Bagus Agro Pelaga salah satu destinasi rekreasi agrowisata yang menarik di Kabupaten Badung, Bali. Tempat wisata yang dikelilingi pemandangan alam yang hijau nan asri, tempat belajar tanaman dan beragam aktivitas yang menyenangkan.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pelaga, Kec. Petang, Kab. Badung, Bali.

Tentunya semua orang tidak asing dengan pulau Dewata. Pulau ini telah terkenal bahkan hingga mancanegara, karena memang di pulau ini banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. Yang indah dari pulau Bali tak hanya objek wisata berupa lautnya saja, namun Anda juga bisa menemukan objek wisata berupa perkebunan serta pertanian di sana.

Salah satunya yang bisa Anda kunjungi yaitu bagus agro wisata yang berada di Desa Pelaga. Banyak wisatawan asing yang mulai melirik tempat ini sebagai tempat wisata yang cukup potensial, begitu juga dengan wisatawan domestik yang juga ramai berkunjung ke tempat tersebut.

Jika kebetulan Anda pergi ke Bali dan sudah bosan dengan wisata pantai, maka Anda bisa menjadikan bagus agrowisata pelaga ini sebagai alternatif wisata untuk dikunjungi oleh Anda beserta keluarga. Tentunya dengan berkunjung ke Bagus Agro Pelaga, Anda akan memperoleh pengalaman yang tak akan didapat jika berkunjung ke pantai.

Daya Tarik yang Dimiliki Bagus Agro Pelaga

Daya Tarik Bagus Agro Pelaga
Image Credit: Google Maps (Bagus Agro Pelaga Resort)

1. Perbukitan yang Sejuk dengan Udara yang Segar

Agro wisata ini terletak di kawasan perbukitan yang memiliki ketinggian sekitar 900 meter dari permukaan laut. Itu yang menyebabkan kawasan ini begitu sejuk serta memiliki udara yang sangat segar. Tanaman tumbuh dengan subur di tempat, ini seperti misalnya buah-buahan dan sayur-mayur.

Hal itu dikarenakan tanah daerah ini begitu subur, sehingga sangat mendukung tumbuhnya tanaman tersebut. Agrowisata Bagus Pelaga ini berada di atas lahan yang cukup luas, mencapai 18 hektar, dan berada di kawasan lereng Puncak Mangu Gunung Catur. Saat Anda berkunjung ke tempat wisata ini, maka jangan heran jika Anda merasakan sensasi sejuk yang amat luar biasa.

Udara yang dihasilkan di Bagus Agro sangatlah bersih, tidak terkontaminasi oleh asap-asap pabrik. Bagi Anda yang tinggal di wilayah perkotaan dengan udara yang padat polusi, maka berkunjung ke tempat ini akan membuat Anda bisa merasakan udara segar yang begitu jernih.

2. Kompleks Tanaman yang Indah

Di bagus agrowisata Anda akan melihat kompleks tanaman yang indah dipandang, sebagai contohnya bunga dengan ragam warna serta buah-buahan. Terdapat jalan setapak serta jalan melingkar di sekitar perkebunan, sehingga Anda dapat menikmati keindahan kebun dengan leluasa.

Jalan dengan bentuk melingkar di tempat wisata ini sengaja dibuat memang untuk memudahkan para pengunjung. Panjang jalan tersebut mencapai 1600 meter.

Di sepanjang jalan melingkar tersebut Anda akan melihat beberapa tempat yang cukup menarik, seperti misalnya tempat pembuatan gula aren, tempat coffee roasting, beberapa stand-stand penjual minuman serta makanan, rumah para petani, tempat pembuatan panganan khas Bali, kandang binatang, serta terdapat juga kolam ikan dengan ragam jenis ikan yang indah untuk dilihat.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Bagus Agro Pelaga

Alamat Bagus Agro Pelaga
Image Credit: Google Maps (TheWVB bali)

Wisata Bagus Agro Pelaga terletak di Kabupaten Badung, Kecamatan Petang, Desa Pelaga. Tepatnya berada di Jalan Raya Puncak Mangu. Bagi wisatawan lokal tentunya rute ataupun lokasi menuju agrowisata bukan hal yang membingungkan lagi. Namun bagi Anda yang berasal dari luar kota, pastinya akan sedikit kebingungan untuk menemukan di mana lokasi wisata ini.

