Angel’s Billabong, Nusa Penida termasuk surga tersembungi dengan keindahan yang menakjubkan di Pulau Dewata Bali. Objek wisata kolam alami yang memukau dengan kejernihan airnya.

Lokasi: Sakti, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.
Map: Cek Lokasi

Angel’s Billabong merupakan sebuah kolam yang terletak di pulau Nusa Penida, Bali. Angel’s memiliki arti malaikat. Sedangkan Billabong artinya tersembunyi. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini adalah yang tempat yang indah dan letaknya tersembunyi. Untuk mencapai ke lokasi diperlukan perjalanan yang cukup panjang.

Angel’s Billabong mungkin masih kalah populer daripada Pantai Kuta tetapi tempat ini benar-benar indah. Pemandangan air laut yang sungguh jernih dan menjadi favorit wisatawan untuk berenang dan menyelam. Lautnya juga tidak terlalu dalam jadi aman untuk anak-anak bermain di sana.

Pemandangan alamnya juga luar biasa indah. Bisa dijadikan lokasi untuk pemotretan dengan tema alam. Tempat ini juga merupakan tempat yang sangat instagramable dengan hasil foto yang layak dan pantas untuk diunggah di sosial media. Dijamin semua akan bertanya dan ingin ikut berkunjung jika melihatnya.

Rute Menuju Lokasi Angel’s Billabong Nusa Penida

Lokasi Angel’s Billabong Nusa Penida
Image Credit: Penidabalitour.com

Akses menuju ke Nusa Penida memang cukup rumit karena wisatawan harus menaiki speedboat dan kemudian harus menggunakan kendaraan darat untuk menuju Angel’s Billabong. Wisatawan harus menyeberang lewat dermaga di Sanur. Di sana, tidak akan kesulitan untuk mencari penyedia layanan penyebrangan.

Speedboat dari dermaga setiap jam berangkat menuju Nusa Penida. Atau bisa juga bisa memilih jam keberangkatan. Perjalanan laut ini akan ditempuh dalam waktu kurang dari 1 jam. Kalau ingin lama-lama di Nusa Penida untuk menghabiskan waktu libur maka disarankan untuk menginap saja.

Wisatawan bisa juga memilih rute Sanur menuju ke Pulau Nusa Ceningan atau Pulau Nusa Lembongan. Akan lebih mudah jika memakai jasa tur yang dimulai dari Pulau Nusa Cengongan dan kemudian ke Nusa Penida. Ketiga pulau tersebut sangat dekat jadi satu sama lainnya.

Saat sudah mendarat di Pulau Nusa Penida, perjalanan kemudian melalui jalur darat. Kendaraan yang dipakai adalah sepeda motor yang dapat disewa beserta dengan pemandu wisata. Ini membuat perjalanan tidak akan membingungkan dan membuat pusing dikarenakan lokasi yang sangat terpencil.

Bagi yang suka dengan petualangan pasti mengendarai motor menjadi hal yang lebih dipilih dan pasti lebih memacu adrenalin. Jangan khawatir karena pengendara motor sudah mahir dan mengenal medan dengan sangat baik.

BACA JUGA:  Taman Nasional Bali Barat, Menikmati Keindahan Savana di Pulau Dewata
Lokasi Angel’s Billabong Nusa Penida Bali
Image Credit: Highlands2hammocks.co.uk

Kalau mempunyai dana yang lebih, bisa juga menyewa mobil agar lebih nyaman. Harga sewa mobilnya berkisar antara 400 ribu sudah bisa melakukan trip seharian. Itu sudah termasuk berkeliling pulau dan tempat-tempat yang lokasinya berdekatan. Sehingga wisatawan bisa mengunjungi lokasi lain di Nusa Penida setelah dari Angel’s Billabong.

Jika wisatawan ingin mengunjungi tempat yang jaraknya jauh satu dengan yang lain maka akan dikenakan biaya sewa yang sedikit lebih mahal. Tapi jangan membayangkan akan menaiki mobil seperti yang ada di kota karena mobil yang digunakan adalah mobil angkutan umum di kota-kota di Jawa.

Mobilnya juga bukan mobil yang berAC yang layaknya dikendarai. Tapi selama perjalanan pasti sangat menyenangkan dan tidak membosankan jika dilakukan dengan rekan atau keluarga. Apalagi sepanjang perjalanan bisa memandang pemandangan alam yang tidak akan membuat mata tidak akan mau tertidur.

