Air Terjun Tukad Cepung merupakan salah satu wisata alam favorit di Bangli Bali. Air terjun unik dan eksotis yang tersembunyi dibalik tebing menarik untuk Anda jelajahi.

Lokasi: Jl. Tembuku, Kec. Tembuku, Kab. Bangli.
Map: Cek Lokasi

Pulau Bali memang memiliki banyak sekali keindahan yang layak untuk dijelajahi. Jika Anda mengeksplorasi Bali lebih dalam lagi, keanggunannya tidak hanya terdapat di destinasi lautan ataupun keindahan pantainya. Namun, Anda dapat menemukan pesona lain dari Pulau Dewata ini, salah satunya Air Terjun Tukad Cepung.

Air terjun tersebut terdapat di pertengahan Pulau Bali. Tempat ini berada di dalam sebuah goa yang terbuka. Pengunjung dapat melihat keelokannya yang berpadu dengan goa layaknya tirai yang ada di dalam rumah.

Jika Anda ingin mengunjungi sisi lain dari Pulau Seribu Pura tersebut, maka Air Terjun Tukad Cepung dapat menjadi salah satu alternatif yang cocok. Tempat tersebut cocok bagi Anda yang senang berfoto-foto. Tak ayal banyak model baik dari dalam negeri maupun mancanegara yang menjadikan tempat ini menjadi tempat berfoto mereka.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Tukad Cepung

Daya Air Terjun Tukad Cepung
Image Credit: Instagram.com @gabriellanianatalia

Air terjun ini tentu memiliki beberapa hal yang menjadikan wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Pengunjung tentu akan mendapatkan pengalaman yang berbeda di Pulau Dewata pada tempat wisata yang elok ini.

1. Pemandangan Eksotis Air Terjun Diantara Tebing

Tukad Cepung memiliki perbedaan dengan air terjun pada umumnya. Jika air terjun lainnya dapat dilihat secara langsung dari tempat yang cukup jauh, namun air terjun yang satu ini tidak demikian. Terletak di antara tebing yang cukup terbuka, destinasi wisata ini seolah menyembunyikan keindahannya.

Air terjun yang memiliki ketinggian 15 meter ini nampak elok dengan tebing batu tersebut. Hal inilah yang menjadikan keunikan tersendiri dari lokasi wisata tersebut. Air yang mengalir dari tempat wisata itu deras melebar sehingga tidak berkumpul di satu titik saja. Inilah yang menjadikan Air Terjun Tukad Cepung terlihat seperti tirai yang sedang terhampar.

Jernihnya air yang mengalir dari air terjun seolah membuat tertarik wisatawan untuk bermain-main di kolamnya. Kolam tersebut tidak terlalu dalam sehingga aman bagi mereka yang menikmatinya.

Pengunjung sering memanfaatkan kolam air tersebut sebagai objek foto. Kolam air berpadu dengan bebatuan di goa dan cahaya matahari yang menembus celah-celah goa. Sinar yang datang dari celah-celah goa menjadikan tempat wisata ini tidak terlalu gelap sehingga pas menjadi tempat berfoto para wisatawan.

Image Credit: Instagram.com @wahyuandhika22

2. Pemandangan yang Asri

Pengunjung memerlukan waktu kurang lebih 20 menit untuk berjalan hingga sampai di air terjun ini. Tidak ada akses kendaraan untuk sampai tepat ke Air Terjun Tukad Cepung. Hal tersebutlah yang mengharuskan wisatawan untuk melakukan tracking hingga sampai ke destinasi itu.

Namun, jangan khawatir karena sepanjang perjalanan para pengunjung disuguhkan dengan panorama alam yang asri. Banyak pepohonan rindang yang tumbuh subur di sekitar jalan. Panorama tersebut seolah menyatu dengan lantunan suara dari burung-burung ataupun serangga yang ada di sini.

Pada jalan setapak tersebut terdapat aliran air tipis yang berasal dari air terjun. Pijakan jalan tersebut merupakan bebatuan kecil nan halus khas sungai. Oleh karena itu, pengunjung sebaiknya memakai alas kaki serta pakaian yang nyaman digunakan.

Sesampainya di kawasan air terjun, terlihat bebatuan goa ditumbuhi banyak lumut. Perpaduan warna hijau dari lumut dan warna hitam dari bebatuan menjadi kombinasi yang sempurna. Inilah yang menjadikan tempat tersebut mempunyai daya tarik tersendiri.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Air Terjun Tukad Cepung

Lokasi Air Terjun Tukad Cepung
Image Credit: Google Maps (togap johan)

Destinasi wisata tersebut beralamatkan di Jalan Tembuku, Dusun Penida Kelod, Tembuku, Bangli, Bali. Daerah tersebut merupakan sebelah utara dari Kota Denpasar dan terdapat di tengah Pulau Bali. Tempat ini berjarak sekitar 41 kilometer dari Kota Denpasar dan 8 km dari Kota Bangli.

Sebenarnya rute menuju tempat wisata ini tidak terlalu jauh. Dari Denpasar, wisatawan harus melewati jalan dari arah Kuta. Lalu, ambil jalan yang melewati Sanur dan belok kanan menuju arah Ida Bagus Mantra. Pengunjung akan melewati Bali Safari & Marine Park, lalu belok kiri menuju Gianyar dan ikuti jalan menuju Bangli.

Setelah sampai di Bangli, pengunjung hanya perlu mencari Banjar Penida Kelod, Kecamatan Tembuku. Destinasi wisata ini sebenarnya relatif mudah untuk dijangkau karena masih terletak di daerah kota.

Jam operasional Air Terjun Tukad Cepung berawal pada pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore waktu setempat. Jika tidak pada jam tersebut, wisatawan tidak bisa mengunjungi air terjun.

Pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak jika ingin melawat ke tempat wisata ini. Tiket masuk Wisata Tukad Cepung seharga Rp 15.000 sangat bersahabat di kantong. Harga tersebut terbilang sangat murah mengingat pengunjung akan mendapatkan sebuah pengalaman menyambangi sebuah air terjun yang unik.

Selain itu, terdapat pula jasa pemandu wisata di tempat ini. Pemandu tersebut dapat mengarahkan pengunjung menuju tempat-tempat yang cantik dari wisata ini. Jika ingin menyewa jasa mereka juga tidak perlu biaya yang banyak. Mereka tidak membandrol harga tertentu. Pengunjung dapat dengan sukarela membayar mereka.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Tukad Cepung

Kegiatan di Air Terjun Tukad Cepung
Image Credit: Instagram.com @mdbakta_kardana

1. Befoto-Foto Ria

Tempat wisata ini memang terkenal dengan eksotismenya yang sangat disayangkan jika tidak diabadikan. Banyak hal yang dapat dijadikan objek untuk berfoto-foto seperti indahnya air terjun tersebut, barisan bebatuan goa yang eksotis, serta kolam air yang elok. Sinar matahari yang masuk ke tempat ini juga membuat suatu keindahan tersendiri.

Pesona tempat ini memang sudah tidak dapat diragukan lagi. Terbukti dengan beberapa model yang menjadikan tempat ini menjadi salah satu objek fotonya. Salah satu model dari Amerika Serikat, Sara Underwood, pernah melakukan sesi pemotretan di sini. Selain itu, beberapa orang juga sering menggunakan tempat ini sebagai objek untuk pre-wedding.

2. Menikmati Kejernihan Air Terjun

Air Terjun Tukad Cepung memiliki aliran air yang cukup deras namun tidak membahayakan. Bentuk air terjun yang melebar membuatnya indah untuk dilihat. Namun, akan sangat rugi jika tidak mencoba menikmati sensasi air terjun ketika mengunjungi tempat ini.

Airnya yang jernih nan bening membuatnya dapat memantulkan sinar cahaya yang masuk melalui celah-celah goa dengan mudah. Aliran air terjun tersebut membentuk suatu kolam sekitarnya. Kolam tersebut tidak terlalu dangkal sehingga aman jika bermain di dalamnya.

Dengan kedalaman kolam yang dangkal tersebut, banyak pengunjung yang menikmati tempat ini dengan bermain-main air di sini.

3. Penyucian Diri

Sebelum memasuki tempat ini, para wisatawan diharuskan untuk melakukan penyucian diri. Petugas di destinasi ini akan memberikan percikan air suci yang didapat saat upacara mesirat. Tujuan dari penyucian diri ini adalah tanda pembersihan diri sebelum wisatawan memasuki area wisata.

Di sekitar Air Terjun Tukad Cepung ini juga terdapat tempat untuk melakukan upacara melukat. Melukat adalah sebuah upacara spiritual untuk membersihkan jiwa dan pikiran. Nama lain dari melukat adalah Petirtaaan Nawa Tirta yang berguna untuk menyucikan diri.

4. Menikmati Alam Sekitar

Tempat wisata ini sebenarnya tidak hanya menampilkan keindahan air terjun yang terdapat dalam goa saja, namun juga keelokan alam sekitarnya yang patut untuk dijelajahi. Seperti yang diketahui bahwa akses menuju air terjun ini adalah dengan melalui jalan setapak. Momen ketika melewatinya juga dapat dinikmati sambil berfoto-foto.

Nuansa sepanjang jalan setapak ini terasa begitu asri dan syahdu. Balutan alamnya berhawa sejuk sehingga nikmat untuk dirasakan. Sebelum sampai di air terjun, pengunjung akan melewati dasar lembah dan sebuah sungai.

Di bantaran sungai tersebut terdapat tebing-tebing yang indah dan menarik membuat suatu pemandangan alami luar biasa. Pengunjung juga melewati sebuah celah sempit diantara bebatuan. Ini memberikannya sebuah pengalaman berbeda ketika mengeksplorasi keindahan Pulau Bali.

Setelah sampai di air terjun tersebut, pengunjung dapat melihat secara langsung bagaimana keindahan dari goa yang terdapat di sini. Bebatuan goa menjulang tinggi mengapit sungai pada sisi kanan dan kiri seolah-olah membuat sebuah gapura alam. Pesona air terjun yang unik dan mengesankan memang layak untuk dinikmati.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Tukad Cepung

Fasilitas di Air Terjun Tukad Cepung
Image Credit: Instagram.com @mas.indraena

Pengunjung ketika melewati jalanan setapak menuju air terjun, akan melewati jembatan yang indah. Jembatan tersebut terbuat dari kayu dan bambu membuatnya cukup eksotis.

Wisatawan dapat menikmati beberapa fasilitas di Air Terjun ini. Ketika mengunjungi tempat ini, pengunjung tidak perlu khawatir jika merasa lapar. Terdapat beberapa warung dan berbagai tempat makan di tempat wisata ini.

Selain itu, jika Anda ingin memberikan cinderamata dari tempat ini, terdapat beberapa toko yang souvenir yang dapat dikunjungi. Di situ pengunjung dapat membeli oleh-oleh dari tempat wisata yang tergolong baru di Bali ini.

Pesona Bali memang tidak ada habisnya. Air Terjun Tukad Cepung merupakan sisi lain dari Pulau Dewata yang juga tidak kalah dari tempat-tempat lainnya. Tempat ini membawa Anda ke sisi lain dari Pulau Seribu Pura ini.