Harga Tiket: Rp 75.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Batukaru, Sedandan, Kec. Penebel, Kab. Tabanan, Bali.

Liburan di Indonesia seharusnya tidak perlu bingung menentukan destinasi menarik. Karena ada banyak tempat yang hadirkan pesona luar biasa indah. Seperti misalnya menjadikan Pulau Dewata, Anda bisa menemukan pantai pantai indah yang memang sudah begitu populer. Namun anda juga bisa menemukan wisata lain seperti Bali Butterfly Park.

Seperti namanya, objek wisata ini merupakan taman kupu-kupu yang begitu cantik. Anda bisa menemukan berbagai jenis kupu-kupu di dalamnya. Bahkan anda bisa menemukan kupu-kupu yang saat ini sudah langka ditemukan. Menghabiskan liburan di destinasi satu ini tentu akan memberikan pengalaman dan keseruan tersendiri.

Daya Tarik Wisata Bali Butterfly Park

Daya Tarik Wisata Bali Butterfly Park
Image Credit: Google Maps (Henri Treude)s

1. Menjadi Tempat Penangkaran Kupu-kupu Paling Besar

Di Bali sendiri memiliki beberapa tempat penangkaran satwa langkah dan juga dilindungi. Tempat tempat ini tentu juga bisa dijadikan sebagai tujuan wisata. Wisata penangkaran di Tabanan ini menjadi salah satunya. Tujuan dihadirkan tempat ini tentu saja untuk melestarikan juga menjadi penangkaran kupu-kupu, terutama yang sudah langka.

Menariknya destinasi wisata ini juga didapuk sebagai Butterfly Park paling besar di Asia Tenggara. Tentu saja hal ini menjadi kebanggaan sekaligus daya tarik tersendiri yang dimilikinya. Saat ini ada sekitar ribuan ekor jenis juga spesies hewan cantik ini dari kupu-kupu lokal sampai dunia.

Semua spesies tersebut akan ditangkarkan kemudian dikembangbiakkan. Baik untuk kupu-kupu yang dilindungi ataupun yang tidak dilindungi. Sebenarnya, tidak hanya menjadi konservasi kupu-kupu tetapi juga beberapa spesies serangga lainnya. Dengan begitu pengunjung bisa bertemu berbagai jenis kupu-kupu dan serangga yang keberadaannya langka.

2. Menjadi wisata Edukasi Menarik

Tidak hanya dijadikan sebagai wisata untuk melepas penat, Butterfly Park yang ada di Bali ini juga menjadi destinasi wisata edukasi. Tak jarang juga dijadikan sebagai lokasi untuk penelitian yang berkaitan dengan spesies yang ada. Membuat destinasi satu ini hampir tidak pernah sepi dikunjungi oleh berbagai kalangan pengunjung.

Baik dari anak anak didik sekolah dasar sampai dengan mahasiswa yang berasal dari berbagai lembaga di Indonesia. Umumnya mereka akan datang untuk menyaksikan lebih dekat jenis kupu-kupu yang ada. Mereka juga bisa mengetahui informasi tentang hewan satu ini. Jika tertarik pengunjung juga bisa melakukan penelitian maupun mempelajarinya.

3. Bertemu Dengan Kupu-kupu Barong

Selain menawarkan wisata yang menarik, anda juga berkesempatan untuk bertemu dengan kupu-kupu yang memiliki nama Barong. Kupu-kupu ini juga dikenal dengan kupu-kupu gajah. Seperti namanya, kupu ini memiliki ukuran yang begitu besar. Luas sayapnya saja bisa mencapai ukuran 400 cm dengan panjang hingga 25 cm.

Kupu-kupu spesies satu ini tidak tersebar di semua daerah di Indonesia, hanya di tempat tertentu. Spesies ini bisa ditemukan di Jawa Barat hanya saja ukurannya tak sebesar yang ada di Bali. Begitu yang ada di Kalimantan, yang membedakannya di Kalimantan memiliki warna yang begitu hitam. Perlu anda tahu kupu-kupu jenis ini juga bisa bertahan sampai 5 hari.

