Air Terjun Les atau Yeh Mampeh salah satu wisata alam yang memukau di Buleleng, Bali. Air terjun yang menawarkan pesona alam nan indah yang dapat memberi petualangan liburan yang seru.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Les, Kec. Tejakula, Kab. Buleleng, Bali.

Air Terjun Yeh Mampeh atau biasa disebut Air Terjun Les oleh masyarakat setempat merupakan salah satu tujuan wisata di Papua. Air terjun ini memiliki nama yang unik dimana “Yeh Mampeh” berarti terbang. Jadi dapat diartikan Air Terjun Yeh Mampeh memiliki arti air terjun terbang. Mengapa dinamakan seperti itu? Karena ketinggian dari air terjun ini yaitu berkisar 30 meter dan ketika airnya jatuh ke bawah seolah-olah seperti terbang.

Air terjun ini memiliki 3 tingkatan yang memiliki ketinggian berbeda. Untuk tingkatan paling bawah yang mempunyai ketinggian 30 meter ini ialah tempat yang dijadikan wisata dan paling banyak dikunjungi para wisatawan. Sementara untuk kedua tingkatan yang berada diatasnya masih belum terjamah. Alasannya karena area dari kedua tingkatan itu memiliki topografi yang sulit dijangkau.

Walaupun hanya satu tingkatan saja yang dapat dinikmati tapi tidak mengurangi kenikmatan dan kenyamanan berkunjung ke wisata Air Terjun Yeh Mampeh. Berikut ini akan dibahas mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan Air Terjun yang terletak di timur Indonesia ini. Mulai dari daya tarik, harga tiket, aktivitas menarik, fasilitas, alamat dan rute menuju lokasi.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Yeh Mampeh

Daya Tarik Air Terjun Yeh Mampeh Bali
Image Credit: Google Maps (mohamad luthfie)

Perlu diketahui jika tempat wisata Air Terjun ini menawarkan beragam daya tarik yang sayang untuk dilewatkan.

1. Sumber dari Mata Air Suci di Bali

Pada area wisata air terjun terdapat sebuah mata air. Mata air ini diyakini oleh masyarakat setempat memiliki nilai kesakralan yang tinggi. Mata air ini bernama “Toya Anakan”. Oleh masyarakat yang beragama Hindu mata air ini dianggap suci. Sebab airnya yang di dapat dari mata air digunakan untuk Upacara Keagamaan.

BACA JUGA:  Pura Bawah Laut Pemuteran, Keindahan Taman Laut yang Unik di Bali

Upacara keagamaan itu dikenal dengan nama Upacara Yadnya. Upacara ini yaitu upacara pengorbanan dari umat Hindu sebagai ungkapan rasa cinta dan terima kasih terhadap Tuhannya. Terdapat hal unik yang dilakukan sebelum mengambil air pada mata air ini yaitu memberikan macam-macam sesajen untuk tanda telah menyucikan airnya.

2. Pesona Alam yang Indah

Kesan pertama tiba di lokasi wisata Air Terjun Mampeh ialah rasa takjub dan decak kagum akan keindahan dari air terjun ini. Suasana tenang damai khas Bali dan sunyi akan mampu mengusir rasa lelah, jenuh dan penat dari para wisatawan yang datang berkunjung. Sehingga tidak heran apabila banyak para wisatawan yang datang, karena tergiur akan pesona alam yang dihadirkan.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Air Terjun Les

Alamat Air Terjun Les
Image Credit: Google Maps (Korn Burger)

Alamat dari wisata Air Terjun Yeh Mampeh berada di Kabupaten Buleleng bagian timur. Jika dari arah kota Singaraja berjarak 38 km. Lebih tepatnya berada di Desa Les, Kecamatan Tejakula. Selain itu jika dari kota Denpasar berjarak 95 km. Untuk menuju lokasi wisata juga dapat dilalui kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Untuk menuju lokasi terdapat 2 rute yang akan dibahas di artikel ini. Pertama untuk rute dari arah kota Singaraja yaitu menuju ke arah pantai Tulamben atau biasa yang dikenal Amlapura sampai dengan pertigaan Desa Les. Lalu belok ke arah kanan sampailah di tempat parkir lokasi wisata. Dari tempat parkir berjalan sejauh 500 meter dan tibalah di Air terjunnya.

Kedua, untuk rute dari arah kota Denpasar menuju ke area wisata Kintamani atau wisata Ubud. Selanjutnya setelah sampai wisata Ubud lanjut menuju arah Singaraja dan bertemu pertigaan. Pertigaannya yang menunjukkan arah ke Singaraja, kanan menuju ke arah Kubutambahan, dan kiri menuju ke arah Amplapura dan Bondalem.

Dari arah pertigaan belok ke arah kiri sampai dengan bertemu jalan raya Singaraja-Amlapura atau pertigaan. Lalu belok ke arah kanan sampai di Desa Les. Setelah sampai Desa Les belok kanan lagi sampai di parkiran air terjun dan berjalan sedikit kira-kira 500 meter untuk tiba di lokasi.

Harga tiket masuk wisata Air Terjun Yeh Mampeh ini sangat terjangkau untuk berbagai kalangan. Untuk harganya per orang yaitu 10 ribu rupiah. Dengan harga tiket senilai 10 ribu rupiah per orangnya dapat menikmati pemandangan wisata dari Yeh Mapeh yang menakjubkan.

