Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket – Air Terjun Tegenungan Gianyar termasuk objek wisata alam populer di Bali dengan keindahan yang memukau, menarik untuk Anda jelajahi saat berkunjung ke Gianyar.

Lokasi: Jl. Ir. Sutami, Kemenuh, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar.
Map: Cek Lokasi

Gianyar adalah salah satu kabupaten di Pulau Bali yang terkenal karena pegunungannya yang begitu agung saat dilihat. Tidak hanya kebudayaan yang masih utuh untuk dipertahankan, namun juga masih ada tempat pariwisata alami yang masih menjadi salah satu ikon dari kabupaten ini, yaitu Air Terjun Tegenungan.

Air terjun atau Curug Tegenungan merupakan sebuah objek wisata yang berada di Gianyar tepatnya di Desa Kemenuh. Anda akan ditawarkan dengan keindahan alam dari objek wisata ini yang masih terjaga dengan baik.

Curug Tegenungan adalah satu-satunya destinasi yang terdekat dengan Kota Denpasar. Sehingga untuk menuju ke tempat ini sangatlah mudah. Selain panorama yang sangat memukau, Anda akan merasakan begitu sejuknya kawasan pegunungan di Pulau Seribu Dewa ini.

Wisata Air Terjun Dengan Keindahan Memukau

Wisata Air Terjun Dengan Keindahan Memukau
Image Credit: Instagram.com @tatianamikula

Apabila Anda sedang ingin berlibur ke Pulau Bali dan ingin menikmati panora pegunungan yang sangat megah, Air Terjun Tegenungan merupakan tempat yang wajib untuk dikunjungi. Namun sebelum pergi ke tempat ini, ada baiknya Anda harus mengenal lebih dalam lagi agar mampu memaksimalkan waktu di objek wisata ini. Berikut hal-hal menarik yang wajib Anda ketahui.

Air Terju Tegenungan merupakan salah satu curug yang dimiliki oleh Pulau Bali dengan keindahan alamnya yang begitu memikat mata. Keadaan yang sangat alami menjadikan grojogan yang diapit oleh 2 bukit berlumut ini menjadi salah satu tujuan wisata para pelancong baik itu dalam maupun luar negeri.

Curug Tegenungan adalah air terjun yang satu-satunya berada di daratan rendah yang ada di pulau seribu dewa ini. Meskipun begitu, jangan ditanya lagi keindahan yang ada di sini. Curug ini memiliki tinggi sekitar 15 meter dari bukit untuk dapat dinikmati keelokannya.

BACA JUGA:  Monkey Forest Ubud, Objek Wisata Favorit di Bali

Pada saat memasuki pintu masuk air terjun ini, Anda diharuskan berolahraga terlebih dahulu dengan cara menapaki anak tangga yang tersedia, meskipun melelahkan, pastinya terbayarkan dengan pemandangan yang begitu memanjakan mata.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan liburan ke destinasi wisata satu ini, ada baiknya untuk mempersiapkan tenaga terlebih dahulu dan membawa bekal atau camilan untuk dimakan selama perjalanan.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Tegenungan

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Tegenungan
Image Credit: Pegipegi.com

Saat menginjakkan kaki di lokasi Curug Tegenungan pertama kali, tentunya hal pertama yang akan Anda rasakan adalah kesejukan serta keindahan yang terdapat di objek wisata ini. Dengan pepohonan yang sangat rindang, tentunya akan menambah sebuah keanggunan yang dapat dinikmati oleh mata.

Di sana terdapat sebuah pancuran yang dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk menyegarkan badan setelah perjalanan jauh dalam mengakses ke lokasi ini. Tentunya pancuran ini akan menjadi daya tarik tersendiri dengan lumut berwarna hijau yang menempel pada dindingnya.

Selain itu, deburan air yang jatuh akan menjadikan suasana di sekitar lokasi Air Terjun Tegenungan menjadi terasa sangat segar. Tentunya setelah datang ke tempat ini, Anda pastinya tidak bisa menahan diri untuk segera bermain air di bawah gerojogan ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kawasan Air Terjun

Kegiatan di Air Terjun Tegenungan
Image Credit: Airpaz.com

1. Berfoto

Mengabadikan momen adalah kegiatan yang wajib dilakukan di sini saat perjalanan menuju ke lokasi maupun setelah mengunjungi grojogan satu ini. Suasana alam yang asri dan begitu indah, dapat Anda manfaatkan sebagai latar belakang foto Anda. Terlebih lagi untuk para fotografer, pastinya memperoleh banyak sekali jepretan di tempat ini.

2. Berenang

Selain berenang, pastinya Anda harus mencoba berenang ataupun berendam di bawah air terjun. Tentu saja air di sini sangat bersih dan sangat segar. Oleh sebab itu, sebelum datang ke tempat berlibur satu ini ada baiknya persiapkan terlebih dahulu peralatan dan perlengkapan yang lengkap.

Sangat disarankan untuk menggunakan pakaian yang nyaman saat melewati tangga dan membawa pakaian renang sendiri. Jangan gunakan pakaian yang bahan dasar jeans karena akan membuat kulit mengalami lecet serta akan sangat susah kering. Ditambah dengan sunblock agar pada saat matahari sangat terik, kulit Anda tidak gosong.

BACA JUGA:  Pantai Jimbaran Bali - Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket

Sebaiknya berenang di tempat yang telah disediakan untuk para pengunjung. Jangan sampai melewati batas aman. Karena di sana sudah terdapat plakat yang dapat mengetahui sampai mana Anda harus berenang.

