Anjungan Tukad Melangit atau Antungan Hill salah satu objek wisata yang hits di Bangli, Bali. Destinasi yang juga dikenal dengan sebutan Green Valley yang memiliki beragam spot foto keren dengan latar bukit hijau.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jehem, Kec. Tembuku, Kab. Bangli, Bali.

Pulau Dewata Bali memang sangat terkenal akan pesona pantainya. Baik oleh wisatawan lokal maupun manca negara. Namun, saat Anda datang ke tempat ini dan bosan dengan wisata pantai, Bali juga memiliki wisata lain kok. Tentunya dengan panorama yang cantik dan sangat menarik dikunjungi. Wisata tersebut adalah Anjungan Tukad Melangit.

Antungan Hill merupakan sebuah wisata yang menyediakan panorama alam indah, kekinian, hits, dan instagramable, sehingga wisata ini menjadi viral di sosial media. Netizen pun banyak yang berkunjung ke tempat ini, terutama mereka para pemuda milenial. Sangat cocok sekali untuk berburu foto atau membuat konten di tempat ini.

Selain panorama yang disajikan dengan indahnya, wisata yang sering di singkat ATM ini menjadi spot yang menantang adrenalin. Sebab tempat ini memiliki tebing yang sangat curam. Namun jangan khawatir, tempat ini sudah terjamin keamanannya kok. Tapi Anda harus berfikir dua kali jika memiliki trauma pada ketinggian.

Daya Tarik yang Dimiliki Anjungan Tukad Melangit

Daya Tarik Anjungan Tukad Melangit
Image Credit: Google Maps (Suryantara Nengah)

1. Objek Selfie yang Viral

Berawal dari ketidaksengajaan warga yang berfoto di posko tempat para warga mengobrol yang kemudian di unggah di sosmed, tempat ini menjadi ramai pengunjung. Semenjak itulah tempat ini menjadi wisata viral yang menjadi incaran pecinta traveling. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Apalagi mereka yang sangat suka tantangan.

Sebab spot foto yang menjadi kegemaran para wisatawan tersebut adalah spot foto yang ada di tepi jurang Tukad Melangit. Tempat tersebut berada di ladang milik salah satu warga Antugan, yaitu Made Arta. Ke ekstriman tempat inilah yang menjadikannya sebagai spot foto incaran.

Selain itu, terdapat pula spot foto menarik seperti di anjungan dengan latar belakang bukit-bukit, foto di rumah pohon, ayunan, dan banyak lainnya. Adapun sebuah perahu untuk foto, yang mana perahu tersebut muat untuk 5 orang. Ada juga spot foto di gubug atau posko yang bisa muat untuk 10 orang.

BACA JUGA:  Gunung Abang, Destinasi Favorit Para Pendaki di Pulau Bali

2. Panorama yang Indah

Daya tarik yang memikat pengunjung adalah panoramanya yang indah dan memukau. Sebab terdapat lembah tukad yang hijau. Membuat mata sejuk dan pikiran tenang. Apalagi pepohonan di kawasan wisata ini juga hijau dan rindang, masih nampak alami dan asri.

Pengunjung akan disuguhkan keindahan alam dari atas anjungan serta hijaunya bukit yang berjajar dengan rapi. Adapun tebing curam yang membuat keindahan alam di sekitarnya bisa nampak jelas. Makanya tak heran banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Anyaman anjungan yang kokoh serta dinding-dinding yang dibuat sangat unik juga menambah keindahan panorama bagi siapa saja yang memandang. Oleh sebab itu, pemandangan di tempat ini sangat sayang dilewatkan saat berlibur ke pulau Dewata khususnya Kabupaten Bangli.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Antungan Hill

Alamat Antungan Hill
Image Credit: Google Maps (Tio Setiawan)

Anjungan Tukad Melangit terletak di Dusun Antugan, Desa Jehem, Yakni sebuah desa yang berada di Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, yang ada di Provinsi Bali. Anda pun bisa mengecek lokasi tersebut di Google maps. Sehingga tidak perlu takut tersesat atau salah jalan.

