Wisata edukatif Bali Bird Park menjadi tujuan rekreasi paling recommended bersama anak. Taman burung di Bali yang memiliki banyak koleksi jenis spesies.

Lokasi: Jl. Serma Cok Ngurah Gambir Singapadu, Batubulan, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar.
Map: Cek Lokasi

Bali Bird Park adalah sebuah taman burung terbesar di Bali. Berada di lahan yang sangat luas yang menampung ribuan jenis burung hingga reptil. Taman burung ini juga memiliki banyak koleksi burung-burung langka, mulai dari burung asal Bali, Sumatera, Jawa, hingga burung dari Afrika dan Amerika Selatan.

Taman burung dengan lingkungan yang sangat asri ini sekarang terkenal sebagai salah satu destinasi wisata di daerah Gianyar, Bali. Lokasinya yang sangat mudah diakses membuat kawasan wisata ini selalu ramai pengunjung setiap harinya. Banyak wisatawan Indonesia dan mancanegara yang tertarik untuk melihat langsung taman burung ini.

Selain menjadi surganya para pecinta burung, taman ini juga menjadi salah satu destinasi wisata di Bali yang ramah anak. Cocok untuk dijadikan tempat liburan keluarga. Tempatnya ditata dengan baik dan fasilitasnya yang lengkap akan memberikan pengalaman liburan yang menyenangkan bagi para pengunjung Bali Bird Park.

Sekilas Mengenai Bali Bird Park

Sekilas Mengenai Bali Bird Park
Image Credit: Hargatiket.net

Bird Park dibangun pada tahun 1995 silam di kawasan Gianyar, Bali. Koleksi burung-burung langka di taman ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk datang. Setiap harinya ada ratusan orang yang berkunjung ke Bali Bird Park. Pada masa liburan, jumlah pengunjung taman pun akan meningkat.

Taman wisata ini menawarkan pengalaman wisata edukasi burung, reptil, dan berbagai jenis flora tropis. Burung-burung di taman ini dibiarkan terbang bebas di dalam kandang besar. Ukurannya yang besar membuatnya tidak terlihat seperti kandang. Terlebih lagi dengan penataannya yang dibuat mirip seperti hutan atau habitat burung.

Masing-masing jenis burung ditempatkan di kandang yang berbeda-beda. Tanaman, kolam, hingga pohon-pohon besar ditata dengan sangat baik di kandang burung tersebut. Walaupun tidak berada di alam liar, burung-burung koleksi Bali Bird Park dapat hidup dengan baik seperti di habitat asli mereka.

Sekilas Mengenai Bali Bird Park
Image Credit: Google Maps (H M Baru)

Petugas taman burung ini setiap hari mengecek dan merawat satwa koleksi. Pada jam-jam tertentu, petugas akan memberi makan burung yang bisa disaksikan langsung oleh para wisatawan. Pemandangan tersebut tentu menjadi pengalaman yang menarik untuk liburan di Bali.

Selain menyediakan berbagai koleksi dan atraksi burung, taman wisata ini juga menawarkan tempat dan fasilitas wisata yang sangat nyaman. Pengunjung bisa berkeliling taman tanpa kepanasan dengan suasananya yang sangat tenang.

Fasilitasnya pun sangat lengkap sehingga wisatawan dapat menikmati liburan dengan lebih nyaman. Lokasinya sangat strategis, baik untuk Anda yang berada di kawasan wisata Denpasar maupun dari arah Bandara Ngurah Rai. Bali Bird Park bisa menjadi alternatif wisata keluarga yang menarik untuk dikunjungi.

Koleksi Taman Wisata Bali Bird Park

Koleksi Taman Wisata Bali Bird Park
Image Credit: Google Maps (Daniel Heryanto)

Taman wisata burung terbesar di Pulau Dewata ini mampu menampung ribuan burung. Tercatat sekitar 250 jenis burung menjadi koleksi dari taman yang memiliki luas 2 hektar ini. Tempat untuk burung-burung tersebut pun dibuat dengan kondisi yang semirip mungkin dengan habitat aslinya.

Wisatawan dapat melihat dengan dekat burung-burung langka, baik satwa asli Indonesia maupun dari mancanegara. Jalak Bali yang menjadi salah satu burung langka dapat dilihat di taman ini.

Ada juga burung langka dari Jawa seperti Elang ular bido dan elang Jawa. Burung elang hantu menjadi koleksi taman untuk burung asal Sumatera bersama dengan burung crimson wing parakeet.