Kalau yang tidak terbiasa dengan kendaraan tanpa AC sebaiknya jangan lupa mengonsumsi obat anti mabuk sebelum berangkat. Semua demi kenyamanan saat berlibur karena badan lemas karena mabok akan membuat tidak nyaman saat di lokasi.

Daya Tarik yang Dimiliki Angel Billabong

Daya Tarik Angel Billabong
Image Credit: Superadventure.co.id

Hal pertama yang menjadi pertimbangan saat memilih lokasi berlibur adalah keunggulan atau daya tarik apa yang dimiliki oleh tempat tersebut. Jangan sampai setelah sampai lokasi malah kecewa. Begitu juga dengan Angel’s Billabong. Pasti yang belum tahu ingin mengetahui apa saja daya tarik tempat ini.

Angel’s Billabong memiliki daya tarik untuk membuat wisatawan datang berkunjung kembali. Daya tarik yang pertama yaitu air di tempat ini berwarna hijau toska. Air ini sangat berbeda dengan air lautnya yang berwarna biru. Wisatawan yang datang pasti menyempatkan waktu untuk berenang karena kejernihan airnya.

Hanya saja untuk menuju ke kolam, para wisatawan menuruni tebing bebatuan yang curam. Kolam juga diapit 2 tebing batu tinggi nan besar. Butuh perjuangan untuk sampai ke lokasi sehingga disarankan untuk berhati-hati supaya bisa menikmati air kolam hijau toska yang segar. Kesulitan menuruni tebing akan terbayar lunas dengan keindahan kolam.

Daya Tarik Angel Billabong Bali
Image Credit: Twentythreetimezones.com

Untuk wisatawan yang tidak mau lelah atau malas untuk turun tebing sebaiknya cukup berfoto di atas tebing saja. Spot foto ini juga merupakan spot yang sangat bagus. Ditambah udara dari atas juga sejuk dengan suasana yang menenangkan hati dan pikiran. Pantas untuk melepas penat dan lelah.

Dan jika berhasil sampai ke kolam, maka diwajibkan untuk mendengarkan apa kata pemandu wisata supaya lebih aman. Saat ombak besar dan air laut pasang bisa menyeret orang yang ada di dalam kolam sampai ke tengah laut. Jangan karena terlalu asik bermain air membuat lupa dengan keselamatan karena nyawa taruhannya.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Nusa Dua Bali Terbaru & Terhits Buat Liburan

Disarankan lagi jika ke Nusa Penida membawa bekal yang cukup banyak termasuk makanan dan obat-obatan. Pulau masih belum lengkap fasilitas penunjangnya. Ini supaya jika lapar atau mabuk laut tidak perlu bingung harus bagaimana. Jika semua perlengkapan sudah lengkap pasti akan tenang selama perjalanan dan setelah sampai ke lokasi.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Angel’s Billabong

Kegiatan di Angel’s Billabong
Image Credit: Nusapenida.id

Ada beberapa kegiatan seru dan menarik yang bisa dijajal saat di snorkeling atau menyelam di laut dangkal. Wisatawan bisa melihat langsung kehidupan biota laut dan isi kolam Angel’s Billabong. Untuk peralatan menyelam bisa disewa dari tempat-tempat yang menyediakan di sana. Biasanya penyedia kapal juga menyediakan perlengkapan snorkeling.

Aktivitas berikutnya yang bisa dijajal adalah berenang. Wisatawan bisa mencicipi segarnya air yang begitu jernih dengan warna hijau toska. Siapapun yang melihat betapa bersihnya air itu pasti ingin masuk dan berenang. Pastikan membawa baju ganti jika berenang supaya tidak sakit karena kedinginan.

Kegiatan seru yang satu ini pasti tidak mungkin dilupakan atau dilewatkan. Kegiatan tersebut adalah melakukan swafoto atau selfie dengan background pemandangan kolam Angel’s Billabong. Foto-foto tersebut menjadi bukti bahwa sudah menginjakan kaki di surga bidadari yang tersembunyi di Pulau Nusa Penida.

Jika ingin masuk ke Angel’s Billabong, wisatawan tidak akan dikenai tiket masuk. Wisatawan cukup membayar armada penyebrangan menuju ke Nusa Penida dan transport menuju ke lokasi. Harga menyewa armada sudah lebih dari cukup untuk keluar uang dalam jumlah yang cukup besar. Dan lokasi ini terbuka selama 7 hari seminggu.