Anda tidak perlu khawatir kesasar atau salah jalan saat Anda menggunakan kendaraan pribadi untuk datang ke tempat ini. Anda bisa memanfaatkan aplikasi Google maps di perangkat handphone Anda. Di tempat ini sinyal internet cukup kuat sehingga Anda tidak perlu takut nantinya Google maps tidak bekerja karena ketiadaan sinyal.

Akses jalan untuk menuju tempat wisata Bagus Agro Pelaga sangatlah layak, sehingga Anda dapat menggunakan motor pribadi ataupun mobil saat berkunjung ke tempat ini. Namun jika ternyata Anda lebih memilih untuk menggunakan kendaraan umum seperti misalnya angkutan bus, maka Anda bisa naik bus hingga Kecamatan Petang.

Sesampai di kecamatan tersebut Anda bisa menggunakan jasa ojek untuk mengantar Anda ke Desa Pelaga tepatnya ke wisata agro pelaga.

Harga Tiket Masuk Bagus Agro Pelaga Bali

Harga Tiket Bagus Agro Pelaga
Image Credit: Google Maps (Marjolein Beeckman)

Untuk harga tiket masuk menuju wisata Bagus Agro cukuplah terjangkau. Masing-masing orang atau wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp 30.000. Dengan harga itu nantinya Anda akan mendapat tiket masuk serta minuman jus strawberry sebagai ungkapan selamat datang dari pihak pengelola wisata.

Objek wisata ini juga memberikan fasilitas bagi kegiatan-kegiatan kelompok seperti misalnya outbound, kursus tabulapot, acara arisan, kontes hewan seperti anjing maupun burung, meeting, camping, lower Expo dan kegiatan-kegiatan lain yang memang membutuhkan kegiatan outdoor dalam pelaksanaannya.

Tentunya untuk kegiatan-kegiatan semacam itu akan dikenakan paket tiket dengan harga lain. Jadi jika Anda memiliki komunitas dan berencana untuk mengadakan acara outbond dan semacamnya, maka Anda bisa jadikan Bagus Agro Pelaga sebagai tempat untuk kegiatan Anda berlangsung.

Tidak perlu takut harga tiket yang mahal, karena tentunya pihak pengelola wisata akan memberikan diskon untuk pengunjung yang datang dalam jumlah banyak dan untuk aktivitas-aktivitas tertentu.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Bagus Agro Pelaga

Aktivitas Menarik di Bagus Agro Pelaga
Image Credit: Google Maps (Bagus Agro Pelaga Resort)

Banyak sekali kegiatan-kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di tempat ini. Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain yaitu:

1. Wisata Outdoor dengan Hiking

Bagus Agro menyediakan wisata outdoor bagi para pengunjung yang datang. Wisata ini tentunya akan sangat seru dan menarik karena memang ada banyak sekali hal yang bisa Anda nikmati di bagus pelaga ini.

Anda bisa berjalan-jalan melewati jalan setapak sambil lalu merasakan hawa yang sejuk dan asri, menikmati ketenangan serta kenyamanan wisata di tempat yang dominan berwarna hijau, melihat perkebunan yang tertata dengan teratur dan rapi serta Anda juga bisa melihat kebun-kebun organik seperti bunga, buah dan sayur mayur.

2. Keliling Menggunakan Buggy

Jika Anda capek berkeliling dengan jalan kaki, maka Anda bisa memakai kendaraan buggy yang disediakan di tempat tersebut. Kendaraan ini menggunakan tenaga listrik sebagai bahan penggerak. Sambil berkeliling menggunakan kendaraan ini, Anda tentunya akan ditemani oleh seorang pemandu.