Sebenarnya anda tidak hanya bisa menemukan spesies kupu-kupu gajah saja. Wisata yang telah berdiri sejak 17 Desember 1996 ini juga memiliki banyak koleksi kupu-kupu lainnya. Setidaknya ada sekitar 15 jenis dan jumlahnya sudah ribuan. Semua kupu-kupu yang ada disebar di sepanjang taman. Nantinya pengurus akan mendatangkan kepompong baru agar kupu-kupunya selalu ada.

Daya Tarik Bali Butterfly Park
Image Credit: Google Maps (GS S)

4. Butuh Perjuangan Ekstra untuk Mengurusnya

Membangun sebuah tempat wisata dengan konsep penangkaran tentu tidaklah mudah. Hal ini juga terjadi ada Bali Butterfly Park ini. Kupu-kupu adalah hewan yang bertahan hidup dalam jangka waktu tertentu. Sementara kehadiran kupu-kupu di wisata ini adalah suatu hal yang harus ada. Maka itu caranya dengan menghadirkan kepompong baru.

Kepompong baru ini akan didatangkan dalam jangka seminggu sekali dari Singaraja dan Jembrana. Setidaknya kepompong yang dikirim akan mencapai 1500 dan tidak semuanya bisa menjadi kupu-kupu. Keberhasilannya diperkirakan hanya mencapai 75 persen saja.Pengaruh suhu juga menjadi penentu keberhasilan dari kepompong menjadi kupu-kupu cantik ini.

5. Suguhkan Pemandangan Indah

Pemandangan yang disuguhkan di taman kupu-kupu ini juga sangat memanjakan mata. Begitu menginjakkan kaki, anda akan disambut dengan patung kupu-kupu berukuran raksasa. Patungnya berada di tengah kolam lengkap dengan tulisan Bali Butterfly Park Tabanan. Pada bagian kolamnya terdapat bunga teratai yang makin indah.

Selain itu suasana wisatanya juga asri serta indah. Kehadiran tanaman hias semakin mempercantik taman yang ada di wisata Bali ini. Tanaman dan pepohonan juga membuat suasananya semakin rindang. Selama anda menjelajah keindahan taman ini, anda tak akan kepanasan. Di bagian luar kawasan, hamparan sawah hijau turut menghiasinya.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Alamat Bali Butterfly Park
Image Credit: Google Maps (Satryadi Ryder)

Untuk menikmati keindahannya, anda bisa mengunjungi taman kupu-kupu ini di Jl. Batukaru, Desa Sesandan, Kec. Penebel, Kab. Tabanan Bali. Akses menuju lokasi sudah sangat mudah, anda bisa menjangkaunya dengan berbagai kendaraan. Terbilang dekat jika dari Ubud maupun Gianyar, sementara dari Denpasar butuh waktu sekitar 1 jam.

Dan Bagi anda yang berangkat dari Bandara Ngurah Rai butuh waktu kisaran 1,5 jam atau 60 km. Untuk memulai perjalanan, silahkan menuju Tabanan terlebih dahulu. Selanjutnya dilanjutkan menuju area wisata Jatiluwih ataupun Air Panas Batukaru. Nantinya anda hanya perlu mengikuti petunjuk jalan yang sudah ada di beberapa titik.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket Bali Butterfli
Image Credit: Google Maps (Michel Tellier)

Menikmati keindahan yang ditawarkan, pengunjung harus membayar harga tiket masuknya. Harga Tiket masuk Bali Butterfly Park dibedakan berdasarkan orang dewasa dan anak anak. Selain itu juga dibedakan berdasarkan wisatawan domestik atau mancanegara. Menariknya, harga tiket sudah termasuk dengan welcome drink yang bisa dinikmati masing masing pengunjung.

