Air Terjun Tibumana salah satu wisata alam yang menakjubkan di Bali, Air terjun kembar yang memiliki pemandangan alam indah dan masih asri yang menarik dikunjungi saat butuh liburan sejuk.

Lokasi: Jl. Desa Apuan, Apuan, Kec. Susut, Kab. Bangli.
Map: Cek Lokasi

Wisata air terjun di Bali dapat ditemukan di daerah Bangli. Salah satunya adalah Air Terjun Tibumana yang menawarkan sejuta pesona keindahannya. Objek wisata alam yang asri dengan panorama air terjun yang menawan tentunya menarik untuk dikunjungi.

Tempat wisata ini sangat mudah diakses dengan kendaraan baik dari Denpasar maupun Kuta. Pengunjung juga tidak perlu khawatir karena jalan menuju lokasi air terjun tidak sulit. Jembatan dan beberapa anak tangga sudah dibangun sehingga perjalanan wisatawan akan lebih mudah.

Air Terjun Tibumana menjadi salah satu tempat wisata di Bali yang menawarkan suasana alam yang masih asri. Cocok untuk liburan bagi Anda yang membutuhkan ketenangan atau ingin menyegarkan pikiran. Selain suasana yang asri, objek wisata air terjun ini juga menawarkan beragam daya tarik lainnya seperti berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Tibumana

Air Terjun Tibumana
Image Credit: Kompasiana.com

Air terjun ini bisa menjadi alternatif liburan di Bali selain pantai berpasir putih. Tempat wisata ini menyuguhkan beragam pesona dan daya tarik seperti berikut.

1. Pesona Air Terjun Kembar

Air Terjun kembar ini terkenal dengan aliran air terjunnya yang terbagi menjadi dua. Walaupun ketinggian air terjun ini hanya sekitar 20meteran, keindahan air terjun kembar ini menarik banyak wisatawan datang. Masyarakat sekitar juga menyebut Air Terjun Tibumana sebagai Air Terjun Kembar karena dua aliran airnya tersebut.

Aliran air terjun di tempat wisata ini tidak setiap saat bisa dinikmati semuanya. Terkadang hanya satu aliran air terjun saja. Jika Anda ingin menikmati pemandangan dua air terjun kembarnya, bisa datang saat musim hujan yang biasanya dua aliran air terjunnya mengalir cukup deras. Namun tetap perhatikan cuaca saat mengunjunginya.

BACA JUGA:  6 Makanan Khas Bangli Bali yang Terkenal Lezat

2. Pemandangan Hijau

Masuk ke kawasan wisata ini, pengunjung akan disambut dengan nuansa serba hijau. Pepohonan yang rindang memberikan kesan teduh di setiap perjalanan menuju lokasi air terjun. Air terjun ini juga dikelilingi tebing basah yang ditumbuhi oleh tumbuhan-tumbuhan hijau. Memberikan pemandangan yang menyegarkan bagi siapa saja yang melihatnya.

3. Suasana yang Asri

Tenang dan damai menjadi daya tarik dari tempat wisata alam yang satu ini. Air Terjun Tibumana memiliki sajian panorama alam dengan suasana yang masih asri. Udara yang sejuk dan air yang segar

dapat dirasakan di tempat ini. Wisatawan akan dimanjakan dengan suasana Bali yang tenang dan jauh dari kebisingan.

Daya Tarik Air Terjun Tibumana
Image Credit: Instagram.com @_chrissy_kris_

4. Goa Dibalik Air Terjun

Selain terkenal sebagai air terjun kembar, tempat ini juga terkenal dengan gua di balik aliran airnya. Aliran air terjunnya memang melalui bebatuan tebing yang basah. Tepat di belakang air terjun, terdapat celah tebing yang terlihat seperti mulut gua.

Masyarakat sekitar menyarankan wisatawan untuk tidak mendekat ke gua tersebut. Kondisi gua di balik air terjun ini sangat gelap dan juga sempit. Wisatawan sebaiknya hanya menikmati pemandangan gua di balik air terjun ini dari kejauhan saja.

5. Lokasi Air Terjun Mudah Dijangkau

Bagi beberapa orang mungkin tidak tertarik mengunjungi tempat wisata air terjun karena malas untuk jalan kaki menyusuri hutan lebat, sungai, dan medan sulit lainnya. Namun, hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan jika Anda berlibur ke Air Terjun Tibumana.

Daya tarik tempat wisata ini adalah lokasinya yang mudah dicapai. Wisatawan hanya perlu menyusuri hutan yang tidak terlalu lebat namun tetap rindang. Jalannya pun mudah karena sudah dibangun dengan semen. Beberapa jalannya berupa jembatan kayu yang memberikan kesan alami.

6. Kolam Alami

Aliran air terjun ini jatuh ke dalam cekungan alami di bawahnya. Kolam air tersebut menampung air yang terlihat sedikit kebiruan. Kolam yang tepat di bawah air terjun memang lebih dalam, sementara sisanya cukup dangkal. Airnya sangat bersih dan sejuk yang bisa digunakan untuk terapi melepas lelah dan pegal.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Air Terjun Tibumana

Lokasi Air Terjun Tibumana
Image Credit: Instagram.com @baju_becik

Objek wisata ini berada di daerah Bangli. Lokasinya sekitar 30km dari Kota Denpasar dengan perjalanan kurang lebih 1 jam menggunakan kendaraan. Jalanan menuju Air Terjun Bangli sudah cukup bagus hanya saja sedikit berkelok. Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi bagus dan tetap waspada saat berkendara.

