Mencari keheningan dan ketenangan di Buleleng Bali, Air Terjun Tembok Barak menjadi pilihan yang tepat. Wisata alam yang masih asri dan dinding tebing memukau yang menjadi menarik untuk dieksplor saat berada di Pulau Dewata.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cengkeh, Sambangan, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng, Bali.

Bali memang sangat terkenal dengan keindahan serta eksotika alamnya, apalagi jika Anda berkunjung ke Bali Utara maka akan menemukan air terjun yang sangat indah. Wisata tersebut bernama Air Terjun Tembok Barak Bali yang sangat populer hingga ke mancanegara.

Air Terjun ini bisa dikatakan menjadi salah satu wisata baru yang ada di Pulau Dewata Bali. Setidaknya, baru terkenal melalui media sosial dikarenakan banyak perusahaan yang mengupload foto dari destinasi wisata alam ini. Alhasil, destinasi wisata Air Terjun ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal ataupun mancanegara.

Meskipun berada di tempat yang cukup jauh dan pelosok hutan, namun nyatanya banyak sekali orang yang ingin berkunjung ke sana. Tentunya air terjun ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan wisata air lainnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Tembok Barak

Daya Tarik Air Terjun Tembok Barak
Image Credit: Instagram.com @kurniadilional

Siapa yang menyangka jika di daerah yang pelosok akan menemukan air terjun yang sangat indah. Walaupun para wisatawan yang datang harus berjalan kaki cukup jauh, namun buktinya hal tersebut akan terbayarkan dengan keelokan yang tersaji. Nah, di bawah ini adalah beberapa apa daya tarik yang dimiliki oleh Air Terjun Tembok Barak Bali:

1. Pesona Air Terjun Mini

Keunikan yang dimiliki oleh destinasi wisata ini terdapat pada air terjunnya yang tidak terlalu tinggi, tidak seperti air terjun pada umumnya. Yang artinya air terjun ini akan sangat aman ketika digunakan menjadi destinasi wisata bersama dengan keluarga.

BACA JUGA:  Air Terjun Banyumala, Indahnya Air Terjun Tersembunyi di Buleleng Bali

Terlebih lagi dengan suasana yang sangat indah dikarenakan air terjun tersebut mengalir melalui dinding tebing yang sangat tinggi. Apalagi tebing yang ada di air terjun tersebut memiliki warna yang cukup unik yaitu ke merah-merahan. Sehingga tak heran jika wisata ini diberikan nama air terjun tembok barak, dimana barak tersebut memiliki arti merah.

2. Banyaknya Batu di Area Air Terjun

Batu-batu yang ada di area air terjun tersebut akan menambah kesan eksotis yang dimiliki oleh destinasi wisata ini. Dengan adanya bantuan tersebut, para wisatawan bisa dengan mudah untuk memasuki kawasan air terjun.

Selain itu, dengan adanya bebatuan ini para wisatawan bisa duduk dan beristirahat jika lelah bermain air. Bebatuan yang dimiliki oleh air terjun ini cukup besar sehingga cukup untuk digunakan sebagai tempat duduk.

Daya Tarik Air Terjun Tembok Barak Bali
Image Credit: Instagram.com @made_cerik

3. Memiliki Kolam yang Cukup Dangkal

Untuk kolam yang berada di bagian bawah air terjunnya cukup rendah, sehingga para pengunjung yang membawa anak-anak bisa dengan nyaman bermain air. Area dari kolam renangnya juga terbilang cukup luas, sehingga tidak akan berdasarkan dengan para pengunjung lainnya.

4. Memiliki Air yang Sangat Jernih

Air yang sangat jernih juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh wisata alam ini. Sebab biasanya banyak sekali air terjun yang memiliki air keruh sehingga sangat tidak nyaman jika digunakan untuk tempat bermain air.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Air Terjun Tembok Barak

Alamat Air Terjun Tembok Barak
Image Credit: Instagram.com @haiboniii

Destinasi wisata ini beralamatkan di Desa Sambangan, Kabupaten Buleleng, Bali Utara. Tepatnya air terjun ini berada di Gang Cengkeh. Untuk Anda yang berangkat dari Singaraja, maka waktu yang ditempuh hanya 11 menit karena jaraknya hanya sekitar 6 km.

Jika Anda berangkat dari kota Denpasar dan melewati kawasan Bedugul. Maka jarak yang ditempuh adalah km dengan waktu kurang lebih 2,5 jam dengan berkendara.

Ketika berkunjung ke tempat ini, usahakan datang di pagi atau siang hari agar tidak terjebak macet. Dan pastikan juga jika Anda tidak datang di akhir pekan, sebab biasanya jalanan akan macet parah dan kondisi wisata akan sangat ramai.

Bagi Anda dan juga keluarga ingin berkunjung ke air terjun tembok barak maka tak perlu khawatir karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun dalam pembayaran tiket masuk, alias gratis. Akan tetapi, ada juga bisa memberikan sedikit uang seikhlasnya yang digunakan untuk amal bagi para penjaga destinasi wisata ini.

BACA JUGA:  Pemandian Air Panas Banjar, Kolam Alami Terindah di Singaraja Bali

Akan tetapi, jika Anda membawa kendaraan roda dua ataupun roda empat wajib membayar biaya parkir. Karena terdapat penjaga kendaraan selama Anda menikmati pesona air terjun ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Wisata Air Terjun

Kegiatan di Wisata Air Terjun
Image Credit: Instagram.com @haiboniii

1. Mandi di Air Terjun

Tentu saja untuk kegiatan seru yang bisa Anda lakukan bersama dengan keluarga ketika datang terjun ini adalah mandi dan juga berenang. Dengan derasnya aliran air terjun tentu akan memberikan kesegaran bagi Anda. Bahkan anak-anak pun bisa dengan nyaman berenang karena kolamnya yang tidak terlalu dalam.