Sebaiknya memang jika berlibur ke sini menyiapkan dana yang cukup besar karena biaya yang harus dikeluarkan untuk transportasi cukup besar. Tetapi dengan dana yang besar itu bisa melihat surga di Nusa Penida. Kalau ingin lebih hemat sebaiknya berliburlah dengan membawa teman-teman supaya biaya bisa ditekan dan pastinya lebih menyenangkan.

Tips Berkunjung ke Angel’s Billabong Nusa Penida

Tips Berkunjung ke Angel’s Billabong Nusa Penida
Image Credit: Detik.com

Saat mendatangi suatu tempat baru, wajar jika bingung harus bagaimana di sana. Maka dari itu, perhatikan beberapa tips berikut sebelum datang menginjakan kaki di Nusa Penida supaya tidak bingung dan bisa betul-betul menikmati waktu berlibur dengan senang.

Tips yang pertama adalah gunakanlah jasa pemandu wisata yang berasal dari penduduk lokal setempat. Hal ini dikarenakan lokasinya yang sulit untuk dijangkau oleh orang baru dari luar wilayah. Ditambah lagi medan menuju lokasi yang belum bagus.

Ini sangat berbahaya jika ke sana tanpa pengawalan dari orang yang mengenal lokasi dengan baik. Itulah kenapa akan menjadi keuntungan bagi wisatawan dalam mempermudah sampai ke lokasi mengingat lokasi di pedalaman dan terpencil.

BACA JUGA:  Pantai Jimbaran Bali - Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket

Saat menyewa motor, jangan mengendarai sendiri untuk sampai ke lokasi. Dengan medan yang terjal dan baru tak sedikit terjadi kecelakaan di tengah jalan. Dibutuhkan konsentrasi tinggi untuk melewati medan tersebut. Ini demi keselamatan semua. Belum lagi jika terjadi hal yang tidak diinginkan mengingat sinyal provider sulit menembus lokasi.

Unduhlah peta luring alias offline di HP terlebih dahulu. Untuk berjaga-jaga jika tersesat di tengah perjalanan. Kemudian, jangan datang ke Angel’s Billabong pada masa libur sekolah atau long weekend supaya tidak terlalu ramai pengunjung sehingga bisa menikmati lokasi dengan leluasa tanpa harus terganggu yang lain.

Tips selanjutnya adalah jangan berlibur saat musim penghujan. Penyebabnya adalah wisatawan tidak akan bisa turun untuk melihat Angel’s Billabong dari dekat dan berenang. Lokasi pasti licin dan ombaknya cukup besar dan berbahaya. Air di kolam pun juga keruh dan kotor akibat lumpur yang terbawa oleh air hujan.

Tips yang terakhir adalah kenakan pakaian yang nyaman di badan. Jangan memakai gaun atau baju yang ribet mengingat medan yang tidak bersahabat. Pakailah kaos dan celana jeans supaya nyaman. Untuk bawahan pakailah sepatu agar alas kaki tidak tercecer saat berkendara atau selip di jalan.

Fasilitas yang Tersedia di Nusa Penida Bali

Fasilitas di Nusa Penida Bali
Image Credit: Journeyera.com

Berbicara mengenai fasilitas di Nusa Penida belumlah lengkap. Disarankan kepada wisatawan untuk menginap di pulau terdekat dengan Nusa Penida mengingat di sana belum terdapat penginapan yang bagus. Jarak penginapan ke Nusa Penida juga tidak terlalu jauh jadi jangan cemas akan membuang-buang waktu di jalan.

Fasilitas berikutnya adalah penyewaan perahu atau speedboat. Tersedia banyak penyewaan speedboat oleh warga setempat. Wisatawan tidak akan kesulitan bagaimana cara datang dan pulang. Tarifnya juga bervariasi. Harga mulai dari 75 ribu per orang. Semakin bagus kapal maka harga juga akan semakin mahal. Sesuaikan dengan budget yang tersedia saja.

Speedboat sudah mulai berangkat pukul 07.30 sampai pukul 16.00. Dengan jadwal keberangkatan pagi dan setiap jam, wisatawan bisa dengan leluasa memilih mau jam berapa berangkat. Biasanya wisatawan lebih banyak berangkat dari pagi dan pulang di sore hari supaya tidak terlalu malam sampai di penginapan.

Ternyata di Bali masih banyak lokasi yang indah dan belum banyak dikenal oleh masyarakat dunia. Tidak ada salahnya jika berkunjung ke Bali jangan hanya ke Denpasar. Jelajahilah tempat-tempat wisata baru yang tidak kalah elok termasuk Angel’s Billabong ini. Walaupun terjal, keindahannya pasti akan membuat turis datang berkunjung kembali ke sana.