ke Bali Chocolate dengan membawa budget dan kamera yang akan dipakai untuk selfie.