Taman burung ini juga memiliki koleksi burung nuri terbesar di dunia yaitu hyacinth macaw. Termasuk juga burung makaw scarlet yang sama-sama berasal dari daerah Amerika latin.

Beberapa jenis burung asal Afrika Selatan seperti beo abu-abu. Hewan cerdas tersebut sangat pandai menghibur wisatawan dengan kemampuannya yang bisa menirukan suara manusia. Bali Bird park adalah salah satu taman wisata yang memiliki koleksi burung beo terbesar, terdiri dari beragam jenis beo dengan warna-warna yang cantik.

Taman wisata ini tidak hanya memiliki koleksi burung yang begitu banyak, tetapi juga beberapa jenis hewan reptil. Wisatawan dapat melihat beragam jenis reptil seperti kadal, iguana, komodo, kura-kura, ular, hingga buaya. Beberapa reptil jinak bahkan bisa diajak untuk berfoto dengan para wisatawan.

Koleksi beragam burung dan reptil menjadi daya tarik wisata taman ini. Selain koleksi satwa tersebut, kawasan taman ini juga dihiasi dengan lebih dari 2000 jenis tanaman tropis yang menambah keindahan di sekitar.

Atraksi Menarik di Taman Burung Bali

Atraksi Menarik di Taman Burung Bali
Image Credit: Instagram.com @dethaphoto

Salah satu atraksi yang menarik di Bali Bird Park adalah pelican feeding. Wisatawan dapat melihat petugas melempar ikan ke arah burung yang dikenal dengan paruh panjangnya ini.

Pertunjukan yang paling menarik wisatawan adalah Bali Rainforest. Mempertunjukkan atraksi hewan terbang dari beberapa koleksi taman seperti kakaktua, burung bangau, burung macau, dan lain-lain.

Ada lagi atraksi yang digemari wisatawan yang dikenal dengan guyu guyu corner. Wisatawan dapat mendekat ke arah burung dan membiarkan satwa tersebut bertengger di bahu pengunjung. Jenis burungnya antara lain burung kakaktua dan macam, atau burung lain dengan warna-warna yang cantik.

Atraksi yang cukup menghibur di Taman Burung Bali adalah Meet the Bird Stars. Burung bangkong dan kakatua raja hitam dari koleksi taman wisata ini sangat menggemaskan dan sudah terbiasa dengan keberadaan wisatawan.

Bagi pecinta burung pemangsa seperti elang bisa melihat atraksi yang disebut Basic Instinct. Atraksi ini memperlihatkan burung elang yang terbang tinggi mengawasi mangsa dan kemudian menukik tajam menangkap mangsanya.

Pengunjung taman dapat ikut memberi makan burung di atraksi lory feeding. Petugas akan membawa makanan untuk burung-burung nuri atau perkici. Atraksi memberi makan hewan lainnya adalah papua rainforest feed. Atraksi tersebut adalah untuk pertunjukan petugas taman yang memberi makan pada burung-burung asli Papua.

Selain burung, atraksi menarik di taman wisata ini juga mempertunjukkan koleksi jenis satwa lain yaitu komodo. Aktivitas petugas memberi makan ke reptil raksasa tersebut bisa disaksikan di atraksi komodo experience di Bali Bird Park.

Wisata Edukasi di Bali Bird Park

Wisata Edukasi di Bali Bird Park
Image Credit: Instagram.com @diniswastiani

Bird Park menjadi salah satu taman wisata yang banyak dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar negeri. Ratusan wisatawan yang berlibur ke Pulau Dewata setiap hari datang mengunjungi Bali Bird Park di daerah Gianyar ini.

Tempatnya sangat asri dengan banyak tanaman palem dengan warna-warni yang begitu menarik. Lebih dari 50 jenis palem ditanam di kawasan taman ini. Taman ini juga menjadi cagar alam tanaman tropis yang memberikan suasana lebih asri dan rindang.

Wisatawan anak-anak hingga dewasa dapat mengenal dan melihat berbagai jenis burung di dalam kandang besar. Beberapa jenis burung seperti kakaktua dan beo bahkan bisa diajak berinteraksi langsung dengan wisatawan. Petugas taman wisata biasanya akan membantu wisatawan yang ingin memegang burung.

