Pulau Bali memang sudah terkenal sebagai surga bagi para pecinta alam. Aloha Ubud Swing salah satu wisata alam dengan wahana menegangkan di Gianyar. Memiliki 8 ayunan raksasa berlatar persawahan yang indah.

Harga Tiket: Rp 300.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Tegallalang, Kec. Tegallalang, Kab. Gianyar, Bali.

Aloha Ubud Swing merupakan salah satu objek wisata di pulau Bali. Wisata ini begitu memikat para petualang sekaligus mereka yang memang melakukan liburan untuk memacu adrenalin mereka di daerah ketinggian.

Hal tersebut tidak terlalu mengherankan sebab tempat wisata yang satu ini menyajikan pemandangan yang begitu indah dan menakjubkan. Para wisatawan dapat merasakan sensasi seperti melayang di atas tanah dan sawah-sawah yang hijau dan menyegarkan.

Karena keindahannya ini, Aloha Ubud Swing menjadi salah satu tempat yang begitu dinikmati oleh wisatawan baik itu wisatawan mancanegara maupun lokal. Bahkan, hampir kebanyakan supir di daerah Bali akan merekomendasikan tempat ini sebagai salah satu wisata yang wajib dikunjungi.

Daya Tarik yang Dimiliki Aloha Ubud Swing

Daya Tarik Aloha Ubud Swing
Image Credit: Google Maps (Anurag Parashar)

Aloha Ubud Swing adalah salah satu tempat wisata yang begitu dinikmati oleh kebanyakan pengunjung saat mereka singgah di Bali. Tidak hanya menyajikan keindahan saja, namun tempat wisata ini juga memiliki berbagai daya tarik yang tentu saja akan semakin memikat banyak orang untuk menyinggahinya setidaknya sekali saat berada di Bali.

1. Pemandangan Indah Persawahan

Hal utama yang begitu menarik perhatian banyak orang adalah tempat ini dikelilingi oleh sawah-sawah yang begitu indah. Bentuk terasering dan sawah yang sudah ditanami oleh tanaman apabila dilihat dari atas ketinggian tentu akan membuat siapapun merasa terpana.

Sawah-sawah tersebut pun semakin menambah ciri khas dan kelebihan dari tempat wisata ini. Ketika berada di ketinggian, Anda pun juga bisa melihat para petani melakukan kegiatan bercocok tanam ataupun sedang melakukan panen di sawah mereka masing-masing.

2. Taman yang Menyejukkan

Tempat wisata ini juga menawarkan sebuah taman yang begitu indah. Taman tersebut terdiri atas berbagai bunga dari kalangan jenis tumbuhan yang bervariasi, sehingga tidak terlihat monoton karena mereka memiliki kelopak yang beragam. Karena hal itulah, taman ini pun menjadi tempat yang sangat indah dan bisa menyejukkan mata para pengunjung.

Anda dapat mengunjungi tempat ini dengan memakai baju yang bermotif bunga, dan rasakanlah sensasi seperti menyatu dengan alam saat mengunjunginya. Taman yang segar dengan pemandangan yang menakjubkan tentu saja akan membuat Anda mampu melupakan segala kepenatan masalah kehidupan sehari-hari dengan cepat.

3. Wahana yang Ekstrim

Tidak lengkap rasanya apabila membicarakan tempat ini namun tidak menyebutkan betapa ekstrimnya objek wisata yang satu ini. Karena menyewakan ayunan di atas tanah dalam ketinggian yang cukup mengerikan, objek wisata ini tentu saja akan membuat siapapun bergidik ngeri ketika menengok ke bawah sebab jarak tanah dan udara yang begitu tinggi.

Ketika berada di atas, Anda akan diajak untuk menikmati perasaan takut akan ketinggian tersebut sebab Anda harus berpegangan erat dengan tali ayunan yang ada di sekitar tempat tersebut. Karena merupakan wisata yang cukup berbahaya dan berisiko, Anda harus berhati-hati ketika menggunakan wahana ini dan patuhilah peraturan yang ada agar Anda bisa selamat.

Daya Tarik Dimiliki Aloha Ubud Swing
Image Credit: Google Maps (Fahad Patel)

4. Bentuk Ayunan yang Bervariasi

Hal yang membuat Aloha Ubud Swing berbeda daripada wisata ayunan di tempat lain adalah variasi bentuk ayunannya yang begitu keren. Ketika berada di wisata ini, Anda dapat memilih sendiri ingin menaiki bentuk ayunan yang memang menurut Anda paling aman dan bisa membuat Anda merasa nyaman ketika berada di ketinggian.

Ada ayunan yang memiliki bentuk sederhana, namun ada pula yang memiliki bentuk lain yang besar. Ayunan tersebut telah dirancang sedemikian rupa agar tetap terlihat menarik namun juga menawarkan keamanan tingkat tinggi agar pengunjungnya tidak mengalami kecelakaan apapun.

5. Sarang Burung Raksasa

Pada tempat wisata ini, Anda pun juga dapat melihat sebuah wahana sarang burung yang begitu besar hingga sering disebut sebagai sarang burung raksasa. Hal tersebut tidak mengherankan sebab ukurannya memang sangat jumbo dan bahkan hampir sebesar gubuk yang ada di sawah-sawah, dan terbuat dari kayu yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa.

Anda dapat menaiki sarang burung tersebut setelah membayar tiket sewa ataupun tiket masuk untuk menaikinya. Dengan menaiki sarang burung tersebut, rasakanlah sensasi seperti menjadi burung yang sedang duduk berdiam diri di sarangnya yang sangat aman dan strategis.