Anjungan Tukat Melangit ini melewati perumahan warga, Anda bisa jalan kaki melewati rumah-rumah tersebut dengan jarak sekitar 50 meter. Hal tersebut berlaku bagi Anda berlibur dengan mengendarai roda empat. Sedangkan untuk roda dua, bisa langsung menuju lokasi dan parkir di kawasan wisata ini.

Namun sebelum itu, jika Anda pergi dari Denpasar Anda harus menempuh jarak sekitar 50 km. Andapun menempuh jarak sekitar 10 km jika dari arah utara Kota Bangli. Adapun cara lain untuk berwisata ke tempat yang juga dikenal dengan nama Green Valley ini.

Perjalanan tersebut mulai dari Denpasar kemudian pergi ke jalan Tembuku, yang mana jalan tersebut merupakan jalan pintas ke arah Rendang Karangsem. Saat sudah sampai di perempatan Desa Jehem, Anda tinggal belok ke arah kiri saja, dengan menempuh jarak sekitar 3 km Anda pun bisa sampai destinasi wisata ini.

Untuk transportasinya Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi maka jalurnya seperti diatas. Namun, jika Anda menggunakan kendaraan umum, maka Anda tinggal mencari terminal bus atau angkutan umum lainnya yang pergi ke arah Desa Jehem.

BACA JUGA:  Air Terjun Tukad Cepung Bali, Indahnya Air Terjun Dibalik Tebing

Sehingga untuk menuju lokasi yang berada di Dusun Antugan, andpun harus mencari jasa ojek. Setelah itu, Anda sampai di lokasi wisata Antungan Hill.

Harga Tiket Masuk Anjungan Tukad Melangit Bali

Harga Tiket Tukad Melangit Bali
Image Credit: Google Maps (Gend Rall)

Harga tiket yang ditarik untuk memasuki kawasan Anjungan Tukad Melangit ini sangat terjangkau. Untuk orang dewasa pengelola setempat menarik tarif Rp 15.000 saja. Sedangkan untuk wisatawan yang masih anak-anak, maka akan dikenai tarif Rp 5.000 per anak.

Bukan itu saja, parkir di tempat ini pun masih gratis. Namun, untuk pergi ke tempat ini lebih baik Anda perhatikan cuacanya. Pilihlah cuaca yang cerah sehingga liburan Anda akan lebih menyenangkan dan sesuai ekspektasi Anda. Hasil foto pun akan nampak lebih bagus dan indah ketika cuacanya cerah.

Sebagi informasi tambahan harga tiket sewaktu-waktu bisa berubah sesuai ketentuan pengelola setempat. Dibangunnya suatu fasilitas atau wahana sebelum ini juga bisa menjadi penyebab kenaikan harga tiket masuk atau biaya tambahan yang dikenakan kepada wisatawan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Antungan Hill

Aktivitas Dilakukan di Antungan Hill
Image Credit: Google Maps (Michael krisna Lyla)

1. Beristirahat di Posko atau Gubug Kecil

Salah satu kegiatan menarik di wisata ATM ini Anda bisa beristirahat di posko atau gubug kecil yang digunakan untuk beristirahat. Sangat pas saat penat berjalan-jalan menyusuri spot selfie di tempat ini.

Andapun bisa menyiapkan camilan maupun makanan berat untuk Anda makan di pos ini. Namun Anda harus membeli dulu di warung-warung yang tersedia, tapi Anda juga bisa menyiapkan bekal tersebut dari rumah.

2. Menikmati Panorama Alam

Tempat ini memiliki panorama alam yang unik dan menarik. ATM tampak seperti perahu jika Anda melihatnya dari kejauhan. Sebab anjungan tersebut terbuat dari bilah bambu dan kayu, kemudian bilahan tersebut dianyam dan saling dikaitkan.