Membiarkan burung bersandar di bahu adalah kegiatan yang menarik untuk dilakukan di tempat ini. Wisatawan diperbolehkan juga untuk berfoto dengan hewan-hewan tersebut. Petugas akan dengan senang hati membantu wisatawan mengambil gambar dengan perangkat masing-masing wisatawan.

Pengunjung yang ingin berfoto dengan burung tidak akan dikenai biaya. Namun ada biaya tambahan apabila Anda berfoto menggunakan kamera dari Bali Bird Park. Selain itu, Anda dapat mencetak hasil fotonya langsung di taman ini.

Selain berinteraksi lebih dekat dengan berbagai burung, wisatawan juga bisa belajar mengenai perilaku dan ciri khas dari masing-masing jenis burung yang ada. Beberapa atraksi ditawarkan di tempat ini yang menunjukkan keunikan beberapa jenis burung. Burung kakaktua dan beo yang menirukan suara atau elang si pemburu cerdas.

Tersedia juga teater 4 dimensi untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi para wisatawan mengenai burung. Film-film pendek tentang satwa ini dapat dinikmati di 4D theater di Bali Bird Park.

Taman wisata ini tidak hanya menarik dengan wisata edukasi burung, tetapi juga wisata edukasi tentang reptil. Taman ini memiliki beberapa jenis reptil, dari yang jinak hingga buas. Wisatawan hanya boleh mendekat ke reptil jinak seperti iguana, kadal, dan beberapa jenis ular.

Fasilitas yang Tersedia di Bali Bird Park

Fasilitas di Bali Bird Park
Image Credit: Google Maps (T J Tan)

Fasilitas parkir di objek wisata Bird Park sangat luas. Area tersebut dapat menampung sepeda motor, mobil, dan bus pariwisata. Selain tempat parkir, fasilitas wisata yang disediakan lainnya meliputi toiler bersih, restoran, cafe, penginapan, dan lain-lain.

Objek wisata taman burung ini buka setiap hari. Anda bisa datang mulai jam 9 pagi hingga 5 sore. Di dalam area wisata ini, wisatawan juga bisa menjumpai toko cenderamata yang menjual berbagai aksesoris dan benda-benda lain yang berhubungan dengan burung.

Rute Menuju Lokasi Taman Burung Bali

Rute Menuju Taman Burung Bali
Image Credit: Instagram.com @deyatri.m

Taman burung terbesar di Bali ini berada di daerah Singapadu, Gianyar. Lokasi tersebut dekat dengan kawasan wisata Ubud sekitar 14 km. Perjalanan dari arah Ubud ke Bali Bird Park kurang lebih 35 menit atau tergantung kondisi lalu lintas.

Sedangkan untuk wisatawan yang datang dari kawasan Jimbaran, taman burung ini bisa dicapai dengan perjalanan sekitar 1,5 jam. Begitu juga untuk wisatawan yang menginap di sekitar Kuta.

Bagi wisatawan yang berada di Bandara Ngurah Rai, perjalanan menuju kawasan Bird Park dapat ditempuh sekitar 1 jam. Rute yang diambil dapat melalui By Pass Ida Bagus.

Transportasi ke kawasan ini lebih disarankan dengan membawa kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil. Transportasi umum yang mencapai lokasi langsung tidak tersedia. Anda bisa menggunakan transportasi umum yang mengarah ke Desa Batu Bulan.

Harga Tiket Masuk Bali Bird Park

Harga Tiket Bali Bird Park
Image Credit: Instagram.com @kepinkshoot

Harga tiket masuk ke Bali Bird Pak untuk wisatawan dewasa adalah Rp 150.000,- per orang. Pengunjung anak dikenai tarif masuk sebesar Rp 75.000,- per orang. Sedangkan untuk bayi di bawah 2 tahun tidak dikenai biaya masuk alias gratis.

Harga tiket masuk yang dibayar di loket termasuk untuk menikmati semua atraksi yang disediakan tempat wisata ini. Jadi wisatawan tidak perlu membayar lagi di dalam Bali Bird Park.

Bagi rombongan dengan jumlah minimal 20 wisatawan akan tersedia jasa pemandu gratis. Harga tiket untuk wisatawan mancanegara berbeda dengan harga tiket masuk untuk WNI ini.

Itulah beberapa informasi mengenai Bali Bird Park yang perlu diketahui terutama untuk Anda yang tertarik mengunjungi objek wisata ini. Perlu diketahui juga bagi para pengunjung yang memasuki area taman burung tidak diperbolehkan membawa hewan peliharaan.