BACA JUGA:  Air Panas Banyuwedang, Pemandian View Pantai di Buleleng Bali

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Yeh Mampeh

Kegiatan di Air Terjun Yeh Mampeh
Image Credit: Google Maps (Axel Muller)

Penasaran kegiatan menarik dan seru apa saja yang dapat dilakukan di wisata air terjun ini. Kegiatan menarik dan seru tersebut dapat dilakukan bersama teman, keluarga ataupun pasangan.

1. Trekking

Sebelum sampai di lokasi para wisatawan harus menempuh jarak dari area parkir ke air terjun dengan jarak 500 meter. Berjalan kaki sejauh 500 meter ini dapat dijadikan sebagai kegiatan olahraga trekking. Selama berjalan 500 meter para wisatawan akan melalui jalan yang agak sedikit sulit dan menantang tapi masih dapat menikmati pesona khas pedesaan Les ini.

Pesona khas pedesaan Les ini berupa pemandangan perbukitan yang berwarna hijau, alami, dan udaranya terasa menyegarkan. Rasa letih dan capek dari trekking yang Anda lakukan untuk menuju lokasi ini akan terbayarkan saat sampai di air terjun. Menikmati pemandangan alami dan asri yang tersajikan akan membuat rasa letih dan capek tergantikan.

Selain itu, suasana dari Air Terjun Les yang masih sepi dan mempunyai udara bersih. Suasana ini akan membuat para wisatawan yang datang berkunjung menjadi nyaman dan betah untuk berlama-lama di area wisata ini.

2. Bermain Air

Pada area wisata ini terdapat kolam air yang besar dan terguyur air dari ketinggian 30 meter. Kolam ini tentu saja menjadi area favorit para wisatawan yang datang berkunjung untuk bermain air. Air pada kolam ini terkenal akan kesegaran dan jernih. Bermain air seperti mandi, berenang hingga berendam di air terjun yang dingin dan akan menyegarkan tubuh.

3. Fotografi

Berfoto saat ini merupakan gaya hidup yang wajar di tengah masyarakat. Terlebih saat berlibur orang-orang akan berlomba untuk mengabadikan momen liburan di dalam jepretan kamera. Sehingga mempersiapkan kamera menjadi hal yang penting saat berlibur. Untuk area wisata Air Terjun Yeh Mampeh ini tentu saja tidak ketinggalan dalam menghadirkan spot menarik.

Spot menarik dari area wisata ini untuk berfoto ialah air terjun. Air terjun ini dapat menjadi spot menarik yang eksotis dalam background foto yang diabadikan. Selain itu aliran air yang membentuk sungai kecil dan membelah bebatuan di atasnya akan menambah nilai artistik dari jepretan kamera Anda.

BACA JUGA:  Air Terjun Munduk, Air Terjun Terindah di Buleleng Bali

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Yeh Mampeh

Fasilitas di Air Terjun Yeh Mampeh
Image Credit: Google Maps (Mac Fredy)

Fasilitas yang tersedia di wisata ini berjumlah kira kira ada empat yaitu akomodasi, kios, warung, dan area parkir. Untuk fasilitas yang lainnya masih perlu adanya pengembangan dari pihak pengelola, karena tempat wisata ini juga baru dibuka beberapa tahun ini. Sehingga masih banyaknya fasilitas yang belum lengkap dan memadai.

Untuk fasilitas pertama yaitu akomodasi atau penginapan tersedia di area wisata ini. Penginapan tersebut berupa home stay sayangnya hanya menyediakan 1 kamar tidur dan 1 toilet. Untuk ke depannya fasilitas ini akan dikembangkan lagi demi kenyamanan dari para wisatawan yang datang. Untuk fasilitas kedua berupa kios yang menjual cinderamata khas dari tempat wisata ini.

Cinderamata yang dijual berupa beragam pernak-pernik, kemben batik, pajangan, ukiran kayu dan yang lainnya. Untuk fasilitas berikutnya yaitu warung sederhana yang lokasinya berdekatan dengan area parkir dan beberapa masyarakat sekitar juga membuka warung. Warung makanan tersebut menjual makanan dan minuman ringan.

Makanan dan minuman ringan yang dijual pada warung dapat menjadi alternatif bagi para wisatawan yang belum membawa bekal dan menjadi cemilan saat di Air Terjun Yeh Mampeh. Walaupun penjual disana menjual makanan dan minuman akan tetapi belum tersedianya warung yang menjual makanan berat.

Sehingga bagi para wisatawan yang masih ingin berlama-lama di area wisata air terjun, jika makanan ringan tidak cukup untuk mengganjal rasa lapar di perut disarankan untuk membawa bekal makanan berat dari rumah. Dengan membawa makanan berat dapat pula menjadi momen piknik bersama keluarga, teman atau pasangan saat berlibur di air terjun ini.

Untuk area parkir yang disediakan oleh pengelola wisata sangat luas, sehingga cukup untuk menampung kendaraan dari sepeda motor hingga mobil. Area parkir yang luas itu akan membuat para wisatawan menjadi nyaman saat berkunjung ke wisata ini. Untuk fasilitas toilet umum di wisata ini memang belum tersedia akan tetapi dapat menggunakan toilet pada salah satu rumah warga setempat.

Selesai sudah penjelasan mengenai wisata Air Terjun Yeh Mampeh yang berada di Kabupaten Buleleng, Bali. Semoga informasi ini akan membantu dalam membuat perencanaan liburan Anda saat berkunjung ke Pulau Bali. Selain itu, terdapat pula banyak tempat wisata lainnya yang berdekatan dengan Yeh Mapeh yang dapat dikunjungi.