Hal tersebut berguna sebagai dinding pengaman. Namun, agar lebih kuat dinding tersebut dilengkapi dinding kayu yang utuh. Bukan itu saja, pengaman lain yang diberikan disini adalah anjungan yang berbentuk lancip sebanyak 2 buah yang saling berdampingan. Dimana salah satunya menjadi penyangga beton dan lainnya menjadi penyangga besi.

Dari anjungan ini pula para wisatawan bisa melihat panorama Tukad Melangit yang indah. Sebab tempat ini berada di ketinggian sekitar lebih dari 100 meter. Tak hanya keindahan di bagian bawah saja, adapun barisan bukit yang nampak indah dan cantik. Bukit tersebut ada di sebelah utara.

BACA JUGA:  7 Restoran & Tempat Makan di Bangli Bali yang Terkenal

Selain itu, terdapat sebuah anjungan yang ada di bawah pohon. Anjungan ini nampak seperti rumah pohon. Sangat cocok untuk foto selfie maupun beristirahat.

3. Berburu Foto Keren

Aktivitas yang paling sering dijumpai di Antungan Hill adalah foto selfie. Sebab memang wisata ini memiliki spot foto yang sangat instagramable yang dapat memberi kepuasan tersendiri bagi pengunjung. Bahkan pengelola setempat nampak merancang tempat ini sebagai tempat selfie.

Hal tersebut dikarenakan wisatawan dengan mudahnya mendapat angle foto yang bagus saat mereka berada di atas anjungan. Sebab itu Anda lebih baik memilih hari biasa, bukan hari libur saat berwisata di tempat ini, karena saat hari libur pasti ramai pengunjung. Sehingga andapun harus rela mengantri untuk mendapatkan foto selfie yang bagus.

4. Aneka Wahana

Salah satu destinasi wisata populer yang ada di Bangli ini juga memiliki wahana yang cukup beragam sebagai pengisi liburan Anda. Salah satunya adalah bermain ayunan, sehingga Anda bisa menggunakannya sebagai spot foto ataupun membawa buah hati untuk berlibur bersama.

Selain itu, tempat ini juga memiliki perkebunan jeruk. Sehingga Anda bisa memetik buah jeruk, kemudian jeruk akan ditimbang dan dihargai sesuai dengan pasaran. Namun, hal ini bisa Anda lakukan saat buah jeruk sudah waktunya berbuah dan masak.

Hal seperti ini sangat cocok untuk liburan keluarga sambil mengedukasi si kecil. Liburan pun dapat dimanfaatkan dengan baik dan menjadi berkesan.

Fasilitas yang Tersedia di Anjungan Tukad Melangit Bali

Fasilitas di Anjungan Tukad Melangit
Image Credit: Google Maps (Tio Setiawan)

Destinasi wisata ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan memadai. Sehingga pengunjung betah berlama-lama di tempat ini. Seperti area parkir kendaraan, yang mana parkir tersebut masih gratis apabila diparkirkan di kawasan wisata Anjungan Tukad Melangit.

Bukan hanya itu saja, tempat ini juga memiliki kamar mandi, warung makan, tempat istirahat, dan lain-lain. Sehingga dengan adanya warung tersebut Anda tidak perlu repot-repot menyiapkan bekal. Kamar mandi pun juga penting saat keadaan tertentu. Setelah capek mengelilingi wisata ini, Anda juga bisa beristirahat di tempat yang tersedia.

Cukup itu saja informasi yang di ulas mengenai wisata Anjungan Tukad Melangit yang ada di Bangli, Bali. Destinasi wisata yang sangat kekinian ini sangat patut dikunjungi. Panorama yang disajikan akan membuat siapapun mengaguminya. Sampai-sampai wisata ini menjadi tujuan utama para pengunjung lokal maupun internasional.