3. Mandi di Pancuran

Selain berenang di bawah air terjun, Anda juga dapat berendam dan main bersama pancuran yang terdapat di sana. Tempat pancuran di sini sangat luas sehingga bagi Anda yang tidak bisa berenang, dapat mencoba kegiatan ini. Air yang mengalir juga sangat jernih dan segar, tidak kalah dengan curugnya.

4. Berjalan-Jalan Menikmati Pemandangan

Apabila Anda tidak membawa baju renang, Anda dapat menikmati panorama yang ada di Air Terjun Tegenungan. Tentu saja pemandangan di sini sangatlah unik dan tidak dapat akan Anda temukan di tempat lain. Selain itu, berjalan-jalan di lokasi ini akan mengurangi rasa penat selama kegiatan sehari-hari Anda.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Tegenungan

Fasilitas di Air Terjun Tegenungan
Image Credit: Natantransport.com

Fasilitas merupakan sarana pendukung yang sangat penting dalam sebuah objek wisata. Untuk fasilitas-fasilitas di Curug Tegenungan cukup lengkap, yakni:

1. Area Parkir

Bila Anda membawa kendaraan pribadi, cukup parkirkan saja di tempat yang telah tersedia. Biaya parkirnya juga bervariasi tergantung dari kendaraan Anda.

2. Toilet

Toilet adalah sarana sanitasi yang sangat penting dalam sebuah tempat wisata. Oleh sebab itu, bila ingin buang air, jangan di aliran air terjun, namun gunakan toilet ini, atau dapat dimanfaatkan juga untuk berganti baju tentunya.

3. Tempat Makan

Apabila perut sudah merasa lapar, jangan khawatir apabila tidak membawa bekal sebelumnya. Karena warung-warung makanan juga akan berjajar sepanjang rute perjalanan dari desa hingga ke area curug.

4. Pancuran

Pancuran adalah salah satu fasilitas yang disediakan oleh para pengurus tempat ini. Banyak yang menggunakan fasilitas ini untuk merasakan kesegaran airnya terutama bagi yang tidak bisa berenang.

5. Penginapan

Bila Anda ingn menginap di dekat area Air Terjun Tegenungan, cobalah sewa salah satu villa yang terdapat di sana. Harga yang ditawarkan juga cukup murah apalagi yang sedang berlibur bersama keluarga.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Air Terjun Tegenungan

Lokasi Air Terjun Tegenungan
Image Credit: Kompasiana.com

Curug Tegenungan merupakan salah satu objek pariwisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing. Meskipun jauh dari lokasi tempat wisata lainnya, namun sangat dekat bila Anda tengah berada di Kota Denpasar. Selain itu, untuk menuju ke tempat liburan ini dari desa terkedat tidaklah mudah, sehingga persiapkan terlebih dahulu fisik Anda.

BACA JUGA:  Pantai Kelingking Bali - Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket

Meskipun sangat susah untuk ditempuh, namun usaha Anda tersebut pastinya akan terbayar dengan keindahan dan kesegaran Air Terjun Tegenungan ini. Meskipun begitu, di tengah perjalanan menuju lokasi ini, Anda juga dapat menikmati keindahan alam hutan-hutan yang masih berwarna hijau dan segar. Pastinya tidak akan merasa lelah saat melakukan trip ini.

Apabila Anda sedang berada di Kuta, jarak ke lokasi air terjun ini sekitar 29 kilometer. Perkiraan waktu yang Anda habiskan dalam perjalanan kurang lebih 1 jam. Bila memulai perjalanan dari Bandara Internasional Ngurah Rai, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 32 km dengan memakan waktu selama 1 jam.

Setelah berada di Desa Kemenuh dan menemukan pintu masuknya, Anda tidak akan menemukan air terjun ini di seberang jalan, namun harus melakukan tracking terlebih dahulu. Dari pintu masuk tersebut, Anda akan melihat deretan anak tangga yang menuntun ke kawasan Curug Tegenung.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tegenungan

Harga Tiket Air Terjun Tegenungan
Image Credit: Natantransport.com

Untuk memasuki area wisata Curug Tegenungan, Anda harus merogoh kantong dengan harga RP 15.000,- per orang. Tentunya harga tersebut sangatlah murah untuk menikmati panorama alam yang sangat memukau.

Selain itu, Anda juga dapat memasuki tempat wisata ini mulai pukul 08.00 WITA hingga 19.00 WITA. Oleh sebab itu usahakan datang di waktu tersebut untuk menikmati segarnya air dan keindahan air yang menuruni bukit ini.

Tips Berkunjung ke Air Terjun Tegenungan

Tips Berkunjung ke Air Terjun Tegenungan
Image Credit: Ksmtour.com

Ada beberapa tips yang dapat membantu Anda saat ingin menghabiskan waktu liburan di curug ini. Berikut tips-tipsnya:

  • Datanglah ke lokasi pada pagi hari, karena pada siang hari matahari akan sangat terik.
  • Kunjungi tempat ini pada musim kemarau, karena pada musim hujan, air menjadi keruh.
  • Jangan gunakan sepatu formal atau yang menyiksa diri, gunakan alas kaki yang casual saja.
  • Sangat disarankan untuk membawa kendaraan pribadi. Apabila tidak cukup berani atau tidak mengetahui lokasinya, sebaiknya menyewa kendaraan bersama sopirna.

Itulah informasi singkat mengenai pesona Air Terjun Tegenungan yang menjadi salah satu incaran para wisatawan asing maupun lokal. Sebelum datang ke tempat wisata ini, sangat dianjurkan untuk mempersiapkan kondisi tubuh degan baik. Tentu saja banyak sekali yang dapat Anda lakukan di sana selain hanya untuk menikmati pemandangan yang sangat luar biasa.