2. Bersantai Sembari Melihat Pemandangan

Karena air terjun ini berada di kawasan hutan, tentu saja akan membuat udara yang ada di sekitarnya sangat sejuk. Dengan udara yang sangat sejuk inilah banyak para wisatawan yang duduk bersantai sembari melihat pemandangan dan menikmati suasana yang nyaman. Tentu hal ini menjadi kegiatan relaksasi Anda agar merefresh pikiran.

Kegiatan ini mampu membuat Anda semakin semangat ketika melakukan kegiatan di kemudian hari. Sebab Anda bisa merasakan suasana yang sangat hening dan juga tenang sehingga relaksasi Anda pun semakin optimal.

3. Melakukan Kegiatan Rock Climbing

Terdapat kegiatan yang cukup unik yang bisa Anda lakukan ketika datang ke Air Terjun Tembok Barak Bali. Rock climbing ataupun panjat tebing bisa Anda lakukan dengan membawa peralatan sendiri, namun yang pasti Anda harus melakukan perizinan terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan.

Bisa dikatakan jika tebing yang ada di air terjun tersebut tidak terlalu tinggi. Yang artinya sangat cocok digunakan sebagai latihan ataupun pembelajaran bagi para pemula.

4. Menelusuri Area Persawahan

Untuk kegiatan yang satu ini bisa Anda lakukan ketika berjalan menuju area air terjun. Sebab ketika Anda berjalan akan menemukan banyak sekali area persawahan yang akan membuat mata segar. Tak heran jika banyak orang yang mengabadikan momen tersebut dari video ataupun foto.

5. Berfoto di Area Perkebunan Cengkeh dan Perkebunan Teh

Bisa dikatakan jika air terjun ini sangat dekat dengan area perkebunan yang sangat luas. Terdapat dua perkebunan yang sangat terkenal di area tersebut yaitu kebun teh dan juga kebun cengkeh. Anda bisa menikmati area tersebut dan melihat pemandangan yang sangat indah.

Apalagi ke area perkebunan teh, Anda bisa menikmati suasana yang sangat sejuk karena banyaknya pepohonan yang ada di sekitar area kebun teh tersebut. Akan sayang rasanya jika tidak dijadikan sebagai spot foto. Dengan area hijau seperti ini, tentu akan membuat Anda memperoleh foto terbalik saat berlibur.

BACA JUGA:  Pesona Danau Buyan, Tempat Camping Favorit di Buleleng Bali

6. Kegiatan Berkemah

Untuk Anda yang sangat menyukai kegiatan petualangan, maka berkemah bisa menjadi kegiatan yang seru Anda bersama dengan teman-teman. Pastikan Anda membawa peralatan camping, seperti tenda, kompor mini dan beberapa peralatan lain.

Selain itu, Anda juga harus membawa obat-obatan dirasa sangat diperlukan ketika melakukan kegiatan berkemah ini. Tentu kegiatan ini akan sangat menyenangkan karena ketika pagi hari bisa melihat keindahan alam air terjun dan juga pepohonan yang hijau.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Tembok Barak

Fasilitas di Air Terjun Tembok Barak
Image Credit: Google Maps (Yan Eri)

1. Dekat dengan Tempat Kuliner

Ketika habis menikmati keindahan dari air terjun ini, tak lengkap rasanya jika tidak menikmati kuliner yang ada di sekitar wilayah wisata ini. Namun, Anda diharuskan untuk Turun dari area air terjun terlebih dahulu untuk bisa menemukan tempat kuliner khas dari Buleleng.

Tentu dengan adanya tempat makan seperti ini akan menambah tenaga yang habis karena puas sudah bermain air dan berenang di Air Terjun Tembok Barak tersebut. Apalagi Anda bisa menikmati makanan khas dari Buleleng yang yang bisa Anda nikmati di daerahnya langsung. Sehingga rasanya sangat unik namun masih cocok untuk lidah Anda.

2. Area Parkir

Area parkir untuk kendaraan adalah hal yang sangat kompleks bagi destinasi wisata apapun. Sebab ketika area parkir nyaman dan luas tentu para wisatawan pun juga akan semakin merasa aman untuk memarkirkan kendaraannya. Dengan biaya parkir yang sangat terjangkau, Anda bisa mempercayakan kendaraan dengan para penjaganya.

3. Banyak Penginapan Dekat dari Air Terjun

Anda bisa menemukan banyak sekali penginapan yang berada dekat dari lokasi air terjun. Walaupun berada di tempat yang cukup terpencil, penginapan-penginapan tersebut sangat nyaman ketika digunakan menginap bersama dengan rombongan seperti teman ataupun keluarga.

Karena banyaknya penginapan tersebut, Anda tidak perlu kebingungan. Pastikan Anda memilih yang memiliki pelayanan terbaik dengan harga terjangkau.

Itulah sekilas informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai destinasi wisata Air Terjun Tembok Barak Sambangan, Bali. Walaupun air terjun ini masih tergolong baru, Tidak ada salahnya bukan jika masuk ke dalam list itenary Anda ketika berlibur ke Pulau Dewata Bali.