6. Tempat Wisata yang Instagramable

Daya tarik utama yang dimiliki oleh Aloha Ubud Swing tentu saja tempatnya yang begitu indah dan menarik serta banyak sekali spot-spot foto yang sangat sempurna untuk digunakan sebagai latar belakang ketika ingin mengunggah foto di media sosial, seperti Instagram.

Karena keindahannya itulah, tempat wisata ini sempat meraih puncak popularitasnya sebab banyak sekali wisatawan asing maupun lokal yang ingin berfoto-foto di tempat ini. Dengan pencahayaan dan pemilihan spot yang tepat, maka hasil foto tersebut memang sangat instagramable.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Aloha Ubud Swing

Alamat Aloha Ubud Swing
Image Credit: Instagram.com @coupletravelblogger

Objek wisata ini memiliki alamat lengkap yakni di Jalan Raya Tegallalang, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali. Tempat wisata ini hanya memiliki jarak sekitar 5 kilometer saja dari patung Arjuna yang ada di Ubud.

Untuk mencapai tempat ini, Anda dapat memulai perjalanan dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali. Dengan menaiki kendaraan atau menyewa tour guide yang ada di sekitar tempat tersebut, Anda akan diarahkan untuk menuju keluar dari Denpasar. Setelah itu, lanjutkan perjalanan sampai menuju ke Banjar Sapat Tegallalang. Anda pun akan segera sampai di wisata tujuan.

Ketika Anda ingin memasuki wahana Aloha Ubud Swing, Anda akan dikenai biaya sebesar 300 ribu rupiah per orang. Karena cukup berbahaya, maka hanya orang dewasa saja yang diperbolehkan untuk menaiki wisata ini.

Pada umumnya, tempat wisata ini buka mulai dari jam 8 pagi hingga jam 5 siang. Namun, karena tempatnya yang populer maka waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pada saat pagi hari. Harga tiket masuk tersebut dapat berubah seiring adanya perubahan kondisi yang akan datang.

Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Aloha Ubud Swing

Kegiatan di Aloha Ubud Swing
Image Credit: Google Maps (Джевейра Колосова)

1. Berayun di Ketinggian

Kegiatan menarik pertama yang bisa dilakukan ketika berada di tempat wisata ini tentu saja dengan berayun di atas ketinggian. Di tempat ini, ayunan yang sudah disediakan oleh para pihak penyelenggara sudah dirancang sedemikian rupa di berbagai titik tertentu sehingga tinggi ayunan yang bisa digunakan pun bervariasi.

Ketinggian ayunan tersebut bermula dari 10 meter di atas tanah. Kemudian, ada beberapa ayunan yang memiliki tinggi sampai mencapai 60 meter di atas tanah. Anda dapat memilih ayunan mana yang memang sudah sesuai dengan kenyamanan Anda.

2. Mengunjungi Museum Subak

Tidak hanya bermain ayunan saja, namun Anda pun juga dapat mengunjungi Museum Subak yang letaknya masih cukup dekat dengan tempat wisata ini. Museum tersebut menyimpan informasi penting yang masih memiliki kaitan erat dengan sistem irigasi atau pengairan sawah secara tradisional di daerah Bali Subak.

Dengan mengunjungi museum tersebut, Anda pun akan memperoleh informasi baru mengenai sistem agrikultur yang begitu menakjubkan di tempat ini. Sehingga, tidak hanya rasa puas menggunakan wahana saja namun Anda pun juga bisa merasa senang dengan mempelajari ilmu pengetahuan baru.

Kegiatan Seru di Aloha Ubud Swing
Image Credit: Google Maps (Sasi Kumar Munusamy)

3. Fotografi

Karena tempatnya yang indah, hal yang harus dilakukan ketika mengunjungi tempat ini tentu saja adalah dengan melakukan fotografi. Bahkan meskipun Anda sedang tidak membawa kamera pun, akan ada beberapa fotografer profesional yang lalu lalang di sekitar tempat ini.

Anda dapat menyewa fotografer tersebut dan memberikannya imbalan sesuai dengan jasanya. Biasanya, jasa fotografer tersebut akan mematok harga sesuai dengan seberapa kali mereka mengambil foto.

4. Mencicipi Kopi Luwak Asli

Hal yang membuat para pengunjung merasa sangat puas ketika mengunjungi Aloha Ubud Swing adalah kopi luwak. Ketika berada di tempat ini, Anda bisa mencicipi kopi luwak yang berasal langsung dari sumbernya secara asli tanpa ada tambahan bahan pengawet apapun.

Kopi luwak tersebut pun akan terasa begitu nikmat dan melegakan. Menikmati rasa sedap kopi luwak sambil meresapi keindahan alam yang ada di sekitar tempat ini pun tentu akan memberikan sebuah sensasi tersendiri bagi siapa saja yang melakukannya.

Fasilitas yang Tersedia di Aloha Ubud Swing Bali

Fasilitas di Aloha Ubud Swing Bali
Image Credit: Twitter.com @alkhayyat5

Meskipun berada di tempat yang cukup tinggi, namun fasilitas yang disajikan oleh pengelola objek wisata ini sudah cukup lumayan. Pengunjung akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti tempat beribadah yakni musholla, WiFi gratis, dan juga toilet. Ada pula tempat parkir yang lahannya cukup luas sehingga tidak perlu takut akan kehabisan tempat.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai Aloha Ubud Swing yang dapat Anda ketahui. Bagi penyuka wisata penuh adrenalin dan menantang, maka tempat ini pun menjadi spot yang sangat tepat untuk mewujudkan hal tersebut. Selain ekstrim, tempat wisata ini pun juga memiliki pemandangan yang sangat indah dan juga menakjubkan untuk dilihat.