Harga tiket anak anak sekitar Rp 37.500 sementara untuk orang dewasa sekitar Rp 75 ribu. Harga tiket masuk tidak berlaku untuk anak yang masih berusia di bawah 5 tahun. Tarif tiket ini juga ada yang menyebutkan sekitar Rp 85 ribu dewasa dan Rp 60 ribu anak anak. Memang anda bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau jika membelinya dengan online.

Sementara jam operasionalnya mulai dari pukul 08.00 sampai 17.00 waktu setempat. Anda juga bisa datang kapan saja dari hari Senin hingga hari Minggu. Waktu terbaik berkunjung di taman kupu-kupu ini adalah sebelum pukul 10.00 pagi. Karena anda berkesempatan untuk melihat kupu-kupu yang sedang menghisap madu.

Ragam Aktivitas Seru yang Manarik Dilakukan

Aktivitas Seru di Butterfly Park
Image Credit: Google Maps (Edo Suhartanto)

1. Berkenalan Dengan Kupu-kupu yang Ada

Kegiatan yang bisa dilakukan di Bali Butterfly Park tentu menjelajah setiap sudut taman ini. Selama berjalan jalan, anda bisa menikmati keindahan alamnya sembari wisata edukasi. Mengingat anda bisa berdekatan dengan kupu-kupu secara langsung. Dan ada beberapa kupu-kupu yang juga menjadi spesies langka dan hampir punah.

Misalnya seperti spesies Ornithoptera Priamus juga Troides Helena yang bisa ditemukan. Untuk Ornithoptera Priamus adalah kupu yang berasal dari Australia dengan ciri warna hitam dan hijau pada bagian sayapnya. Troides Helena juga dikenal dengan Common Birdwing yang ukurannya besar. Biasanya memiliki lebar 13 sampai 17 cm dengan warna gelap serta bintik keemasan.

2. Mengunjungi Museum Kupu-kupu

Selain melihat kupu-kupu yang hidup, pengunjung juga bisa mengunjungi Museum Kupu-kupu yang ada. Di sini juga bisa menemukan kupu-kupu dalam berbagai jenis dan juga ukuran. Tentu saja dengan beberapa informasi tambahan yang melengkapinya. Dijamin liburan anda akan makin seru.

3. Berfoto Dengan Kupu-kupu

Yang tidak bisa dilewatkan ketika berada di Bali Butterfly Park adalah mengabadikan setiap momen. Anda bisa mengambil foto bersama dengan kupu-kupu cantik yang ada. Pagi hari, akan banyak yang berterbangan sehingga bisa dijadikan momen tepat untuk berfoto. Bukan hanya itu beberapa sudut di wisata ini juga sangat instagramable.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Bali Butterfly Park

Fasilitas di Bali Butterfly Park
Image Credit: Google Maps (Yustini Rachmiati)

Selain bisa melakukan berbagai kegiatan seru, pengunjung juga akan dimanjakan dengan fasilitas yang tersedia. Fasilitas mulai dari area parkir yang bisa menampung kendaraan anda cukup luas. Tidak ketinggalan beberapa toilet yang juga dalam kondisi memadai. Anda juga tak perlu khawatir soal uang cash, karena tersedia mesin ATM.

Kehadiran restoran yang di dalam juga bisa menjadi tujuan anda kulineran. Toko Souvenir juga disediakan dengan berbagai pernak pernik khas Butterfly Park. Baik dalam bentuk gantungan kunci, paper weight sampai dengan pembatas buku. Jika ingin yang lain, lukisan kupu-kupu juga bisa menjadi pilihan souvenir untuk orang orang tersayang.

Bagi anda yang sedang menghabiskan liburan di Bali bersama keluarga atau membawa anak anak, Bali Butterfly Park adalah pilihan yang tepat. Anda bisa mengajak si kecil untuk berinteraksi sekaligus mendapatkan ilmu baru saat liburan kemari. Selain itu wisata ini juga menawarkan kegiatan seru sekaligus fasilitas yang memadai.