BACA JUGA:  Pura Ulun Danu Batur - Pura Suci Berlatar Gunung Batur yang Menawan

Air terjun ini lebih mudah diakses dengan membawa kendaraan sendiri. Transportasi umum yang bisa mengakses sampai ke lokasi air terjun hanya ojek. Lebih mudah jika mengendarai sepeda motor maupun mobil pribadi. Anda bisa parkir di dekat loket masuk dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Pengunjung Air Terjun Tibumana akan terlebih dulu melewati loket masuk. Wisatawan harus membayar tiket masuk yang cukup murah sekitar Rp 10.000,- per orang. Selanjutnya wisatawan dapat langsung menyusuri jalan menuju lokasi air terjun.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Tibumana

Kegiatan di Air Terjun Tibumana
Image Credit: Instagram.com @auzanta

1. Menikmati Suasana Tenang dan Damai

Mengunjungi objek wisata alam memang sering menjadi pilihan bagi mereka yang ingin refreshing dan melepas penat dari aktivitas harian. Tempat wisata air terjun di Bali ini bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda kunjungi. Wisatawan dapat menikmati sepuasnya pemandangan yang ada di kawasan air terjun ini.

Sekedar memandang derasnya air yang jatuh dari ketinggian beberapa puluh meter akan menjadi aktivitas yang tidak membosankan. Apalagi di sekelilingnya tersaji pemandangan hijau dari pepohonan yang tumbuh subur dan rindang.

2. Berenang di Kolam Alami

Air Terjun Tibumana memiliki kolam alami di bawahnya yang cukup dangkal dan dapat digunakan untuk wisatawan berenang. Setelah perjalanan menuju lokasi air terjun dengan berjalan kaki, saatnya Anda melepas pegal-pegal di kaki dengan menikmati kesejukan air terjun kembar ini.

Bagi wisatawan yang ingin berenang di kolam alami ini sebaiknya tidak terlalu dekat dengan aliran terjun demi keamanan dan keselamatan. Wisatawan juga disarankan untuk tidak mendekat ke arah gua yang berada di balik air terjun. Terdapat bendera yang menjadi batas wisatawan dapat berenang di kolam air terjun ini.

3. Berfoto

Liburan ke objek wisata air terjun wajib untuk membawa kamera. Ada banyak spot foto keren yang sayang untuk dilewatkan. Spot foto paling populer tentunya di dekat air terjun. Selain itu, hutan yang dilewati sebelum masuk ke lokasi air terjun juga tidak kalah indah dan menarik untuk dijadikan latar foto.

4. Menyusuri Hutan

Walaupun hanya sebentar, wisatawan yang mengunjungi Air Terjun Tibumana terlebih dahulu harus melewati hutan. Aktivitas trekking atau berjalan kaki di hutan ini tentu akan menjadi kegiatan yang seru apalagi jika dilakukan bersama teman atau pasangan.

BACA JUGA:  Pura Tirta Sudamala, Pesona Pura Suci yang Menakjubkan di Bangli Bali

Deretan pohon bambu juga bisa dijumpai di beberapa titik yang semakin menambah kesan teduh dan asri. Perjalanan Anda akan ditemani dengan semilir angin yang menyegarkan.

5. Bersantai di Gazebo

Pengunjung tempat wisata air terjun ini dapat menghabiskan waktunya untuk bersantai dan menenangkan diri dengan alam. Suasana tenang tanpa gangguan dapat dinikmati sambil duduk bersantai di gazebo. Beberapa gazebo juga bisa menjadi tempat bagi para pengunjung untuk makan-makan atau sekedar ngobrol santai.

6. Makan-Makan

Makan di alam bebas akan memberikan sensasi yang berbeda. Jika Anda mengunjungi tempat wisata air terjun ini, sebaiknya bawa bekal makan. Apabila tidak membawa makan sendiri, wisatawan dapat membelinya di warung yang ada di sekitar kawasan wisata ini.

Setelah bermain-main di air terjun atau berfoto-ria, saatnya untuk istirahat sambil makan-makan. Namun jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan tidak meninggalkan sisa bungkus makanan agar tidak merusak keindahan alam di tempat wisata ini.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Tibumana

Fasilitas di Air Terjun Tibumana
Image Credit: Instagram.com @pierretravelphoto

Fasilitas tempat parkir sudah tersedia di objek wisata air terjun ini. Area parkir berada tidak jauh dari loket masuk dan dapat menampung kendaraan cukup banyak.

Selanjutnya disediakan juga fasilitas berupa anak-anak tangga untuk memudahkan wisatawan memasuki lokasi air terjun. Sebelum dibangun tangga, wisatawan harus melewati jalanan yang cukup sulit dan terkadang licin. Kini tangga kayu dengan pegangan pipa besi sudah dibangun.

Fasilitas lain untuk pengunjung Air Terjun Tibumana adalah berupa gazebo. Fasilitas ini dapat digunakan wisatawan untuk bersantai atau makan-makan bersama rombongan.

Bagi wisatawan yang bermain air atau basah-basahan tidak perlu khawatir karena pengelola objek wisata ini sudah menyediakan kamar mandi atau tempat ganti. Walaupun berupa bangunan sederhana, kamar mandinya cukup nyaman digunakan.

Fasilitas warung kecil juga ditemui di objek wisata air terjun ini. Jadi untuk pengunjung yang lapar atau ingin membeli minuman dingin, bisa membelinya di warung-warung kecil yang ada di objek wisata ini.

Itulah beberapa informasi menarik mengenai objek wisata Air Terjun Tibumana di Bangli, Bali. Tempat wisata ini tentu bisa menjadi salah satu referensi tujuan wisata Anda agar liburan ke Bali tidak melulu ke pantainya.