Dialah nantinya yang akan menjelaskan kepada Anda tentang budidaya tanaman yang ada di kawasan wisata Bagus Agro Pelaga. Sehingga selain Anda bisa menikmati pemandangan, Anda juga bisa mendapatkan sedikit ilmu dari acara keliling Anda tersebut.

3. Cycling Tour

Bagi Anda yang sangat suka sekali bersepeda, Anda juga bisa melakukan aktivitas cycling tour di tempat wisata ini. Tour dengan mengendarai sepeda ini dilakukan di luar area wisata agro, yaitu di wilayah perkampungan sekitar. Anda akan dibawa ke jalan-jalan yang berliku dengan pemandangan khas daerah perkebunan yang indah.

4. Bird Watching

Para pecinta burung tentunya akan sangat betah berada di kawasan wisata Bagus Agro Pelaga ini. Hal itu dikarenakan di tempat ini banyak sekali terdapat burung-burung berseliweran. Terutama saat subuh Anda akan menemukan banyak sekali jenis burung yang dapat dilihat di kawasan ini.

Aktivitas di Bagus Agro Pelaga
Image Credit: Google Maps (balitoursclub)

5. Menikmati Hasil Perkebunan

Aktivitas selanjutnya yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini yaitu menikmati hasil perkebunan. Anda bisa membeli hasil perkebunan yang terdapat di sana. Nantinya para petani akan mematikan langsung untuk Anda. Anda dilarang untuk memetik sendiri karena hal tersebut ditakutkan dapat merusak tanaman.

Tentunya dengan menikmati hasil perkebunan langsung akan berbeda dengan Anda membeli hasil perkebunan di supermarket. Buah-buahan serta sayur-mayur yang terdapat di perkebunan ini tentunya lebih segar dan Anda dapat mengonsumsinya langsung sesaat setelah dipetik. Harganya pun akan jauh lebih murah di tempat ini dibandingkan jika Anda harus membelinya di supermarket.

6. Children Playground

Di tempat ini juga disediakan children playground. Jadi untuk Anda yang datang ke Bagus Agro bersama dengan anak-anak Anda, mereka bisa bermain di tempat tersebut. Tentunya hal itu akan membuat mereka semakin betah.

Taman bermain anak yang disediakan oleh tempat wisata ini relatif aman dan memiliki konsep alam, sehingga hal itu akan semakin menumbuhkan kecintaan anak-anak Anda terhadap alam sekitar.

7. Istirahat di Saung

Jika Anda sudah berkeliling perkebunan dan lelah, Anda bisa beristirahat di saung yang ada di tempat wisata ini. Menyantap makanan ringan sambil memandang hamparan perkebunan hijau dengan udara yang sejuk adalah ide yang bagus untuk dilakukan.

Kegiatan ini akan membuat Anda rileks dan sejenak melupakan permasalahan yang berkaitan dengan beban kerja Anda. Seperti yang kita tahu bahwa rilex sangatlah dibutuhkan bagi tubuh, karena jika kita tidak melakukan hal tersebut maka di khawatirkan akan mengalami stres.

Fasilitas yang Tersedia di Bagus Agro Pelaga Bali

Fasilitas di Bagus Agro Pelaga Bali
Image Credit: Google Maps (Bagus Agro Pelaga Resort)

Wisata Bagus Agro ini menyediakan beberapa fasilitas bagi Anda para pengunjungnya. Fasilitas yang bisa Anda dapat tempat tersebut yaitu kamar mandi, warung makan, penginapan, area parkir kendaraan, tempat istirahat dan masih banyak fasilitas-fasilitas yang lain yang tentunya akan memudahkan Anda dalam melakukan beragam aktivitas di tempat tersebut.

Itulah ulasan tentang Bagus Agro Pelaga di Badung, Bali. Agrowisata yang cocok dikunjungi bersama keluarga dan teman untuk berbagai kegiatan seru dan menyenangkan sembari menambah pengetahuan tentang tanaman.